PENGANTAR ANTROPOLOGI

PENGERTIAN ILMU-ILMU BAGIAN DARI ANTROPOLOGI

Rizky Putra Prawira

Prodi Sosiologi

Fakultas Ilmu Sosial & Politik

Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal. budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Antropologi adalah :  Ilmu yang mengkaji atau mempelajari manusia. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan antropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/perbedaan budaya antar manusia. bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan. Havilland: Antropologi adalah studi tentang umat manusia.  David Hunter:Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia. tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama. berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia."berakal").  Koentjaraningrat: Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna. Definisi Antropologi menurut para ahli  William A. adat istiadat. antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik. ANTROPOLOGI Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. . dan logos yang berarti”Ilmu" (dalam pengertian "bernalar". yang mencakup yaitu:  Manusia sebagai makhluk secara fisik  Manusia dalam masa prasejarahnya dan  Manusia dalam sistem kebudayaannya Antropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya.1. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode antropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal. Antropologi berasal dari kata Yunani άνθρωπος (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang".

atau fosil-fosil manusia dari zaman dahulu. evolusi manusia.Dari definisi-definisi tersebut. dapat disusun pengertian sederhana antropologi. Ahli Antropologi Fisik yang lain menjadi terkenal karena keahlian forensiknya. ANTROPOLOGI BIOLOGI Antropologi Biologi. 3. demikain antropologi merupakan hal yang mempelajari seluk-beluk yang terjadi dalam kehidupan manusia. tradisi-tradisi. dalam konteks primat pada umumnya. sejarah dan ekologi primat di masa lampau dan kini. mereka membantu dengan menyampaikan pendapat mereka pada sidangsidang pengadilan dan membantu pihak berwenang dalam penyelidikan kasus-kasus pembunuhan. 2. yang merupakan salah dari fenomena. . juga disebut antropologi jasmani (physical anthropology) adalah cabang dari antropologi yang. Beberapa ahli Antropologi Fisik menjadi terkenal dengan penemuan-penemuan fosil yang membantu memberikan keterangan mengenai perkembangan manusia. PALEOANTROPOLOGI Paleoantropologi adalah ilmu bagian yang meneliti soal asal-usul atau sola terjadinya dan evolusi makhluk manusia dengan mempergunakan sebagai bahan penelitian sisa-sisa tubuh yang telah membatu. yaitu sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berprilaku. nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.tengah masyarakat sekarang ini.yang tersimpan dalam lapisan-lapisan bumi yang harus didapat oleh si peneliti dengan berbagai metode penggalian. Antropologi biologis mencakup peneltian biologis dan budaya tentang keanekaragaman manusia. ANTROPOLOGI FISIK Antropologi Fisik adalah suatu ilmu mempelajari gen-gen yang menentukan struktur dari tubuh manusia. Antropologi biologis terutama meneliti bukti fosil dan perkembangannya. khusus meneliti perkembangan spesies manusia. dan pembandingan anatomi. Mereka melihat perkembangan mahluk manusia sejak manusia itu mulai ada di bumi sampai manusia yang ada sekarang ini.Dapat dilihat dari perkembang pada masa saat ini. perilaku. 4.fenomena yang terjadi ditengah. Dengan.

tetapi juga apa yang ada dalam pikiran mereka.5. Kebudayaan dari kelompok-kelompok manusia. 6. . baik itu kelompok kecil maupun kelompok yang sangat besar inilah yang menjadi objek spesial dari penelitian-penelitian Antropologi Sosial Budaya. Konsep-konsep kebudayaan yang dibuat membantu peneliti dalam melakukan pekerjaannya sehingga ia tahu apa yang harus dipelajari. dengan cara meneliti sejumlah kebudayaan suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia. dan juga hasil dari kegiatan manusia yang khas untuk suatu masyarakat atau kelompok penduduk tertentu. Etnologi adalah ilmu bagian yang mempelajari asas-asas manusia. Seperti semua konsep-konsep ilmiah. Mereka mempelajari bagaimana bertingkah-laku ini dengan cara mencontoh atau belajar dari generasi diatasnya dan juga dari lingkungan alam dan social yang ada disekelilingnya. Tingkah-laku yang dipelajari disini bukan hanya kegiatan yang bisa diamati dengan mata saja. tingkah-laku ini tergantung pada proses pembelajaran. ANTROPOLOGI BUDAYA Antropologi Budaya berhubungan dengan apa yang sering disebut dengan Etnologi. Inilah yang oleh para ahli Antropologi disebut dengan kebudayaan. konsep kebudayaan berhubungan dengan beberapa aspek “di luar sana” yang hendak diteliti oleh seorang ilmuwan. ETNOLINGUITIK Etnololinguistik atau antropologi linguistik adalah suatu ilmu bagian yang asal mulanya bersangkutan erat dengan ilmu antropologi. Dalam perkembangannya Antropologi Sosial-Budaya ini memecah lagi kedalam bentuk-bentuk spesialisasi atau pengkhususan disesuaikan dengan bidang kajian yang dipelajari atau diteliti. Istilah ini meliputi cara-cara berlaku. 7. kepercayaan-kepercayaan dan sikap-sikap. Pada manusia. Apa yang mereka lakukan adalah hasil dari proses belajar yang dilakukan oleh manusia sepanjang hidupnya disadari atau tidak. “Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat dan tidak hanya mengenai sebagian tata cara hidup saja yang dianggap lebih tinggi dan lebih diinginkan”. PREHISTORI Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah perkembangan dan penyebaran semua kebudayaan manusia di bumi dalam zaman sebelum manusia mengenal huruf. Antropologi Budaya adalah ilmu yang mempelajari tingkah-laku manusia. Salah satu hal yang diperhatikan dalam penelitian Antropologi adalah perbedaan dan persamaan mahluk manusia dengan mahluk bukan manusia seperti simpanse atau orang-utan yang secara fisik banyak mempunyai kesamaankesamaan. kebudayaan menunjuk pada berbagai aspek kehidupan. Jadi. baik itu tingkah-laku individu atau tingkah laku kelompok.

kerjasama. ANTROPOLOGI SINKRONIK Antropologi Sinkronik adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku sosial dalam bentuk yang sudah terlembaga. 12. 9.yaitu terhadap ekonomi pedesaan. suku bangsa yang menyebar luas di dunia. persaingan.8. diantara partai-partai politik yang ada. . sistem kekerabatan. seperti: keluarga.yang telah menimbulkan berbagai spesialisasi dalam ilmu antropologi. 10. sistem nilai dan norma dari manusia-manusia yang menjalankan politik atau perilaku politik. ETNOPSIKOLOGI Etnopsikologi adalah ilmu yang mula penerapannya terhadap masyarakat desa . Hal ini dapat dilakukan dengan cara meneliti seperangkat pola kebudayaan. ANTROPOLOGI EKONOMI Antropologi Ekonomi adalah ilmu yang mengemukakan tentang gaya hidup manusia dengan sistem pencarian makanan secara subtantif dan juga sebuah bidang kajian dalam antropologi sosial budaya yang memusatkan studi pada gejala ekonomi dalam kehidupan masyarakat.kemudian lebih luas lagi. ANTROPOLOGI DIAKRONIK Antropologi Diakronik adalah Ilmu bagian dari antropologi budaya yang mencoba menelusuri asas-asas manusia. kultur keagamaan.terhadap masalah kependudukan dan lain-lain.terhadap masalah rakyat pedesaan. organisasi politik dan tata cara hukum. 11. ANTROPOLOGI POLITIK Antropologi Politik adalah suatu ilmu yang mempelajari kajian dan gejala politik. Antropologi politik juga mempelajari atau memperhatikan latar belakang kebudayaan.

Ilmu ini mempelajari dan memahami masyarakat dengan melakukan penelitian mengenai kesehatan masyarakat. 15. sakit. dan mengevaluasi topiktopik di sekitar cabang antropologi. mensitesa. ANTROPOLOGI KEPENDUDUKAN Antropologi Kependudukan adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan. . 14. Antropologi lebih luas lagi kajiannya dari itu seperti Koentjaraningrat mengatakan bahwa ilmu antropologi mempelajari manusia dari aspek fisik. afektif dan psikomotorik untuk dapat menganalisa. Definisi yang dibuat Solita ini masih sangat sempit karena antropologi sendiri tidak terbatas hanya melihat penghayatan masyarakat dan pengaruh unsur budaya saja. ANTROPOLOGI PENDIDIKAN Antropologi Pendidikan adalah suatu ilmu yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan kognitif . 1993). ANTROPOLOGI PERKOTAAN Antropologi Perkotaan adalah suatu pendekatan antropologi mengenai masalah perkotaan. Penelitiannya untuk mengetahui konsepsi dan sikap penduduk tentang kesehatan. Beberapa kendala yang menghambat kelancaran program kependudukan adalah disebabkan oleh latar belakang dan kondisi sosisl budaya masyarakat.13. dukun dan obat-obat tradisional. Pendekatan baku yang menjadi cirri-ciri dari metodologi yang ada dalam antropologi. ANTROPOLOGI KESEHATAN Antropologi Kesehatan adalah studi tentang pengaruh unsur-unsur budaya terhadap penghayatan masyarakat tentang penyakit dan kesehatan (Solita Sarwono. sosial. Yang dimaksud dengan masalah-masalah perkotaan adalah muncul dan berkembang dalam kehidupan kota dan menjadi ciri-ciri dari hakekat kota itu sendiri. budaya. 16.

dan sudut pandang. etnopsikologi. ANTROPOLOGI HUKUM Antropologi Hukum adalah rumusan dari Hoebel yakni suatu norma sosial adalah hukum. dan antropologi terapan. antropologi spesialisasi (antropologi ekonomi. budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. etnolinguistik. KESIMPULAN Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Ilmu antropologi ini digunakan untuk menolong dan mencari solusi bagi masalah-masalah praktis kemanusiaan dan menfasilitasi pembangunan. A. kesehatan jiwa. keterampilan. Antropologi biologi mencakup paleoantropologi dan antropologi fisik. politik. kesehatan. adat istiadat. Antropologi terbagi antara ilmu-ilmu antropologi biologi dan budaya. dan perkotaan). Sedangkan antropologi budaya mencakup prehistori. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orangorang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik. 18. . ANTROPOLOGI TERAPAN Antropologi Terapan adalah suatu bidang dalam ilmu antropologi tempat pengetahuan . kependudukan. pendidikan. etnologi. Bila terjadi pelanggaran atau tindakan tidak mengindahkan norma sosial maka yang melanggar akan diberikan sanksi.17.

com.1996.Antropologi.wikipedia.37.Pokok-pokok Antropologi Budaya.2011.Pengantar Ilmu Antropologi. dan Chester L.org/wiki/antropologi diakses tanggal 30 Agustus 2012. Pukul 16.Jakarta:Universitas Indonesia.Antropologi.DAFTAR PUSTAKA Koentjaraningrat. - Anonim.didownload/materipengantarantropologi/tgl30-8-2012 Jam16.Jakarta:Bumi Aksara.O. - Waridah. - Ihromi. Siti.http:/id. T.2004.2009. Hunt. Website : - http://www.lucky-zamzami.Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.37 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful