P. 1
GBBP Mata Kuliah Pemasaran

GBBP Mata Kuliah Pemasaran

|Views: 193|Likes:
Published by agssyarif

More info:

Published by: agssyarif on Sep 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2014

pdf

text

original

C.

Matakuliah Program Studi Pemasaran Pengantar Teori Ekonomi Mikro (PEK 111 – 3 SKS) Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar ilmu ekonomi mikro, dan ekonomi makro yang meliputi faktor-faktor dasar ilmu ekonomi, masalah-masalah ekonomi mikro,teori permintaan dan penawaran, penentuan harga pasar, subsidi dan pajak, teori produksi, teori biaya, serta teori pasar. Pengantar Bisnis (PBS 112 – 3 SKS) Matakuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang perilaku perusahaan sebagai sebuah sistem. Pengetahuan dasar ini tidak saja diharapkan akan menjadi kerangka acuan dalam mendalami kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam memanajemeni perusahaan secara menyeluruh dan terpadu, selain itu diharapkan juga dapat membentuk pola pikir mahasiswa bahwa masing-masing kegiatan dalam perusahaan tidak dapat berdiri sendiri. Pengantar Manajemen (PEM 113 – 3 SKS) Mata kuliah ini membahas fungsi manajemen dalm pengelolaan organisasi sehingga tujuan yang ditetapkan oleh organisasi dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Konsep-konsep manajemen ini merupakan pedoman dasar yang harus diterapkan agar organisasi bisa mengantisipasi perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis dengan baik. Pengantar Akuntansi (PAK 134 – 3 SKS) Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa mengenai proses akuntansi yang meliputi pencatatan transaksi sampai dengan disusunnya laporan keuangan. Secara umum, mata kuliah bertujuan untuk menjelaskan siklus akuntansi. Aspek Hukum Dalam Bisnis (AHB 131 – 3 SKS) Matakuliah ini membekali dan menyiapkan mahasiswa agar mempunyai pemahaman dalam bidang hukum, khususnya hukum bisnis. Hal ini disebabkan karena setiap pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatannya sering melakukan transaksi atau perjanjian bisnis yang perlu memperhatikan aspek hukum dan akibat hukum dari perjanjian bagi kedua belah pihak. Selain itu, suatu kegiatan bisnis seharusnyatidak hanya berorientasi pada keuntungan saja,akan tetapi juga harus memperhatikan kaidahhukum dan etika bisnis yang berlaku pada umumnya.

Matematika Ekonomi dan Bisnis (MAT 135 – 3 SKS) Mata kuliah ini membantu mahasiawa untuk memahami pendekatan matematika yang biasa digunakan dalam analisis ekonomi, bik mikro maupun makro. Topik-topik yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi (1) fungsi, limit dan integral, (2) matriks dan operasi matriks, (3) optimasi baik dengan maupun tanpa kendala. Statistik Ekonomi dan Bisnis (STA 124 - 3 SKS) Matakuliah ini membahas konsdep-konsep dasar statistik yang meliputi metode pengumpulan data dan ukuran pusat data, variabilitas, pengolahan dan penyajian data, penyusunan angka

indeks, analisis runtut waktu serta teori probabilitas. Pembahasan pada matakuliah ini akan ditekankan pada statistik terapan dalam ekonomi dan bisnis sehingga diharapkan mahasiswa mampu memahami penerapannya alam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, khususnya dalam lingkup ekonomi dan bisnis. Manajemen Keuangan (MKU 126 – 3 SKS) Matakuliah ini memberikan pengertian dasar manajemen keuangan, kaitannya dengan fungsifungsi perusahaan yang meliputi upaya mencari dan mengalokasikan dana untuk berbagai keperluan perusahaan. Dimulai dari alokasi dana pada berbagai aktivitas perusahan, baik pada aktiva lancar dan aktiva tetap, dilanjutkan dengan pemenuhan kebutuhan dana perhitungan brbagai biaya modal serta pembahasan problema khusus bidng keuangan. Komunikasi Pemasaran (KOP 116 – 3 SKS) Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep komunikasi pemasaran,menetapkan target audiences berdasarkan segmentasi pasar, pembidikan pasar, penempatan posisi pasar perusahaan atau produk perusahaan yang akan /sedang dipasarkan. Kemudian merencanakan bauran komunikasi pemasaran yang paling sesuai dengan target audiences tersebut. Selanjutnya melaksanakan proses produksi bauran komunikasi dan melakukan belanja media. Diakhiri dengan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap komunikasi pemasaran yang dilaksanakan. Kewirausahaan (KWU 109 – 3 SKS) Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa wirausaha adalah seorang yang berani dan mampu dalam rangka proses membangun sebuah bisnis baru, melakukan inovasi secara terus menerus untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Matakuliah ini membahas proses membangun sebuah bisnis baru, yakni bagaiman menciptakan ide bisnis baru, bagaimana merealisir ide itu menjadi bentuk usaha yang nyata dan bagaiman mendesain sistem manajemen untuk usaha baru. Perpajakan (PAJ 149 - 3 SKS) Matakuliah ini membahas berbagai peratuan perpajakan yang diberlakukan untuk wajib pajak perseorangan dan perusahaan (badan), baik yang berkaitan dengan pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan barang mewah, bea materai, maupun pajak bumi dan bangunan. Serta membahas prihal pemungutan dan penyetoran PPh pasal 21, PPh pasal 22, PPh pasal 23, dan PPh pasal 24. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSM 128 – 3 SKS) Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep manajemen sumberdaya manusia dan penerapannya pada organisasi modern. Pembahasan dititikberatkan pada onsp dasar dan fungsi-fungsi manajemen sumberdaya manusia. Dan sebagai materi tambahan berupa kiat sukses memasuki dunia kerja. Manajemen Pemasaran (MJP 120 – 3SKS)

Matakuliah ini memberikan pengertian, pemahaman dan meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa tentang konsep-konsep dasar pemasaran dan dasar-dasar manajemen pemasaran, penganalisaan peung pasar, pemilihan pasar sasaran, pengembangan bauran pemasaran dan pengembangan aplikasi pemasaran. Manajemen Pemasaran Internasional (MPI 103 - 3 SKS) Matakuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai manajemen pemasaran internasional. Pembahasan dititikberatkan pada permasalahan pemasaran lintas negara, bauran pemasaran pada wilayah dan kultur yang berbeda, serta strategi untuk menghadapi perbedaan tersebut. Manajemen Ritel (MRT 148 – 3 SKS) Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang peranan bisnis eceran dalam mata rantai pemasaran. Keberhasilan suatu produk dalam pasar banyak ditentukan oleh pengecer. Posisi pengecersangat strategis karena pengecer merupakan pihak yang mempertemukan pihak produsen dan pihak konsumen. Bersama matakuliah kewirausahaan, matakuliah ini membentuk jiwa bisnis mahasiswa, dimana mahasiswa yang telah mendapatkan pengetahuan kewirausahaan pada semester sebelumnya, akan memulai usaha sendiri dan selama mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan merencanakan, melaksanakan dan melaporkn kegiatan bisnis yang dijalankannya.

Riset Pasar (RPS 150 – 3 SKS) Matakuliah ini membahas kegiatan riset pasar, yakni riset untuk memahami suatu perilaku konsumen. Cakupan pembahasan dimulai dari menyususn desain penelitian, pengumpulan data, analisis data dan pelaporan hasil penelitian. Sistem Informasi Pemasaran (SIP 121 – 3 SKS) Mata kuliah ini memberikan pengetahuan konseptual dan empiris tentang Sistem Informasi Pemasaran. Pusat bahasan adalah berbagai teknik pengumpulan data, memproses data tersebut menjadi informasi, dan mendistribusikan informasi dengan cepat pada saat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan pemasaran. Sistem ini dengan efektif dan efisien akan membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Pemasaran Jasa (PJS 105 – 3 SKS) Mata kuliah ini menekankan konsep-konsep dasar pemasaran jasa dan meningkatkan pemahaman kognitif dan kemampuan aplikasi praktis mahasiswa terhadap pemasaran jasa. Pengembangan Produk (PPD 153 – 3 SKS) Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman arti penting kegiatan perencanaan dan praktek pengembangan produk sebagai salah satu atribut perusahaan.

Perilaku Konsumen (PKP 142 – 3 SKS) Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pembeliannya. Materi yang diberikan meliputi pengertian perilaku konsumen, model-model perilaku konsumen, fakor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumen dan kegiatan konsumerisme. Desain Pemasaran (DPM 155 – 3 SKS) Matakulia ini memberi pemahaman dan pengalaman kepada mahasiswa bagaimana merancang program-program pemasaran, merancang produk, menetapkan harga, menetapkan saluran distribusi, dan merancang kegiatan promosi yang efektif dan dapat dijadikan sebagai proyek bisnis. Desain Komunikasi Visual (DKV 154 – 3 SKS) Matakuliah ini memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang karakteristik komunikasi visual, tujuan dan efek komunikasi visual, dan mampu menciptakan pesan atau citra visual. Teknik Penulisan Laporan (TPL 129 – 2 SKS) Matakuliah ini berisikan pembekalan kepada mahasiswa mengenai teknik dasar pembuatan laporan, khususnya laporan magang/praktek kerja lapangan yang telah dilakukan oleh mahasiswa, mulai dari format laporan, latar belakang, identifikasi masalah, tujuan, manfaat,landasan teoritis, teknik pengumpulan dan pengolahan data, analisis data, penarikan kesimpulan dan saran. Laboratorium Akuntansi (LAK 434 – 2 SKS) Praktikum ini diselenggarakan agar mahasiswa memahami proses pengolahan data akuntansi sejak transaksi sampai dengan penyusunan informasi (laporan) keuangan. Untuk dapat menyelesaikan praktikum ini peserta telah menempuh matakuliah pengantar akuntansi. Dalam praktikum ini mahasiswa ditugaskan untuk menyelesaikan bukti transaksi sampai dengan menyusun laporan keuangan. Bahkan praktikum meliputi kegiatan perusahaan jasa dan dagang yang dirancang untuk dikerjakan dalam kelas. Buku praktikum ini terdiri dari: (1) buku pedoman yang berisi informasi dan kebijakan perusahaan, (2) bukti transaksi, (3) buku besar, (4) buku pembantu, (5) buku formulir yang berisi buku jurnal dan laporan keuangan dan (6) buku cek serta tempat untuk mengarsip bukti transaksi. Laboratorium Kewirausahaan (KWU 409 – 2 SKS) Matakuliah ini menekankan pada upaya pengembangan sifat-sifat kewirausahaan, daya kreatifitas, serta aplikasi konsep manajemen pada kondisi usaha baru. Laboratorium Ekspor Impor (LEI 447 – 2 SKS) Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan prosedur importir dan eksportir sebagai karyawan instansi yang terkait dengan kegiatan ekspor impor. Laboratorium Manajemen Ritel (MRT 448 – 2 SKS) Dengan mengikuti laboratorium bisnis eceran ini mahasiswa diharapkan akan dapat memahami keterampilan dalam membuat kebijakan serta mempunyai kemampuan dalam mengelola bisnis

eceran, dimana mahasiswa dituntut untuk terus mengembangkan bisnis yang telah dimulai, melakukan evaluasi terus menerus melalui laporan bulanan selama semester ini berlangsung. Pada matakuliah ini, mahasiswa akan memutuskan apakah bisnis ini dapat terus dilanjutkan ataukah mahasiswa yang bersangkutan akan beralih ke bisnis lain. Laboratorium Riset Pasar (RPS 450 – 2 SKS) Matakuliah ini membahas defenisi pasar yaitu mencari dan mengumpulkan data informasi tentang pasar dalm produk tertentu, perilaku konsumen serta prospek pasarnya, mengadakan penelitian akan informasi tersebut yang dilanjutkan dengan pengambilan kebijakan/keputusan dari perusahaan yang setepatnya dengan dasar efektif dan efisien di bidang pemasaran dengan kebijakan tersebut dimaksudkan perusahaan akan memperoleh profit yang maksimal. Laboratorium Pemasaran Jasa (PJS 405 – 2 SKS) Mahasiswa diharapkan lebih mendalami dan konsep-konsep dasar pemasaran jasa dan meningkatkan kemampuan serta pemahaman kognitif mahasiswa terhadap pemasaran jasa. Laboratorium Komputer (KOM 456 – 2 SKS) Praktikum ini berisi materi pengolahan kata (word processing) dengan menggunakan software microsoft word. Materi yang akan dicakup mulai dari cara-cara pengetikan naskah yang sederhana, pengeditan naskah, sampai dengan pembuatan naskah yang memenuhi standar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->