P. 1
PROPOSALrev1 (Autosaved)

PROPOSALrev1 (Autosaved)

|Views: 74|Likes:
Published by zoelpen_007070

More info:

Published by: zoelpen_007070 on Sep 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Kompresor merupakan bagian yang penting dalam suatu operasional pabrik

kertas seperti di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, khususnya pada unit CC-1. Unit CC-1 merupakan unit kompresor untuk mendukung proses produksi di paper machine ,Finishing, Converting dimana dalam proses pabriknya terdapat kompresor untuk mendukung proses produksi kertas Kompresor disini memiliki peran yang sangat penting dalam mendistribusikan fluida gas bertekanan untuk operational paper machine system, pneumatic system dan instrument system untuk bisa menjalakan proses produksi. Unit CC-1 memiliki kompresor beberapa unit dimana 4 unit type single screw compressor dengan 3 unit yang berkapasitas 10 m3/min dan 1 unit berkapasitas 18 m3/min, dan 2 unit type centrifugal compressor yang berkapasitas 70 m3/mnt dengan total kapasitas produksi di unit CC-1 adalah 188 m3/min dengan actual design capacity volume kompresor

Gambar 1.1 Layout unit kompresor CC-1

IKPP. temperature yang melewati batas maksimum dapat menyebabkan trip pada kompresor apabila tidak di tangani secara cepat. Kelembapan udara masih tinggi (high moisture content). Selama surging. sebelum fluida gas bertekanan di distribusikan ke unit-unit mesin produksi kertas di PT. tekanan discharge kompresor menurun dan kemudian naik kembali dalam siklus yang cepat sehingga dapat menyebabkan trip pada kompresor maka terjadi penurunan dratis tekanan udara yang di hasilkan (high pressure drop). Kapasitas volume fluida gas makin menurun dan tekanan fluida gas makin berkurang efesiensi mesin makin berkurang.. maintenance yang terprediksi dan teratur merupakan keharusan . turun tekanan fluida gas di kompresor unit CC-1 disebabkan banyak factor-faktor antara lain kapasitas design yang tidak sesuai antara udara tekanan yang di hasilkan kompresor dengan pengunaan. Peforma kinerja kompresor belum maksimal kapasitas total produksi untuk unit kompresor CC-1 saat ini adalah 153 m3/min dan total volume design kapasitas unit kompresor CC-1 adalah 188 m3/min. Temperatur tinggi dapat mengganggu performen kompresor yang tidak bisa berkerja secara optimal akan terjadi overheating. kebocoran fluida gas dan fluida loss melalui pipa-pipa distribusi akibat dari ini dapat menyebabkan pressure drop yang tinggi di unit CC-1 Melihat kondisi ini banyak alat-alat industri melakukan perubahan dari yang manual menjadi otomatis yang membutuhkan fluida gas yang bertekanan di berbagai bidang. yang sering disertai dengan pembalikan arah laju aliran.Kompresor di unit CC-1 merupakan mesin yang menghasilkan fluida gas yang bertekanan yang di alirkan melalaui pipa ke reservoir tank dari sini fluida gas di alirkan ke dryer (regenerative desiccant dryer) untuk mengurangi nilai kelembapan. Masalah surge yang terjadi di mana didefinisikan sebagai self-oscillations dari tekanan dan laju aliran. Belum lagi terjadinya kehilangan fluida gas yang tidak terkontrol. performa kinerja dryer system yang tidak normal sehingga dapat menggangu kinerja instrument system dan pneumatic system atau bisa merusak alat-alat instrument dan pneumatic akibat kelembapan udara yang tinggi. Masalah yang sering terjadi di unit kompresor CC-1 adalah turunnya tekanan udara (pressure drop) sehingga dapat mengganggu mesin-mesin produksi.

masalah yang sering terjadi dimana adalah penurunan tekanan fluida gas (Pressure drop).supaya dapat dicapai performan terbaik dari kompresor dan dapat meningkatkan volume efisensi produksi dari mesin kompresor . 1. surge problem 2. Masalah surge pada Kompresor Centrifugal adalah pembatasan aliran pada sisi suction maupun discharge kompresor.IKPP. operational.IKPP. unit kompresor CC-1 memiliki peranan vital terhadapan proses produksi kertas di PT. berkerja secara tidak normal sehingga terjadinya overheating yang dapat menyebabkan trip pada kompresor 4. inappropriate uses. maintenance system. fluida gas dari kompresor salah satu kebutuhan pokok untuk menujang produksi kertas di dunia industri. maka perlu dilakukan penelitian terhadap permasalahan yang terjadi di unit CC-1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut. penurunan kecepatan karena turunnya putaran penggerak. Adapun untuk rumusan permasalahannya adalah sebagai berikut : 1. Kebutuhan akan kompresor sangat tinggi di PT. besar kemungkinan terjadinya surge adalah surge control valve yang tidak berfungsi dengan baik yang mengakibatkan valve tidak bisa membuka . penyumbatan/kotoran-kotoran pada aliran kompresor. Dirumuskanlah beberapa permasalahan dalam Tugas Akhir ini untuk kemudian berdasarkan metodologi yang ada harus dipecahkan. Tingginya kelembapan yang dihasilkan dan tingginya kehilangan tekanan dari dryer dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan pada alat-alat instrument dan pneumatic dan salah satu penyebab pressure drop akibat kehilangan tekanan fluida gas setelah melewati sistem dryer 3. Temperatur tinggi (high temperature )akibat dari sistem pendingin (cooler system) di air cooler dan oil cooler. air pipe design. disebabkan oleh capacity design. air leak. perubahan kondisi pada temperatur. tekanan atau komposisi gas. Teknologi baru pada komponenkomponen mesin produksi kertas banyak mengunakan fluida gas untuk operationalnya. air loses. Namun.

Mengetahui penyebab dari terjadinya kehilangan tekanan (pressure drop) fluida gas di unit kompresor CC-1 Mengetahui kehilangan flow aliran dan berkurangnya performan dari sistem dryer dan pengaruhnya Mengetahui terjadinya overheating akibat dari temperature tinggi 2. .4 Tujuan Adapun tujuan dari tugas akhit ini adalah untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan di atas dengan melakukan penelitian ini bertujuan untuk: 1. sehingga flow yang dihasilkan semakin menurun sampai kompresor tersebut melewati batas stabil kompresor yang akhirnya kompresor beroperasi pada kondisi surge. Analisa kondisi surge hanya di lakukan di kompresor tipe sentrifugal yang menyebabkan pressure drop Melakukan analisa performan kompresor unit CC-1 dari efesiansi performan kompresor actual operasi sekarang ini 1. Melakukan analisa penyebab terjadinya penurunan tekanan (Perssure drop) di unit kompresor CC-1 Melakukan analisa penyebab terjadi kelembapan udara yang tinggi dan berkurangnya flow aliran fluida gas di sistem dryer. Melakukan analisa penyebab dari High Temperature yang menyebabkan overheating di kompresor.3 Batas Masalah Untuk menjawab permasalahan yang ada maka dilakukan pembatasan masalah.sepenuhnya. 5. Performan kompresor makin lama makin menurun di unit CC-1 dan kebutuhan akan kompresor makin tinggi akibat dari perubahan mesin-mesin pendukung untuk proses pembuatan kertas 1. 5. 4. sebagai mana berikut: 1. 3. 3. dan mengetahui temperatur efesiensi dari kompresor 2.

1. Mampu Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadi surge di unit kompresor CC-1 untuk tipe kompresor sentrifugal. Mengetahui dan memahami tujuan kerja kompresor di unit CC-1 Mengetahui dan memahami karakteristik kompresor sentrifugal dan Screw Compresor. berikut manfaat penelitian ini adalah: 1. Mampu Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadi penurunan tekanan fluida gas di unit kompreosr CC-1. serta memahami pengaruh kelembapan tinggi pada fluida gas terhadap kinerja instrument system dan pneumatic system 6. Bermanfaat bagi perusahaan sebagai acuan performan atau efisiensi unit kompresor CC-1 saat ini Bermanfaat bagi perusahaan sebagai acuan maintenance dan operation unit kompresor CC-1 agar mendapatkan performan lebih baik 9. 4. serta memahami pengaruh overheating terhadap kinerja kompresor 7. Mampu Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadi temperature tinggi di unit kompreosr CC-1. Diharapkan dengan melakukan penelitian ini dapat menjadi referensi tentang permasalahan penurunan tekanan fluida gas (pressure drop)di unit kompresor CC-1 2. serta memahami akibat dari terjadinya penurunan tekanan fluida gas di 5. 3.5 Mengetahui fenomena kondisi surge di kompresor sentrifugal yang dapat menyebabkan penurunan dratis tekanan udara yang dihasilkan Mengetahui performan dan efisiensi dari unit kompresor CC-1 Manfaat Adapun manfaat dari tugas akhi ini adalah untuk bisa mengetahui penyebab masalah-masalah yang sering terjadi di unit kompresor CC-1. 5. Mampu Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadi tingginya kelembapan fluida gas di dryer.4. . serta memahami pengaruh surging terhadap kinerja kompresor 8.

6 Metodologi Penelitian Sebagai garis besar kegiatan dan alur pikir dalam penelitian ini.2 Diagram Alir Metodologi Penelitian .1. digunakan metedologi berdasarkan diagram alir penelitian sebagai berikut: Mulai Inditifikasi masalah Survei lapangan Dan studi Literatur Pengambilan Data Pengolahan Dan Analisa Data Hasil Kesimpulan Dan Saran Selesai Gambar 1.

Secara garis besar tulisan ilmiah ini terdiri dari lima bab. dan metodologi penelitian. perumusan permasalahan. analisa berdasarkan kajian literatur yang di ungkapkan pada bab sebelumnya BAB IV Data dan Pembahasan Bab ini membahas hasil dari proses penelitian. yaitu: BAB I Pendahuluan Bab ini menjelaskan tentang latar belakang . yang diambil yang selanjutnya digunakan sebagai referensi penunjang dalam melakukan penelitian analisa kompresor BAB III Metodologi Penelitian Bab ini membahas proses penelitian dari pengambilan data. . tujuan penelitian.7 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir ini adalah sebagai acuan atau kerangka bagi penulis untuk menyusun sebuah penelitian. yang berkaitan dengan data dan pengolahan BAB V Kesimpulan dan Saran Bab ini berisi mengenai kesimpulan dari analisa yang didapatkan. manfaat yang di dapat dari penelitian.1. dan beberapa saran yang sekiranya bisa mengarahkan kepada kesempurnaan analisa lebih lanjut mengenai kompresor. BAB II Teori Dasar Bab ini menjelaskan kajian literatur mengenai kompresor. batas masalah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->