Manfat dan Kandungan Bunga Rosella kandungan gizi rosella

KANDUNGAN KIMIA DAN NILAI GIZI Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kelopak bunga rosela juga mengandung vitamin A dan 18 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalh arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Disamping itu rosela juga mengandung protein, kalsium, dan unsur-unsur lain yang berguna bagi tubuh. Kandungan senyawa kimia dalam kelopak bunga rosela. ----------------------------------------------------------------------Nama senyawa Jumlah ----------------------------------------------------------------------Campuran asam sitrat dan malat 13% Anthocyanin gossipetin (hydroxyflavone) 2% Vitamin C 0,004-0,005% protein Berat segar 6,7% Berat kering 7,9% ---------------------------------------------------------------------Kandungan asam lemak dalam biji rosela Asam miristin 2,1% Asam palmitin 35,2% Asam palmitolik 2% Asam stearat 3,4% Asam oleat 34% Asam linoleat 14,4% Kandungan sterol dalam minyak biji rosela b- sitosterol 61,3% kampasterol 15,5% kolesterol 5,1% ergosterol 3,2%

selsel radikal bebas yang merusak inti sel dapat dihilangkan. Dalam penelitiannya. Dengan adanya antioksidan. peneliti dari inxtitute of food Nutrition and Human healt. kandungan antioksidan dalam rosela lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan anti oksidan pada kumis kucing sebesar 1. 2. Selanjutnya. rosela terbukti mengandung 24% antioksidan dan 51% autisianin. Didah mencampurkan bahan-bahan sebagai berikut : tiga kutum rosela yang digerus hingga menjadi bubuk seberat 1.Label: kandungan gizi rosella rosela sebagai anti oksidan HASIL PENELITIAN ROSELA SEBAGAI ANTIOKSIDAN 1. Didah Nurfaidah M. John Mclntosh. bubuk tersebut kemudian diberi air sebanyak 200 ml.5 gram.7 mmol/prolox. Hasilnya . Hasilnya. Setelah itu kandungan kimia yang terdapat dalam campuran tersebut dianalisis berdasarkan panjang gelombang yang dibiaskan oleh larutan. Itu sebabnya rosela memiliki efek anti kanker. Pada tahun 2006 Ir. 3Gram rosela hasil pengeringan diencerkan dengan 300 ml air yang kemudian dimasukan dalam spektrofotometer. Sementara itu. mengekstrak rosela dengan mengeringkan kelopak bunganya pada suhu50 drajad C selama 36 jam.Si peneliti dari Ilmu dan teknologi pangan IPB melakukan penelitian tentang kandungan antioksidan pada rosela. Massey University Selandia Baru. zat antosianiun berperan menjaga kerusakan sel dari sinar ultraviolet berlebih yang diserap tubuh .

dan fosfat dalam urine pada 36 pria yang mengkomsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dll/hari.52 liter air . mampu menurunkan tekanan darah (efek) hipotensis yang tidak berbeda nyata dengan pemberian captoril 50 mg/hari. (Kirdpon 1994) . tartat. asam urat. sitrat. kalsium.2% dan tekanan darah diastolik sebesar 10. Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11.7% setelah diberi terapi teh rosela selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi sedang. Faraji 1999) 3. (Herera 2004) 2.6 mg anthocyanin setiap hari selama 4 minggu. Terdapat penurunan kreatinin. natrium.Penelitian Manfaat Rosela PENELITIAN KHASIAT ROSELA PADA MANUSIA 1 Pemberian ekstrak kelopak rasela yang telah standardisasi sehingga mengandung 9. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0. dibanding dengan kelompok kontrol (H.

bisa juga ditambah es batu. Sajikan dalam keadaan hangat. bisa digunakan sebagai sirup atau minuman kesehatan yang bisa diminum sehari-hari .Menghambat tumbuhnya kanker .Mencegah timbulnya batuk kronis .Mencegah panas dalam .Manfaat Rosella manfaat rosela : .Mencegah osteoporisis .Membantu pemulihan ketergantungan obat .Melancarkan buang air besar .Bersifat detoksifikasi (menetralkan racun) .Mengandung Vitamin C dosis tinggi .Menghaluskan kulit .dll Cara Pemakaian : Rebus 3-5 kelopak bunga rosela dalam 1 gelas/dapat juga diseduh dengan air mendidh.Menurunkan kolestrol dalm darah .Menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetus melitus .Menjaga stamina . tambahkan gula secukupnya atau madu untuk lebih nikmatnya.Mengurangi migran/sakit kepala .Mencegah stroke .Melangsingkan tubuh .Menurunkan Hipetensi .Menurunkan penggumpalan lemak dihati .Menjaga kesehata hati .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful