P. 1
Ringkasan Materi Beberapa Zat Dalam Kimia

Ringkasan Materi Beberapa Zat Dalam Kimia

|Views: 23|Likes:
Published by Teg Hitsugaya

More info:

Published by: Teg Hitsugaya on Sep 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

Ringkasan Materi Beberapa Zat Dalam Kimia

Zat / Materi / benda adalah segala sesuatu yang mempunyai masa dan menempati ruang. Benda atau materi yang ada di bumi secara sederhana dapat dibedakan menjadi :

Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang terdiri dari satu jenis partikel / atom yang tidak dapat dipisahkan menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Di dunia ada 114 unsur yang sudah ditemukan yang dapat kita lihat pada Tabel Periodik Unsur-Unsur. Contoh: Aluminium (Al), Argon (Ar), Oksigen (O), Hidrogen (H), Karbon (C), Emas (Au), Nitrogen (N), Tembaga (Cr), Kalsium (Ca), Natrium (Na), Raksa (Hg), Yodium (I), Xenon (Xe), Timah (Sn), Nikel (Ni), Fosfor (P), Fluor (F), Neon (Ne), Magnesium (Mg), Neodium (Nd).

Senyawa

Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri dari susunan beberapa partikel unsur / atom. Massa unsur-unsur partikel penyusun senyawa memiliki perbandingan tetap. Unsur-unsur penyusun senyawa tidak dapat dipisahkan dengan reaksi kimia biasa. Contoh: adalah Air (H2O), Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2), Asam Lambung (HCl), Freon (CFC).

Campuran

Campuran adalah zat yang terdiri dari beberapa zat penyusun dan masih dapat dipisahkan dengan reaksi kimia biasa. Partikel-partikel campuran dapat dipisahkan. Secara sederhana campuran juga dibedakan menjadi 3 yakni: a. Larutan Larutan adalah campuran dua zat atau lebih yang terdiri dari zat terlarut dan pelarut. Ukuran partikel larutan sangat kecil, kurang dari 1 nm, sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan microskop ultra sekalipun. dan tidak dapat dibedakan antara zat terlarut dan medium pelarutnya. Contoh: larutan gula, larutan garam b. Koloid Koloid adalah campuran yang terdiri dari partikel terdispersi dan pertikel pendispersi. Ukuran partikel koloid terletak antara 1 nm - 100 nm. Partikel koloid dapat dipisahkan dengan menggunakan penyaring ultra. Contoh: susu, mutiara. c. Suspensi Suspensi adalah campuran yang ukuran partikelnya lebih dari 100 nm. Contoh: es cendol, campuran batu kali dengan pasir.

Sifat-sifat atom sudah tidak sama dengan sifat zat asli nya. Dengan demikian maka muatan listrik positifnya lebih besar dari muatan listrik negatifnya. -Hidrogen dan oksigen adalah gas yang apabila dicampur dan dinyalakan dapat meledak dengan hebat disertai dengan pengeluaran panas yang tingggi. Zat yang mempunyai sifat demikian itu disebut ISOLATOR (penyekat) . -Inti atom mengandung tenaga listrik Elektron mengandung tenaga listrik negatif. Misalnya kawat tembaga. -Bila karena sesuatu hal sebuah atom menerima satu atau lebih elektron-elektron. maka atom ini menjadi kelebihan elektron.yaitu 300.000.000 md. Dengan demikian maka muatan listrik negatifnya lebih besar dari muatan listrik positifnya. -Pada setiap atom. satu atau lebih electron-elektron berputar mengelilingi intinya dengan kecepatan yang luar biasa. Atom yang demikian menjadi atom bermuatan listrik positif. 1 molekul air terdiri dari 2 atom hidrogen (zat air) dan 1 atom oksigen (zat asam) Sifat dari atom hidrogen maupun oksigen sangat berlainan dengan sifat dari molekul air maupun air. -Ada zat-zat yang elektronnya mudah pindah dari atom yang satu ke atom yang lain. -Bila karena Sesutu hal satu atau lebih elektron-elektron itu meninggalkan atomnya maka atom ini elektronnya menja dikurang. Kenetralan tersebut dapat terjadi karena sifat muatan listrik positif dan negatif yang saling menentang dan sama besarnya menjadi terhapus. -Setiap atom terdiri atas inti yang dikelilingi oleh satu atau lebih elektron. Zat yang mempunyai sifat demikian itu disebut KUNDUKTOR (penghantar) Sedangkan zat-zat yang elektron elektron pada atomnya sukar berpindah dari satu atom ke atom yang lainya seperti pada ebonit. Atom yang demikian menjadi atom yang bermuatan listrik negatif. perak dan sebagainya. positif (bermuatan listrik positif) -Inti terdiri atas proton yang mengandung tenaga listrik positif dan neutron tidak bermuatan listrik (netral) -Pada sebuah atom yang netral (tidak bermuatan listrik) muatan listrik protonprotonnya sama dengan muatam listrik elektron-elektronnya.Atom -Atom adalah bagian yang lebih kecil lagi. kaca dan sebagainya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->