P. 1
60618723-LAPORAN-PRAKTIKUM-BIOLOGI

60618723-LAPORAN-PRAKTIKUM-BIOLOGI

|Views: 497|Likes:
Published by Rio Rahmadani

More info:

Published by: Rio Rahmadani on Sep 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2014

pdf

text

original

A.

Judul
Pengamatan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

B. Tujuan
Mengidentifikasi perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan.

C. Dasar Teori
Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Walaupun sel tumbuhan dan sel hewan berbeda, akan tetapi ada beberapa organel yang memiliki fungsi dan beentuk yang sama, contohnya retikulum endoplasma (kasar maupun halus), nukleus, aparatus golgi, dan lain sebagainya.

D. Alat dan bahan
1. Mikroskop 2. Gelas benda 3. Gelas penutup 4. Pinset 5. Lapisan bagian dalam umbi bawang merah/ bagian yang berwarna ungu 6. Usus ayam, hati ayam 7. Pipet 8. Daun Rhodeo discolor 9. Cutter/ silet 10. Air

E. Cara Kerja
1. Mengambil mikroskop 2. Siapkan gelas benda yang bersih, dan letakkan lapisan usus ayam dan teteskan air menggunakan pipet. 3. Tutuplah dengan penutup kemudian amatilah menggunakan mikroskop . 4. Ulangi kegiatan 2 dan 3 dengan menggunakan hati ayam, daun Rhodeo discolor, pisang, dan bawang. 5. Tulislah data yang diperoleh dari hasil pengamatan pada tabel di bawah.

F. Hasil Pengamatan dan Pembahasan 1. Hasil Pengamatan No. 1 Bagian sel yang dapat diamati Sel Hewan No. Sel Tumbuhan 1 Keterangan Sel Hewan Usus Ayam, dengan perbesaran 10x Sel Tumbuhan Bawang Merah, dengan perbesaran 10x

2

2

Hati Ayam, dengan perbesaran 10x

Daun Rhodeo discolor, dengan perbesaran 10x

3

Pisang, dengan perbesaran 10x

2. Pembahasan
Gambar pengamatan pada hewan, sel yang membentuk jaringan terlihat tidak beraturan, dikarenakan sel pada hewan tidak memiliki dinding sel, hanya membran sel. Sedangkan gambar pengamatan pada tumbuhan, terlihat bahwa sel-sel yang menyusun jaringan tersebut tersusun secara teratur, akan tetapi organel-organel yang terdapat dalam sel tidak dapat terlihat.

Pertanyaan
1. Bagian-bagian sel apa saja yang anda amati dari jaringan usus? 2. Bagian-bagian sel apa saja yang bisa anda amati dari jaringan umbi bawang merah (Allium cepa)? 3. Apakah perbedaan struktur hewan dengan tumbuhan bnerdasarkan hasil pengamatan?

Jawaban
1. Pada jaringan usus, hanya tampak sel yang tidak beraturan, juga tidak tampak bagianbagian selnya. 2. Pada jaringan bawang merah, hanya terlihat bentuk selnya saja, akan tetapi tidak terlihat bagian-bagian sel tersebut 3. Sel tumbuhan memiliki bermacam-macam bentuk, akan tetapi bentuknya tetap (tidak berubah-ubah), sedangkan untuk sel hewan, bentuknya tidak tetap, sehingga sulit menentukan bentuknya seperti apa.

G. Kesimpulan dan Saran 1. Kesimpulan
Dari hasil pengamatan diatas, bahwa sel tumbuhan memiliki bermacam-macam bentuk, akan tetapi bentuknya tetap (tidak berubah-ubah), sedangkan untuk sel hewan, bentuknya tidak tetap, sehingga sulit menentukan bentuknya seperti apa. Untuk perbadaan organel-organel pada sel tumbuhan dan sel hewan tidak dapat dipastikan, karena data hasil pengamatan hanya berupa kumpulan-kumpulan sel (jaringan).

2. Saran
Semestinya pengamatan harus dilakukan menggunakan mikroskop yang memiliki tingkat perbesaran yang tinggi, agar setidaknya dapat terlihat beberapa organel dari sel hewan, maupun sel tumbuhan.

H. Daftar Pustaka Pratiwi, D.A., Maryati, Sri, Srikini, Suharno, & S., Bambang. 2007. BIOLOGI SMA Jilid 2untuk Kelas XI. Jakarta. Erlangga http://www.scribd.com/doc/40531534/Sel-Merupakan-Unit-OrganisasiTerkecil-Yang-Menjadi-Dasar-Kehidupan-Dalam-Arti-Biologis

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->