Alat musik AEROPHONE

1. Brass instrument
Instrumen musik tiup logam berkatup/Valved, instrumen musik ini menggunakan seperangkat katup yang fungsinya untuk memindah-mindahkan panjang jalan suara sebelum melewati corong depan (umumnya tiga atau empat, namun kadang-kadang ditemukan pula hingga tujuh atau lebih dalam beberapa kasus) dan dimainkan dengan menggunakan tangan. Fungsi katup ini adalah memindah-mindahkan panjang jalan suara sebelum melewati corong depan. Contoh :

Terompet

Mellonophone Horn

jenis instrumen ini dulu banyak digunakan pada kemiliteran. Contoh paling dikenal instrumen musik yang termasuk dalam keluarga ini adalah trombone. Cara memainkannya seperti memainkan sebuah suling. instrumen ini hanya bisa membunyikan suara dalam notasi-notasi tertentu pada suatu rangkaian harmoni.euphonium sousaphone tuba Instrumen musik tiup logam sorong / Slide. contoh :sangkakala. trombone Instrumen musik tiup logam natural. . instrumen ini menggunakan lubang-lubang seperti halnya suling yang terdapat pada badan instrumen. Keyed/Fingered. instrumen musik ini menggunakan sistem sorong untuk mengubah panjang pendeknya jalan suara sebelum melewati corong depan. meskipun saat ini terdapat pula trombone yang menggunakan sistem katup.

Contoh : cornet ophicleide serpent .Umumnya jenis instrumen ini lebih sulit dimainkan dibandingkan dengan instrumen musik berkatup.

reed terletak pada bibir pemain. rotan. Contoh: oboe bassoon . reed akan bergetar dan getaran itulah yang menghasilkan suara. instrumen musik jenis reed ganda menggunakan dua buah reed yang menjepit satu sama lain. ataupun plastik yang diikat pada mouthpiece khusus. Ada dua jenis sub kategori:  Double reed exposed. Contoh: klarinet saksofon Reed ganda. Saat udara ditiupkan di antara reed dan mouthpiece.2. saat ditiup ke dua sisi tersebut akan menghasilkan getaran yang menimbulkan suara pada instrumen. biasanya terbuat dari kayu tipis. instrumen musik ini menggunakan sebuah reed-resonator penghasil suara. Woodwind instrument Reed tunggal.

Untuk memainkannya pemain meniupkan udara ke dalam lubang tersebut. Flute rekorder . yaitu instrumen musik tradisional Inggris dan Skotlandia. reed diletakkan pada lubang dan ditutup dengan penutup khusus. Double reed capped. Termasuk dalam jenis ini contohnya adalah jenis-jenis bagpipe. bagpipe Flute. jenis instrumen musik ini menghasilkan suara saat udara ditiup pada sisi dari dari lubang khusus yang terdapat pada badan instrumen.