P. 1
Cara Berfikir Positif & Maju serta berkelanjutan

Cara Berfikir Positif & Maju serta berkelanjutan

|Views: 14|Likes:
Published by Rudini Mulya
model kepemimpinan yang efektif dan terarah dalam organisasi mahasiswa
model kepemimpinan yang efektif dan terarah dalam organisasi mahasiswa

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Rudini Mulya on Sep 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

Rangkuman Data Kuliah Teknik Industri_Mercu Buana

Rudini Mulya

BERPIKIR POSITIF

Rudini Mulya_Teknik Industri Universitas Mercu Buana

1

Rangkuman Data Kuliah Teknik Industri_Mercu Buana

Rudini Mulya

“ BERPIKIR POSITIF BAGI MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI ”

Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup kan lebih mudah dijalani bila kita selalu berpikir positif. Tapi, bagaimana melatih diri supaya pikiran positiflah yang ‘beredar’ di kepala kita, tak banyak yang tahu. Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali saja dulu ciri-ciri orang yang berpikir positif dan mulai mencoba meniru jalan pikirannya.

1. Melihat Masalah Sebagai Tantangan
Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia.

2. Menikmati hidupnya
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.

3. Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.

4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak
Memelihara’ pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah.

5. Mensyukuri apa yang dimilikinya
Dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya.

Rudini Mulya_Teknik Industri Universitas Mercu Buana

2

Rangkuman Data Kuliah Teknik Industri_Mercu Buana

Rudini Mulya

6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu
Sudah pasti, gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungnya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir positif.

7. Tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan
Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan ? Nah, mereka ini jelas bukan penganutnya. NARO (No Action Review Only), NADO (No Action Dream Only), NATO (No Action Talk Only), NACO (No Action Concept Only), NABO (No Action Briefing Only), NAMO (No Action Meeting Olny), NASO (No Acton Strategy Only)

8. Menggunakan bahasa positif
Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti ‚Masalah itu pasti akan terselesaikan,‛ dan ‚Dia memang berbakat.‛

9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan ‘hidup’.

10. Peduli pada citra diri
Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.

‚ Berpikir positif tidak hanya berpengaruh pada bagaimana cara orang berpikir, tetapi juga
membuat peran besar dalam hidup. Banyak bonus yang didapat bila Anda selalu berpikir positif. Apa saja? Sikap positif membantu untuk mengatasi urusan kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah. Pandangan positif dapat membantu Anda mengatasi situasi stres dengan lebih baik dan dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.

Rudini Mulya_Teknik Industri Universitas Mercu Buana

3

Rangkuman Data Kuliah Teknik Industri_Mercu Buana

Rudini Mulya

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh bila Anda selalu berpikiran positif, seperti dilansir Lifemojo:

1. Manajemen stres yang lebih baik Berpikir positif membantu mengatasi stres saat mendekati situasi stres dengan cara yang positif. Mengabaikan pikiran negatif dan menggantinya dengan optimisme akan mengurangi kecemasan, sehingga mengurangi stres.

2. Kesehatan yang lebih baik Pemikiran dapat langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana fungsinya. Bila orang mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, keyakinan dan kedamaian bukan kebencian, kecemasan dan khawatir, Anda akan merasakan kesejahteraan.Ini berarti berpikir positif dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan tidur, ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang yang berpikir negatif lebih menderita depresi lebih dan kecemasan. 3. Percaya diri Berpikir positif mempromosikan kepercayaan diri. Hal ini akan membuat orang dapat mengeluarkan potensi optimal dalam dirinya. 4. Pengambilan keputusan yang lebih baik Orang yang optimis adalah pembuat keputusan yang lebih baik. Berpikir positif mencegah orang dari membuat penilaian yang meragukan, keputusan bodoh atau melakukan hal-hal yang akan disesali di kemudian hari. Ketika orang mulai menggunakan hak pikirannya, ia dapat membuat keputusan dengan cepat. 5. Meningkatkan fokus Berpikir positif akan membantu berfokus pada solusi daripada membuang-buang waktu dan energi pada emosi negatif.

Rudini Mulya_Teknik Industri Universitas Mercu Buana

4

Rangkuman Data Kuliah Teknik Industri_Mercu Buana

Rudini Mulya

6. Mengurangi rasa takut Rasa takut berasal dari berpikir tentang hal yang negatif, sehingga menjadi seorang pemikir positif akan dapat menghilangkan rasa takut. Keberanian ini berasal dari kenyataan bahwa ketika seseorang tetap positif ia akan tahu bahwa apa pun yang terjadi dalam hidupnya dapat dihadapi. 7. Hidup lebih bahagia Jika orang memiliki pikiran yang berpikir positif, ia akan selalu mengantisipasi kehidupan dengan bahagia, damai, tawa, kesehatan dan kesuksesan finansial.

Bagaimana caranya berpikir positif…..? Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menanamkan kebiasaan berpikir positif:
      

Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang menguntungkan dalam setiap situasi Temukan alasan untuk tersenyum lebih sering Bayangkan saja apa yang Anda inginkan bisa terjadi Melibatkan diri dalam kegiatan rekreasi menyenangkan Bacalah hal-hal yang dapat menginspirasi Ikuti gaya hidup sehat Berolahraga sedikitnya tiga kali seminggu (detikhealth)

Rudini Mulya_Teknik Industri Universitas Mercu Buana

5

Rangkuman Data Kuliah Teknik Industri_Mercu Buana

Rudini Mulya

SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF

1. Melihat Masalah Sebagai Tantangan
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.

2. Menikmati Hidup
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati

3. Pikiran Terbuka Untuk Menerima Saran Dan Ide
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. Menghilangkan Pikiran Negatif Segera Setelah Pikiran Itu Terlintas Di Benak
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.

5. Mensyukuri Apa Yang Dimiliki
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.

6. Tidak Mendengar Gosip Yang Tak Menentu
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.

7. Tidak Membuat Alasan Tetapi Ambil Tindakan
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.

8. Menggunakan Bahasa Yang Positif
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita

9. Menggunakan Bahasa Tubuh Yang Positif
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.

10. Peduli Pada Citra Diri Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.
Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.

Rudini Mulya_Teknik Industri Universitas Mercu Buana

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->