P. 1
Siklus Sel

Siklus Sel

|Views: 33|Likes:
Published by Gunawan Setiawan

More info:

Published by: Gunawan Setiawan on Sep 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2013

pdf

text

original

SIKLUS SEL

Umumnya, sebelum sel mengalami pembelahan, sel-sel terlebih dahulu mengalami pertumbuhan hingga mencapai ukuran tertentu. Setiap sel mengalami periode penting dalam siklusnya yang menghasilkan sel baru secara umum dikenal dengan Siklus Sel. Dalam siklus sel terdapat tahap interfase(G1,S,G2) yaitu tahap yang melakukan persiapan dalam pembelahan sel dan tahap pembelahan sel.

S G1 G2 M

Skema Siklus Sel. 1.Tahap G1 Tahap G1 atau first gap phase yang dimulai pada sel yang baru saja membelah.Pada kebanyakan sel, tahap ini membutuhkan 3-4 jam, tetapi ada juga yang memelukan waktu lebih lama. Pada tahap ini akan terjadi sintesa RNA yang kemudian akan di ikuti oleh sintesa protein. Sintesa RNA mula-mula terjadi dalam inti sel dimana molekul RNA terbentuk berdasarkan model molekul DNA yang ada dalam inti sel, yang kemudian akan membentuk mRna yang keluar dari nukleus ke sitoplasma. Sintesis protein terjadi pada 5 tahap pertama yaitu: 1. Aktivasi asam amino Tahap ini terjadi di sitosol,masing2 dari 20 asam amino di ikat secara kovalen dengan sutau RNA yang spesifik, dengan memanfaatkan ATP.Raksi tsb di katalis oleh enzim pengaktif yang memerlukan Mg2+ sbg kofaktor. 2. Inisiasi Selanjutnya rantai RNA yang diikuti oleh inisiasi asam amino yang diikat oleh RNA transportnya,RNA transport ini akan berpasangan dengan kodon pada RNAm yang akan mengkode permulaan rantai polipeptida yang memrlukan GTP. 3. Elongasi Rantai polipeptida diperpanjang oleh pengikatan kovalen unit asam amino berturut-turut yang diangkut menuju ribosom.Pemanjangan di giatkan oleh protein sitosl yang dinamakan Faktor pemanjangan. 4. Terminasi/pembebasan Penyempuranaa rantai polipeptida oleh suatu kodon terminasi(pengakhir) pada RNA Duta, diikuti oleh pembebasan dari ribossom yang dilangsungkan oleh faktor pembebas.

5. Pelipatan dan pengolahan Untuk memperoleh bentuk aktif secara biologis polipeptida harus mengalami pelipatan menjadi konfirmasi tiga dimensi yang benar. Sebelum atau sesudah pelipatan, polipetida baru dapat mengalami pengolahan kerja enzimatik untuk mengikat gugus fosfat, karboksil atau gugus lainnya.

2. Tahap S Pada Tahap ini dimana terjadi sintesa DNA yang umunya berlangsung sekitar 7-8 jam.Dalam tahap ini sintesa protein masih terus berlanjut tetapi tidak dominan. Tahap pertama replikasi DNA diawali dengan terhirolisisnya ikatan hidrogen antara basa2 pada rantai nukleotida oleh enzim Helikase, kemudian di ikuti oleh pemisahan pasangan dua pita DNA yang kemudian akan menjadi template yaitu lagging strand dan leading strand. Pada lagging strand terdapat Okazaki Fragment. Pada fragment Okazaki digabungkan oleh DNA ligase Selain terjadi sintesa protein juga terbentuk molekul histon yang merupakan protein dasar kromossom.

3.Tahap G2 Merupakan tahap terakhir dari pertumbuhan sel yang kemudian akan disusul pembelahan sel. Tahap ini biasanya berlangsung sekitar 2-5 jam.Pada tahap ini sintesa protein juga berlangsung tetapi mulai berkurang dan terhenti saat terjadi pembelahan sel.

4.Tahap M tahap pembelahan Mitosis ataupun meiosis yang sudah di bahas pada tutorial I.

journal.itb.ac.id/download.php?file=A73005.PDF&id=594...3 isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/31082739.pdf

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->