P. 1
Sabun Cair Cuci Piring

Sabun Cair Cuci Piring

|Views: 2,614|Likes:
Published by totow71
Formula membuat sabun cuci piring cair
Formula membuat sabun cuci piring cair

More info:

Published by: totow71 on Sep 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

Iwanmalik’s Production

Sabun Cair Cuci Piring
Mei 12, 2008 pada 3:16 am (Kimia Terapan)
Sabun cair ini merupakan produk yang strategis, karena saat ini masyarakat modern suka prodak yang praktis dan ekonomis. Untuk mengawali bikin sabun cair cukup mudah dengan mengetahui sifat dan fungsi masing-masing bahan sabun cair dan cukup dengan modal awal 100.000 rupiah bisa menghasilkan lebih dari 30 liter sabun cair kwalitas baik. Untuk pembelian bahan-bahan kimia yang tertera dibawah ini dapat di beli toko-toko kimia terdekat. Pada umumnya sabun cair mengandung bahan-bahan sebagai berikut: * Texapon 10% * Sodium sulfat secukupnya * Camperlan secukupnya * Asam sitrid 1% * EDTA 0,1% * Parfum secukupnya * Propilin glikol secukupnya * Pewarna secukupnya * Air Peralatan yang dibutuhkan: Ember, Gelas ukur dan pengaduk kayu Cara membuat:

1. Texapon + sodim sulfat diaduk rata sampai memutih 2. (1) + masukkan air sedikit demi sedikit sampai 50% nya 3. (2) + masukkan camperlan aduk rata 4. (3) + sisa (20-30)% air dimasukkan sedikit demi sedikit 5. (4) + sodium sulfat dimasukkan sedikit demi sedikit hingga terlihat mengental 6. (5) + pewarna secukupnya aduk rata 7. (6) + parfum secukupnya 8. Siap dikemas Catatan: * Pemberian parfum pada sabun cair dengan perbandingan 1ml parfum berbanding 500 ml sabun cair. * Propilin glikol berbanding parfum ( 1 : 2 ) Analisis Bahan Texapon ini nama merk dagang dengan nama kimia Sodium Lauril Sulfat ( SLS). Senyawa ini adalah surfaktan. Texapon ini bentuknya jel yang berfungsi sebagai pengangkat kotoran. Sodium sulfat (Na2SO4) bentuknya serbuk yang berfungsi mempercepat pengangkatan kotoran dan juga sebagai pengental. Camperlan ini bentuknya cairan kental yang berfungsi sebagai pengental dan penambah busa menjadi gelembung-gelembung kecil. Asam sitrit bentuknya serbuk yang berfungsi sebagai pengangkat lemak. EDTA ini bentuknya serbuk berfungsi sebagai pengawet sabun cair. Parfum ini bentuknya cair fungsinya sebagai pewangi sabun cair. Propilin glikol ini bentuknya cair fungsinya sebagai pengikat parfum. Pewarna ini bentukya serbuk fungsinya sebagai pemberi warna pada sabun cair. Biaya Operasional Untuk memasarkan suatu produk ke masyarakat harus diperhitungkan biaya produksinya untuk mengetahui keuntungan suatu produk dalam setiap kemasan atau liternya. Biaya operasional untuk sekali produksi di antaranya meliputi: 1. Biaya bahan per liter atau per kemasan dgn rumus = total biaya pembelian bahan di bagi jumlah berapa liter atau kemasan yang dihasilkan. 2. Biaya kerja per liter atau per kemasan. 3. Bila dalam bentuk kemasan dihitung biaya kemasan dan stikernya. 4. Biaya penyusutan alat artinya peralatan yang digunakan akan di ganti berapa lama untuk membeli peralatan baru 5. Biaya promosinya 6. Biaya transportasi Dari komponen-komponen biaya operasional dijumlahkan kemudian ditambah laba setiap kemasan atau liternya, sehingga kita akan mengetahui berapa keuntungan dalam setiap kemasan atau liternya. Kiat-kiat pemasaran Pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu usaha baik dalam bentuk produk maupun jasa. Sebaik apapun suatu produk jika pemasarannya mlempem akan tidak berkembang. Ada beberapa jurus yang dapat kita gunakan: 1. Percaya dan bangga terhadap produk yang kita pasarkan. 2. Paham dan mengerti tentang produk tersebut. 3. Buat kartu nama, kop surat dan brosur produk dan perusahaan yang menarik dan mencerminkan citra profesional. 4. Tampilkan kesan pertama yang baik. 5. Biasakan membawa kartu nama dan brosur perusahaan kemanapun anda pergi, untuk di perlukan sewaktu-waktu. 6. Pelajari karakter konsumen yang akan menjadi target pasar produk. 7. Buat jaringan kerja atau network dimanapun, untuk menambah panjang relasi anda. 8. Sabar, disiplin da konsisten. SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES

Suka

Be the first to like this post.

225 Komentar
1. tedy berkata, Juni 10, 2008 pada 4:16 am sangat membantu….formula sabunnya bung Iwan Malik….lagi dong formula untuk SOFTENER,Karbol,pembersih lantainya dan yang pasti sabun cuci piring dan cuci tangannya…. Blog yang luar biasa dan sangat membantu…..kami untuk menjalankan home industri disaat ekonomi Indonesia mengalami kesulitan… Sekali lagi terima kasih banyak buat anda…yang memberikan info yang sangat berguna dan tanpa pamrih… SALUTE buat anda Balas 2. windu jati berkata, Juni 17, 2008 pada 10:13 am Betul2 membantu om.. saya mo coba bikin kalo ada waktu.. btw bisa ga kasih formula untuk semir ban? thanks before. Balas 3. tedy berkata, Juni 20, 2008 pada 1:10 pm formula untuk membuat SOFTENERnya dong.. Pak Malik Balas 4. tedy berkata, Juni 20, 2008 pada 1:25 pm Langkah 1 apakah tidak salah tulis yang seharusnya asam sitrid? Jika tidak salah tulis Langkah ke berapa kita campurkan asam sitrit? Balas 5. iwanmalik berkata, Juni 21, 2008 pada 3:15 am Sabar dulu ya mas formula softenernya dan o ya saya lupa, asam sitrid dicampurkan di sela-sela langkah ke 5—6 Balas 6. iwanmalik berkata, September 22, 2008 pada 9:12 pm Untuk artikel yang sama kami tulis di http://www.putraindonesiamalang.or.id/sabun-cair-2/#more-6 Semoga ada manfaatnya Balas 7. Tommy berkata,

Desember 22, 2008 pada 4:47 am Saya mau nanya apakah pencampuran air di langkah pembuatan sabun cair ini dalam kondisi suhu berapa? apakah perlu dipanaskan? atau suhu ruang? Balas 8. Harun berkata, Januari 25, 2009 pada 6:46 pm Mas Iwan kitakan orang awan soal kimia, boleh kasih tau bahan-bahan yang secukupnya itu berapa banyaknya terimakasih. Balas 9. supriman berkata, Februari 3, 2009 pada 4:43 am Nice Info… Balas 10. jermia berkata, Februari 12, 2009 pada 9:46 am Terima kasih untuk ramuannya,aku masih bingung tentang beberapa bahan seperti dibawah ini: jangan bosan ya Apa beda SLS & Ultra Sles & Las Apa beda Sodium Sulfat & Sodium Clorida Apa beda ABS & Camperlan Terima kasih banyak sebelumnya..& sukses untuk pak Iwan biar lebih banyak orang lagi yang dapat mandiri via kesempatan ini. Balas 11. iwanmalik berkata, Februari 13, 2009 pada 1:36 pm Dear pak jermia, Kalau diperlukan jawaban detail saya kirim via email aja Sodium lauryl sulfat (SLS) Definisi : Garam-garam sodium dari lauryl sulfat Sodium lauryl ether sulfat (SLES) Definisi : Garam sodium dari lauryl alkohol ethoxilated sulfat Linear alkyl benzene sulfonate (LAS) Definisi : garam asam sulfonik dengan cincin benzene dan alkil rantai lurus. Ketiganya jenis surfaktan Sodium sulfat (Na2SO4) Sodium chloride (NaCl) Dalam pembuatan sabun/sampo, keduanya sebagai pegental Alkil benzena sulfonat (ABS) Definisi : Dari sulfonasi rantai samping (SO3) Dodecylbenzene berupa cairan kental berwarna coklat tua biasanya digunakan untuk sabun colek Camperlan adalah nama dagang dengan nama kimia COCOAMIDE DI ETHANOL AMINE. Untuk pegental, pengemulsi, foam stabilzer

Makasih Balas iwan kurnia berkata, Oktober 26, 2010 pada 3:43 pm pak iwan tlg.. sy jg mau resep detail nya. di tgg email nya… makasi..GBu Balas 12. jermia berkata, Februari 18, 2009 pada 1:02 pm Salam sejahtra, terima kash cd dah ditrima.Hasil sabun cairnya keren-mirip mamalemon.busanya banyak. tp aku variasi dengan warna & parfum pilihan sendiri.Sory baru bri kabar krn sibuk nawarin ke warteg n restoran. Cara buatnya mudah ya, ga sulit seperti kiraan lalu.Tx berat mas n sukses untuk esok hari.kalo Camperlan n Sodm Sulfat diganti PVD, takutnya khasiat (busa n daya bersih) kurang? Apa kasiat Menthol? PVD nama dagangnya apa? Sekali lagi tx berat, ya Balas 13. iwanmalik berkata, Februari 18, 2009 pada 10:01 pm Pak jermia Saya kirim sudah email ke bapak. Terima kasih Balas 14. jermia berkata, Februari 20, 2009 pada 2:45 am Terima kasih untuk responnya yang cepat, saya menjadi antusias-tambah semangat.Saya baca artikel mas Iwan periode lalu:STPP sebagai aditif dapat menjadi penyubur tanaman. Apa bisa langsung dicampur begitu saja dengan sabun cair saya sekarang ini?ga ngaruh dgan busa – daya bersihnya? Sekali lagi terima kasih ya.Kalau bisa, berarti produk saya punya kelebihan lain dari lain. Sukses untuk mas Iwan …. Balas 15. iwanmalik berkata, Februari 21, 2009 pada 4:51 am Pemberian STPP pada deterjen untuk mencegah redeposisi atau mencegah kotoran kembali ke baju (kain). Jadi tidak tepat kalau ditambahkan pada sabun cair cuci piring. Jika ingin sabun cairnya punya kelebihan dibanding sabun cair lain beri bahan kimia semacam anti jamur/bakteri. Jadi tidak sekedar bersih tapi membunuh jamur/bakteri yg merugikan dari barang-barang yang di cuci sehingga tampak higienis. Salam pak Jermia Balas 16. eliza berkata, Februari 21, 2009 pada 4:32 pm

Salam aremania… wah bagus banget infonya… kebetulan saya kemarin barusan buat sabun cair cuci piring dengan formula lain tapi belum sukses…bukan tidak sukses…hehe bahannya saya makenya texapon 250 g, garam australi 250 g,airnya 6 liter dipanasin dulu. camperland 25 g..pewarna n perfume hasilnya ternyata misah jadi 2 lapisan, yang atas warna lebih muda, trus kurang kental, busanya juga.mas iwan bisa minta tolong analisanya dong? tapi saya juga mau nyoba resep mas iwan yang diatas nih saya awam banget dengan nama dagang bhn kimia tsb dan juga komposisinya bagaimana mas? bisa minta tolong dikirimkan ke email mas? makasih sebelumnya eliza Balas 17. jermia berkata, Februari 22, 2009 pada 6:28 am waalaah….salah ya,amper bablas-bisa keracunan kalo terlanjur dicampur. pembunuh bakteri untuk sabun cuci piring apa dong? komposisinya? Makasi-Salam sukses untuk mas Iwan Balas 18. iwanmalik berkata, Februari 22, 2009 pada 6:37 pm Pak jermia, saya sudah kirim email ke bapak. Salam Balas 19. iwanmalik berkata, Februari 24, 2009 pada 10:53 pm Pak jermia, untuk menambah busa banyak & kombinasi asan sitrat dengan garam melalui email. Salam Balas 20. yuke9853 berkata, Maret 4, 2009 pada 4:28 am infonya top abis tapi sayang bahan bakunya tidak ada takarannya??????? untuk menjadi 100%,,,, n bahan bakunya jarang ada n mahal !!!! ada g bahan yang lebih murah n yang gampang didapat lokasi jakarta…thanx !!!! Balas 21. iwanmalik berkata, Maret 4, 2009 pada 6:17 pm Mbak yuke, kami disini mengadakan pelatihan membuat produk-produk seperti pada “artikel produk” di samping sebelah kiri atas. Kami memang sengaja tampilkan seperti itu. Untuk sekelas jakarta banyak toko-toko kimia dan bahan-bahan untuk pembuatan produk banyak di jual di toko kimia. Untuk pembuatan produk dengan bahan2 lebih murah ada saja. Tapi yang perlu saya tanyakan membuat produk apa dulu? Salam Balas

22. Rhio wd berkata, Maret 19, 2009 pada 4:33 am mas,untuk jakarta ada toko kimia yang harga nya sama kayak surabaya? oya ini formulanya sudah standar SNI ya? Balas 23. iwanmalik berkata, Maret 19, 2009 pada 7:29 am Pak Rio Formula yang kami tawarkan sudah menurut SNI, untuk SNI biayanya cukup mahal. Salam Balas 24. Opox berkata, Maret 20, 2009 pada 8:54 am Salam. Wah infonx brmnfaat sekali. Tp mas iwan bs tolong informasi lewat email prosentase dari camperlan dan Na2SO4-ny. Thanks Balas 25. Yohan Kaleb berkata, Maret 25, 2009 pada 9:25 pm Dear Pak Iwan, Thx bgt bt infonya.. nanya donk Pak, sebetulnya bhn kimia yg penting dalam proses daya bersih itu khan surfaktannya ya Pak? Trus fungsi dari busa itu sendiri sebagai apa? Untuk ijin hak patent merk dagang itu prosesnya seperti apa? dan biayanya kira2 berapa? Thx bgt.. Sukses bt Pak Iwan.. Salam Balas 26. aryo berkata, April 1, 2009 pada 2:54 pm gmn pak iwan? transfer dr saya udah sampai?? kalo udah,saya tunggu Cd sabun cuci piring cairnya… thank… Balas 27. iwanmalik berkata, April 1, 2009 pada 4:35 pm Saudara aryo, saya sudah kirim email. Salam Balas 28. aryo berkata, April 6, 2009 pada 5:08 pm gimana pak iwan,CDnya tgl brp sampe ke tempat saya? hari ini saya tunggu.. Salam.

Balas 29. iwanmalik berkata, April 7, 2009 pada 3:49 am Saudara aryo, CD nya sudah kami kirim via kantor pos kemarin. Dari pihak pegawai kantor pos diperkirakan 2-3 hari baru tiba. Salam Balas 30. Rhio berkata, April 8, 2009 pada 7:01 am wahhh..thank’s pak..paketnya sudah sampai…pelayanannya pertamax’s…salam sukses..ya pak… Balas 31. aryo berkata, April 12, 2009 pada 6:11 pm oke pak iwan…. terima kasih pak,CDny udah sampai dgn selamat sentosa ke rumah saya… hehe… salam SuxseS yha… ditunggu pertanyaan dari saya ya pak,hehe… cos selasa baru mulai coba bikin^^ sekali lagi thank so much^^ Balas 32. Triawan berkata, April 16, 2009 pada 2:03 pm Salam sukses bwat mz/Pak IWan, saya baru ingin menc0ba untuk membuat sabun cair ini. Yang saya perlukan disini adalah komposisi atau takaran masing-masing bahan baku misal untuk membuat 10 Liter sabun cair. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. bila tidak keberatan, jawaban via email. Balas 33. aryo berkata, April 17, 2009 pada 9:46 am alo pak iwan… saya cari pewangi merk carabot koq ga ada yang punya ya pak. solusinya gmn nieh,TT…soalnya,harumnya kurang,padahal takaran ccny udah saya lebihkan. Salam….. Balas 34. iwanmalik berkata, April 17, 2009 pada 6:12 pm Mas aryo, parfum merk charabot di Malang, Surabaya serta informasi dari peserta pelatihan Bandung, Tangerang, jakarta, dan yg lainnya mudah mencarinya. Bila benar-benar gak ada, kami bisa membantu untuk dikirim ke mas aryo. Salam Balas 35. edisaputra,st berkata, April 18, 2009 pada 7:42 am

saya sudah membuat sabun cuci piring cair, tapi masih ada kendala yaitu sabun cairnya encer, kurang kemtal, tolong diberi resep pengental sabun cair cuci piring, Balas 36. sugito berkata, April 20, 2009 pada 6:23 am Salam kenal mas Iwan… sebetulnya saya sangat awam tentang kimia tapi begitu membaca artikel mas Iwan cara membuat sabun cair jadi saya tertarik mencobanya Terimakasih ya mas…. Balas 37. iwanmalik berkata, April 20, 2009 pada 6:46 am Salam kenal juga mas gito, jangan kuatir orangpun pasti bisa & tak sesulit orang kira. Saya jamin pasti bisa mas + konsultasi gratis, banyak peserta pelatihan yang sudah membuktikan. Salam Balas 38. Mery C berkata, April 21, 2009 pada 9:21 am Salam kenal Pak Iwan, gini Pak, saya udah praktek buat sabun cuci piring dgn formula Texafon 1kg, SLS 1kg, STPP 200 gr,NaCl 1kg,air 20 lt,pewarna, pewangi, hasilnya sabun kurang berbusa, dan dalam waktu 1 bulan sabun yg kental menjadi lebih cair, dan ada endapan putihnya, gimana nih pak, agar formula tetap kental, dan tidak ada endapannya, tx banget…GBU Balas 39. dody iswahyudi berkata, April 22, 2009 pada 4:09 am pak iwan artikel pembuataan sembir ban ko tdk ada tolong dibuat dong serta lengkap dgn konposisi bahan-bahan nya . tks pak iwan Balas 40. iwanmalik berkata, April 22, 2009 pada 4:55 am Untuk saudara mery C, formula sabun cuci piringnya “tidak tepat” sekaligus boros biaya. Kami sudah kirim email, silahkan buka. Salam Balas 41. aryo berkata, April 23, 2009 pada 5:34 am pak iwan,salam… di atas terdapat propilin glikol yang berfungsi sebagai pengikat parfum,sedang di CD koq tidak ada kimia dgn nama tersebut pak, apakah propilin diatas adalah gliserin+metanol?? saya masi penasaran dengan harum sabun saya,krn beda dengan sunlight dan sabun2 lainnya…. saya berharap dengan menggunakan pparfum dari pak Iwan,harum sabun saya jadi bagus…… ow iya pak Iwan,di CD foamboosternya disuru pakai 10cc, sedangkan saya beli foambooster

yang bubuk,komposisi perbandingannya foambooster dengan air sehingga jadi 10cc itu berapa berapa pak? Balas 42. iwanmalik berkata, April 23, 2009 pada 12:01 pm O ya tentang permasalah mas aryo kemungkinan besar ada kesalahan bahan. Sepengetahuan saya yang namanya foam booster yang mas sampaikan via email bentuknya “CAIRAN” bukan berbentuk serbuk. Kedua parfum yang mas aryo gunakan kualitasnya jelek. Metanol di sini fungsinya sebagai pelarut saja sedangkan fisatif ini sebagai pengawet wangi agar wanginya tidak gampang hilang. Untuk pengganti fisatif yang paling bagus gunakan propilin glikol atau yang paling bagus lagi “Vitri”. Untuk detail via email saja!!! O ya mas aryo pesanan PARFUM nya sudah saya kirim. Salam Balas 43. ary berkata, April 28, 2009 pada 5:22 pm wah tulisannya bagus nih. Telat ga ya buat gabung ama pa iwan? Saya jg mau blajar buat sabun cuci piring nih pak. Cuma saya liat perbandingan takarannya ga ada angka pas nya pak. Bisa tolong info perbandingan komposisi bahan yg pasti pak? Via email please.. Balas 44. Anton Tanudjaja berkata, Mei 9, 2009 pada 1:18 pm slmat mlm. Pak Iwan malik. saya ada bikin sabun cair sbb: SLs: 100grm. Soda ash 50grm. Labs 100 grm. sodium sulfat 50 grm. CMC 20 grm. SMS 20 grm. hasil sabun cair tsb ada kesan enteng, ada kesan kurang lender kalo pakaian disikat dgn tangan. Ada bahan apa yg berlebihan atau kekuranganan? Mohon saran & petunjuk dari Bpk. tolong dibalas. terima kasih . Balas 45. hendry berkata, Mei 14, 2009 pada 2:27 pm pak, gimana dengan perincian fungsi macam2 bahan kimia yang bapak kirimkan ke saya. Terima kasih Salam Hendry Balas 46. Yuwanta Alamsyah berkata, Mei 17, 2009 pada 9:20 am Bos Iwan pesanan sy yg softener dan pembersih lantai kapan bisa sy terima…? thx Balas iwanmalik berkata, Mei 17, 2009 pada 11:07 pm Pak Alamsyah Yth, Pesanan yang Softener & Pembersih lantai di kirim.

Kami kirim email, silahkan buka. Salam Balas 47. dini berkata, Mei 18, 2009 pada 5:05 pm pak iwan malik saya mau bertanya.. knapa untuk sabun mandi cair digunakan SLS juga>> bukannya itu digunakan juga pada detergen.. apabila hanya menggunakan basis minyak dan KOH qra” berapa formulasi nya ya?? trima kasih pa.. mohon bales melaui e mail saya.. Balas 48. Fery Mutia berkata, Mei 27, 2009 pada 7:00 am Dear Pak Iwan Malik, Pak bolehkah saya minta bimbingannya untuk pembuatan Sabun cuci piring cair dan softenernya. Saya ingin sekali membantu Paman saya yang mencoba membuat usaha pembuatan sabun cuci piring cair yang masih banyak menemui kendala. Kami memerlukan cara pembuatan serta komposisi yang tepat. Untuk pewanginya kami juga belum dapat yang bagus, masih mendapat banyak complain ^_^. Kemudian, bagaimana caranya kalau saya ingin memesan juga pewangi produksi Pak Iwan. Karena Paman saya tinggal di Semarang, Jateng. Terimakasih atas perhatiannya Pak Iwan. Jawaban Bapak saya tunggu di email. Regards, Fery Mutia rahayup@gmail.com Balas 49. toning berkata, Mei 27, 2009 pada 7:22 am Pak, apakah untuk membuat shampoo rambut bahannya mirip2? Saya coba membuat shampo hnya dgn texafon dan garam saja..apakah itu ckup? Balas 50. hh89 berkata, Mei 29, 2009 pada 5:08 pm pak iwan, saya sudah membuat sabun cuci piring dan sabun cuci tangan.. tapi kalo sekitar seminggu lebih kadang2 bau nya ga enak gt.. apakah berpengaruh kalau dalam jurigen masi ada air pdam sedikit saja?? dan semakin lama sabunnya memang semakin cair ya? ada kenalan toko bahan kimia murah nggak ya di surabaya?? terima kasih.. Balas iwanmalik berkata, Mei 29, 2009 pada 11:05 pm

Saudara hh89, Dari data yg anda berikan, yang pasti anda salah komposisi bahan. Anda dapat komposisi bahan dari mana ?…… Banyak sekali toko kimia di Surabaya terutama di kawasan JL. TIDAR & PASAR KEMBANG, anda tinggal memilih tokonya. Untuk info selanjutnya silahkan hubungi kami. Salam Balas 51. sugito berkata, Juni 1, 2009 pada 4:32 am Yth Mas Iwan, Formula Sabun Cair sudah saya coba dan hasil busanya masih kurang kemudian kira2 harus ditambah apa ya mas ? Makasih Balas iwanmalik berkata, Juni 1, 2009 pada 8:26 am Pak Sugito Yth, Gimana kabarnya?…Smoga baik-baik aja. Ok…Pak, untuk menambah busa silahkan tambahkan “foam booster” sebanyak 20 cc dari tayangan CD sabun cair. Jadi total foam boosternya 30 cc. Salam Balas 52. yuli berkata, Juni 1, 2009 pada 5:15 am mas kalau saya ingin dapatkan resep yang lain kayak sortenerr atau yang lainnya bagaimana ya caranya maksih Balas iwanmalik berkata, Juni 1, 2009 pada 8:30 am Saudara yuli, Silahkan lihat di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan/ Salam Balas 53. yuli berkata, Juni 1, 2009 pada 5:23 am sangat menarik dan boleh dicoba tuch makasi Balas 54. zaimah saleh berkata, Juni 3, 2009 pada 6:27 am Saya berminat untuk sabun cair.bagaimana boleh saya beli cd serta bahan nya sekali.. kirimkan ke malaysia. berapa kos semua.jika berhasil saya akan ke surabaya untuk urusan bisnes. tel: 012 6045 342

Balas iwanmalik berkata, Juni 3, 2009 pada 10:15 pm Saudara Zaimah Saleh, Kemarin kami sudah bertanya ke kantor POS, ternyata untuk pengiriman CD ke Malasyia kos sekitar 100 ribu. Untuk bahan-bahan juga boleh di pesan, berapa yang anda butuhkan?…atau untuk kapasitas produk berapa kg/liter?…Kalau untuk kapasitas produk 1 – 2 liter, kami akan memberikan bahan-bahan secara gratis. Untuk tingkat keberhasilan pembuatan produk, KAMI BERANI JAMIN pasti berhasil. Salam Balas azwan berkata, Juni 22, 2009 pada 12:57 pm boleh tolong bagi email mas ewan… 55. sugito berkata, Juni 3, 2009 pada 3:40 pm mas Iwan, maaf ya saya masih ngga ngerti nich… yang mana sih yang dimaksud “foam booster” karena saya cari diartikel tsb ngga ketemu. O ya kalau CDnya belum bisa dicoba karena CD ROM nya lagi rusak. Makasih Balas iwanmalik berkata, Juni 3, 2009 pada 9:49 pm Pak sugito, CDnya tidak harus di putar di CD ROM tapi bisa di putar di DVD atau VCD player. Untuk foam booster akan kami jelaskan via email, silahkan buka email anda. Salam Balas 56. chasan berkata, Juni 6, 2009 pada 3:21 pm pak iwan,saya pingin mencoba membuat sabun cair dgn komposisi yang tepat untuk itu saya minta resep beserta takaran yang pas,shg hasilnya bisa bagus… mohon dikirim ke email saya. terima kasih. Balas 57. Setyo berkata, Juni 10, 2009 pada 2:41 am pak iwan, menarik sekali postingnya tentang sabun cair, bisa minta detail untuk setiap bahannya pak? misal untuk sodium sulfat secukupnya itu berapa persen atau gr untuk pembuatan 1ltr sabun.. terimakasih Balas 58. neng berkata, Juni 22, 2009 pada 6:02 am

di Bandung mencari Foambooster susah, ada merk lainnya atau bahan alternatif lain agar busa lebih banyak?? terimakasih sebelumnya.!!! Balas iwanmalik berkata, Juni 22, 2009 pada 12:27 pm Ok saudara Neng, untuk menambah busa…foam booster bukan satu-satunya tapi ada beberapa bahan alternatif lainnya. Maaf, saudara apakah pernah pesan CD sabun cair? Bila sudah, kami akan memberikan alternatifnya. Tolong identitasnya, makasih. Balas 59. azwan berkata, Juni 22, 2009 pada 12:59 pm boleh tolong bagi email mas iwan Balas 60. Apri Ardiyan berkata, Juni 24, 2009 pada 4:54 pm mas iwan kok ga ada membahas khusus tentang semir ban paste n cair wetlook? padahal itukan satu paket dgn shampoo mobil utk usaha cuci mobil. trims infonya Balas 61. Penerus Sang Milyuner berkata, Juli 2, 2009 pada 3:21 am Makasih infonya sangat membantu banget buat aq yang ingin terjun kedunia wirausaha.prospeknya sangat bagus! Balas 62. Surya berkata, Juli 21, 2009 pada 1:17 am Pak iwan bisa kirim ke mail saya..komposisi yg pas dan takarannya untuk sabun bubuk detergent.terima kasih Balas 63. setiyo berkata, Juli 21, 2009 pada 3:45 am met siang p iwan , tolong kirim ke mail, tks -untuk pengganti EDTA yang hrg nya lebih murah ada ga , n pa ja ? -untuk metanol kadar OH nya brp % ? -foam booster itu nama kimia n nama dagangnya ?, ada alternatif lain? -kalo ijin merk dagang prosesnya?, kira2 biaya? -kalo ada daftar SNI sabun tulung di kirim skalian ya pak tks jawabannya, jangan pernah bosn tuk jwb ya pk, Balas iwanmalik berkata,

Juli 21, 2009 pada 11:18 pm Pak Setiyo, Syukurlah CD akhirnya datang juga, untuk penjelasan sudah kami kirim via email. Salam Balas 64. setiyo berkata, Juli 21, 2009 pada 11:45 am ok tks berat p iwan, sukses together… artikelnya dah ne plajari kalo toko kimia yang bisanya buat kulakan complet n murah dimana ya lokasi ane d solo , tp klo d sby jg gpp.. suwn.. Balas iwanmalik berkata, Juli 21, 2009 pada 11:16 pm Pak setiyo, kami sudah kirim email. Salam Balas 65. Andra berkata, Juli 30, 2009 pada 6:46 am Pak, mo tanya jika bapak punya info formulasi utk buat base soap translucent tetapi yg tidak menggunakan ethanol pak. tks, andra Balas 66. junariyanto berkata, Juli 31, 2009 pada 8:08 pm salam kenal bener2 sip, saya tertarik dengan sabun cair tapi, menurut saya formula itu belum lengkap BAHASA secukupnya itu takarannya ga jelas, mohon diperjelas dong sehingga kita bisa praktek, matur suwun Balas iwanmalik berkata, Juli 31, 2009 pada 10:47 pm Pak Junariyanto, kami sudah kirim email. Salam Balas 67. JOHAN berkata, Agustus 1, 2009 pada 3:06 am saya mau coba juga pembuatan sabun cuci piring cair ,tapi saya tidak mengerti akan bahan bahan seperti

*Texapon 10% * Sodium sulfat secukupnya * Camperlan secukupnya * Asam sitrid 1% * EDTA 0,1% * Parfum secukupnya * Propilin glikol secukupnya Akan takaran serta ukuran nya ,kalau saya mau coba membuat sabun itu sebanyak 100 liter berapa banyak bahan bahan yang harus saya beli ?dan composisi tersebut di toko kimia farma yang ada di jakarta bisa bantu saya refrensikan agar saya bisa beli bahan baku nya ,karena saya sudah coba cari di beberapa toko kimia di jakarta mereka tidak lengkap akan bahan baku baku di atas ini,ada yang ada dan ada yang tidak ,hampir rata rata toko,terima kasih sebesar besar nya atas bantuan dan penjelasan serta pengajaran nya, best regard johan Balas 68. tyang klaten berkata, Agustus 1, 2009 pada 8:52 am salm mas iwan alhamdulillah jd jg sabunnya , suwn email p iwan apa ya ? mo tanya spt nya kurang enak d form umum. tks Balas 69. Heriyadi Priyatna berkata, Agustus 6, 2009 pada 1:35 pm Mas Iwan,terima kasih atas resep sabunnya dan malah sudah saya ajarkan pada ibu2 kader posyandu,malah mereka sdh produksi dan hasilnya utk membiayai kegiatan posyandu, makanan sehat bagi ibu hamil ,balita, lansia prasejahtera .Daerah2 yang telah mendpt pelatihan gratis yaitu Kel.Semplak Bogor,Kel.Bedahan Sawangan,serta Majalaya Kab.Bandung.Menyusul permintaan pelatihan tsb. dari beberapa daerah oleh para ibu kader posyandu yang akan membuat para posyandu menjadi mandiri.Bogor, 6 Agustus 2009 Balas 70. riki wahyudi berkata, Agustus 9, 2009 pada 7:08 pm mas untuk pembuatan 30ltr sabun cair itu berapa banyak jumlah masing-masing bahan yang dibutuhkan secara terperincinya Balas 71. Jesslyn berkata, Agustus 22, 2009 pada 4:39 am Pak,mau tanya info lebih lengkap tetntang harga cd nya bisa? Sekalian mau tanya foambooster itu nama dagang nya apa ya? Makasih. Balas iwanmalik berkata, Agustus 22, 2009 pada 7:40 am Saudara Jesslyn, info lengkap “klik” aja halaman atas pojok kiri “PELATIHAN”. Salam

Balas 72. suherman berkata, Agustus 26, 2009 pada 7:19 am pak di kota saya pontianak sama sekali tidak ada menjual bahan2 yg tertulis diatas, untuk belajar pembuatan sabun ini saya mengalami kesulitan karena kalo mau beli dari jakarta harus dalam jumlah drum, apakah bapak bisa bantu saya ? Balas iwanmalik berkata, Agustus 26, 2009 pada 7:28 am Pak/Mas Suherman, kami bisa bantu penyediaan bahan-bahannya. Silahkan menghubungi HP flexy kami. Salam Balas suherman berkata, Agustus 26, 2009 pada 7:38 am telp kantor ato telp rumah yah,,,, apakah bapak ada YahooMasengger biar lebih gampang 73. iwanmalik berkata, Agustus 26, 2009 pada 11:36 pm Saudara Suherman, kami punya yahoo masengger & sudah kirim email. Salam Balas 74. setyo berkata, Agustus 28, 2009 pada 4:35 am salam p iwan, sbenarnya asamsitrit fungsinya tuk apa ya? kok sy liat blm d pake ato sdh di ganti pengganti camperland tu ada ga pak (hrg nya mahal banget) trim,,, Balas iwanmalik berkata, Agustus 28, 2009 pada 8:36 am Salam juga P. Setyo, Fungsi asam sitrat (pengganti jeruk nipis) untuk pengeset agar tidak licin di piring (perabotan rumah tangga). Tanpa camperlan bisa pak, DETAIL-nya coba silahkan hubungi kami via HP saja. Ok…untuk camperlan di surabaya harga eceran per liternya sekitar 38 ribu dan penambahannya cuma sekitar/kurang dari 2%. jadi untuk pembuatan 1 liter sabun cair biaya camperlan kurang dari Rp 760. Salam Balas 75. rila berkata, Agustus 31, 2009 pada 9:22 am salam kenal pa iwan,

pa, saya mau nanya: apakah surfaktan CTABr (cetyl trimethyl ammonium bromide) atau HDTMABr dijual ditoko kimia biasa? Apa merek dagang dari surfaktan tersebut? mohon dijawab dan terima kasih sebelumnya. Balas 76. Wawan berkata, September 4, 2009 pada 6:12 am Artikel diatas kayaknya utk sabun mandi, sy ingin tahu cara pembuatan “sabun cair pencuci piring” yang kualitasnya gak kalah sama buatan pabrik, trims.sy sangat menunggu jawabanya Balas 77. Dani berkata, September 13, 2009 pada 5:54 pm Saya menjual bahan baku pembuatan sabun cair,detergen bubuk,dan softener yang lebih murah dari pasaran.berikut perinciannya : # U/sabun cair 1.texaphone/emal 270n 17000/kg 2.sodium sulfat 2500/kg 3.asam sitrat 16500/kg 4.edta 90000/kg 5.comperlan/CDA 38000/liter 6.methain/CAPB 20000/liter 7.parfum lemon 185000/liter 8.parfum apel 160000/liter 9.pewarna kuning 50000/kg 10.pewarna hijau 65000/kg #U/detergen bubuk 1.LAS / neopelex f65 22500/kg 2.SLS / emal 10p 31500/kg 3.sodium carbonat/soda ash 6000/kg 4.sodium bicarbonat/soda kue 5000/kg 5.cmc 12500/kg 6.stpp 20500/kg #U/softener 1.softex etg (basis softener) 31500/kg 2.flosoft (pengental softener) 150000/kg 3.supersoft 8000/kg 4.parfum (molto pink) 260000/kg 5.parfum (molto biru) 275000/kg # Menerima pembelian eceran maupun partai,u/partai besar ada diskon khusus. # pengiriman luar kota atau luar pulau,dikirim via ekspedisi,biaya ekspedisi ditanggung pembeli. # berminat beli,hub 08175250960,atas nama cv sinar bintang indonesia # terima kasih.salam… Balas 78. suherman berkata, September 18, 2009 pada 8:30 am apakah metanol bisa diganti dengan alkohol ? bos tolong cek emailnya yah Balas iwanmalik berkata,

September 18, 2009 pada 9:18 am Ok Pak/Mas Suherman, Syukur bahan2 kimia & CD sudah sampai, kami sudah kirim email “jawaban detail” yang anda tanyakan. O yaa…bila ada pertanyaan lagi bisa dikonsultasikan. Salam Balas 79. rudy berkata, September 27, 2009 pada 8:00 pm pak iwan komposisi takaran yg pas untuk membuat sabun cair yang tepat itu brapa sih? per gram?per ml nya? perbandingannya brapa sih? saya bingung klo pake persenan begitu… saya tunggu jawapan secepatnya.. trimakasih banyak Balas 80. Didit berkata, Oktober 2, 2009 pada 6:34 am Mas iwan saya butuh resep2: 1. Sabun cair 2. sabun cream 3. detergent bubuk resep2 itu saya akan gunakan untuk pelatihan anak2 jalanan. gimana cara mendapatkannya..? trims didit Balas 81. hamdan berkata, Oktober 6, 2009 pada 5:18 am salam pa iwan saya tertarik dengan artikel bpk tentang sabun cuci, kira2 kualitasnya sama ga dengan merk yang terkenal itu (SLight), n biaya produksinya perliter brapa, untuk cd pelatihan didalamnya ada alamat untuk beli bahan2nya g, sy d bogor tolong balas ke email sy y pa, mksh., Balas 82. wantoh berkata, Oktober 8, 2009 pada 9:44 am mau nanya apakah permakaian cmc sebagai pengental pada sabun cuci piring diperbolehkan tolong balas ke email sy ,mksh Balas 83. rudy berkata, Oktober 10, 2009 pada 11:02 am pak iwan terimakasih paketnya sudah saya terima dengan baik,rencana nanti saya mau langsung coba. pak iwan klo saya mau buat 100lt sabun cair,perhitungannya bgmn? oya pak,saya tanya d toko kimia solo kok nggak ada yang jual camperland,edta serta foam booster nya ya? kira-kira pak iwan punya infonya nggak? lalu untuk beli plastik kemasan dan alatnya, serta alat untuk filling cairan,botol, sealcup dan stickernya/printingnya? tolong d bantu info-nya y pak iwan. trimakasih. Balas

iwanmalik berkata, Oktober 10, 2009 pada 11:42 pm Sama-sama Pak Rudy, Kami sudah kirim email detail tentang alamat KEMASAN & alamat TOKO kimia juga tentang perhitungannya dll. Salam Balas 84. sahrial berkata, Oktober 11, 2009 pada 4:18 pm salam sejahtera buat kita semua,terutama buat pakIwan.saya sudah bosan mencari tau tentang pembuatan sabun cuci piring cair seperti sanlik itu pak.kerna saya ingin coba buat usaha pak.tetapi cara pembuatan dan bahan2nya saya tak begitu paham.alangkah berterima kasih dan beruntung nya saya,jika bapak dapat membantu saya.sebelumnya saya ucapkan terima kasih…… Balas 85. nunik berkata, Oktober 17, 2009 pada 7:38 am Blog ini bagus banget…saya lagi mau coba buat sabun cuci piring cair…biar bisa utk kegiatan saat waktu longgar sekalian bisa dapat income. Taoi lihat di artikel sepertinya belum l;engkap formulanya krn belum ada jumlahnya berapa. mohon bisa diemailkan formula yang lengkap. Begitu juga utk sabun mandi padat dan pembersih lantai… Kalau CD yang isinya lengkap formula dan demonya berapa harganya? Saya posisi di klaten. Makasih mas iwan…. Balas 86. NINDY berkata, Oktober 27, 2009 pada 1:18 am Pak Iwan, Sama seperti pertanyaan yang lainnya.. Saya juga mau tanya dong Texapon 10% * Sodium sulfat secukupnya * Camperlan secukupnya * Asam sitrid 1% * EDTA 0,1% * Parfum secukupnya * Propilin glikol secukupnya Bapak hanya tulis secukupnya… secukupnya itu berapa gram ya? Tolong dong dibantu untuk pembuatan 500 ml / 1000 ml berapa gram bahan-bahan tersebut diperlukan. Karena Saya mau coba untuk bisnis kecil-kecilan… untuk menambah uang dapur.. Dan apakah harga-harga bahan tersebut masih dapat bersaing dengan sabun cair yang beredar di pasaran. Sangat menunggu jawabannya di e-mail Saya ya : nindydarmawan@yahoo.co.id Thanks berat. * Pewarna secukupnya * Air Balas 87. nurul berkata,

November 12, 2009 pada 1:06 pm mas iwan, saya tertarik dengan pembuatan sabun cair di atas,,mau tanya berapa banyak komposisi bahan2 kimia yang di perlukan? saya tinggal di karawang(jawa barat) saya pernah datang ke toko kimia yang ada di kota karawang, ternyata bahan-bahan kimia yang di perlukan jarang ada. bagaimana saya bisa mendapatkan bahan2 kimia tersebut? Plus harganya klo ada. makasih Balas iwanmalik berkata, November 12, 2009 pada 10:53 pm Mbak Nurul, Ok…untuk komposisi dasar pembuatan sabun mandi cair sekitar 5 bahan. Daftar toko kimia…kami punya alamat yg bisa dimintai tolong untuk pengiriman bahan sampai ke alamat pemesan. Sekian dulu yang kami informasikan. Salam Balas 88. deny berkata, November 13, 2009 pada 12:19 pm maaf pak iwan sprti orang-orang yg ingin saya tanyakan mengenai takaran pembuatan sabun cair trsbut, tolong untuk dijelaskan brp takaran yg pasti untuk 500-1000ml, krna hnya dgn keterangan dlm persen dan secukupnya. saya tidak bisa mengira2. tolong untuk bpak mengirimkan resep lengkapnya di email saya. terima kasih banyak Balas 89. deny berkata, November 13, 2009 pada 12:23 pm maaf pak iwan sprti orang-orang yg ingin saya tanyakan mengenai takaran pembuatan sabun cair sunlight trsbut, tolong untuk dijelaskan brp takaran yg pasti untuk 500-1000ml, krna hnya dgn keterangan dlm persen dan secukupnya. saya tidak bisa mengira2. tolong untuk bpak mengirimkan resep lengkapnya di email saya. terima kasih banyak Balas iwanmalik berkata, November 13, 2009 pada 10:05 pm Pak Deny, Maaf, kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering juga memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui CD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan. Kami juga akan memberikan konsultasi gratis via email, HP atau dapat bertemu langsung. Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan Salam Balas 90. hendra berkata, November 18, 2009 pada 3:52 am

ass pak iwan pak saya ingin belajar buat sabun cuci piring,sampo mobil,pembersih lantai tapi saya bingung untk takaran komposisinya bisa minta takaran komposisiny dan kalau ingin mendapatkan CDnya bagaimana dan biayanya berapa Balas 91. hendra berkata, November 18, 2009 pada 4:02 am ass pak iwan pak iwan saya ingin belajar buat sabun cair cuci piring,sampo mobil,dan pembersih lantai tapi saya bingung untuk takaran komposisinya bisa minta takaran yang pas untuk 1 liter dan jika ingin mendapatkan CDnya bagaimana caranya dan biayanya berapa ? trimakasih di tunggu jawabannya ini Email saya :ndra_30@ymail.com Balas 92. jailani berkata, November 21, 2009 pada 4:24 am salam hormat dari awal sampai saat ini saya mengikuti pembahasan cara2 pembuatan detergen, yg mau saya tanyakan adalah bahasa lain dan fungsi dari setiap bahan kimia tsbt. seperti contoh; camperlan bahasa lainnya adalah DEA dan berikut fungsinya. dari pembuatan sabun cuci tangan hingga pembuatan shampoo. karna dari bahan bahan yg bapak sampaikan ini tidak semua toko kimia yg mengerti, seperti super soff bahasa lainnya apa, sekalian fungsinya. sekian dulu yg dapat saya sampaikan, mudah2han bapak mau mengirimkan informasinya untuk saya… karna sebagai pemula, yg dibutuhkan adalah kegunaan bahan dan alternatif kalo bahan itu sendiri tidak ada… berikut saya lampirkan, alamat email, no telp. jailani (RIAU) email jailani741@yahoo.com fb aq_jailani@yahoo.com telp 087893888808/09127566201 Balas iwanmalik berkata, November 21, 2009 pada 2:12 pm Pak Jailani Yth, Kami sangat mengerti dari komentar/penjelasan yang bapak sampaikan. Perlu diketahui kami menyediakan CD pelatihan berupa film…DETAIL tentang komposisi, fungsi bahan dan cara/proses pembuatan dari setiap itemnya sehingga mudah untuk dipahami atau dipratekkan + KONSULTASI GRATIS. Info lengkap ada di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan Jangan kuatir pada dasarnya untuk setiap item produk…bahan-bahan tersedia di toko kimia. Kami akan memberikan daftar toko-toko kimia yang bisa dihubungi dan dimintai tolong untuk pengiriman bahan-bahan kimia ke alamat pemesan atau kami sendiri bisa dimintai tolong untuk pemesanan bahan. Memang untuk nama bahan-bahan terdiri dari: 1. Nama kimia : Hanya orang tertentu yang tahu…terutama orang yang pernah belajar KIMIA, bahkan penjual bahan kimia pun kadang-kadang tidak tahu. 2. Nama Umum : Hampir semua toko kimia tahu nama bahan yang di maksud dengan catatan toko kimia tersebut lengkap. 3. Nama Dagang : Hanya toko kimia tersebut yang tahu dan toko kimia yang lain tidak tahu…karena toko kimia tersebut memberi nama sendiri bahan-bahan kimianya. Salam Balas 93. indra berkata,

Desember 6, 2009 pada 10:21 am pak iwan, tadi saya baru mencoba pembuatan sabun dengan formula yang sama dengan yang bapak tuliskan. Namun saya menggunakan NaCl sebagai pengental. Ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan: 1. Mengapa hasil dengan NaCl tidak meghasilkan sabun yang kental? 2. Camperland lebih mengentalkan, namun mengapa jika komposisi camperlan dinaikkan, sabun terasa berminyak, bahkan setelah dibilas? Terima kasih atas infonya pak. Balas iwanmalik berkata, Desember 6, 2009 pada 12:52 pm Mas Indra, Ok…NaCl untuk pembuatan sabun cair…salah satunya untuk pengental…tetapi bila kelebihan NaCl maka sabun cair justru jadi encer. Jadi komposisi NaCl-nya harus pas. Demikian juga bila kelebihan Camperlan maka sabun cair akan rusak. Salam Balas 94. jon berkata, Desember 11, 2009 pada 6:20 pm Pak saya berminat mencoba buat sabun cuci baju yang cair, bagaimana komposisinya? dan apa pak iwan punya proses pembuatan handsanitizer tanpa air seperti antis? Terima kasih. Balas iwanmalik berkata, Desember 11, 2009 pada 10:19 pm Pak/Mas Jon, Kami menyediakan VCD sabun cair cuci piring & formula Handsanitizer tanpa air…detail tentang komposisi, fungsi masing2 bahan & proses pembuatannya. Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan. Info lengkap…kami sudah kirim email. Salam Balas 95. Oscar berkata, Desember 22, 2009 pada 5:19 am mas iwan, mw tny donk..? formulasi setiap bahan di atas ap aja??soalny msh g jelas brp takarannya… kirim via email y mas.. makasih… Balas 96. triany berkata, Desember 23, 2009 pada 5:07 am pak iwan, kalau ada waktu, saya pergi ke malang saya akan menyempatkan diri untuk mampir dan membeli langsung CDnya. Mungkin hari minggu. Untuk ke rumah bapak , dari terminal bis naik kendaraan umum apa ya ? trus kalau beli 3 atau 4 CD ada discountnya nggak , pak ? Terima kasih atas perhatiannya

Balas iwanmalik berkata, Desember 23, 2009 pada 10:45 am Mbak Triany, Sebaiknya silahkan hubungi nomor HP Flexy kami 0341 4490005 dulu agar kami tahu kedatangan mbak triany sekitar jam berapa???….Dengan demikian kami bisa mengatur jadwal pelatihan yang lain. Bila ke rumah jl. mawar I / 74D…silahkan naik kendaraan umum mikrolet jalur ABG / ASD. Ok..beli 3 atau 4 CD dapat discount. Salam Balas 97. izza berkata, Desember 23, 2009 pada 5:58 am pak Iwan yth, utk membuat sabun pencuci piring utk airnya pake aquadest atau air biasa saja ? Untuk foam booster di toko-toko kimia istilah panggilan / nama kimianya apa ? Penjaga tokonya banyak yg gak tau waktu saya tanya . terima kasih atas perhatiannya Balas iwanmalik berkata, Desember 23, 2009 pada 10:50 am Saudara Izza, Untuk membuat sabun pencuci piring air biasa saja, yang penting bersih & jernih. Kami mempunyai daftar toko kemasan / toko kimia murah & lengkap dari bahan-bahan yang dibutuhkan. Salam Balas 98. eddy berkata, Desember 29, 2009 pada 10:30 am Bapak Iwan Malik yg penolong..komentar ini mewakili ucapan terima kasih saya kepada bapak atas bantuan tulisan bapak tentang sabun cair. Sekarang saya lagi merintis usaha ini.salam sehat sejahtera untuk bapak. SALUT… Balas 99. Stevanus Pratama berkata, Januari 2, 2010 pada 8:31 pm Salam, Saya lagi ngutak ngatik bikin dishwash menggunakan bahan dasar gabungan antara Texapon dan LAS ( 50 : 50 ), apakah formula ini ada kelebihannya jika dibandingkan dengan hanya menggunakan salah satu bahan diatas. Saya juga mohon informasi dari mas untuk produk parfum yang baik untuk dishwash, berapa harga perliternya dan apakah bisa dikirim? saya berdomisili di daerah bantargebang bekasi timur. Terimakasih sebelumnya dan salam sukses Balas iwanmalik berkata, Januari 4, 2010 pada 5:46 am Pak/Mas Stevanus, Kami menyediakan VCD sabun cair cuci piring detail tentang komposisi, fungsi masing2 bahan & proses pembuatannya. Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.

Info lengkap…kami sudah kirim email. Salam Balas 100. rina afrianis berkata, Januari 4, 2010 pada 6:01 am Salam Pak Iwan, Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih atas artikelny yang sangat bermanfaat ini Pak. Saya sangat tertarik dengan artikel Bapak ini dan sebagai orang awam Saya jg mau belajar membuat sabun cuci piring. Cuma saya liat perbandingan takarannya ga ada angka pas nya pak. Bisa tolong info perbandingan komposisi bahan yg pasti pak? (kalo bisa via email aja Pak). Dan bagaimana caranya untuk mendapatkan CD pembuatan sabun cuci piring cairnya Pak, mengingat saya berdomisili di Padang. Terima kasih banyak sebelumnya Pak…. Balas iwanmalik berkata, Januari 4, 2010 pada 6:13 am Mbak Rina, Kami sudah kirim email. Salam Balas 101. fajar berkata, Januari 17, 2010 pada 7:25 am ass, pak iwan saya mau nanya , pa iwan jual bahan2 buat bikin sabun tersebut ga?? saya lagi butuh farfum…. kira2 say bisa minta daftar haragnya ga ya?? sekalian kalo ada sama kemasanya juga segel (shrink wrap) kalo ada makasih ya pa iwan salam fajar Balas iwanmalik berkata, Januari 18, 2010 pada 3:30 am Mas fajar, Untuk mengetahui daftar harga silahkan hubungi 0341 4490005. Salam Balas 102. pramana berkata, Januari 22, 2010 pada 2:47 am mas iwan. sabun cair itu untu cuci piring atau untuk apa? trims mas iwan Balas 103. iwan adhi berkata, Januari 26, 2010 pada 5:25 pm pak apakah anda jual fragrance sabun mandi?harga berapa?

Balas 104. iwan adhi berkata, Januari 26, 2010 pada 5:34 pm pak kami dari kelompok ternak susu ingin membuat sabun susu,&sabun susu sereh agar tdk ada susu yg terbuang sy ada di jawa tengah gimana cr pelatihannya Balas 105. rudy berkata, Januari 27, 2010 pada 1:06 am Terima kasih pak iwan cd dan bahannya sudah saya terima. supportnya luar biasa, hasil sabunnya bagus pak Balas 106. Robert berkata, Februari 2, 2010 pada 4:13 am Salam sejahtera, mas Iwan saya pesan CD sabun cairnya, tolong info analisis biayanya kalau saya mau coba usaha skala kecil dgn gunakan kemasan botol plastik aqua yang 500 ml dan stikernya, juga info toko kima di Bekasi/Jakarta karena saya tinggal di Bekasi. Tolong juga solusi detail permasalahan Pak Jermia & info emailnya Pak Jermia Tks, Robert Balas iwanmalik berkata, Februari 2, 2010 pada 6:33 am Pak Robert, VCD sabun cair segera kami kirim hari. Informasi selengkapnya ….. sudah kami kirim via email. Makasih Balas 107. budhy dharmawan st berkata, Februari 6, 2010 pada 10:22 am Yth, Bpk Iwan M Saya tertarik untuk mengembangkan sabun cair itu, kalau boleh berapa semua nominal yang dibutuhkan berikut campurannnya per detail. Terima kasih banyak sebelumnya. Balas 108. nano suparno berkata, Februari 7, 2010 pada 4:15 pm ass..mas iwan saya salut banget dengan artikel anda,sangat bermanfaat dunia akhirat. btw sabun cair dgn sabun cair cuci piring sama nggak? saya mo belajar..mohon di bales via email,trima kasih Balas

109. eka berkata, Februari 10, 2010 pada 5:26 am pak iwan..apa bedanya sabun cair, shampoo mobil, hand soap klo diliat2 semua menggunakan raw material yang sama? begitu jg dgn shampoo salon. tq Balas 110. Bayu berkata, Februari 10, 2010 pada 1:38 pm Pak Iwan…. saya mohon penjelsannya yang lebih rinci mengenai takaran tiap bahan dalam pembuatan deterjen cair, untuk membuat satu liternya. Karena sebagai pemula saya agak bingung dengan istilah “secukupnya” pada penggunaan Camperlan itu. Berapa yan tepat? Begitupun saya juga ingin bertanya tentang komposisi bahan-bahan enzym yang bisa dan perlu digunakan sebagai tambahan dalam pembuatan deterjen cair tersebut. Apakah jika sudah menggunakan STPP masih diperlu menambahkan Enzyn AR juga? Demikian pertanyaan kami. Terima kasih. Balas 111. yosha berkata, Februari 11, 2010 pada 5:21 am bisa pesan bahan untuk sabun cair kitim ke lampung pak iwan Balas 112. fernando berkata, Februari 14, 2010 pada 11:37 am Pak Iwan…. terimakasih atas kebesaran hati bpk membagi formula nya, pak aku ingin minta tlng resep pembuatan sabun cair tapi aplikasi nya jgn banyak busa tapi harus licin karna akan digunakan sebagai pelicin rantai. sekali lg thxs dan tlg di bls via imel . Balas 113. Lutfi Gunawan berkata, Februari 15, 2010 pada 1:40 pm salam kenal pak iwan. saya mau tanya, biar shampoo mobilnya kental gimana ya pak? selain sodium sulfat, ada gak bahan pengental lain. oh iya kalo mau bikin pengkilap cat motor pake silicone bahannya apa aja pak? terima kasih Balas 114. kristanto berkata, Februari 16, 2010 pada 12:45 pm pak iwan klo bpk pelatihan sabun mandi susu dng peternak susu mau gak?berapa biayanya sampai bisa?ada 4 kelompok tani,masing2anggotanya 6 orang.klo bisa nti dikembangkan lagi jangan hnya sbn susu tp produk apa yg menggunakan susu.trims Balas iwanmalik berkata, Februari 17, 2010 pada 7:41 am

Pak/Mas Kristanto, Maaf tinggalnya di mana?…Kami sudah kirim email, untuk informasi detailnya silahkan hubungi nmr Flexy kami 0341-4490005. Salam Balas 115. risva berkata, Februari 22, 2010 pada 9:24 am pak saya mau nanyak keguanaan penambahan texapon pada pembuatan sabun cuci piring cair apa ya? trus kalo mau nguji kualitas sabun cuci piring yg udah kita buat,. apa2 aja tu pak yg dicari? tegangan permukaannya, daya emulsi, itu ya pak trus apa lagi pak? terimakasih pak sebelumnya Balas 116. eka berkata, Februari 22, 2010 pada 4:11 pm Pak Iwan saya dulu pernah bl vcd sabun transparan, supaya sabun punya banyak busa ditambah apa y pak selain booster foam..tq Balas iwanmalik berkata, Februari 22, 2010 pada 11:03 pm Mbak Eka, Sebenarnya supaya busanya melimpah / banyak….sangat dipengaruhi oleh proses pengadukan yg terus-menerus sesuai aturan … sebagaimana dalam tayangan VCD sabun transparan. Sekali…lagi aduklah terus-menerus…agak cepat ngaduknya….sehingga mempengaruhi BANYAK BUSA. Bila kita bandingkan dengan sabun bermerk…sabun transparan ini tidak kalah BUSAnya bahkan lebih banyak sabun transparan ini. Foam booster selain sebagai penambah busa juga sebagai pengubah gelembung besar menjadi gelembung halus sehingga busanya lembut di kulit. Penjelasan detail silahkan hubungi nmr flexy kami 0341-4490004. Salam Balas 117. dadang Jatnika berkata, Maret 1, 2010 pada 12:00 pm Kang Iwan, Salam kenal, Saya Dadang Jatnika. Terimaksih atas info membuat sabun cair,. amat sangat membantu saya. Terimakasih kang. Balas 118. Iwan_Guswandi berkata, Maret 3, 2010 pada 9:50 am Salam. Saya dulu sudah pernah buat sabun cair. tp tidak pakai EDTA dan Camperlan. Tetapi sabun nya terlalu encer dan kurang berbusa. Kemudian sy tambahkan CMC, garam dan SLS. Sabunnya jadi kental tetapi setelah didiamkan terjadi endapan ( sedimen ). Apa yg menyebabkan terjadinya endapan Mas Iwan? Terimakasih sebelumnya untuk jawabannya. Salam Balas

iwanmalik berkata, Maret 4, 2010 pada 2:27 pm Mas Gus, Sudah kami jawab via email. Salam Balas 119. muchlis berkata, April 11, 2010 pada 9:37 am salam kenal mas iwan. saya baru praktek buat sabun cair pencuci piring dengan dosis sbb. texapon 1kg sls 1kg nacl 1 kg plus parfum 100ml dan pewarna secukupnya. apakah dosisnya sudah passs karena hasilnya kadang encer kadang kental apa yang kurang??? Balas iwanmalik berkata, April 11, 2010 pada 11:09 pm Mas Muchlis, Kami menyediakan VCD sabun cair cuci piring. Info detailnya 0341-4490005 Salam Balas 120. Agustinus berkata, April 18, 2010 pada 3:49 am mas, beritahu saya gmn tata cara mendapatkan vcd pembuatan sabun cuci piringnya thanx Balas 121. Rudi berkata, Mei 1, 2010 pada 5:59 pm pak malik saya pengen belajar membuat sabun cuci piring seperti sunligh* apa formula2 sperti itu bisa diajarkan, soalnya sabun cair cuci piringnya sangat bagus sebab saat kita taruh dikit sabun (sunligh*) dibaskom kecil + air teraduk aduk dengan sponge. terus dibiarin semalaman besoknya sabun cuci itu masih tahaan dan siap pake lagi. mohon pentunjuknya Balas 122. yulia berkata, Mei 9, 2010 pada 1:57 pm mas iwan, salam kenal… gimana sih cara buat sabun cuci piring yang bagus kayak sunlight? Waktu pembuatan sabun, perlu dimasak ngak sih? Banyak yg bilang kalo buat sabun harus dimasak. Tapi sy ngak tau fungsinya untuk apa… cara pembuatan mas iwan jg tidak disebutkan harus dimasak. Bisa ngak saya membuat sabun tanpa sodium sulfat? saya hanya menggunakan texapon, comperlan, Na Metasilikat, Nacl, warna dan parfum mas iwan ada rekanan toko kimia di daerah serpong ngak? saya mau cari toko kimia yang lengkap dan murah….

Balas 123. sahifful berkata, Mei 14, 2010 pada 2:07 am sy dr malaysia blog tuan sgt membantu sy kerana skrg sy berminat utk menceburi bidang chemical.blh lh tuan berkongsi pengalaman dgn sy. Balas iwanmalik berkata, Mei 14, 2010 pada 11:02 pm Haloo.. Malasyia… Saudara Sahifful silahkan berkongsi dengan kami…sebelumnya kami juga pernah berkongsi dengan Zaimah Saleh pesan beberapa VCD…juga dari Malasyia ( Selangor ).Silahkan lihat komentar no. 54 di atas di artikel “sabun cair” ini. Info lengkap…kami sudah kirim email Salam Balas 124. Donny Kristian berkata, Mei 20, 2010 pada 5:43 am Bg,apa itu yang dimaksud dengan texapon? Maklum bang,aku tidak tau dengan bahan tersebut! Dan akupun kepingin membuka usaha doorsmeer motor bang! Balas 125. Mia berkata, Mei 30, 2010 pada 12:39 pm Assalamu’alaikum Pak iwan… saya sangat tertarik cara membuat sabun cair pencuci piring, bagaimana cara mendapatkan cdnya?? tolong email ke melcomp_net@yahoo.com ya pak…, saya di bandung. Terima kasih. Balas iwanmalik berkata, Mei 30, 2010 pada 9:56 pm Mbak Mia, Kami menyediakan VCD sabun cair cuci piring. Info detailnya…kami sudah kirim email. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas 126. annes siregar berkata, Juni 17, 2010 pada 11:19 am salam knal pak iwan. kebetulan posisi saya jg di malang, saya mau konsultasi tentang sabun. apa bisa saya langsung k kantor pak iwan. trimakasih. Balas

iwanmalik berkata, Juni 17, 2010 pada 10:07 pm Bu Annes, Silahkan ke Kantor jl. Barito 5 Malang jam 08.00 – 14.00 atau ke Rumah jl. Mawar I / 74d jam 18.00 – 21.00 Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas mr.annes berkata, Juni 18, 2010 pada 2:39 am klo hari sabtu besok gimana pak? kalau jl.barito daerah mana pak ya? maaf pak untuk konsultasi seperti ini prosedurnya gmn? MAKASIH> iwanmalik berkata, Juni 18, 2010 pada 4:31 am Jl. Barito 5 letaknya sekitar / dekatnya selatannya penjara LOWOKWARU. Maaf sebelum menemui kami…sebaiknya contact dulu 0341-4490005…karena jadwal kami begitu padat. Salam 127. Helmi berkata, Juni 18, 2010 pada 9:05 am Pak Iwan… Salam kenal pak.. Saya tertarik dengan cara pembuatan sabun cair pencuci piring.. Gimana cara mendapatkan CD nya.? Terima kasih… Balas 128. siti aisyah berkata, Juni 22, 2010 pada 6:18 am ass wr wb. mas formula bagus2, sy pengen coba tapi sy masih belum ngerti komposisi masih2 bahan diatas. karna takarannya tertulis ‘secukupnya’ mohon dikirim ke email, takaran masing2 bahan diatas. trims Balas iwanmalik berkata, Juni 22, 2010 pada 7:28 am Mbak Siti, Kami menyediakan VCD sabun cair cuci piring dll atau langsung praktek di tempat kami. Info detailnya….kami sudah kirim email. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam

Balas 129. MR.ANNES berkata, Juni 23, 2010 pada 5:37 am makasih pak Iwan pertemuannya. selanjutnya saya tunggu kabar baik dari pak Iwan. trimakasih. Balas iwanmalik berkata, Juni 23, 2010 pada 6:15 am Sama2 rekan Annes, Jadwal minggu ini sangat padat…,kita praktek seminggu lagi. Salam Balas 130. deryanto berkata, Juni 27, 2010 pada 9:50 am Salam Hormat, Pak Iwan saya ingin tahu kalo bahan untuk pengental silicon emulsi namanya apa? dan dimana saya bisa mendapatkanya? saya mohon bapak memberitahukanya lewat email saya di adbuleud@yahoo.com Terima Kasih Balas 131. Wida berkata, Juli 3, 2010 pada 4:04 pm Salam kenal Pak Iwan, senang sekali akhirny saya bisa menemukan blog yg sngat bermanfaat terlebih Bapak jg bersedia mbrikn bimbingn. Ini bagaikan menemukan oasis bagi saya. gini Pak, saya udah praktek buat sabun cuci piring dgn formula Texapon 1kg, SLS 0,5kg, NaCl 1kg, air 15lt,pewarna, pewangi, hasilnya sabun kurang berbusa, dan dalam waktu 1 bulan sabun yg kental menjadi lebih cair, dan ada endapan putihnya. Mohon petunjuk untuk formula tetap kental, dan tidak ada endapannya. Terimakasih banyak Pak. Balas iwanmalik berkata, Juli 3, 2010 pada 11:48 pm Mbak Wida, Bila melihat komposisi sabun cair yg mbak praktekkan…komposisinya kurang tepat, sehingga hasilnya : awalnya kental tp akhirnya encer, hasilnya akan misah, busa kurang, ada endapan & hasil sabun cair ini tidak bertahan lama. Kami menawarkan VCD sabun cair cuci piring…info detailnya kami sudah kirim email. Salam Balas 132. edy berkata, Juli 14, 2010 pada 12:13 pm saya ingin menjual texafon dan waterglass sisa produksi pabrik beserta botol dan mesin pengaduk.ada yang tertarik silakan menghubungi ke 021-92885956

Balas 133. subani berkata, Juli 25, 2010 pada 2:33 pm Saya ingin bertanya tentang formula untuk Asam sitrid 1% dan EDTA 0,1% itu kisarannya perbandingannya berapa banyak ya pak. dengan sabun cairnya. terima kasih banyak ya pak…… Balas 134. miau bi berkata, Juli 27, 2010 pada 1:43 pm pak ada no hp yg bisa dihubungi nggak?.saya ada di KALIMANTAN.trims Balas 135. achris berkata, Agustus 1, 2010 pada 4:12 pm Salam kenal P.Iwan,boleh tnya cara atasi noda pada kain,tq Balas iwanmalik berkata, Agustus 2, 2010 pada 3:10 am Rekan Achris, Kami menyediakan VCD deterjen cair anti noda dll atau langsung praktek di tempat kami. Info lengkap….kami sudah kirim email. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas 136. hamdani berkata, Agustus 3, 2010 pada 12:47 pm berapa harga vcd dr stiap product nya pak iwan Balas 137. Ambar berkata, Agustus 4, 2010 pada 7:51 am Pak Iwan yang baik,, saya domisili di malang, ingin konsultasi langsung dengan bapak & membeli VCD demo, apa bisa saya langsung datang di kantor atau di rumah bapak? sebelumnya pasti saya akan kontak dulu ke nomer telepon yang bapak sediakan.. mohon jawabannya pak.. trimakasih.. ^^ Balas iwanmalik berkata, Agustus 4, 2010 pada 8:04 am

Mbak Ambar, Silahkan langsung datang ke tempat kami : Kantor jl. barito 5 Malang atau Rumah jl. Mawar I / 74d Malang Contact Person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas Ambar berkata, Agustus 19, 2010 pada 12:07 pm Pak iwan,, terima kasih untuk waktunya,, bapak bersedia bertemu dengan saya dan berbagi ilmu,, saat ini saya sedang mencoba membuat sabun cair sesuai dengan formula yang bapak ajarkan melalui VCD,, di lain kesempatan saya akan belajar formula lainnya kepada bapak,, sekali terimakasih. iwanmalik berkata, Agustus 19, 2010 pada 3:18 pm Mbak Ambar, Karena sesama warga Malang kami tunggu kedatangannya lagi… O ya bila ingin bertemu…silahkan konfirmasi dulu…sehingga kami bisa mengatur jadwal lainnya. Makasih 138. Riski berkata, Agustus 6, 2010 pada 8:06 pm salam kenal pak iwan… saya sekarang lagi buka usaha laundry kecil-kecilan…saya mau nanya nih pak… untuk 5 liter sabun cair, kira2 berapa sih takaran masing-masing bahan-bahan yng tersebut diatas, karena saya takutnya nanti ada yang kelebihan dan bisa menyebabkan kerusakan pada kain… saya mohon bantuannya ya pak…terima kasih. Balas 139. Agus berkata, Agustus 9, 2010 pada 4:08 am Pak, saya mau pesan vcd pembuatan sabun cuci piring, harganya brp? kirim ke Batam bisa gak? thanx Balas iwanmalik berkata, Agustus 9, 2010 pada 11:34 pm Rekan Agus, Untuk mendapatkan VCD sabun cair cuci piring. Info lengkap….kami sudah kirim email. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas 140. dadang hamdani berkata, Agustus 25, 2010 pada 11:59 pm sy tertarik saat pertama saya buka situs mas iwan, sangat menginspirasi untuk memulai sebuah usaha pembuatan sabun

cuci piring. hanya memang formula tidak dijelaskan detail. mohon info lebih lanjut via emailku mas, kalau bisa segera. tks Balas iwanmalik berkata, Agustus 26, 2010 pada 1:15 am Mas dadang, Info lengkap….sudah kami sampaikan via E-mail. Salam Balas 141. viany berkata, Agustus 29, 2010 pada 7:35 am pak,mw tax ne,,,, klu utk sabun colek pake KOH atau NaOH mksh ats jwbannya Balas 142. achmad agus rosyidi berkata, Oktober 17, 2010 pada 3:50 am Pak, sebelumnya terima kasih banyak karena mau berbagi ilmu dengan kami. Saya ingin tanya tentang ” SABUN CAIR ” yang dimaksud itu sabun cair untuk cuci piring / cuci pakaian / mandi ??…….maaf pak sebelumya terima kasih Balas iwanmalik berkata, Oktober 17, 2010 pada 10:29 pm Rekan Achmad, Sabun cair yg dimaksud “sabun cair cuci piring”. Kami menyediakan VCD sabun cair cuci piring & VCD sabun mandi cair atau pelatihan langsung di tempat kami atau kami di undang. Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas 143. FAJAR SUBKHI berkata, Oktober 19, 2010 pada 6:42 am Pak iwan,asam sitrid&EDTA kok gak ikut di campurkan….???? tolong krim ke email ya pak caranya yg lengkap artikel bagus banget mendorong jiwa-jiwa wiraswasta TERIMA KASIH Balas iwanmalik berkata, Oktober 19, 2010 pada 11:10 pm Ok mas Fajar, Silahkan datang ke tempat kami & kami juga menyediakan VCD-nya. Salam

Balas 144. arwan sa berkata, Oktober 21, 2010 pada 1:18 am wah.., makasih mas. postingannya bantu bgt. aku masih pelajar smk yg lagi nyari bahan tugas, dan ketemu di blok ini. Alhamdulillah deh. Balas 145. cepian berkata, Oktober 22, 2010 pada 3:31 am assalamualaikum. Pak iwan maaf sebelumnya saya mau tanya, apa bapak iwan pernah pernah mengadakan pelatihan di cileunyi tepatnya di Ma’had al-mawaddah, yang dipimpin oleh Ust. Basyir? kalau betul saya adalah salah satu peserta peserta pelatihan cara membuat sabun cair tersebut. selanjutnya saya mau minta keterangan lebih jelas mengenai cara mmbuat sabun tersebut, soalnya catatan yang dulu sudah hilang, trimakasih sebelumnya pak. Balas 146. FAJAR SUBKHI berkata, Oktober 23, 2010 pada 2:48 am pak iwan cara membeli VCDnya gmna,sedangkan saya gak punya bank/ATM…..??? Balas iwanmalik berkata, Oktober 23, 2010 pada 10:55 pm Mas Fajar, Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005. Salam Balas 147. Koko berkata, Oktober 24, 2010 pada 3:21 am Selamat siang. . Bisa minta komposisi buat pembuatan sabun cair nggak?! Terima kasih. . Mohon pemberitahuannya lewat email saya ko_coustics@yahoo.co.id Balas 148. Maya berkata, Oktober 29, 2010 pada 2:52 am Mas Iwan, kami usaha di bidang catering service untuk pabrik. Problem kami untuk pencucian lunch box plastik butuh waktu lama dgn cara manual/tradisional. Jd kami sedang mengembangkan alat cuci yang mengandalkan perputaran larutan air & sabun selama periode tertentu untuk membersihkan sisa minyak & lemak yg menempel pada lunch box plastik. Cuma kami belum menemukan sabun cuci cair yang tepat. Bisakah kami diberi petunjuk untuk komposisi & takaran bahan untuk membuat sabun cuci cair yang mampu dengan cepat melarutkan minyak & lemak (bahkan apabila hanya dicelupkan saja), hasilnya keset, tanpa bau, mudah dibilas, tidak meninggalkan residu yg beracun pd hasil cucian

(food grade) & ekonomis? Trims sebelumnya. Balas 149. dedi suwanto berkata, November 1, 2010 pada 10:45 am pak iwan boleh tolong kirim komposisi lengkapnya ke email saya lumayan bisa buat sendiri, terima kasih Balas 150. iqbal berkata, November 3, 2010 pada 10:31 pm aslam…. mas iwan saya dari bandung, bisa nggak minta info yang lengkap tentang cara pembelian VCD dan bahan-bahan untuk membuat sabun cair, tapi dikirim lewat email saya pak. terimakasih sebelumnya… Balas iwanmalik berkata, November 4, 2010 pada 1:06 am Rekan Iqbal, Info lengkap….kami sudah kirim email. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas 151. erwin berkata, November 5, 2010 pada 9:01 am salam………………….. mas iwan saya dari riau (pekan baru) minta infonya mas iwan yng lengkap tentang cara pembelian VCD dan bahan2x untuk membuat sabun cair,kirim lewat email saya aja mas terimakasi sebelom nya saya ucapkan Balas 152. fajar subkhi berkata, November 6, 2010 pada 1:13 pm pak iwan kalo cdnya dah nyampek wonosobo&udah tak pelajari saya mau pesen bahan2nya bsakan pak…..???? Balas iwanmalik berkata, November 7, 2010 pada 10:33 pm Mas Fajar, Sambil nunggu VCD-nya nyampe…kami sudah kirim email tentang item yg di pesan + segala informasi rekomendasi toko2 kimia murah & lengkap + toko2 kemasan dll . Kami juga siap membantu pengadaan baha2nya. Konsultasi gratis sesuai item yg di pesan. Makasih Balas 153. ane berkata,

November 8, 2010 pada 2:21 am mohon penjelasa lebih lanjut sy mau usaha sabun cuci piring cair. maturnuwon anemonequ@yahoo.o.id Balas 154. mirza berkata, November 16, 2010 pada 1:33 pm slm kenal p’iwan. sy dipalembang, dan ingin sekali bisa usaha produksi sabun cuci piring. utk menambah pendapatan sy yg pas2an. tolong bantuannya. tks sebelumnya,salam sukses to p’iwan. Balas 155. moch taufik berkata, November 17, 2010 pada 8:08 pm pak saya mau tanya untuk hasil sabun cair …? apakah hasil akhir bisa jernih, seperti sabun cair yg sudah beredar pada pasaran ? apakah sabun dr resep bpk iwan sudah pernah didaftarkan pada lembaga dep kes / BP POM ? mohon petunjuk trims Balas iwanmalik berkata, November 19, 2010 pada 11:27 pm Rekan Moch Taufik, Hasil akhir sabun cair cuci piring & lainnya berpedoman SNI….dari peserta yg pernah ikut pelatihan langsung atau via VCD-nya mereka sudah MEMPRODUKSI skala industri atau skala home industri sudah beredar di pasaran. Bahkan mereka memasuki atau pemasok bisnis ritel/franchise … dengan memberi merk sendiri. Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 Salam Balas 156. dadang.sunandar berkata, November 19, 2010 pada 10:53 am maaf nie pak iwan sambil nunggu vcd nya saya juga ingn tahu foam booster nama dagangnya apa dan nama kimianya apa yachhh maaf yach pak iwan ngeropitin..biasa ign berhasil Balas iwanmalik berkata, November 19, 2010 pada 11:05 pm Pak Dadang, Kami sampaikan via email. Maaf……bila membutuhkan informasi atau konsultasi yg cepat silahkan telpon langsung ke nmr 0341-4490005. Makasih Balas 157. dadang.sunandar berkata,

November 24, 2010 pada 2:59 am makasih pak iwan vcd nya dh sampe..mo tnya dikit nie klo foam buster diganti abs blh gak yachhhtrus persentasenya gmna yachh makasih pak iwan Balas iwanmalik berkata, November 24, 2010 pada 4:01 am Ok pak Dadang, foam booster bs di ganti ABS dengan ukuran yg sama. Makasih Balas 158. hamka berkata, November 27, 2010 pada 6:39 am tanya pak, semua resep2 yg anda tulis apakah bapak menyediakan bahannnya? sy baer alamat di mamuju sulawesi barat apakah sy bisa dilayani pesan bahannya? berapa harga 1 paket (1 resep) untuk pengkilap motor?/ mobil? Balas 159. lies berkata, November 28, 2010 pada 7:50 am VCD nya sudah samp[ai mas Iwan, terimakasih banyak. Step- stepnya juga mudah diikuti tapi apakah nama kimia spt disebutkan itu juga sama dgn yg ada di toko kimia ya??? Balas iwanmalik berkata, November 28, 2010 pada 10:42 pm Mbak Lies, Nama2 bahan kimia yg ada dalam VCD…kami jamin ada di toko2 kimia & yg kami sebutkan adalah nama2 bahan kimia familier (umum) atau BUKAN NAMA DAGANG. Makasih Balas 160. lies berkata, November 28, 2010 pada 7:50 am VCD nya sudah sampai mas Iwan, terimakasih banyak. Step- stepnya juga mudah diikuti tapi apakah nama kimia spt disebutkan itu juga sama dgn yg ada di toko kimia ya??? Balas 161. firman berkata, Desember 13, 2010 pada 6:01 am Mas, Berapa kira-kira harga VCD Pembuatan Pencuci Piring cair & Kalo kirim ke jakarta makan waktu berapa lama? Thanks Balas

162. edwin berkata, Desember 13, 2010 pada 1:18 pm salam kenal, pak iwan.. saya tertarik ke pembuatan sabun cuci piring dan shampo mobil busa. untuk pemesanan vcd caranya bagaimana pa? terimakasih sebelumnya. Balas iwanmalik berkata, Desember 13, 2010 pada 10:11 pm Rekan Edwin, Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan. Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung. Cara pemesanan VCD silahkan: Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan. Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005 Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui : 1. http://www.posindonesia.co.id 2. http://www.tiki-online.com 3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161 Salam Balas 163. Ibrahim berkata, Desember 14, 2010 pada 9:16 am pa iwan salam kenal.. kalau boleh saya tahu takaran masing-masing bahan tersebut brapa ya? Balas 164. wei ming berkata, Januari 13, 2011 pada 9:08 am salam pak iwan saya tertarik untuk mencoba membuat sabun cair bisa minta tolong detil formulanya donk apa saya belum terlambat ya untuk mencoba nya?? kl boleh tau berapa harga sekarang untuk bahan2 nya (hasil 1.2 liter) terus kl mau ketemu langsung dan beli CD nya di mn alamatnya ya? THX sebelumnya Balas 165. wei ming berkata, Januari 13, 2011 pada 9:11 am salam pak iwan saya tertarik untuk mencoba membuat sabun cair bisa minta tolong detil formulanya donk apa saya belum terlambat ya untuk mencoba nya?? kl boleh tau berapa harga sekarang untuk bahan2 nya (hasil 1.2 liter) kirim via email

terus kl mau ketemu langsung dan beli CD nya di mn alamatnya ya? THX sebelum nya Balas iwanmalik berkata, Januari 15, 2011 pada 1:50 am Rekan Wei ming, Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan. Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung. Kantor jl. barito 5 Malang Rumah jl. Mawar I / 74d Malang Cara pemesanan VCD silahkan: Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan. Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005 Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui : 1. http://www.posindonesia.co.id 2. http://www.tiki-online.com 3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161 Salam Balas 166. charles berkata, Januari 22, 2011 pada 4:12 am Salam Pak Iwan. Saya berencana untuk membuat berbagai sabun sebagai home industry. Apa bahan-bahannya ada di toko bapak? Sedikit koreksi, ketika saya baca cara pembuatan sabun cuci cair ternyata tidak semua bahan termasuk pembuatannya. kalau bisa tolong dibalas ke email. Terima kasih Balas 167. FARID AFANDI berkata, Januari 24, 2011 pada 3:53 pm Thank’x informasix ini sangat membatu home industri, ada lagi gak selain sabun cuci piring misal sabun cuci lantai dan sampo mobil…..? ;-0) Balas

Tinggalkan Balasan
Your email address will not be published. Required fields are marked * Nama * Email * Situs web

Komentar You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <pre> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Beritahu saya mengenai komentar-komentar selanjutnya melalui surel. Beritahu saya tulisan-tulisan baru melalui surel.

Halaman
BINAAN KAMI JATI DIRI KANTOR PELATIHAN PELUANG R.GRATIS

Arsip
Desember 2010 Juli 2010 April 2010 Oktober 2009 September 2009 Juli 2009 April 2009 Februari 2009 Januari 2009 Desember 2008 November 2008 Oktober 2008 Juli 2008 Mei 2008

ARTIKEL PRODUK
Aneka sabun mandi Cat Tembok Deterjen Hand Body Lotion Hand Soap Karbol / Kreolin Kimia Mudah Kompon Cat Mobil Lilin Hias Minuman Bersoda Nata De Coco Paket Ekonomis sabun mandi cara cepat Pasta Gigi Pasta Kopi Moca Pelicin Setrikaan Pelilinan Buah Pembasmi Hama Pembersih Lantai

Permen Jelly Sabun Cair Sabun Colek Sabun Mandi Cair Sabun Mandi Kopi Sabun Mandi Madu Sabun Mandi Rempah Sabun Mandi Susu Sabun Transparan Sabun Transparan Cara Cepat Sampo Anti Ketombe Sampo Mobil Sampoo Mobil Busa Warna Shampoo Hotel Shower Gel dengan Scrub & Vitamin E Silikon Emulsi Softener Tinta Rahasia

Link Penting
PI-M smk putra indonesia malang

Tulisan Teratas
Shampoo Mobil Busa Warna...Ops Sabun Cair Cuci Piring SOFTENER (Pelembut dan pewangi) PELATIHAN Membuat Silicon Emulsi...Bzz

Komentar Anda
iwanmalik pada Shampoo Mobil Busa Warna…Ops iwanmalik pada Pelicin Setrikaan (Trika)…syur ase pada Shampoo Mobil Busa Warna…Ops

Blog pada WordPress.com. Theme: Thirteen by Beccary.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->