P. 1
Artikel Teknologi Informatika

Artikel Teknologi Informatika

|Views: 19|Likes:
Published by Chakim Annubaha

More info:

Published by: Chakim Annubaha on Sep 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

Awas!

Virus Komputer Lumpuhkan Printer
2007-02-28, "Kejadian mulai dari Jumat lalu (22/2/2007), di mana shared printer tidak dapat melakukan printing. Hingga dokumen dibawa langsung di server tempat printer tersebut terpasang untuk melakukan printing dan selalu 'Error-Printing'. Seorang pengguna komputer menuturkan kantor tempatnya bekerja bahkan rela membeli printer baru karena mengira masalah terletak pada printer yang lama. "Ternyata sama saja. Awalnya terdeteksi, namun setelah itu tidak dapat melakukan printing. Jadi printer baru tersebut tidak bisa digunakan sama sekali," ia menambahkan. Melihat gejala yang terjadi analis antivirus dari Vaksincom, Alfons Tanudjaya, yakin itu adalah sebentuk virus atau program jahat yang menyerang komputer. "Menurut pantauan terakhir, virus yang kemungkinan besar menyerang dan melumpuhkan printer adalah virus dengan nama W32/VBTroj.FJA," Rabu (28/2/2007). Namun demikian, Alfons belum bisa memberikan keterangan lebih rinci mengenai virus tersebut. Pihaknya, ujar Alfons, masih melakukan analisis dan pengujian. Diperkirakan hal itu akan selesai dalam waktu 1-2 hari lagi. Sementara ini, Alfons menyarankan pengguna komputer untuk menggunakan software anti virus dengan database terbaru untuk mendeteksi dan membasmi virus tersebut. (from detik)

Berkapasitas 2,8 GB, Akhirnya Gmail Dibuka Bebas
2007-02-15, Google Inc. akhirnya membuka layanan email miliknya, Gmail, bagi seluruh pengguna internet tanpa harus memperoleh ajakan terlebih dahulu. Alhasil, bagi mereka yang ingin mempunyai account Gmail kini tinggal langsung mendaftar tanpa harus menunggu diundang seperti sebelumnya. Tentunya tetap tidak dipungut biaya alias gratis, meskipun yang digunakan masih versi beta. Hal ini dianggap momentum yang tepat bagi Gmail dan penggemarnya, karena banyak dari mereka yang menunggu untuk memiliki email pesaing Yahoo ini. "Ini merupakan momentum spesial bagi Gmail," ujar Keith Coleman, manajer produk Google, seperti dilansir Associated Press dan dikutip detikINET, Kamis (15/2/2007). Buktinya, situs lelang eBay pernah mencatat ada sekitar 2.000 orang yang berusaha

menjual undangan account Gmail. Bahkan terdapat situs Gmail Swap, dimana orang menawarkan barang atau layanan hanya untuk bisa mendapat account Gmail. Namun, dalam jangka waktu singkat Google langsung memberikan pernyataan pelarangan terhadap transaksi memperjualbelikan layanannya itu untuk tujuan komersil. Selama hampir tiga tahun ketika diperkenalkan sejak April 2004, Gmail cukup memberi tantangan yang kuat bagi Yahoo untuk memberikan alternatif pilihan pengguna internet dalam memilih account email. Kapasitas penyimpanan yang awalnya hanya menampung 1 GigaByte (GB), kini sudah melonjak sampai 2,8 GB dan cukup untuk memuat 1,4 juta halaman email, sehingga dapat dijadikan sebagai daya tarik bagi pengguna untuk memilih Gmail. (from detik)

Kaspersky Garap Antivirus bagi Perangkat Mobile
2007-02-07, Jakarta, Kaspersky Lab telah menggarap software anti-virus terbaru mereka yang khusus diperuntukkan bagi perangkat mobile. Anti-virus ini nantinya dapat dijalankan pada sistem operasi Windows Mobile dan Symbian dan akan diluncurkan secara resmi di acara konferensi RSA 2007 di San Fransisco, Amerika Serikat. Aplikasi ini diklaim akan sanggup mendeteksi spam yang dikirimkan via SMS/MMS (short/multimedia message service) dan lebih memperketat masuknya pesan dari sumber yang sudah di-blacklist. Pendeteksian untuk program jahat juga akan ditambahkan guna menghadapi pembobolan yang biasa dilakukan mobile hacker. "Kita tidak tahu bagaimana para kriminal akan memilih jalan," ujar Eugene Kaspersky, selaku CTO perusahaan dan dikutip detikINET dari techworld, Selasa (6/2/2007). Saat ini, lanjut Eugene, belum ada produsen perangkat mobile atau penyedia layanan yang mengambil tanggung jawab untuk menghalau ancaman semacam ini. Sejauh ini, ia juga telah melihat virus yang dikirimkan via SMS dari smart phone. Anti-virus mobile ini akan tersedia di pasaran paling lambar di akhir kuartal pertama dan ditawarkan seharga US$ 30 ($1 = Rp 9086, sumber: detikcom). "Untuk ke depannya, saat harga telah turun dan smart phone menjadi barang umum, situasi akan menjadi lebih kritis," tandas Eugene. (from detik)

Ilmu komputer
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari Ilmu komputer (Ilkom), atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Computer Science (CS), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang. Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini terkadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle). Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman). Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri. Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer. Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya. Edsger Dijkstra mengatakan:

Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan: Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif! http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_komputer

Informatika (Informatics)
Pengertian Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, karena masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer, yang dapat dimasukkan di dalam aspek dari informatika ini. Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika. Menurut Wikipedia, secara luas ruang lingkup informatika meliputi beberapa aspek:
• •

Teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.

http://www.beritanet.com/Literature/Kamus-Jargon/informatika-informatics.html

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->