Tanggal Pengamatan : 01 September 2012 Waktu Pengamatan :15:30 Lokasi Pengamatan :Rumah Yusuf Fakhri

Teori Dasar
Gerak Parabola merupakan gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola (setengah lingkaran). Gerak parabola adalah gabungan dari 2 buah jenis gerakan yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) yang arahnya mendatar dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang arahnya vertikal. Gerak vertikal dipengaruhi oleh percepatan gravitasi sehingga kecepatannya akan selalu berubah.

tx max ty max

Y max

X max

Gerak arah vertikal (komponen Y) karena dipengaruhi percepatan grafitasi maka kecepatan pada arah ini akan selalu berubah. adapun nilai kecepatan pada arah vertikal pada tiap saat adalah : semakin lama, kecepatan vertikal semakin berkurang dan akhirnya berhenti. Titik dimana kecepatan vertikal nol di capai pada titik tertinggi (titik B). Tinggi titik tersebut adalah :

karena percepatan gravitasi pada arah horisontal = 0 maka komponen percepatan ax = 0. Maka dapat diketahui beberapa persamaan yang berlaku dalam komponen x. Diantaranya : .adapun untuk mencapai titik tertinggi tersebut (titik B) adalah : Gerak arah Horizontal (Komponen x) Gerak pada komponen X merupakan gerak GLBB.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful