P. 1
Apa Sih Kesehatan Remaja Itu

Apa Sih Kesehatan Remaja Itu

|Views: 19|Likes:
Published by Lean Yola

More info:

Published by: Lean Yola on Sep 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2014

pdf

text

original

Daftar Isi Kata Pengantar Pendahuluan (Sehat ?) I.

Tumbuh Kembang Remaja

i ii 1 3 9 12 22 35 42 53 60 61 63

APA SIH KESEHATAN REMAJA I T U?

II. Gender III. Kesehatan Reproduksi Remaja IV. IMS & ISR V. AIDS VI. NAPZA VII. Seputar Gizi Remaja Penutup Glossary Catatan Pribadi Kamu

1

SEHAT ?
Kita harus sehat biar hidup kita bermutu. Emang sich, sehat memang bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan segalanya bukan apa-apa. Orang sakit kan ga bisa belajar, ga bisa cari uang, atau nyantai bersama teman-teman. Belum lagi kalo sakitnya berdampak jangka panjang, berat dech, masa depan bisa terbawa-bawa jadi suram. Yang disebut sehat tuh ya, pertama: sehat fisik seperti gak ada penyakit atau cacat, kedua: sehat jiwa (psikis) misalnya gak ada gangguan jiwa, dan yang ketiga: sehat sosial, misalnya gak ada masalah dalam pergaulan kita. Untuk urusan yang pertama yaitu sehat fisik, kita-kita ini emang jarang sakit, dibandingkan dengan anak kecil yang sering sakit diare, campak, cacar air dan lain-lain, juga dibanding dengan orang dewasa yang suka sakit kencing manis (diabetes), darah tinggi, jantung, stroke, jarang kedengaran kita-kita kena sakit macem gitu. Cuma jarang orang tahu, kita remaja nih banyak bermasalah untuk urusan kesehatan psikis dan sosial (psikososial) seperti masalah perilaku. Kita tahu kan, kita sering dengar perilaku ngedrug, perilaku seks bebas atau yang umum dech..tawuran remaja… Nah…kok tawuran dihubungkan ama sehat?….. La iya lah….tawuran itu kan terjadi karena mental yang tidak sehat sehingga ingin melakukan hal-hal yang merugikan, itu berarti kita gagal dalam membina hubungan yang baik dengan kelompok lain. Selain itu bisa terjadi luka pada bagian tubuh kita. Tawuran juga menyebabkan masalah sosial pada orang lain di sekitarnya dan pada keluarga pelaku juga mungkin terbawa-bawa. Lagian teman kita kan saudara kita juga

Apa yang mesti kita tau buat jaga kesehatan kita? Untuk jaga kesehatan, kita perlu lho dapat info yang benar tentang kesehatan. Bisa sih kita dapat di sekolah, juga bisa tanya sama ortu atau paling siip sich tanya pada ahlinya seperti dokter dan petugas kesehatan. Untuk tanya-tanya soal kesehatan yang agak pribadi, biasanya kan kita suka curhat sama temen. Tapi lebih asik lagi kalo curhatnya sama kader kesehatan remaja (konselor sebaya). Mereka tuh selain tempat curhat, ngasih info juga mampu membantu teman ngasih alternatif jalan keluar. Kamu tahu gak kalo remaja, umur 10-19 tahun itu jumlahnya kan 1/5 dari jumlah penduduk kita. Besar sekali kan ? Saking banyaknya, kayaknya perlu deh dokter, petugas kesehatan atau guru dibantu sama sebagian kita kita nih buat menyebar-luaskan informasi kesehatan remaja kepada teman-teman lain. Ada beberapa masalah perilaku yang berkaitan dengan kesehatan atau penyakit yang mesti kita ketahui karena dapat berakibat fatal bagi kehidupan selanjutnya atau mendatangkan kerugian baik fisik, jiwa, sosial seperti penyalahgunaan NAPZA, IMS/ISR, HIV dan AIDS. Makanya kita perlu baca buku informatif kaya gini. Jadi kalo kamu udah pada baca, boleh tuh dipinjemin ama temen lain berantai, jadinya kan banyak nanti yang jadi tau. Nah, kalo mau tau lebih banyak tentang kesehatan, baca ini buku......... Gak rugi........dech.

TUMBUH KEMBANG REMAJA
Setiap orang pasti akan jadi remaja.

2

Gak bisa dipungkiri, bahwa masa remaja adalah masa perubahan / transisi dari anak-anak menuju dewasa. Di satu sisi kita gak pengen dianggap anak kecil, tapi disisi lain kita kan belum jadi dewasa. Nah, yang namanya masa perubahan, banyak hal dech yang berubah. Masa perubahan ini khususnya menyangkut pertumbuhan fisik termasuk kematangan seksual disebut sebagai masa puber. Kadang perubahan ini begitu cepat terjadi, inget gak waktu ibu terheran-heran karena kita minta dibeliin baju baru karena menurut kita baju kita itu sudah kesempitan padahal baru dibeli beberapa bulan lalu ? Memang pada masa remaja terutama pada umur 12-14 tahun pertumbuhan badan sangat cepat. APA SICH YANG BERUBAH DARI CEWEK DAN COWOK MULAI REMAJA (MASA PUBER) ?

Tumbuh rambut pada ketiak dan kelamin Mulai berjerawat Menstruasi

Cewek dan cowok kalau mulai remaja sama-sama mulai banyak keringat dan mulai agak bau lho ! Makanya harus jaga kebersihan diri….
PERKEMBANGAN JIWA REMAJA Tanda cewek mulai remaja Badan tambah tinggi dan besar, pinggul membesar Payudara mulai membesar

Tanda cowok mulai remaja Badan tambah tinggi dan besar, otot dada bahu dan dada melebar Tumbuh jakun dan suara berubah jadi parau (serak) Tumbuh kumis, jambang, jenggot dan rambut ketiak dan kelamin, bisa juga tumbuh rambut di dada Mulai berjerawat Mimpi basah

Remaja gak cuma berubah fisik (badan) saja, tapi keadaan jiwanya juga berubah. Perubahan ini sangat mempengaruhi perilaku remaja.

3

Coba dech kita perhatikan, di satu sisi kita bersemangat, lebih kreatif, senang berpetualang, jatuh cinta. Namun kadang-kadang mudah marah (emosional), bosan, apatis (cuek), kadang bete. Hal ini wajar dialami remaja pada masa-masa pertumbuhan karena itu merupakan suatu proses perkembangan jiwa menuju kedewasaan. Jiwa itu meliputi emosi, kecerdasan dan interaksi dengan orang lain. Apakah emosi sama dengan marah? Gak doong..Sebenarnya marah merupakan salah satu bentuk emosi. Emosi adalah reaksi sesaat yang biasanya muncul dalam bentuk perilaku. Bentuk- bentuk lain emosi : gembira, khawatir, takut, cemburu, ingin tahu, cemas, sebal. Nah perkembangan emosi gak selalu sejalan dengan perkembangan fisik. Maksudnya gini lho, remaja yang badannya besar belum tentu dapat mengendalikan emosinya. GIMANA SICH PERKEMBANGAN JIWA REMAJA ITU? Perkembangan jiwa remaja itu ada tahapannya, yaitu : remaja awal ( umur 10-14 tahun), remaja tengah (15-16 tahun), remaja akhir (17 -19 tahun) Pada umur 10-14 tahun; Mulai memperhatikan penampilan fisik dengan cara berpakaian, gaya rambut sesuai dengan mode terbaru. Mulai ingin bebas, bereksperimen (suka tampil beda, gaya bicara menggunakan bahasa gaul) Mulai suka memberontak dan melawan, sehingga sering konflik dengan orang lain. Mulai sensi (peka), mudah marah, mudah tersinggung. Membentuk gank (kelompok teman sebaya), lebih mementingkan teman (bersama teman lebih asyik) Sulit berkompromi dengan orang lain (gak mau menerima pendapat orang lain)

Pada umur 15-16 tahun; Mulai bisa berkompromi sehingga menjadi tenang, sabar, toleran dan menerima pendapat orang lain Ingin mandiri (misalnya membuat keputusan sendiri, menolak campur tangan orang lain) Merasa perlu mengumpulkan pengalaman baru walaupun berisiko misalnya; merokok, alkohol, seks bebas dan mungkin mengkonsumsi narkoba ( yang kayak begini gak usah dicoba deh !!!) Gak lagi terfokus pada diri sendiri, lebih bersosialisasi dan gak pemalu lagi. Mulai tertarik dan menjalin hubungan dengan lawan jenis Mulai dapat diajak diskusi atau berdebat Keterampilan intelektual mulai menonjol Aktif di ekskul dan berorganisasi Senang melakukan kegiatan berisiko, misal : kebut-kebutan. Pada umur 17-19 tahun; Senang membicarakan masalah sosial politik termasuk agama. Mulai belajar mengatasi stress yang dihadapi. Sulit diajak berkumpul dengan keluarga. Ingin belajar mandiri secara finansial (membiayai keperluan dari uang sendiri). Hubungan dengan pacar (lawan jenis) lebih serius dan banyak menyita waktu. Merasa sebagai orang dewasa, cenderung mengemukakan pengalaman yang berbeda dengan orang tuanya. Hampir siap menjadi orang dewasa yang mandiri, mulai ingin meninggalkan rumah untuk hidup sendiri. Perkembangan jiwa remaja didasari oleh kondisi kesehatan jiwanya. APA CIRI-CIRI REMAJA YANG SEHAT JIWANYA ? Bisa menerima diri apa adanya.

4

Bisa menerima orang lain apa adanya. Mampu mengatasi stres dan menyelesaikan masalah dengan baik. PERMASALAHAN REMAJA Duh pusing nih banyak masalah… jerawat gak hilang-hilang, putus dengan pacar, orang tua nasehatin terus, tugas sekolah banyak, gebetan baru gak dapet-dapet, macem-macem dech... Nah di bawah ini ada beberapa TIPS supaya remaja bisa mengatasi segala permasalahan dengan baik - Kalau lagi kesal, jengkel, bete atau bad mood lakukan sesuatu yang bisa benar-benar dinikmati untuk menghibur diri misal : perawatan wajah, olah raga, kesenian, baca majalah atau buku favorit. Tapi ingat hindari hiburan yang negatif ya…. - Kalau keluarga atau orang tua buat aturan-aturan yang terkesan gak adil, itu karena mereka sayang banget sama kita. Hal yang bisa dilakukan adalah ngomong dengan tenang dan jujur pada keluarga tentang perasaan kita. - Jerawatan…bikin gak pede Gak perlu khawatir. Kita tetap menarik kok dengan kelebihan-kelebihan lain dalam diri kita sendiri (misal : kita punya hati baik, jago di bidang olah raga, musik/kesenian, fotografi, dll.) Lagian jerawat kan ada obatnya, jaga kesehatan kulit dengan rajin minum air putih, makan buah dan sayuran. - Putus dengan pacar…sedih deh rasanya Tapi gak perlu sedih berkepanjangan. Lakukan hobi dan yakinlah bahwa kita akan mendapat yang lebih baik. - Kita juga bisa curhat dengan sahabat, anggota keluarga, atau ahlinya di pusat-pusat konseling baik swasta (pusat konseling pada sentra-sentra remaja, misalnya PKBI) maupun pemerintah (misalnya Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja/ PKPR di Puskemas) untuk mendapat

bantuan supaya kita bisa memutuskan yang terbaik bagi diri kita sendiri

5

G E N D E R
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering denger kalo cowok harus nembak duluan, gak boleh nangis, sedangkan cewek harus lembut, penurut dan gak boleh ngambil keputusan di keluarga. Bener gak sich kalo cowok nangis menyalahi kodrat ? Bener gak sich cewek gak boleh nembak duluan ? Sebenernya yang penting antara cowok dan cewek harus ada keadilan dan kesetaraan baik dalam hal pembagian tugas, peran dan tanggung jawab di manapun kita berada. Jadi misalnya kalo ada cowok yang punya hobi memasak atau cewek yang suka otak-atik mesin, main bola, pede aja qaleeeeeeeee………… So, gak papa donk kalo cewek mau masuk sekolah militer atau cowok mau gantiin popok ponakan atau bantu masak di dapur, itu sich OK OK aja. Kamu tau gak perbedaan seks dengan gender ? Kalo seks itu adalah cowok dan cewek yang dibedakan dengan jelas secara biologis. Misalnya, karena perbedaan organ reproduksi, cowok kan gak bisa menstruasi, hamil, melahirkan dan menyusui. Sedangkan cewek gak mengeluarkan sperma. Tapi masalahnya masyarakat masih menganggap cowok harus macho, jadi pelindung cewek, pencari nafkah utama, cewek harus lembut, dan lain-lain hal yang terlanjur ditetapkan masyarakat sebagai nilai yang berlaku. Peran dan tanggung jawab sosial yang ditetapkan oleh masyarakat inilah yang disebut gender. Jadi ada perbedaan antara gender dan seks (jenis kelamin). Jelas kan perbedaannya ? Dalam kenyataannya, sering terjadi cewek dianggap gak perlu sekolah tinggi-tinggi karena ujung-ujungnya balik ke “kasur, sumur, dapur”. Perempuan dianggap gak mampu jadi pemimpin,

jadi sopir bis, kerja di bengkel. Sedangkan cowok dianggap gak pantes jadi guru TK, kerja di salon, nyuapin anak, nyuci piring, dll. Inilah contoh bias gender. Kenapa kita harus tau gender ? 1. Pada pergaulan yang terlalu bebas, remaja putri selalu menjadi korban dan menanggung segala akibatnya, seperti kehamilan yang tidak dikehendaki, putus sekolah, dan sebagainya. Ada kecenderungan untuk menyalahkan pihak perempuan, sedangkan remaja laki-lakinya seolah-oleh terbebas dari segala permasalahannya, walaupun ia ikut andil dalam menciptakan permasalahan tersebut. 2. Dalam tindakan aborsi ilegal, yang diancam oleh sanksi dan hukuman adalah perempuan yang menginginkan aborsi tersebut, sedangkan laki-laki yang menyebabkan kehamilan tidak tersentuh oleh hukum. 3. Perempuan selalu dijadikan obyek intervensi dalam pemberantasan penyakit infeksi menular seksual (IMS), walaupun kaum laki-laki sebagai konsumen justru memberi kontribusi yang cukup besar dalam masalah tersebut. 4. Setiap upaya mengurangi praktik prostitusi, kaum perempuan sebagai penjaja seks komersial selalu menjadi obyek dan tudingan sumber permasalahan, sementara kaum laki-laki sebagai pelanggan tidak pernah dipermasalahkan Apa akibat bias gender buat kita? o o o Kesempatan untuk mendapat pendidikan bagi perempuan menjadi kurang mendapat prioritas Perempuan takut unggul karena tidak disukai oleh laki-laki Remaja perempuan masih belum tegas dalam menolak ajakan pacar/temannya untuk berhubungan intim, karena ada keyakinan diri perempuan adalah lemah. Perempuan gak boleh ikut kompetisi di arena yang butuh kekuatan fisik, di anggap tabu, tomboi dll.

o

6

Jadi : Don’t worry be happy…Masa remaja itu masa yang paling asyik. Tapi tetap ingat lho, Jadilah dirimu sendiri dan jaga diri baik-baik

7

Kesehatan Reproduksi Remaja
Di sekolah kan udah diajarin bahwa salah satu fungsi kita sebagai manusia adalah untuk melanjutkan keturunan. Biar fungsi tersebut bisa dilaksanakan, maka Tuhan memberikan kita alat reproduksi yang sebenarnya sudah kita dapat sejak dalam kandungan ibu, tapi baru mulai aktif berfungsi pada waktu kita memasuki masa pubertas. Makanya, saat kita mulai beranjak remaja dan mengalami perubahan pada tubuh, kita perlu mengetahui tentang kesehatan reproduksi dan bagaimana cara menjaga alat reproduski kita. Apa sich Kesehatan Reproduksi itu? Kesehatan Reproduksi itu meliputi kesehatan fisik, jiwa maupun sosial yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi. Reproduksi sendiri merupakan proses alami untuk melanjutkan keturunan.

Nah, sekarang kita mulai masuk ke pelajaran biologi nich..... ga papa kan???? Alat reproduksi cewek yang penting dalam proses reproduksi adalah: A. Alat reproduksi bagian luar : 1. Bibir besar kemaluan (Labia mayora) : adalah daerah yang berambut kiri dan kanan berfungsi sebagai pelindung dan menjaga agar bagian dalam tetap lembab. 2. Bibir kecil kemaluan (Labia minora) : adalah daerah yang tidak berambut dan terdapat jaringan serat sensorik yang luas. 3. Klitoris (kelentit) merupakan organ kecil yang banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf 4. Mulut vagina adalah ujung luar vagina. Alat reproduksi bagian dalam dan fungsinya: 1. Vagina : merupakan liang senggama, jalan keluar bagi darah Haid, dan jalan keluar waktu bayi lahir. 2. Leher rahim Bagian uterus yang berbatasan dengan vagina. Pada saat persalinan tiba, leher rahim membuka sehingga bayi dapat keluar. 3. Rahim Tempat dimana sel telur yang sudah dibuahi tumbuh dan berkembang selama kehamilan. Bentuknya seperti buah alpukat gepeng. Pada saat tidak hamil, besar rahim kurang lebih sebesar telur ayam kampung. 4. Saluran telur Berupa saluran yang terletak di kanan dan kiri rahim, berfungsi sebagai penghubung rongga rahim dan indung telur. 5. Umbai-umbai Berfungsi untuk menangkap sel telur yang dikeluarkan indung telur. 6. Ovarium - Terletak di kiri dan kanan rahim di dalam rongga pinggul - Berfungsi mengeluarkan sel telur (ovum) sebulan sekali, ovarium kiri dan kanan secara bergiliran mengeluarkan sel telur (ovulasi). - Sel telur dapat dibuahi oleh spermatozoa sehingga terjadi pembuahan (konsepsi).

B.

Apa aja Alat Reproduksi Cewek?
Ovarium Saluran Telur Rongga Perut Kandung Kemih Saluran Kencing t Klitoris Bibir Besar Bibir Kecil Umbaiumbai Usus besar Rahim

Leher Rahim Mulut vagina

8

-

Bila tidak dibuahi, sel telur akan ikut keluar bersama darah saat menstruasi

Apa aja alat Reproduksi Cowok ?

Alat reproduksi cowok bagian dalam : 1. Saluran sperma (Vas deferens) Saluran yang menyalurkan sperma dari testis menuju ke uretra/saluran kencing. 2. Kelenjar Prostat, vesikula seminalis dan beberapa kelenjar lainnya. Menghasilkan cairan mani (semen) yang berguna untuk memberikan makanan pada sperma. 3. Saluran kencing (Urethra) : adalah jalan bagi air seni dan air mani menuju lubang di ujung glands. Saat air mani keluar secara otomatis katup untuk air seni menutup. Hormon apa saja yang ada pada cewek ? Hormon Estrogen dan Progesteron Apa fungsi hormon estrogen? 1. Merangsang pertumbuhan saluran telur, rongga rahim dan vagina. 2. Membuat dinding rahim makin tebal dan produksi cairan vagina bertambah banyak. 3. Mengakibatkan tertimbunnya lemak di daerah panggul cewek. 4. Memperlambat pertumbuhan tubuh yang semula sudah dirangsang oleh kelenjar bawah otak (itulah sebabnya mengapa cewek dewasa tidak setinggi anak cowok sebayanya). Apa Fungsi Hormon Progesteron ? 1. 2. 3. 4. Untuk melemaskan otot-otot halus, Meningkatkan produksi zat lemak di kulit Meningkatkan suhu badan, Pada rahim progesteron merangsang sekresi kelenjar-kelenjar.

Gambar 2. Alat reproduksi cowok Alat reproduksi cowok bagian luar : 1. Penis Berfungsi sebagai alat sanggama dan sebagai saluran untuk pengeluaran sperma dan air seni. Kepala/Glans penis merupakan bagian ujung penis yang ditutupi oleh lipatan kulit yang disebut preputium. 2. Buah zakar (Testis) Berjumlah dua buah untuk memproduksi spermatozoa. Testis berada dalam skrotum, diluar rongga panggul karena pembentukan spermatozoa membutuhkan suhu yang lebih rendah dari pada suhu badan (36,7 o C). 3. Skrotum Kantong kulit yang melindungi testis, berwarna gelap dan berlipat lipat.

Sistem reproduksi baru berfungsi ketika organ reproduksi sudah ’matang’. Pada remaja perempuan ditandai dengan menstruasi pertama yang disebut menarche, sedangkan pada remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Menjelang

9

menstruasi biasanya diawali dengan munculnya gejala antara lain timbulnya jerawat, sakit perut, mules, sakit pinggang, dan biasanya emosi tidak stabil. Hormon apa yang ada pada Cowok? Hormon Testosteron, dihasilkan oleh testis dan kelenjar anak ginjal (suprarenal). Hormon ini ada di dalam darah dan mempengaruhi alat-alat dalam tubuh serta menyebabkan terjadinya beberapa pertumbuhan seks primer dan sekunder. Apakah yang dimaksud dengan Menstruasi ? Menstruasi adalah proses peluruhan lapisan dalam/ endometrium pada dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Dinding rahim sendiri berfungsi untuk tempat menempelnya sel telur sebelum dibuahi oleh sperma. Gimana sich terjadinya menstruasi ? Proses mentruasi terjadi pada saat indung telur bersiap-siap melepaskan sel telur. Apabila tidak terjadi pembuahan di saluran telur, sel telur tersebut berjalan ke rahim. Sel telur menempel pada lapisan dinding rahim yang semakin menebal. Maka lapisan dinding rahim yang menebal akan luruh melalui vagina yang bercampur dengan darah. Bagaimana siklus menstruasi ? Kapan cewek mulai menstruasi dan kapan berhenti menstruasi? Menstruasi dimulai saat pubertas, berhenti sesaat waktu hamil atau menyusui dan berhenti menetap saat menopause (lebih kurang usia 50 th). Mengapa mimpi basah terjadi pada laki-laki? Mimpi basah yaitu peristiwa keluarnya sperma saat tidur, sering pada saat mimpi tentang hubungan seks, dan merupakan salah satu cara alami berejakulasi. Ini merupakan pengalaman yang normal, terjadi secara periodik, berkisar setiap 2–3 minggu. Mereka yang sudah menikah jarang mengalami mimpi basah karena mereka teratur mengeluarkannya melalui hubungan seksual dengan pasangan/ isteri. Seiring dengan matangnya organ reproduksi, hormon-hormon yang berkaitan dengan fungsi sistem reproduksi juga mulai aktif. Salah satunya adalah hormon yang berperan dalam munculnya dorongan seks. Ketika dorongan seks ini bisa disalurkan atau juga tidak disalurkan. Salah satu bentuk penyaluran dorongan seks ini adalah masturbasi/onani Setiap remaja cewek memiliki siklus menstruasi yang berbeda satu dengan lainnya, pada umumnya berkisar antara 20-35 hari dan lama menstruasi umumnya 5-7 hari. Panjangnya siklus, lama, dan teraturnya menstruasi tergantung pada beberapa hal, yaitu : keturunan, penyakit organ reproduksi, kelelahan, dan beberapa faktor psikologis misalnya stress.

10

Apa sich Onani atau Masturbasi itu? Onani/Masturbasi merupakan aktivitas menyentuh atau merangsang organ genitalia atau bagian sensitif pada tubuh (puting payudara, alat kelamin dll) baik menggunakan alat maupun tidak menggunakan alat untuk mencapai kepuasan seksual. Berbahayakah Onani/Masturbasi itu? Secara medis tidak mengganggu kesehatan apabila dilakukan secara bersih dan tidak menggunakan benda-benda yang membahayakan, tapi secara psikis dapat menyebabkan ketagihan dan perasaan bersalah. Apa yang dimaksud dengan perawan dan perjaka? Dikatakan perawan dan perjaka apabila belum pernah melakukan hubungan seksual. Apa yang dimaksud dengan Selaput Dara? Dimulut vagina terdapat selaput dara (hymen), suatu selaput yang akan robek pada saat bersanggama, kecelakaan, masturbasi/ onani yang terlalu dalam, olah raga dsb. Selaput ini mempunyai lubang kecil di tengah atau di pinggirnya tempat keluarnya lendir dan darah haid. Perlukah cewek disunat? Sunat pada cewek/ pemotongan kulit klitoris tidak bermanfaat bahkan bila dilakukan tidak steril menimbulkan infeksi, sehingga secara medis dianjurkan tidak dilakukan. Kenapa cowok perlu disunat? Dengan disunat zakar/penis jadi lebih mudah dibersihkan, lebih bersih dan terhindar dari infeksi dan mencegah penyakit. Apa saja yang bisa terjadi pada alat reproduksi?

1. Ereksi yaitu pengerasan dan pembesaran penis pada laki-laki atau klitoris pada perempuan, terjadi karena pembuluh darah penis dipenuhi oleh darah. 2. Ejakulasi yaitu keluarnya cairan sperma melalui saluran kemih pada lakilaki. Bisa terjadi secara sengaja atau tidak sengaja melalui rangsangan ataupun aktivitas seksual dan mimpi basah. 3. Kehamilan merupakan peristiwa alamiah reproduksi manusia yang diawali dengan pertemuan sel telur dengan spermatozoa embrio bakal janin, dan berkembang di dalam rahim sampai akhirnya dilahirkan sebagai bayi. Apa aja sich tanda – tanda kehamilan ? Tanda kehamilan, diketahui dari keluhan (subyektif) dan pemeriksaan fisik (obyektif). Keluhan antara lain, tidak datang haid, pusing dan mual/muntah pada pagi hari, dan pemeriksaan fisik antara lain, buah dada membesar/ mengeras, daerah sekitar puting agak gelap, dan perut mulai membesar. Apa risiko hamil pada saat usia remaja (dibawah 20 tahun)? Kehamilan dibawah usia 20 tahun berisiko karena perkembangan fisik belum sempurna (panggul belum optimal) dan berbagai risiko kehamilan (keracunan kehamilan/ eklampsi) berakibat kematian. Dari hasil penelitian kehamilan usia muda lebih sering menimbulkan kanker leher rahim. Apa sich KTD? KTD adalah Kehamilan yang Tidak Diinginkan, dapat terjadi pada pasangan yang sudah menikah maupun yang tidak menikah. Pada remaja, umumnya KTD terjadi karena hubungan seks yang dilakukan sebelum menikah. Bagaimana cara menghindari seks bebas? Untuk menghindari keadaan ini : 1. Memperkuat iman dan taqwa 2. Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah.

11

3. 4.

Memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan positif seperti olahraga, seni, keagamaan. Hindari perbuatan-perbuatan yang akan menimbulkan dorongan seksual, seperti meraba-raba tubuh pasangannya dan menonton video porno.

Nah, buat kamu para cowok...meskipun Undang-undang kita masih belum melibatkan kamu-kamu, mesti diingat bahwa kehamilan itu kan terjadi karena ada sperma yang berasal dari cowok. Jadi, pasal-pasal di atas sepatutnya ditanggung pihak cowok juga! Kenapa sich ada orang yang gay atau lesbian? Homoseksual (lesbian atau gay) adalah ketertarikan pada sesama jenis kelamin. Penyebab homoseksual adalah herediter/ genetik. Faktor pencetus terjadinya homoseksual misalnya lama tinggal bersama sesama jenis kelamin (seperti di asrama atau penjara), hubungan seksual yang gak memuaskan dengan lawan jenis, pendidikan seks yang kurang, korban kekerasan homoseksual. Penderita homoseksual gak mengalami gangguan dalam identitas gendernya (jenis kelamin), hanya saja objek seksualnya tertuju pada sesama jenis. Bagaimana cara kita merawat alat reproduksi agar tetap sehat Tips kebersihan diri : 1. Sebaiknya, pakaian dalam diganti minimal 2 kali sehari. 2. Tidak menggunakan pakaian dalam yang ketat dan berbahan non sintetik 3. Pakailah handuk yang bersih, kering, tidak lembab dan bau 4. Membersihkan organ reproduksi luar dari depan ke belakang menggunakan air bersih dan dikeringkan menggunakan handuk atau tissue. 5. Tidak terlalu sering menggunakan cairan pembilas vagina. 6. Jangan memakai panty liner untuk waktu lama. 7. Pergunakan pembalut ketika menstruasi, dan diganti paling lama setiap 4 jam atau setelah buang air. 8. Bagi cowok sebaiknya disunat

Apa akibat dari kehamilan pada remaja yang belum menikah? Akibatnya terjadi putus sekolah, pengguguran kandungan (aborsi) yang tidak aman yang mengakibatkan kerusakan rahim, infeksi rahim, kemandulan, perdarahan, komplikasi, dan kematian. Secara hukum aborsi dilarang keras (ilegal) dengan alasan apapun kecuali untuk menyelamatkan jiwa ibu (Undang-Undang Kesehatan No.23 tahun 1992). Disamping itu remaja menanggung dampak kejiwaan akibat rasa malu, takut, rasa berdosa, dikucilkan, dan ketidakpastian masa depan. Seperti pada kehamilan remaja pada umumnya, jika kehamilan berlanjut, bisa terjadi keguguran spontan, bayi lahir prematur, BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah). Apa sanksi hukum untuk cewek yang menggugurkan kandungan (aborsi)? Sesuai dengan Peraturan larangan aborsi di Indonesia : Pasal 346 KUHP: Perempuan yang dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungannya atau menyuruh orang lain untuk itu, dihukum penjara selama-lamanya 4 tahun. Pasal 347 KUHP: “Barang siapa dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungannya seorang perempuan tidak dengan izin perempuan itu, dihukum penjara selam-lamanya 12 tahun”.

12

Dear Diary, Hari ini ada hal yang menarik di sekolahku. Hari ini sekolahku kedatangan seorang kakak dari sebuah lembaga yang peduli kesehatan remaja yang bernama Kak Andi. Iiich seumur-umur aku baru tahu lho. Kak Andi itu jelasin ke kita-kita tentang IMS dan ISR. Tahu enggak ? Nich aku kasih tahu yach …. Kata Kak Andi ISR adalah Infeksi Saluran Reproduksi yang dapat ditularkan dengan atau tanpa hubungan seksual. Kalau ditularkan melalui hubungan seksual disebut Infeksi Menular Seksual (IMS)/ penyakit kelamin. Waduh ….! kata-kata Kak Andi itu bener-bener menyakinkan, ditambah lagi wajah Kak Andi itu lho, dear. Cool banget …. Jadi seneng ngeliatin wajahnya gitu …. Hmmmm ….. berasa Kak Andi di depan mata ….. Oh ya dear, terusin lagi yach …. Ternyata penyebab IMS & ISR itu bisa macem-macem lho.. 1. Melalui hubungan seks Buat kita-kita lebih baik jangan coba-coba berhubungan seks dulu dech. Kita kan belum nikah. Kalaupun mau nikah ntar dulu dech, pikir-pikir dulu.. kita kan masih muda. 2. Karena pertumbuhan jamur/bakteri yang berlebihan. Nah ini dia … biasanya kita cuek ama masalah yang satu ini. Itu lho, menjaga kebersihan diri. Kalo kita jorok apalagi

23 Januari 2007

terhadap alat kelamin kita, iich … bisa-bisa alat kelamin kita kayak kebon binatang. Semua kuman dan jamur ada di situ. Biar sehat kata Kak Andi, kita harus ganti celana dalam paling tidak dua kali sehari, gitu dech. Kalau kita lagi pake pembalut, kita mesti sering-sering menggantinya. Alergi (pembalut, cairan pembersih vagina) 3. Aku baru ngerti tadi bahwa ternyata ada juga yang alergi ama pembalut dan cairan pembersih vagina. Kirain sich aman-aman aja. Wah kalo gitu dari sekarang, kita harus berhati-hati menggunakan cairan pembersih vagina. Pemakaian kontrasepsi dalam rahim/ IUD pada pasangan usia subur. 4. Nah pengetahuan ini bagus nich untuk bekalku nanti setelah menikah. Kirain semua kontrasepsi aman, ternyata kehati-hatian kita dalam memilih kontrasepsi sesuai kondisi kita amat penting. Biar sehat terus gitu lho. Dear, …. Dari Kak Andi juga aku ngerti bahwa IMS itu ternyata banyak macemnya. Kirain sich hanya satu aja. Ternyata buanyak banget. Eh dear, ….. Buat ngingetin aku dan kamu aku tulis aja ya jenis-jenis, gejala-gejala dan akibatnya……. Sorry kalo bahasanya rada ilmiah dan gambarnya rada-rada serem, tapi aku pikir aku dan kamu harus ngerti hal ini. So, liat aja dech …………. 1. GO (Gonore)/kencing nanah.
o o

Penyebab : bakteri Neisseria gonorrhoe, Masa inkubasi selama 2-10 hari.

13

2. Uretritis (radang saluran kencing) Non Gonore :

Gejala : Pada perempuan, bisa tanpa gejala lho, hanya keputihan (berwarna kuning kehijauan dan kental) bisa disertai rasa nyeri pada saat kencing. Hal ini terjadi karena adanya peradangan saluran kencing yang biasa disebut uretritis. Nah pada laki-laki: gatal/panas waktu kencing, keluar nanah kental berwarna kuning kehijauan secara spontan, ujung penis tampak merah dan bengkak o Komplikasi : kemandulan; radang panggul, radang mata (konjungtivitis gonore) pada bayi yang baru dilahirkan secara normal (bukan operasi caesar) dari penderita GO. (Gambar diganti dengan gambar bayi)
o

Kencing nanah karena Gonore

Klamidiasis : o Penyebab : Bakteri Chlamidia trachomatis (paling sering), o Masa inkubasi : 7-14 hari. o Gejala-gejala : • Pada laki-laki, cairan encer terutama pagi hari (morning drops), lamalama infeksi berlanjut cairan bercampur darah disertai rasa sakit pada saat kencing. • Pada perempuan: keputihan (cairan encer putih kekuningan), nyeri rongga panggul, darah setelah berhubungan seksual, sering diabaikan).
o

komplikasi : • Pada perempuan: infeksi saluran telur/kemandulan, radang saluran kencing, ketuban pecah dini/ bayi prematur (kehamilan) • Pada laki-laki, infeksi saluran air mani/ kemandulan, sakit buang air kecil. Pemeriksaan penunjang : Sediaan apus sekret dengan pewarnaan Gram

o o o

Gonore pada mata

3. Siphilis (Lues, Raja Singa) penyebab : bakteri Treponema pallidum, Masa inkubasi 2-4 minggu. Gejala : • Stadium I (sifilis primer) : luka tanpa rasa nyeri dan hilang spontan tetapi penyakit berlanjut • Stadium II (sifilis sekunder) : kelainan sistemik (tidak nafsu makan, sakit kepala, demam, nyeri sendi) dan kelainan kulit (bercak merah, benjolan kecil-kecil di seluruh tubuh). • Stadium laten, terdiri dari stadium laten dini dan laten lanjut (stadium laten lanjut tidak menular). Tidak ada gejala klinis walaupun infeksi masih ada. • Stadium III (sifilis tersier) : kelainan destruktif di kulit, selaput lendir, tulang/ sendi disertai radang di jantung, sistim pembuluh darah dan syaraf.

14

Komplikasi : bila terjadi pada masa kehamilan dapat menyebabkan kelainanan sífilis kongenital (cacat bawaan seperti katarak, gangguan pendengaran, kelainan jantung dan cacat lainnya)

o

Gambar stadium I dicopy dari bu Enny Bikin glossary di akhir

Sifilis menyerang pembuluh limfe
4. Chancroid/ Ulkus Mole o Penyebabkan: bakteri Haemophylus ducreyi o Masa inkubasi: 1-14 hari o Gejala-gejalanya: luka,nyeri, tanpa tanda radang yang jelas, benjolan di lipatan paha (sakit/ mudah sekali pecah), meninggalkan ulkus (luka cekung yang dalam) dan terjadi kematian jaringan disekitarnya. Gambar diganti ......cari di bu Marina 5. Herpes Genital ,

benjolan pada stadium 2

Kemerahan pada stadium 2

o o o

Penyebab : virus Herpes symplex II Masa inkubasi: 4-7 hari. Gejala-gejala: bintil-bintil berisi air (seperti anggur), nyeri dapat pecah, mengerak dan hilang. Sering kambuh (gejala lebih ringan) karena faktor pencetus (stres, kebersihan diri yang buruk), menetap, kanker leher rahim. Kehamilan: lahir muda, Kelainan kongenital, dan kematian, belum ada obat untuk mencegah kambuh .

15

IMS/ ISR lain yang disebabkan virus : 7. Hepatitis B dan C o Penyebab: virus hepatitis B dan C o Masa inkubasi 1-6 bulan o Gejala-gejala: kuning (mata/kulit), lesu dan lemah, pembesaran hati, kembung, mual. Hepatitis C: lebih cepat dan lebih berat, kanker hati dan kematian. o Penularan: buat ngingetin aku dan kamu, penularan hepatitis B dan C tidak hanya melalui hubungan seks saja, tapi juga kontak cairan tubuh penderita dengan cara lain seperti penggunaan jarum suntik secara bergantian pada penyalahgunaan NAPZA, transfusi darah tercemar, atau ganti-gantian pisau cukur, sikat gigi, alat tindik, tato, dll) 8. Trichomoniasis vaginalis, o Penyebab : parasit Trichomonas vaginalis o Masa inkubasi : 3-28 hari . o Gejala: keputihan, cairan encer (berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk), vulva: bengkak kemerahan, gatal/ tidak nyaman waktu berhubungan seksual, nyeri saat buang air kecil.

Herpes genital
6. Condiloma acuminata (Jengger ayam / kutil kelamin), o Penyebab : virus Human papilloma virus (HPV), o masa inkubasi : 2-3 bulan. o Gejala : satu/beberapa kutil di kemaluan, permukaan tidak rata o Komplikasi : Kanker leher rahim

Jengger ayam
16

Keputihan karena Trichomonas vaginalis
9. Jamur (Candidiasis Vagina), o Penyebab : jamur Candida albicans (apatogen → dapat menjadi patogen). o Gejala : keputihan, bergumpal seperti susu basi, gatal/panas, kemerahan pada kelamin dan sekitarnya. o Penularan : lagi-lagi hubungan seksual, atau dipicu oleh kondisi tertentu seperti stres, kelelahan , IUD yang lama pada pasangan usia subur, Nah ini yang perlu kita tau : Penggunaan celana dalam yang jarang diganti, ketat atau bahan sintetis bukan katun juga bisa menyebabkan infeksi jamur di vagina. Ternyata pemakaian celana jeans dan celana ketat lainnya juga bisa menyebabkan infeksi ini.

Walaupun mengerikan gitu, ternyata IMS bisa dicegah kok. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara : Tidak melakukan hubungan seks pranikah Jangan berhubungan seks sampai umur sebelum usia 20 tahun dulu dech. Senggama pertama pada umur 15-20 tahun, selain berisiko menyebabkan IMS, juga sebagai pencetus terjadinya kanker leher rahim. Tidak berhubungan seks berganti-ganti pasangan. Menjaga kebersihan alat kelamin misalnya berganti celana dalam dua kali sehari. Kita harus hindari menggunakan cairan pembersih vagina terlalu sering karena dapat mengakibatkan keputihan. Untuk laki-laki, faktanya ternyata kalo disunat, penis jadi lebih bersih dan kuman-kuman tidak mudah berkembang biak. Dear ……. Mau tau gak akibat IMS lainnya? Gini nich aku kasih tahu yaaa ............
• •

Kalo hamil, bisa terjadi kehamilan di luar rahim Memperbesar kemungkinan tertular HIV dan AIDS.

Keputihan karena jamur
Dear diary,

Bukan cuma fisik, ternyata IMS bisa mempengaruhi psikologis atau perasaan dan emosi kita lho. Misalnya : 1. Rendah diri Gile, .... Ternyata IMS juga bisa bikin kita rendah diri juga Bo. Enggak nyangka yach. Bener juga sich, sekarang bayangin dech, kalo kita kena IMS, kita kan juga jadi merasa diri lebih rendah dibandingkan dengan teman-teman kita. 2. Malu dan takut sehingga tidak mau berobat. Yaa ampun,,, IMS itu dahsyat akibatnya lho. Kita justru harus periksa ke dokter. Dan jangan coba-coba ngobatin IMS sendiri, karena seringkali

17

jenis dan dosis obat yang digunakan tidak tepat. Padahal itu justru bisa memperberat penyakitnya. 3. Ganggguan hubungan seks setelah menikah karena takut tertular lagi atau takut menularkan penyakit pada pasangannya. Nah ini pengaruh jangka panjangnya. Padahal kita kan kepengen hidup bahagia ama orang yang kita sayangin (iich ... sok tahu dech kayaknya). 4. Dan yang paling berat kalo terkena HIV. Abis masa depan, kiamat dech !!! Jadi dear, sebaiknya kita jangan coba-coba melakukan hubungan seks sebelum nikah dech dan jangan terpengaruh dengan ajakan teman. Kita kan harus jadi diri kita sendiri. Kalo emang itu merugikan kita, ngapain harus kita ikutin.

Whoaaaaaaaaaaaahm..................... Udah dulu ya dear, ngantuk nich, mau tidur dulu Daaaaaaaaaaah................................................

18

AIDS
Dalam Rahim

Saat Kelahiran

Menyusui

Dear diary, Kak Andi datang lagi ke sekolahku. Kali ini dia mengajak seorang relawan yang bernama Sinta. Kak Sinta itu baik sekali lho dear. Dia itu sabar banget ngejawab pertanyaan-pertanyaan aku dan teman-temanku walaupun dalam beberapa hal pertanyaan-pertanyaan itu aku anggap konyol. Aku seneng banget karena hari ini aku mendapatkan info baru tentang HIV dan AIDS, sesuatu yang selama kuanggap jauh dari duniaku.

Kata Kak Sinta HIV dan AIDS berbeda lho, Tahu enggak, ternyata HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala yang diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia karena terinfeksi virus HIV. Dear, … Ternyata orang yang sudah terinfeksi HIV, dalam tubuhnya terdapat virus yang dalam jumlah besar, ditemui dalam darah, cairan vagina dan sperma. Dalam jumlah kecil, terdapat pada air susu ibu, air liur, air mata dan air seni.

Aduh dear, … Kasihan ya Bayi itu kalo harus tertular HIV apalagi sampe kena AIDS. Aku pikir setiap orang apalagi teman-teman seusiaku harus tahu tentang hal-hal apa saja yang menularkan dan tidak menularkan HIV dan AIDS. Dear, … Kak Sinta juga menjelaskan kepada kami tentang cara penularan HIV, yaitu : 1. Nge-seks dengan orang yang telah terinfeksi HIV. 2. Transfusi darah yang telah tercemar HIV 3. Nyuntik dengan jarum yang tercemar HIV 4. Dari ibu yang terinfeksi HIV kepada janinnya selama kehamilan, persalinan atau menyusui 5. Tindik/tato dengan jarum yang tercemar HIV 6. Penggunaan pisau cukur yang tercemar HIV Kak Sinta jugamenjelaskan tentang hal-hal yang tidak menularkan HIV dan AIDS :

Virus HIV baru ditemukan pada Januari 1983 oleh Dr. Luc Montagnier dkk dari Institut Pasteur – Perancis. Namun penyakit o Bersentuhan, bersenggolan, salaman, berpelukan, dan cium pipi AIDS sudah ditemukan sejak akhir 1970-an. Wah ternyata umurnya udah tua juga ya ….. Sampai setua ini, masih jugo belum ditemukan obat minuman seperti piring, gelas, sendok a Alat-alat makan dan o Gigitan nyamuk. yang ampuh membunuh virusnya. o Terkena keringat, air mata, air kencing atau ludah Dear, … o Berenang dan WC umum, menggunakan telepon bersama-sama. Aku dapet gambar bagus tadi ketika baca booklet, liat nich …..

19

• Infeksi usus yang menyebabkan diare parah selama berminggu-

Dear, …. Anak-anak seusiaku emang kayak gini kali ya. Pengen tauuuu aja. Ada juga akhirnya temanku yang bertanya tentang gejala infeksi HIV dan AIDS. Untung banget dech, Kak Sinta yang cukup sabar dan manizzz banget itu juga menjelaskan tahapan HIV menjadi AIDS : Tahap I tahap II tahap III tahap akhir Lengkapi dengan gambar (copy dari bu Enny) ....................... Tahap pertama, belum ada gejala yang jelas, tetapi sudah dapat menularkan AIDS. Tahap ini disebut window period yaitu virusnya sudah masuk ke dalam tubuh, tapi belum terdeteksi. Biasanya 3 – 6 bulan setelah virus masuk ke dalam tubuh. Tahap kedua, belum ada gejala yang jelas, tetapi melalui pemeriksaan darah sudah positif. Tahap ketiga • Keringat berlebihan pada waktu malam hari. • Diare terus menerus. • Berat badan terus berkurang. • Pembengkakkan kelenjar getah bening. • Flu tidak sembuh-sembuh. • Infeksi jamur pada mulut Tahap akhir Muncul kumpulan gejala AIDS akibat infeksi opportunistik seperti : • Infeksi kulit/ selaput lendir : jamur, bakteri dll • Infeksi paru-paru

• Infeksi otak yang menyebabkan kekacauan mental, kelumpuhan • Infeksi jamur pada tenggorokan (mulut)

minggu.

Gambar orang yang terinfeksi HIV sudah dalam tahap akhir

Harus tetep diingat, orang yang tampak sehat dan belum ada gejala AIDS, bisa saja di dalam tubuhnya mengandung virus HIV. Satu-satunya cara untuk mengetahui seseorang terinfeksi HIV adalah dengan tes darah di laboratorium Rumah Sakit besar Dear diary, … Ternyata, kita bisa kena HIV dan AIDS, tapi kita juga bisa cegah donk.. Kamu tahu enggak, cara cegahnya ? Nich aku kasih tahu ya …. A = Abstinence atau Amannya sich tidak berhubungan seks

20

B C

=

D E

Be faithful atau Bagusnya saling setia, berhubungan seks hanya dengan pasangan tetap. = Condom atau Kondom, Bagaimanapun, kita tau bahwa ada juga temanteman kita yang sudah melakukan hubungan seks. Kadang-kadang, meskipun mereka sudah berusaha tidak lagi melakukannya, tetap aja ada yang suka bablas. Nah buat mereka, kondom adalah satu-satunya cara untuk mencegah tertularnya HIV. = Drug atau Gak usah nge-Drug atau pakai Napza. = Equipment atau Enaknya pakai alat-alat yang bersih, steril, sekali pakai dan tidak bergantian, misalnya; jarum suntik, pisau cukur, alat operasi, jarum tato, alat tindik, dll.

Semua orang berisiko untuk tertular HIV&AIDS. Dear, .... Ternyata enggak benar lho kalo HIV dan AIDS itu hanya menular lewat hubungan seks tetapi dapat juga melalui transfusi darah yang tercemar HIV&AIDS, penggunaan jarum suntik yang sudah tercemar HIV (Napza Suntik), ibu hamil pada janin/ bayinya selama kehamilan, persalinan dan menyusui, penggunaan pisau cukur dan alat tindik/tato yang tercemar HIV. Dan Kak Sinta juga bilang kalo HIV dan AIDS bukan penyakit kaum homoseksual dan bukan juga hanya diderita oleh PSK (itu tuch Penjaja Seks Komersil), HIV&AIDS juga diderita oleh golongan heteroseksual bahkan jumlahnya lebih besar daripada homoseksual. Dear, ... Hihihi Lucu juga ya, setelah mendengar penjelasan dari Kak Sinta, ada beberapa temanku yang takut tertular. Tapi lagi-lagi Kak sinta yang baik, menjelaskan bahwa HIV&AIDS tidak dapat menularkan lewat kontak sosial seperti makan-minum bersama, bersalaman, menggunakan WC umum bersama ODHA (Orang dengan HIV&AIDS). Sampai saat ini belum ada tuh pengobatan yang dapat menyembuhkan penderita HIV&AIDS. Pengobatan saat ini adalah terapi untuk menghambat perkembangan virus HIV dengan pemberian ART (Anti Retroviral Treatment) Ah, seneng dech ngobrol ama kak Sinta. Pertanyaan apapun dicoba dijawab akan tetapi ada Satu pertanyaan yang enggak bisa dijawab oleh kak Sinta, yaitu ketika ada temanku yang tanya ”Apakah kak Sinta udah punya pacar?”. Hihihi muka kak Sinta langsung merah padam.

Dear, .... Setelah menjelaskan panjang lebar tentang HIV dan AIDS, Kak Sinta juga menjelaskan tentang ODHA. Pengen tahu kan apa itu ODHA ? ODHA adalah singkatan dari Orang Dengan HIV/AIDS. Dear, ... Kak Sinta juga Ok lho berbijak-bijak dengan kita, kata Kak Sinta ODHA juga manusia (manusia biasa yang perlu dipahami dan diberi dukungan). Kita boleh bergaul dengan ODHA tanpa merasa khawatir tertular. Sehingga kita tidak boleh mengucilkan atau mendiskriminasikan ODHA. So, HIV dan AIDS .... bukan penyakit kutukan. Karena setiap orang bisa tertular baik itu orang dewasa, remaja, anak-anak bahkan bayi sekalipun.

21

NAPZA
Penyalahgunaan NAPZA di Indonesia sudah mencemaskan dan banyak diantara temen-temen kita yang menjadi korbannya. Lebih dari setengah penyalahgunaan NAPZA menggunakan jarum suntik yang umumnya dilakukan secara bergantian. Untuk mencari identitas diri, kita sering melakukan eksperimen, mencoba sesuatu yang baru termasuk penyalahgunaan NAPZA tanpa memperdulikan akibatnya. Seringkali ketidakmampuan menolak bujukan teman memperkuat keinginan kita untuk mencoba. Nah, disinilah ketidaktahuan tentang NAPZA seringkali memudahkan kita menerima tawaran terselubung oleh pengedar. Jadi, gimana nich cara ngatasinnya ? Pengen tau ? Yuk bahas informasi seputar NAPZA dan penyalahgunaannya. Apa itu NAPZA ? NAPZA singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat-zat adiktif lainnya (zat-zat lain yang bisa menimbulkan ketagihan misalnya rokok, minuman keras) adalah bahan atau zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologis seseorang (pikiran, perasaan dan perilakunya) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologis. NAPZA di masyarakat lebih dikenal dengan sebutan NARKOBA.

Biji ganja

Daun Ganja

Opium

Bunga opium

Daun Koka

Bunga dan buah koka

Kokain

Apa saja jenis NAPZA ? Jika dilihat dari proses pembuatannya, NAPZA dibagi 3 jenis, yaitu: 1. Alami: Jenis zat atau obat yang diambil langsung dari alam, tanpa adanya proses fermentasi atau produksi, contohnya : Ganja (cimeng, gele, mariyuana), Kafein, Opium, Kokain (coke, charlie, snow, crack)

2. Semi sintetis : Jenis zat atau obat yang diproses sedemikian rupa melalui proses fermentasi, contohnya: Morfin, Heroin (putau), Kodein, dll. Gambar...........

22

Warna butiran

Morphine Base Amphetamin LSD

Heroin
Yang perlu kamu waspadai dan hindari : Biasanya temen-temen kita mulai terlibat penyalahgunaan NAPZA didahului oleh rasa ingin tahu, kemudian mencoba merasakannya karena pengaruh teman dan lingkungannya seperti ingin diterima oleh kelompoknya, ikut tren, kenikmatan sesaat, cari perhatian, mencari identitas diri, membangkitkan keberanian, ikut tokoh idola. Bisa juga dipicu oleh rasa kecewa, sedih dan lainlain (situasional) tanpa didukung oleh keimanan, rasa percaya diri atau keterampilan untuk mengatasi stres dan depresi. Pemakaian coba-coba dan situasional ini, karena adanya sifat toleransi tubuh (keadaaan dimana khasiat zat terhadap tubuh menurun setelah pemakaian yang berulang-ulang, sehingga ia membutuhkan dosis zat yang semakin lama semakin besar untuk memperoleh efek yang sama) terhadap NAPZA. Pemakaian ini akan berlanjut menjadi adiksi/ketergantungan yaitu suatu keadaaan kebutuhan fisik atau psikis terhadap NAPZA yang terjadi sebagai akibat pemakaian NAPZA secara terus menerus atau berlebihan, yang pada akhirnya apabila dosisnya dikurangi akan timbul gejala putus zat (sindrom putus obat adalah gejala-gejala spesifik untuk zat tertentu yang timbul akibat penghentian atau pengurangan dosis pemakaian, yang sebelumnya sudah digunakan secara teratur).

3. Sintetis : Jenis zat atau obat yang dibuat untuk keperluan medis yang juga digunakan sebagai penghilang rasa sakit (analgesik) Metadon, Pethidin, Ampetamin (ekstasi), seperti:

Metanfetamin (shabu), Lisergik Dietilamide (LSD), dll.

23

Gejala yang muncul berbeda-beda tergantung pada jenis zat yang dipakai, contoh : Shabu menyebabkan depresi, cemas, gelisah, susah tidur, craving (keadaan sangat menginginkan obat). Dalam tahap ini penderita tidak dapat melepaskan diri dari NAPZA dan terpaksa harus terus memakainya hingga berlebihan, akhirnya terjadi overdosis (kelebihan obat karena tidak dapat mengontrol dosis yang dikonsumsi, menimbulkan gejala keracunan, koma, sampai meninggal dunia). Apa Akibat Penyalahgunaan NAPZA ? Penyalahgunaan NAPZA dalam waktu yang lama, dapat menimbulkan gangguan fisik, mental emosional dan kehidupan social. Gangguan Fisik : 1. Bahan Alami : Zat Opioda Alkohol Akibatnya Kemandulan, gangguan haid (menstruasi), impotensi dan sulit buang air besar berkelanjutan Gangguan/pendarahan lambung, perlemakan hati, pengerasan hati, gangguan metabolisme lemak, kerusakan jaringan otak, pikun, kelainan otot jantung dan cacat pada janin Bronkhitis, penurunan kekebalan tubuh, gangguan aliran darah jantung, gangguan kemampuan berpikir, pengkerutan jaringan otak dan kemandulan Anemia, kurang gizi, kurus karena tidak nafsu makan, perlukaan dan kebocoran sekat hidung dan gangguan denyut jantung. Sama dengan kokain Racun terhadap hati, otak, sumsum tulang, ginjal

(zat yang dan otot jantung dihirup, misalnya lem) Tukak lambung, jantung berdebar dan tekanan Kafein darah tinggi. Nikotin Kelainan fungsi paru bahkan sampai kanker paru. Halusinogen Kerusakan sel otak dan kromosom menimbulkan cacat pada bayi sehingga

2. Bahan campuran atau pelarut Bahan/pelarut yang digunakan untuk mencampur obat pada pemakaian NAPZA suntik dapat membentuk gelembung (emboli) dalam darah yang menyebabkan gangguan fungsi paru dan mata. 3. Pemakaian jarum suntik yang tidak steril Berakibat penularan virus HIV, hepatitis B/C, luka dan radang pada kulit, otot jantung dan pembuluh darah, karena penggunaan NAPZA suntik sangat berbahaya jika alat suntik yang digunakan dipakai secara bergantian atau tidak steril. 4. Pertolongan yang salah Pada keadaan tidak sadarkan diri, keluarga sering memberi minum sehingga air salah jalan masuk ke dalam saluran nafas yang mengakibatkan radang paru. 5. Cara hidup kurang bersih Timbulnya penyakit kulit, gigi, anemia dan kurang gizi (malnutrisi) Gangguan Mental Emosional Bayangin................................ NAPZA bisa bikin kita susah baca, susah ngomong, berhitung, serta susah gaul dan cuek terhadap sekeliling.

Ganja

Kokain Amfetamin Inhalansia

24

Memburuknya kehidupan sosial Pemakaian NAPZA yang lama menyebabkan prestasi sekolah mundur bahkan berhenti sekolah/kerja. Hubungan dengan keluarga menjadi buruk, mulai menjual barang, berbohong, mencuri, tindak kriminal, dll. Disamping itu efek obat itu sendiri yang menyingkirkan rasa malu, membuat pengguna tidak bisa lagi mempertimbangkan tata nilai, etika atau moral. GAUL OKEY, NAPZA NO WAY BERPRESTASI TANPA NAPZA NAPZA MERENGGUT MASA DEPAN REMAJA Gimana sich cara menghindari penyalahgunaan NAPZA ? Pertama kita kudu paham bahaya penyalahgunaan NAPZA melalui guru, orang tua, temen yang lebih tau (bukan sok tau) serta artikel-artikel resmi yang dapat dipercaya. Berikut adalah tips oke buat kita-kita yang mau menghindari penyalahgunaan NAPZA : - Menerapkan kehidupan beragama dalam kehidupan seharihari (tekun beribadah). - Ekspresikan ketidaksetujuan atau penolakan bila ada tawaran/bujukan yang bersifat negatif, kita bisa ambil jurus-jurus seperti ini : 1. Nyatain perasaan dan permasalahanmu dengan jelas : Seperti, • Saya merasa sedih ketika... • Saya merasa tertekan ketika... • Saya merasa tidak enak ketika... • Saya merasa ... ketika... Contoh:

“Saya merasa tertekan jika kamu memaksa untuk mengikuti kemauanmu menggunakan NAPZA” 2. Ungkapin keinginanmu : Seperti, • Saya rasa lebih baik jika....... • Saya menginginkan kamu... • Maukah kamu... Contoh: “Ku rasa mendingan aku gak nyoba dech” 3. Mintalah pendapat atas perasaan tidak setuju kita terhadap penggunaan NAPZA Seperti, • Gimana menurut kamu...? • Sorry, kamu merasa keberatan gak...? Contoh: “Bagaimana menurutmu tentang pendapat saya itu?” 4. Sampaikan penolakan dengan : - Menolak dengan sopan (halus) Contoh : Kamu mau coba minum bir ? Gak dech, Aku gak mau minum - Memberi alasan Contoh : Ini bir, enak, cobain dech ! O...Aku gak suka minum bir..., - Tidak memberi reaksi Contoh : Kamu mau pakai ini ?

Nggak ah....gak ada untungnya, Nggak mau ah..... kan dosa.....

- Mengajukan alternatif (buat kesepakatan)

Jalanlah terus seolah-olah tidak mendengar tawarannya. (Bukan jalan terbaik bila berhadapan dengan teman)

25

Contoh : Nyimeng yuk !

- Menghindari keadaan Bila tahu ada orang atau situasi yang akan memaksamu untuk melakukan sesuatu yang kurang baik, hindarilah! - Bentengi dirimu Beradalah bersama orang-orang yang mendukung keputusanmu untuk tidak minum minuman keras/menyalahgunakan Napza dan lain-lain. - Kenali dan turuti perasaanmu Ingat selalu tidak ada yang melindungiku bila melakukannya. Aku tidak suka melakukannya. Melakukannya membuat aku tidak bahagia. Jika cara di atas tidak berhasil, kamu bisa nolak dengan jurus-jurus : - Membalik tekanan Contoh : Ayo dong cobain !! - Tetap menolak meskipun didesak terus Contoh : Kamu mau coba ini, rasanya nikmat lho !

Mendingan nonton Lebih baik kita nonton

Dengan makan makanan bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak, lakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari dan tidak merokok. Beri gambar rokok dengan bahayanya (utk mengganti yang di bawah) Yang perlu kamu waspadai tentang rokok : Rokok ibarat pabrik bahan kimia. Dalam satu batang rokok yang diisap akan dikeluarkan sekitar 4.000 bahan kimia berbahaya, diantaranya yang paling berbahaya adalah nikotin, TAR dan CO. Nikotin menyebabkan ketagihan dan penyakit jantung. TAR menyebabkan kanker dan CO menyebabkan gangguan fungsi jaringan . • Rokok salah satu penyebab kematian terbesar didunia,ada sekitar 3 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya akibat rokok” (gambar bahaya merokok)

BERHENTI MEROKOK DAN JANGAN MEMULAINYA
6. Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif (Olah Raga, rekreasi, kesenian, PMR, Pramuka, kegiatan OSIS, diskusi dan lain-lain) 7. Aktif dalam kegiatan pencegahan penyalahgunaan NAPZA di sekolah 8. Ikutan waspada donk dalam pencegahan pengedaran Narkoba di sekolah dan lingkungan 9. Ortu bisa juga kok jadi sahabat kita. Jadi kalo punya masalah, jujur aja pada mereka Daftar Istilah (ambil dari referensi)

Sudah ku bilang, nggak mau ! Apa kamu nggak dengar ?

Apaan nich,

Gak ah,........ itu kan sama aja dengan bunuh diri...., gak takut mati ya...
5. Biasakan gaya hidup sehat :

Barang yang bisa bikin kamu fly

26

S e P U t A R G i Z i R E M A J a
Semua orang tuh butuh gizi seimbang, apa lagi kita-kita yang lagi dalam masa pertumbuhan yang cepat. Kita butuh makanan yang cukup jumlah maupun jenisnya. Tiap makanan mengandung zat gizi yang berbeda, karena itu makanlah aneka ragam makanan untuk mencapai gizi seimbang. Apa sich gizi seimbang ? Gizi seimbang itu adalah susunan hidangan sehari yang mengandung berbagai zat gizi dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, untuk dapat hidup sehat secara optimal

Zat gizi apa aja sich yang kita perlukan ? Zat gizi yang diperlukan tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Makanan yang di konsumsi sehari-hari harus mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. Zat tenaga berasal dari Karbohidrat, yang terdapat pada : nasi, mie, ubi, kentang, sagu, jagung, dan lain-lain. Lemak juga merupakan penghasil energi cadangan dalam tubuh yang terdapat pada minyak goreng, mentega, santan dan lain-lain. Zat pembangun didapat dari protein hewani (seperti : daging sapi, ayam, ikan, telur, susu) dan protein nabati (contohnya : tahu, tempe dan kacangkacangan). Sedangkan zat pengatur berasal dari berbagai Vitamin dan Mineral yang bersumber dari buah-buahan dan sayuran. (cari gambar karikatur ttg zat gizi)

Berapa jumlah porsi makanan sehari untuk remaja ? Makanan 3 x sehari, dan setiap kali makan terdiri dari : - 1 piring nasi atau penukar (roti, jagung, sagu, ubi, mie, dll) - 1 potong lauk hewani (ikan, daging, ayam, telur, dll) - 1 potong lauk nabati (tahu, tempe) - 1 mangkok sayur - 1 potong buah Akan lebih baik bila ada makanan selingan diantara waktu makan seperti buah-buahan, snack (kue, pisang goreng, dll). • Apakah saya termasuk remaja yang kurus, normal atau gemuk ? Nah untuk tau apa kamu termasuk kurus, normal ato gemuk ada rumusnya lho (seperti matematika aja ya....)

Gambar 1. Susunan menu gizi seimbang

27

Caranya dengan menimbang Berat Badan (BB) dan mengukur Tinggi Badan (TB), trus hitung dech dengan rumus Indeks Masa Tubuh (IMT). Rumus IMT = BB (kg) TB (m) X TB (m) •

Penyebabnya adalah makanan yang kita makan kurang mengandung zat besi. Anemia bisa juga disebabkan oleh penyakit TBC, malaria dan kecacingan. Haid bulanan pada cewek juga punya andil untuk terjadinya anemia. Gimana sich ... tanda-tanda dan akibat anemia pada remaja ? (Sisipkan gambar remaja yang anemia) Anemia ditandai dengan 5 L : Letih, Lemah, Lesu, Lelah, Lalai dan sering disertai keluhan pusing, mata berkunang-kunang, muka dan tangan pucat. Akibat dari anemia : - Menurunnya daya tahan tubuh sehingga mudah sakit - Menurunnya kemampuan dan kosentrasi belajar - Menurunnya kebugaran tubuh - Menghambat tumbuh kembang - Pada remaja cewek sebagai calon ibu, anemia akan membahayakan kehamilanya nanti • Gimana cara mencegah anemia ? 1. Makan makanan yang bergizi dan banyak mengandung zat besi, terutama sumber bahan makanan hewani dan juga bahan makanan nabati (sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan). Makanlah makanan yang kaya zat besi ini bersama dengan bahan makanan sumber vitamin C atau buah buahan. 2. Minumlah satu Tablet Tambah Darah (TTD) seminggu sekali dan satu tablet setiap hari selama haid. Apa sich KEK itu ? (Sisipkan gambar remaja yang KEK/sangat kurus ) KEK itu singkatan dari Kurang Energi Kronik. KEK, yang sering dialami oleh temen-temen kita yang ingin langsing. Mereka terus menerus makan

Batas ukuran IMT di Indonesia : Nilai IMT Nilai IMT Nilai IMT Nilai IMT < 17,0 17,0 – 18,4 18,5 – 25,0 25,1 – 27,0 = Sangat Kurus (Kekurangan BB tingkat berat) = Kurus (Kekurangan BB tingkat ringan) = BB Normal = Gemuk (Kelebihan BB tingkat = Sangat Gemuk (Kelebihan BB tingkat berat)

ringan) Nilai IMT > 27,0

Nah, kamu termasuk yang mana ? Yang disebut KEK kalo nilai IMT < 17 • Apa aja masalah gizi remaja ? Biasanya sich masalah gizi pada kita-kita yaitu Anemia, Kurang Energi Kronik (KEK) dan Gizi Lebih (kegemukan/obesitas). Apa itu anemia ? Anemia (kurang darah) adalah keadaan dimana kadar Haemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal (< 12 gr %).

28

makanan yang kurang mengandung sumber energi (karbohidrat). Pengen langsing sich boleh aja, diet juga gak papa, tapi kan gak harus sampai kekurangan gizi. • Apa akibat remaja yang menderita KEK? Cewek maupun cowok yang menderita KEK biasanya gampang penyakitan. Cewek KEK kalo berkeluarga dan kemudian hamil akan berisiko bagi bayi dan dirinya sendiri. Bayi akan lahir dengan berat badan rendah, mengalami kesakitan hingga kematian. Gak banget kan KEK!

Buat kita-kita yang kegemukan, nih trik menurunkan berat badan... 1. Olahraga dan melakukan kegiatan fisik secara teratur Tau gak olah raga yang murah dan gampang dilakukan ? Jalan gitu loch... 2. Diet : dengan mengurangi makanan sumber energi, makanan berlemak, gula dan makanan manis serta banyak makan sayuran dan buah buahan. 3. Hindari minuman yang beralkohol, soft drink

Beberapa kebiasaan makan yang gak OK buat kita-kita 1. Suka makan jajanan seperti goreng-gorengan, coklat, permen dan es krim. Kebiasaan makan kayak gini salah karena makanannya kurang bergizi dan cuma bikin kenyang doank, jadi gak seimbang dech gizinya ! 2. Sering makan junk food (ex :fried chicken) karena mengandung tinggi lemak dan tinggi garam. Keseringan makan junk food bisa bikin gemuk dan menderita darah tinggi. 3. Gak makan pagi karena terburu-buru ke sekolah. Kebiasaan ini salah karena kita akan merasa lapar dan lemas di sekolah sehingga mengganggu konsentrasi belajar. Lagian juga waktu makan kita jadi gak teratur sehingga bisa sakit maag atau nyeri lambung. 4. Anggapan menghindari makan telur dan susu karena takut gemuk dan berjerawat ini salah karena makan telur dan susu tidak mengakibatkan kegemukan. Kegemukan disebabkan karena makan makanan dalam jumlah yang sangat berlebihan. Sebenarnya intinya sih jangan makan makanan dalam jumlah yang kurang ataupun berlebihan,, es te de aja.... 5. Ingin langsing dengan cara : - Mengurangi jumlah dan frekuensi makan secara drastis. - Menggunakan obat-obatan dan bahan penurun berat badan Cara diet ini salah karena mengurangi jumlah dan frekwensi makan secara drastis akan mengakibatkan pusing, lemas dan keringat dingin. Melangsingkan tubuh dengan obat-obatan dan bahan penurun BB dapat membahayakan sehingga harus dengan pengawasan dokter. 6. Gak suka makan sayur dan buah-buahan.

Apa sich gizi lebih ?

Kalau gizi lebih (kegemukan) disebabkan karena makan yang berlebihan terutama bahan makanan sumber energi. IMTnya > 27. Keadaan gizi lebih sama sekali ngga bagus, malah berisiko menderita penyakit jantung, diabetes melitus (kencing manis) dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

29

Kalo kamu mau nanya yang lebih detil lagi tentang status gizi kamu, susunan menu makanan sehari-hari atau yang lainnya yang berhubungan dengan gizi, kamu bisa kunjungi dan nanya ke ahli gizi di pojok gizi yang tersedia di puskesmas-puskesmas terdekat.

30

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->