MEMPERSIAPKAN PENDIRIAN USAHA

O L E H

ARIF FAISAL, SE.MM
SMK NEGERI 2 MARABAHAN

Faktor yang perlu diperhatikan dalam mendirikan usaha
1. Alam tanah, bahan baku, bangunan pabrik, dll\ 2. Modal usaha Pembiayaan kegiatan usaha 3. Keterampilan usaha keahlian dan kemampuan 4. Tenaga kerja kemampuan mendatangkan tenagakerja

Langkah-langkah kegiatan memulai usaha
1. 2. 3. 4. 5. 6. Pengamatan pasar Menentukan jenis usaha Pengaturan produk Penentuan harga jual produk Membuat produk Tempat usaha

Reklame . dan TDP. AMDAL. Izin – izin tambahan pokok HO. SITU 2. Izin – izin industri IUI (izin Usaha Industri) 3. sertifikat Halal.Mengurus surat izin usaha Jenis-jenis izin usaha 1.SIUP. Izin – izin pokok NPWP.

NPWP Adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya .

Pribadi 2.Badan hukum 3.bendaharawan .Ada 3 golongan yang harus memiliki NPWP 1.

Penyampaian formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditandatangani ditambah dengan persyaratan yang telah ditentukan .Cara mendapatkan NPWP 1. Wajib pajak akan mendatangi langsung kantor pajak untuk medaftarkan diri 2. Mengisi formulir yang telah disediakan oleh kantor pajak 3.

SIUP Merupakan surat izin usaha perdagangan yang dibuat oleh seorang wirausaha untuk melakukan kegiatan dibidang perdagangan .

Mudah melakukan promosi 2. Membuat manajemen perusahaan menjadi lebih sehat 4.Manfaat SIUP 1. Mempermudah pemerintah untuk memantau perkembangan dunia usaha . Mendapatkan pembinaan dan dukungan dari pemerintah 5. Dapat memperoleh kepastian usaha 3.

TDP (Tanda Daftar Perusahaan) Daftar catatan resmi yang diadakan menurut resmi atau berdasarkan ketentuan undang-undang yang disyahkan oleh oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan .

Badan hukum termasuk koperasi 2. Persekutuan 3. Perseorangan .Perusahaan yang wajib memiliki TDP 1.

SITU Merupakan surat izin tempat usaha yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang dikeuarkan oleh pemerintah kabupatan / kota .

Perusahaan harus mencegah kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan 3. Perusahaan wajib mengutamakan tenaga kerja dari penduduk sekitar . Perusahaan harus menjaga ketertiban 4.Syarat – syarat yang tertuang dalam SITU 1. Dilingkungan perusahaan harus tersedia alat pemadam kebakaran 2.

000.(lima ratus juta rupiah) ..IUI (Izin Usaha Industri) Surat izin yang wajib diperoleh untuk mendirikan perusahaan industri dengan nilai investasi perusahaan seluruhnya diatas kurang lebih Rp 500.000.

Pejabat yang mengeluarkan Izin Usaha Industri (IUI) 1. Ketua badan penanaman modal dan pemberdayaan kekayaan usaha daerah (PMA /PMDN) 3. kepala dinas perindustrian dan perdagangan provinsi 2. Kepala dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten / kota .

Izin gangguan (Hinder ordonantle / HO) Adalah sebuah izin yang harus dimilik oleh seorang wirausaha yang akan menjadikan wilayah sekitarnya menjadi ramai dan berpotensi menimbulkan hal hal dapat mengganggu ketertiban 3a 4 sept .

RW sampai kedaerahnya pala desa (kelurahan) kemudian kecamatan hingga kepala daerah baik Bupati ataupun Walikota bahkan bisa sampai ke gubernur dengan biaya tergantung pada daerahnya masing-masing .Cara mendapatkan Izin HO Dimulai dari surat keterangan RT.

Amdal Keseluruhan proses yang meliputi penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan bagi berbagai usaha atau kegiatan multi sektor .

Jumlah wilayah persebaran dampak 3.Kriteria mengenai dampak lingkungan yang perlu dianalisa 1. Lamanya dampak berlangsung 4. Banyaknya komponen lainnya yang terkena dampak . Jumlah manusia yang akan terkena dampak 2.

Sertifikat halal Surat keterangan yang dikeluarkan oleh LPPOM-MUI (lembaga pengkajian pangan obat obatan dan kosmetik Majelis Ulama Indonesia dengan tujuan untuk menghilangkan rasa was-was bagi konsumen terhadap produk yang telah dihasilkan .

Semua bentuk minuman yang tidak beralkohol . Produk tidak mengandung babi 2.Kriteria kehalalan sebuah produk 1. Daging yang digunakan berasal dari hewan halal yang disembelih menurut tata cara syariat islam 3.

reklame adalah sebuah benda atau alat atau perbuatan atau sebuah media yang bertujuan komersil dengan maksud memperkenal kan. . menganjurkan. atau memuji sebuah barang.

5. umbul – umbul Selebaran Reklame udara Reklame suara . 3. bilboard.Beberapa bentuk reklame 1. 4. 2. baliho Kain spanduk.

Firma 3. PT 5. CV 4. Perusahaan perseorangan 2.Jenis-jenis perusahaan 1. Koperasi .

Sistem pengelolaan keuangan beberapa istilah dibidang keuangan 1. Biaya tidak langsung 7. Harta lancar 3. Biaya langsung 6. Biaya produksi 4. Biaya tetap . Biaya administrasi dan umum 5. Harta 2.

Biaya variabel 9. Laba bersih 16.8. Biaya semi variabel 10. Biaya operasi 11. Laba rugi 17. dll . Uang tunai 14. Utang dagang. Laba kotor 15. Harga tetap 12. Harga pokok 13.

Mengumpulkan dan mengevaluasi fakta dan data angka keuangan 2. Mengevaluasi strategi pengelolaan keuangan . Menetapkan tujuan pengelolaan keuangan usaha yang tepat 3. Mengembangkan pengelolaan keuangan usaha secara menyeluruh untuk memberikan peta masa depan perusahaan 4.Tata cara perencanaan pengelolaan keuangan 1.

Ingin meningkatkan kemampuan laba usaha 3. Meningkatkan imbalan untuk pemilik usaha .Tujuan pengelolaan keuangan usaha 1. Ingin meningkatkan pertumbuhan usaha 2. Ingin meningkatkan effisiensi 4.

memilih. dan mencampur sumber keuangan usaha 3.Fungsi pengelolaan keuangan 1. Menangani masalah khusus dalam perusahaan 2. Mencari. Perencanaan dan pengendalian keuangan usaha .

pemerintah .Manajemen keuangan 3.Para wirausaha pemilik perusahaan 2.Lembaga keuangan 4.Yang berkepentingan terhadap pengelolaan keuangan 1.

3. Keuangan penjualan produk Keuangan proses produksi Keuangan pembelian bahan baku Keuangan distribusi produk Keuangan promosi produk Keuangan administrasi dan umum Keuangan untuk gaji karyawan Keuangan perawatan mesin.Jenis – jenis pengelolaan keuangan 1. 7. 5. dll . 8. 2. 6. 4.

Yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan keuangan 1.Keuntungan atau laba perusahaan 2.Kemampuan membayar kebutuhan dengan uang tunai .

Dekat dengan pasar 3. Dekat dengan bahan baku 2. Dekat dengan tenaga kerja 5. Mudah memperoleh modal investasi . Dekat dengan energi 4.LOKASI USAHA beberapa faktor yang harus dipertimbangan dalam menentukan tempat lokasi usaha 1.

Kemudahan transfortasi . Pelayan prima 4.Beberapa faktor yang mempengaruhi tempat usaha yang strategis 1. Harga barang sesuai dengan daya beli konsumen 5. Model dan desain barang dibuat 3. Corak barang yang disediakan perusahaan 2.

Adanya keamanan dan keselamatan bagi para konsumen 4.Tempat usaha yang diinginkan konsumen 1. Adanya fasilitas perparkiran yang luas 2. Adanya fasilitas transfortasi yang mudah murah dan lancar 3. Adanya barang-barang yang dibutuhkan 5. Adanya pelayanan yang memuaskan .

Sangat menguntungkan 2. Adanya kemudahan dalam mengurus segala hal 4.Tempat usaha yang dinginkan wirausaha 1. Dapat memuaskan para konsumen 3. Dapat memperlancar pemasaran dan penjualan barang dagangan .

Fasilitas produksi 2. Fasilitas keamanan dan keselamatan kerja .Fasilitas dan bahan baku produksi Fasilitas usaha dapat dikelompokan menjadi 1. Fasilitas hygienes dan sanitasi 3.

Bahan pembantu (bahan tak langsung) .Bahan baku Adalah sesuatu yang dipakai untuk memproduksi barang baru. bahan mentah (bahan langsung) 2. bahan baku dapat dikelompokan menjadi 2 1.

Babarapa faktor yang perlu dipertimbangkan oleh wirausaha dalam memilih bahan baku
1. 2. 3. 4. 5. 6. Kualitas bahan baku Kuantitas bahan baku Kesesuaian mutu denga standart bahan Harga Investasi Biaya penyimpanan

Cara yang ditempuh agar penggunaan bahan baku dapat dilakukan lebih effisien

1. Memantau konsumsi bahan baku secara terus menerus 2. Menghindari kehilangan akibat dari kerusakan peralatan penyimpanan 3. Melaksanakan pemeliharaan peralatan untuk mencegah terjadinya kerusakan

Cara melakukan penyimpanan bahan baku
1. Identifikasi seluruh bahan baku 2. Pelabelan atau penyimpanan dengan menggunakan pencatatan 3. Penyimpanan dan pemindahan serta penggunaan dilakukan dengan cara yang aman

Kondisi fisik dan kesehatan 4.Sumber daya manusia Persyaratan dalam merekrut sumber daya manusia 1. Kondisi mental dan kejujuran . Umur 3. Keahlian mencakup pendidikan formal dan pengalaman keterampilan 2.

Menyeleksi dan merekrut sesuai dengan kebutuhan dana 5. Memberikan latihan / pendidikan tertentu jika diperlukan . Menentukan persyaratan minimum sesuai dengan uraian tugas 4.Langkah yang perlu diperhatikan dalam merekrut tenaga kerja 1. Membuat uraian tugas pada masing – masing bidang 3. Membuat daftar kegiatan perusahaan secara lebih terperinci 2.

Mewawancarai calon tenaga kerja 5. Membuat daftar orang yang akan diwawancarai 3. Memeriksa persyaratan pelamar 4. Membuat perjanjian kerja . Memasang iklan 2. Menentukan tes / ujian 6.Teknik melakukan rekruitmen tenaga kerja 1. Memilih para pelamar yang sesuai dengan kebutuhan 7.

4. 7. 3.Kualifikasi dasar dalam merekrut tenaga kera 1. temperemen karakter . Keahlian Umur pengalaman Jenis kelamin. 5. pendidikan keadaan fisik dan tampang Bakat. 2. 6.

Aptitude test 3.Achievement test 2.Jenis tes dalam merekrut tenaga kerja 1.Personality test .Intelligence test 4.

Aptitude test suatu tes yang tujuannya mengukur kesanggupan atau bakat dari seorang calon pegawai .pengertian 1. Achievement test suatu test yang ditujukan untuk mengukur apa yang dapat dilakukan oleh seorang calon tenaga kerja 1.

Intelligence test suatu tes yang tujuannya untuk mengukur aspek – aspek intelegensi seorang calon tenaga kerja 4.3. Personality test tes kepribadian calon tenaga kerja .

2. 3. inovatif presentatif karyawan Sikap pegawai terhadap perusahaan Kerja sama antar pegawai Kehadiran dan kerajinan .Komponen data dan fakta yang dibutuhkan dalam penilailan tenaga kerja 1. 5. Kejujuran pegawai Tanggung jawab dalam bekerja Keahlian dan kualitas dalam pekerjaan Inisiatif. 4. 7. 6.

Manfaat pelatihan dan pendidikan kerja keahlian. ketrampilan dan pengetahuan seorang karyawan akan lebih meningkat . kepribadian. kemampuan.

5. 4. 3. 2.Macam macam pelatuhan dan pendidikan 1. Latihan industri (industrial traning) Latihan tugas (job traning) Latihan pengawasan ( supervisor traning) Latihan manajemen (management traning) Latihan pengembangan pimpinan (executive development) .

Job analisis for traning purposes bertujuan untuk menentukan langkah yang harus ditempuh untuk mengerjakan suatu pekerjaan perusahaan 3. job analisis for personal specification bertujuan untuk menentukan syarat kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan 2. Job analisis for setting rates bertujuan untuk menentukan nilai masing masing jabatan dalam perusahaan .Macam-macam analisis jabatan 1.

Dapat menentukan penilai jabatan karyawan 2. Dapat menentukan perencanaan organisasi perusahaan . Dapat menentukan perbaikan dan persyaratan pekerjaan 4. Dapat menentukan penarikan dan penempatan jabatan karyawan 3.Manfaat analisis jabatan 1.

swasta. sipil dan militer serta berbagai bentuk persekutuan .A Simon suatu kegiatan dari satu kelompok yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama 2. Menurut H. Menurut Leornard D White suatu proses yang umumnya terdapat pada semua usaha kelompok negara.Administrasi usaha Pengertian administrasi 1.

Adanya proses kegiatan usaha 5.Ciri – ciri administrasi 1. kepemimpian dan pengawasan . Adanya kerja sama dari sekelompok orang 3. Adanya sekelompok orang 2. Adanya tujuan yang harus dicapai 4. Adanya aspek bimbingan.

Prinsip dalam administrasi usaha 1. Adanya kerja sama usaha dengan semua pihak . Adanya sekelompok manusia yang terkait dalam dunia usaha 2. Adanya tujuan yang diharapkan di dalam dunia usaha 3.

Fungsi administrasi usaha 1. Mencatat alat alat perlengkapan dan semua kegiatan bisnis perusahaan 3. Menyediakan dan melengkapi serta mengelola buku administrasi perusahaan dengan baik dan teratur 2. Memelihara buku – buku administrasi perusahaan dengan baik dan benar .

Hal hal yang memerlukan pencatatan administrasi 1. 4. 3. Persediaan bahan mentah Persediaan barang dagangan Utang dan piutang dagang Surat menyurat relasi bisnis baik masuk maupun surat keluar . 2.

8. 4. Surat menyurat Perjanjian dagang Pemesanan dan pengiriman produk Pemasaran produk Persediaan barang Kepegawaian Proses produksi gudang . 5. 3. 6.Bentuk dan model pencatatan administrasi 1. 2. 7.

Buku produksi Buku penjualan Buku penerimaan kas Buku pengeluaran kas Buku piutang Buku penjualan Kuitansi Surat jalan. 8. dll . 2. 6. 7. 4. 5.Perangkat administrasi 1. 3.

wassalam .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful