Definisi Fluor

‡ Fluor adalah mineral yang secara alamiah terdapat di semua sumber air termasuk laut. ‡ Fluor tidak pernah ditemukan dalam bentuk bebas di alam. ‡ suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang F dan nomor atom 9.

Fungsi Fluor untuk Tubuh Mineralisasi tulang Mencegah Osteoporosis Pengerasan email gigi Mencegah lubang gigi Membunuh bakteri mulut penyebab pembengkakan gusi .

Sumber Flour ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Ikan Daging Susu Kuning telur Teh Sayur-sayuran Buah-buahan ‡ Sawi ‡ Ikan teri ‡ Air minum (yang telah di florodisasi) .

5 .Kebutuhan Sehari-hari ‡ Angka kecukupan yang dianjurkan dan aman adalah 1.4 mg/hari. .

Contoh menu makanan yang memenuhi kebutuhan Fluor ‡ 2 liter air yang telah diflorodisasi sudah mencukupi kebutuhan Fluor kita. 2 liter air mengandung sekitar 2 mg Flour .

Akibat Kekurangan Kerusakan gigi Perubahan warna gigi Mengeroposnya tulang Berkurangnya kecerdasan pada anak (penelitian di China) ‡ Penuaan Dini ‡ ‡ ‡ ‡ .

Akibat Kelebihan ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Merusak tulang Kelumpuhan. Kanker Kerusakan ginjal Kerusakan hati ‡ ‡ ‡ ‡ Mulas Diare Gatal Mual .

yang pertama kali terbentuk adalah hidroksiapatit yang terdiri dari kalsium dan fosfor.Mekanisme Flour dalam Pembentukan Tulang dan Gigi Fluor termasuk golongan mikromineral yang berperan dalam proses mineralisasi dan pengerasan email gigi. . Pada saat gigi dibentuk. Tahap berikutnya adalah fluor akan menggantikan gugus hidroksi (OH) pada kristal tersebut dan membentuk fluoroapatit yang menjadikan gigi tahan terhadap kerusakan.

.Peranan Flour untuk Gigi ‡ Fluor ini berperan dalam pembentukan email gigi dan membuat struktur gigi lebih kuat sehingga akan membuat gigi lebih tahan terhadap pengikisan oleh asam. Fluor juga berfungsi merangsang pembentukkan mineral kembali yang akan menghentikan proses terjadinya gigi berlubang. Asam itu sendiri dibentuk ketika bakteri di dalam plak memecah gula dan karbohidrat yang berasal dari makanan. Di sini fluor berperan mengurangi kemampuan bakteri untuk membentuk asam. Serangan asam yang berulang-ulang akan merusak gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful