P. 1
Proses Terjadinya Bayi Kembar

Proses Terjadinya Bayi Kembar

|Views: 558|Likes:
Published by breeze87

More info:

Published by: breeze87 on Sep 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2014

pdf

text

original

PROSES TERJADINYA BAYI KEMBAR Kembar identik yang juga disebut kembar Monozygotik,bayi kembar berasal dari

satu telur. Memiliki gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan wajah yang serupa. proses terjadinya bayi kembar Proses terjadinya kembar secara biologi adalah saat pembuahan telur di buahi oleh sperma yang membantuk zygote, kemudian zigot ini akan membelah. Jika pembelahan terjadi ketika zigot pada awal pembuahan (1-3 hari setelah pembuahan), embrio biasanya akan memiliki kantong ketuban yang berbeda, dan satu plasenta. Tapi ketika terjadi divisi selama 14 hari maka kemungkinan akan ada kembar bergabung / saling menempel pada bagian tubuh atau pembelahan tidak sempurna yang disebut kembar siam Jadi kembar siam terjadi pada monozygot. Dengan pemeriksaan USG (utrasonografi) dokter akan dapat menilai keadaan janin, jenis kelamin,maupun cacat posisi yang cacat dll. Twin Dizygotik Kembar fraternal juga disebut kembar dizygotik, si kembar yang berasal dari dua telur. Mereka biasanya tidak terlalu mirip seprti saudara mereka Tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama,dimana 50% dari kembar fraternal adalah anak laki-laki – anak perempuan,25% adalah anak laki-laki – dan laki-laki dan 25% lagi adalah anak perempuan – anak perempuan.Proses terjadinya kembar fraternal, yaitu karena pada saat pembuahan ada dua telur matang masing-masing di buahi oleh sperma yang berbeda. Kembar Fraternal berasal dari dua telur dan sperma yang berbeda, masing-masing telah memiliki kantung ketuban dan plasenta sendiri-sendiri. Jadi kembar fraternal, adalah 2 proses pembuahan pada kehamilan tunggal.

Mengapa bisa terjadi kembar? Bukankah ibu kamu dan kebanyakan wanita melahirkan hanya satu bayi? Apa penyebab terjadinya kembar? Proses terjadinya bayi dimulai dengan pertemuan hanya dua buah sel masing-masing milik wanita dan pria (ibu dan ayah kamu). proses pembuahan dapat terjadi pada dua buah atau bahkan lebih sel milik wanita dalam satu rahim. Kembar ini tidak terlalu mirip satu sama lain. rupa yang sama. satu tubuh berkepala dua. Disebut juga dengan kembar identik (monozygotic). begitulah kita menyebutnya. gen yang sama. Biasanya dokter akan dapat mengekspresikan kembar identik atau fraternal setelah proses kelahiran dengan tingkat plasenta yang dimilikinya. Proses Terjadinya Bayi Kembar Kamu mungkin punya teman yang memiliki saudara amat mirip.Sekitar 2/3 bagian dari bayi kembar adalah kembar fraternal. Kembar identik ini juga bisa berpotensi berkembang menjadi penyebab kembar SIAM. sehinga dalam satu rahim dapat berkembang dua atau lebih bayi. Sel tersebut bertemu dalam proses yang disebut proses pembuahan dan mulai berkembang dalam rahim wanita selama 9 bulan dan akhirnya lahir sebagai bayi. dan bisa juga berbeda kelamin (kembar pria dan wanita) Atau sebab lain kembar yang terjadi karena satu sel milik wanita bertemu dengan dua buah sel milik pria. perut . atau mungkin kamu saling mirip dengan saudara kamu sendiri. Kembar. Oleh karena sebab yang khusus. yaitu kembar yang menempel satu sama lainnya. sehingga terjadi kembar identik yang berjenis kelamin sama. Kamu pernah dengar ada kembar lima khan? Ini disebut dengan kembar fraternal (dizygotic).

dapat dijelaskan sebagai berikut : bahwa sifat dan kebiasaan itu lebih didasari oleh faktor lingkungan. agar diperoleh kemungkinan terjadi proses pembuahan yang menjadi penyebab kembar. Seto Mulyadi atau yang kita kenal sebagai “kak Seto”. Pendapat bahwa saudar kembar itu memiliki sifat dan kebiasaan yang sama persis. yaitu nama tokoh pewayangan . Kembali ke kembar manusia. akan menghasilkan juga sifat yang berbeda. biasanya cara yang paling akurat dan aman adalah dengan menggunakan USG (Ultrasonografi). Untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil bayi kembar atau tidak yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Dunia moderen juga kini sudah bisa melakukan proses duplikasi atau proses penggandaan yang dikenal dengan KLONING. yaitu proses penggandaan yang dilakukan terhadap tumbuhan dan hewan sehingga menghasilkan mahluk yang kembar. atau juga punya rasa keterikatan yang dekat.menyatu. Ada juga kembar yang bisa terjadi karena proses disengaja. dan proses kehidupan yang berlainan. Didirikan oleh dr. artinya bisa saja setiap kembar yang mendapat pendidikan. secara medis dokter bisa memberi hormon tertentu kepada orang tua calon bayi. yang kebetulan beliau juga memiliki saudara kembar bernama Kak Kresna. dan seosial. Perkumpulan ini bernama YAYASAN NAKULASADEWA. di Indonesia. terdapat perkumpulan orang-orang kembar lho. karena masing-masing sel tidak membelah dengan sempurna.

yaitu tanggal berdiri 22 Februari (bulan 2). tahun 1984 jika dijumlahkan 1+9+8+4 = 22.dan didirikan pada pukul 22. Yang menarik Yayasan yang didirikan pada tanggal 22 Februari 1984 identik dengan angka 2. Sudah paham tentang manusia kembar? Memang menyenangkan punya saudara kembar ya.22 WIB. Yayasan ini berkantor di jalan Patiunus no 22 Jakarta.sebagai bungsu dari pendawa lima. Apakah kamu pernah merasa tertukar?*** (dari berbagai sumber) (foto: istimewa) E-mail .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->