P. 1
Sensor Air Flow

Sensor Air Flow

|Views: 123|Likes:
Published by Hari Krismanto

More info:

Published by: Hari Krismanto on Sep 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2015

pdf

text

original

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

1

SENSOR-SENSOR ALIRAN UDARA (AIR FLOW SENSORS)

Mass Air Flow Sensor Fungsi: Mengubah jumlah udara yang dihisap mesin ke dalam sebuah sinyal tegangan. Pemasangan: Dipasang langsung pada jalur masuk udara (intake air stream) diantara saringan udara dan throttle body, di mana posisi ini tepat untuk mengukur udara yang masuk. Catatan cara Kerja: ECM memerlukan Mass Air Flow sensor untuk mengetahui seberapa besar volume udara yang masuk ke mesin guna menghitung beban mesin. Hal ini biasanya dipakai untuk menentukan seberapa besar bahan bakar akan diinjeksikan, kapan pembakaran terjadi di sislinder, dan kapan perpindahan gigi transmisi dilakukan. Jenis-jenis Mass Air Flow Sensor: Ada beberapa jenis Sensor Mass Air Flow. Dua jenis yang paling tua adalah Vane air flow meter dan Karmen vortex, keduanya dapat dibedakan langsung dari bentuk fisiknya. Generasi yang lebih baru dan banyak dipakai adalah Mass Air Flow (MAF) sensor. . 1. Hot Wire Air Flow Komponen-komponen utama dari sebuah sensor MAF adalah thermistor, sebuah kawat panas (hot wire) dari bahan platinum, dan sebuah rangkaian pengendali elektronik.

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

1

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

2

Thermistor mengukur suhu udara yang masuk. Dan hot wire dijaga pada sebuah temperatur konstan dalam hubungannya dengan thermistor melalui rangkaian pengendali elektronik.

Sebuah kenaikkan temperatur akibat adanya aliran udara yang masuk akan mengakibatkan hot wire kehilangan panasnya secara ceat dan rangkaian pengendali elektronik dengan sendirinya akan mengkompensasinya dengan mengirimkan arus yang lebih banyak melalui hot wire. Rangkaian pengendali elektronik juga secara simultan mengukur kuat aru yang mengalir dan menempatkan sebuah sinyal tegangan (VG) yang proporsional untuk arus yang mengalir.

Sensor MAF jenis ini juda memiliki sebuah Intake Sensor (IAT) yang merupakan kesatuan. Seperti yang pada bagian sensor temperatur, jika kita lihat pada maka akan terlihat ada kabel bumi untuk sensor MAF yaitu E2.

Air Temperatur telah dijelaskan wiring diagram dan sensor IAT

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

2

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

3

Mendiagnosa Sensor MAF: Mendiagnosa sensor MAF dapat dilakukan secara visual, rangkaian, dan pengecekan komponen-komponennya. Pemasangan MAF sensor haruslah terbebas dari kebosoran udara sekecil apapun agar dia dapat beroperasi dengan sempurna. Jika terdapat kesalahan pada pemasangannya mesin akan tetap hidup tetapi tidak akan sempurna atau seringkali terjadi stall dan sangat boleh jadi tidak menunjukkan suatu Diagnostic Trouble Code (DTC).

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

3

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

4

Gambar pengukuran mendiagnosa MAF

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

4

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

5

2.

Vane Air Flow Meter (Vane AFM) Fungsi: Mengukur jumlah aliran udara yang dihisap oleh mesin secara akurat. Penempatan: Dipasang pada jalur udara antara saringan udara dan throttle body. Gambar:

Cara Kerja dan komponen: ECM memanfaatkan Vane Air Flow untuk menghitung dasar dari durasi injection dan sudut advance pengapian. Vane air flow memiliki komponenkomponen:  Plat pengukur (measuring plate);  Plat kompensasi (Compensation plate);  Pegas pembalik (return spring);  Potensiometer;  Saluran udara bypass (Bypass air passage)  Baud pengatur stasioner (Idle adjusting screw-diset secara fabrik).  Sakelar pompa bensin (Fuel pump switch);  Sensor IAT.

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

5

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

6

Selama mesin beroperasi, udara yang masuk menggerakkan plat pengukur dan plat pembalik dan simpangan plat secara proporsional mengukur volume udara yang melewati plat. Sebuah plat kompensasi yang tegak lurus dengan plat pengukur ditempatkan di dalam sebuah damping chamber dan bekerja bagaikan sebuah peredam kejut (shock absorber) untuk mencegah terlalu cepatnya dan hentakan dari pergerakkan atau getaran dari plat pengukur. Pergerakkan plat pengukur ditransfer langsung melalui sebuah shaft ke slider yang menggerakkan sebuah wiper arm diatas potensiometer. Pergerakkan slider secara simultan yang menggerakkan resistor potensiometer mengakibatkan perubahan sinyal tegangan menuju ke terminal VS pada ECM. Oleh sebab itu perubahan pada sinyal VS yang dihasilkan secara proporsional dengan volume udara yang masuk karena hubungan antara plat pengukur dan potensiometer.

Resistor r2 (yang dihubungkan secara paralel dengan r1) membantu pengukur untuk secara kontinu menyediakan sinyal VS jika pada suatu saat terjadi hubung terbuka pada potensiometer utama r1. Vane air flow meter juga memiliki sebuah sakelar untuk memgerakkan relay pompa bensin yang dihubungkan dengan plat pengukur, jika mesin tidak distart maka sakelar ini tidak akan tetap terbuka dan rangkaian relay pompa bensin tidak akan bekerja, tapi jika mesin di start maka sakelar ini akan tertutup dan dia akan menggerakkan relay pompa bahan bakar dan selanjuntya pompa akan bekerja. Dengan kata lain jika air flow muali mengukur maka pompa bahan bakarpun akan bekerja. Vane AFM juga memiliki sebuah baud pengatur stasioner yang telah

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

6

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

7

diset difabriknya. Dalam repair manual tidak disebutkan prosedur pengaturan baud ini. Dalam kebanyakan kasus yang ditemui di lapangan, baud ini distel jika kita akan mengatur kadar emisi gas buang apabila kita telah melakukan overhaul mesin. Jenis-jenis VAF meter: Ada dua jenis VAF meter, jenis pertama merupakan generasi tertua di mana dia menggunakan tegangan batere untuk catu tegangan. Dalam VAF meter jenis ini

jika plat pengukur membuka maka sinyal tegangan meningkat. 3. Karmen Vortex Air Flow Meter Fungsi: Air flow jenis ini menyediakan informasi volume udara masuk untuk keperluan ECM, sama halnya dengan jenis VAF meter. Komponen utama: KVAF meter terdiri dari komponen-komponen: • Generator Vortex (Vortex Generator). • Cermin (Mirror-metal foil). • Opto copler (Photo Coupler-LED and photo transistor).

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

7

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

8

Cara Kerja: Aliran udara masuk yang melalui generator vortex membuat sebuah swirling effect pada arah aliran udara, kejadian ini sama halnya dengan gelombang air yang dibentuk akibat sebuah perahu lewat. Bangunan gelombang atau flutter ini dinamakan sebagai Karman Vortex. Besarnya frekuensi yang berkerut bervariasi sesuai dengan besarnya kecepatan

udara yang masuk atau beban mesin (engine load). Kerutan-kerutan udara dialirkan melalui sebuah lubang pengarah tekanan agar membentur pada cermin metal foil. Aliran udara yang membentur cermin mengakibatkan cahaya dari LED photo coupler yang menembus phot transistor berubah-ubah. Sebagai hasilnya photo transistor akan membuka dan menutup pada tegangan keluarannya dan menghasilkan sinyal tegangan KS sebsra 5 volt pada ECM. Hal tersebut membentuk sebuah gelombang persegi setinggi 5 volt yang tinggi rendahnya frekuensi proporsional dengan besar kecilnya
Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

8

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

9

udara masuk. Karena kecepatannya sangat tinggi prilaku frekuensi dari sinyal ini hanya dapat dilihat dengan menggunakan sebuah digital multimeter yang dilengkapi dengan frekuensi counter, atau dengan menggunakan oscilloscope.

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

9

Beta project: P3GT dan Mc Gyver ECs

10

TUGAS NAME: ___________________________ 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Jelaskan kegunaan dari sensor mass air flow? Sebutkan jenis-jenis sensor mass ari flow? Jelaskan secara detil kontruksi dan bagaimanakah cara kerja sebuah sensor MAF (jenis hot wire)? Apakah jenis sinyal tegangan yang dihasilkan sebuah sensor MAF dan menurut anda berpengaruh terhadap kenaikan RPM? Jelaskan secara detil prosedur pengetesan sensor MAF? Jelaskan secara detil kontruksi dan bagaimanakah cara kerja VAF meter? Sinyal tegangan yang bagaimana yang dihasilkan oleh VAF? Jelaskan secara detil kontruksi dan bagaimanakah cara kerja Karmen Vortex? Sinyal tegangan yang bagaimana yang dihasilkan oleh Karmen Vortex?

Mc Gyver Engine Control Serivce, Jl. Raya Barat 637 Cimahi

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->