ORGANOLOGI

Organologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang organ makhluk hidup. Organologi mengkaji bagaimana struktur dan fungsi suatu organ. Organologi itu sendiri terdiri dari beberapa kajian yang berhubungan dengan sistem organ. Sistem organ, seperti yang kita ketahui tentu saja menunjang kehidupan suatu makhluk hidup. Sistem organ merupakan bentuk kerjasama antar organ untuk melakukan fungsi - fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsung di dalam tubuh suatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organisme yang bersangkutan. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ - organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lainnya. Sistem organ terdirti dari beberapa sistem yang menunjang kehidupan makhluk hidup, tak terkecuali hewan. Sistem tersebut antara lain: 1. Sistem sirkulasi Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkat tinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah.

2. Sistem limfatik Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah. Sistem limfatik terdiri dari dua bagian penting, yaitu pembuluh llimfa serta berbagai macam jaringan dan pembuluh llimfa serta berbagai macam jaringan dan organ limfoid di seluruh tubuh. Pembuluh limfa berfungsi organ limfoid di seluruh tubuh. Pembuluh limfa berfungsi untuk mengangkut cairan kembali ke peredaran darah. untuk mengangkut cairan kembali ke peredaran darah. Organ limfoid berfungsi sebagai tempat hidup sel Organ limfoid berfungsi sebagai tempat hidup sel fagositik dan limfosit yang berperan penting untuk fagositik dan limfosit yang berperan penting untuk melawan penyakit. melawan penyakit. Limfa berasal

cairan tersebut dikumpulkan dan dikembalikan k sistem peredaran darah melalui dan dikembalikan k sistem peredaran darah melalui sistem limfa. dan mengalirkan urin. Setelah beredar ke seluruh tubuh. Pencernaan terjadi pada organisme multi sel. Sistem pencernaan Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia. 4. sel. Setelah yang mengisi ruang antara sel-sel di jaringan. cairan tersebut dikumpulkan beredar ke seluruh tubuh. sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Sistem respirasi Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. menyimpan. biasanya pada hewan. 3. Cairan yang keluar tersebut menjadi cairan intersisial Cairan yang keluar tersebut menjadi cairan intersisial yang mengisi ruang antara sel-sel di jaringan. Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat. keluar dari pembuluh kapiler di sistem peredaran darah. Bahkan pohon pun memiliki sistem pernapasan. Sistem urinaria Sistem urin adalah sistem organ yang memproduksi. dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi. . Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Pada hewan berkaki empat.dari plasma darah yang merembes Limfa berasal dari plasma darah yang merembes keluar dari pembuluh kapiler di sistem peredaran darah. 5. dan tingkat sub-sel.

. 9. 7. Sistem reproduksi pada suatu organisme berbeda antara jantan dan betina. Sistem otot Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh. walaupun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. yang berarti "penutup". Sistem reproduksi pada perempuan berpusat di ovarium. kuku. Sistem integument Sistem integumen adalah sistem organ yang membedakan. kelenjar keringat dan produknya (keringat atau lendir). Kata ini berasal dari bahasa Latin integumentum". dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin. Sistem ini seringkali merupakan bagian sistem organ yang terbesar yang mencakup kulit. melindungi. 8.6. aktivitas motorik volunter dan involunter organ atau jaringan tubuh. memisahkan. rambut. dan homeostasis berbagai proses fisiologis tubuh. 10. yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. Sistem reproduksi Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. bulu. dan menginformasikan hewan terhadap lingkungan sekitarnya. Sistem endokrin Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain. Sistem otot pada vertebrata dikontrol oleh sistem saraf. Sistem saraf Sistem saraf adalah sistem organ pada hewan yang terdiri atas serabut saraf yang tersusun atas sel-sel saraf yang saling terhubung dan esensial untuk persepsi sensoris indrawi. kelenjar keringat. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah. sisik.

wordpress.org/ http://princeikki. DAFTAR PUSTAKA http://id. tempat pembentukan sel darah.11. tulang rusuk. melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh. Sistem imun Sistem kekebalan (bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme. rangka penopang tulang pinggul. tulang belakang. Terdiri dari tengkorak. tulang angota badan atas dan bawah. 12.wikipedia. tempat melekatnya otot rangka. dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor. termasuk virus. rangka penopang tulang bahu. protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas. Sistem skeletal Sistem adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral.com/2009/07/25/252/ .org/wiki/Halaman_Utama http://organisasi. bakteri.