P. 1
Sebutkan Dan Jelaskan Alasan Mengapa Keuangan Negara Harus Dikelola Dengan Baik

Sebutkan Dan Jelaskan Alasan Mengapa Keuangan Negara Harus Dikelola Dengan Baik

|Views: 600|Likes:
Published by Lucyana Sitompul

More info:

Published by: Lucyana Sitompul on Sep 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/13/2014

pdf

text

original

1. Sebutkan dan jelaskan alasan mengapa keuangan negara harus dikelola dengan baik!

Jawaban >>> Alasan mengapa keuangan negara harus dikelola dengan baik adalah karena keuangan negara dapat digunakan untuk: 1. mempengaruhi pertumbuhan ekonomi; 2. menjaga stabilitas ekonomi; 3. merealokasi sumber daya ekonomi; dan 4. meredistribusi pendapatan

2. Coba Anda jelaskan tentang siklus pengelolaan APBN! siklus pengelolaan apbn: Jawaban: 1. perencanaan dan pengangaran dimulai dari RPJP (20 tahunan) dijabarkan-->RPJM (5 tahunan)- untuk tingkatan kementrian/lembaga disusun renstra K/L - tingkat skpd=renstra SKPD RPJM selanjutnya dijabarkan pula RKP- tingkat K/L disusun RENJA k/L --> RKA K/L --> RAPBN 2. penetapan anggaran RAPBN yang diajukan presiden dibahas bersama dengan DPR dengan pertimbangan DPD (sekitar agustus-oktober)-->klo disetujui (sekitar okt-nov)--> UU APBN+ Perpres rincian APBN 3. Pelaksanaan anggaran selama 1 tahun anggaran (1 jan-31 des) tidak semua rencana yang diajukan coo disetujui dalam apbn, berdasarkan perpres rincian apbn--> rancangan anggaran K/L direvisi --> DIPA disahkan menkeu kata dosen aku: prinsip pelaksanaan anggaran: gak boleh melaksanakan kegiatan yang gak ada di dipa (atau klo mau harus direvisi---aaaa-.-'') 4. Pengawasan pelaksanaan dipa dapat diawasi dengan melihat dr output n outcome yang tercantum dalam dipa. susah juga buat nyelewegin anggaran soalnya DIPA gak hanya dimiliki K/L tapi juga kepada BUN n BPK 5. Pelaporan/Pertanggungjawaban setelah tahun anggaran selesai, paling lambat bulan juni, RUU Pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran (LKPP yang udah diaudit BPK) disampaikan ke DPR 3.
Coba Anda jelaskan tentang hubungan keuangan dan kewenangan antara pemerintah pusat dan daerah dalam konsep money follow functionpada desentralisasi fiskal di Indonesia!

alasan dan hukum yang dipakai! setiap tengah tahun berjalan dilakukan revisi APBN yang dikenal dengan APBN-Perubahan (APBN-P). hak untuk mengelola kekayaan Daerah dan mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang sah serta sumber-sumber pembiayaan. alur sistem nya pemerintah menyampaikan realisasi anggaran semester 1 disertai prognosis penerimaan dan pengeluaran semester 2. alasan apbn perlu mengalami perubahan: 1. perkembangan ekonomi makro yang tidak sesuai dengan asumsi yang digunakan dalam apbn 2. keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi.. 2.Money Follow Function: Daerah diberikan hak untuk mendapatkan sumber keuangan yang antara lain berupa : 1. Bagaimana kita dapat melakukan tuntutan class action atas peraturan negara yang bertentangan dengan konstitusi? Sebutkan landasan hukumnya juga! . 3. (UU 17 thn 2003 pasal 17) 6. perubahan pokok2 kebijakan fiskal 3. Dalam rangka mewujudkan pembangunan secara berkelanjutan maka dibutuhkan perencanaan yang harus dipedomanin oleh pemerintah dan legislatif pada setiap tahunnya agar APBN dapat efektif. 4. untuk itu coba Anda sebutkan dan jelaskan tahapan perencanaan pembangunan di tingkat nasional! Kapan APBN dilakukan perubahan? Jelaskan alur sistem. antar kegiatan dan antar jenis belanja 4. keadaan yg menyebabkan saldo anggaran lebih thn sebelumnya harus digunakan utk pembiayaan anggaran berjalan. kepastian tersedianya pendanaan dari Pemerintah sesuai dengan urusan pemerintah yang diserahkan. 5. 4. tahapan. kewenangan memungut dan mendayagunakan pajak dan retribusi daerah. hak untuk mendapatkan bagi hasil dari sumber-sumber daya nasional yang berada di daerah dan dana perimbangan lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->