Perkembangan Model Atom

Semester 1

Model atom adalah suatu gambar rekaan atom berdasarkan eksperimen ataupun kajian teoritis, karena para ahli tidak tahu pasti seperti apakah bentuk atom itu sebenarnya.

MODEL ATOM DALTON John Dalton (www.A.geocities.com ) Model Atom Dalton .

yang digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil. Model atom Dalton. John Dalton mengemukakan gagasannya tentang atom sebagai partikel penyusun materi. atom sebagai bola pejal yang sangat kecil .MODEL ATOM DALTON Pada tahun 1808.

Atom-atom dapat bergabung satu sama lain secara kimia membentuk molekul dengan perbandingan sederhana Senyawa merupakan hasil reaksi dari atom-atom penyusunnya Atom suatu unsur adalah permanen. dan tidak dapat dimusnahkan .TEORI ATOM DALTON Materi terdiri atas partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi disebut sebagai atom dan digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil. tidak dapat diuraikan. tidak dapat diciptakan. tetapi beda dari atom-atom unsur lain. Atom-atom satu unsur sama dalam segala hal.

elektron dan neutron Teori tentang unsur terdiri atas atom-atom yang sama. . Dengan ditemukannya isotop unsur oleh Thomson dimana isotop unsur memiliki sifat kimia sama tetapi sifat fisika yang berbeda maka teori Dalton perlu penyempurnaan. ternyata dalam atom terdapat partikel penyusun atom berupa proton.KELEMAHAN TEORI ATOM DALTON Teori tentang atom adalah bagian terkecil dari unsur dan tidak dapat dibagi lagi. sehingga mempunyai sifat fisika dan kimia yang sama.

B.J Thomson Model Atom Roti Kismis . MODEL ATOM J.J THOMSON Elektron Bola bermuatan positif J.

J Thomson menemukan adanya elektron dalam suatu atom dengan melakukan percobaan tabung sinar katoda (* Gambar diambil dari Johari dan Rachmawati) .Penemuan Elektron • Pada tahun 1897 J.

dimana pada tempat tertentu di dalam bola tersebut terdapat elektron yang bermuatan negatif. Jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif sehingga atom bersifat netral.Model Atom Thomson Atom merupakan suatu bola yang bermuatan positif. . Penggambarannya sama seperti kismis di dalam roti kismis.

C. MODEL ATOM RUTHERFORD Inti atom bermuatan positif Elektron Ernest Rutherford .

.Penemuan Inti Atom (* Gambar diambil dari Johari dan Rachmawati) Berdasarkan eksperimen penembakan partikel alfa pada lempeng emas tipis Rutherford menemukan bahwa seluruh muatan positif terletak di pusat atom yang disebut inti atom.

Model Atom Rutherford • Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom. serta elektron bergerak melintasi inti .

Kelemahan Model Atom Rutherford • Kelemahan model atom Rutherford yaitu ketidakmampuan untuk menerangkan mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom sebagai akibat gaya elektrostatik inti terhadap elektron. lintasannya akan berbentuk spiral sehingga akhirnya jatuh ke inti. • Berdasarkan asas fisika klasik. elektron sebagai partikel bermuatan bila mengitari inti yang muatannya berlawanan. .

MODEL ATOM NIELS BOHR Niels Bohr Model Atom Niels Bohr .C.

Spektrum garis menunjukkan bahwa elektron hanya menempati tingkat-tingkat energi tertentu dalam atom.Spektrum Gas Hidrogen Niels Bohr menerangkan model atomnya berdasarkan teori kwantum untuk menjelaskan spektrum gas hidrogen. .

sehingga tidak ada cahaya yang dipancarkan • Elektron dapat berpindah dari kulit yang lebih rendah ke kulit yang lebih tinggi dengan menyerap energi. • Sepanjang elektron dalam lintasan stasioner energi akan konstan. Energi pada orbit/kulit yang makin meningkat Dibebaskan energi . elektron beredar mengelilingi inti atom dalam lintasan tertentu yang stasioner yang disebut kulit atau orbit. Dan sebaliknya dapat berpindah dari kulit yang tinggi ke rendah dengan pembebasan energi.Model Atom Hidrogen • Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan disekitarnya beredar elektron yang bermuatan negatif • Dalam atom.

akan tetapi tidak dapat menjelaskan spektrum ion atau atom berelektron banyak.KELEMAHAN Model atom Niels Bohr hanya dapat menerangkan spektrum dari atom atau ion yang mengandung satu elektron. Tidak mampu menerangkan bagaimana atom dapat membentuk molekul melalui ikatan kimia. .

MODEL ATOM MODERN Erwin Schodinger Werner Heisenberg Model Atom Modern De Broglie .D.

Model Atom Modern (*Gambar diambil dari Silberberg. . Martin) • Menurut teori atom modern. yaitu dapat bersifat sebagai partikel dan gelombang sehingga kedudukan elektron dalam atom tidak dapat tentukan secara pasti. yang dapat ditentukan keboleh jadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti. atom terdiri atas inti yang terdiri 2 jenis nukleon (proton dan neutron) dan elektron berada di sekeliling inti atom. • Elektron memiliki sifat dualistik.

yang disebut dengan orbital • Orbital disebut juga tingkat energi yang terisi maksimum 2 elektron • Elektron dengan energi terendah menempati orbital yang paling dekat dengan inti • Orbital yang memiliki tingkat energi sama atau hampir sama dapat membentuk kulit atom. jadi kulit atom merupakan kumpulan orbital -orbital.Model Atom Modern • Kedudukan elektron digambarkan berupa awan. . tebal tipisnya awan menyatakan besar kecilnya keboleh jadian menemukan elektron di daerah itu.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful