P. 1
Powerpoint

Powerpoint

|Views: 288|Likes:
Published by SurYa PuNya SeLera

More info:

Published by: SurYa PuNya SeLera on Sep 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2015

pdf

text

original

Fisiologi Kehamilan Trimester I Pada Ny.

Y

2000)  Trimester I adalah waktu untuk melakukan penyesuaian fisik dan emosional terhadap kehamilan.1 PENGERTIAN  Kehamilan dibagi menjadi 3 periode:  Trimester pertama adalah periode minggu pertama sama diminggu ke13.  Trimester kedua adalah periode minggu ke-14 sampai ke-26. (Simkiin.2008) Pada kehamilan trimester I dibagi menjadi fisiologis dan patofisiologis. .  Trimester ketiga adalah minggu ke-27 sampai kehamilan cukup bulan (38-40 minggu).(Enkin.2000)  Trimester pertama adalah sebagai “pembentukan“ karena pada akhir periode ini semua organ system janin sudah terbentuk dan berfungsi.TINJAUAN MATERI 2. Whaller&Keppler.(Enkin.

2. . Hormon yang mempengaruhi perubahan     fisiologis ibu hamil 1. Eterogen Menyebabkan pertumbuhan baik ukuran maupun jumlah sel.PERUBAHAN FISIOLOGIS KEHAMILAN TRIMESTER I  A. Progesteron Peningkatan sekresi mengendurkan (relaksasi) otototot polos. PERUBAHAN FISIOLOGIS  a.

2.PERUBAHAN FISIOLOGIS KEHAMILAN TRIMESTER I  A. Eterogen Menyebabkan pertumbuhan baik ukuran maupun jumlah sel. PERUBAHAN FISIOLOGIS  a. Progesteron Peningkatan sekresi mengendurkan (relaksasi) otototot polos. . Hormon yang mempengaruhi perubahan     fisiologis ibu hamil 1.

ini disebut tanda Chadwick. Kelenjar endoservikal membesar dan mengeluarkan banyak cairan mukus. b. Serviks uteri Serviks bertambah vaskularisasi dan menjadi lunak (soft) disebut tanda goodell. dari 30 gram menjadi 1000 gram pada akhir kehamilan (40 pekan). Uterus  Ukuran pada kehamilan cukup bulan : 30 x 25 x 20 cm     dengan kapasitas lebih dari 4000 cc. warnanya menjadi livid. 2. Berat : Berat uterus naik secara luar biasa. karena bertambahnya pembuluh darah dan melebar. Perubahan pada sistem reproduksi  1. .

Kulit perut pada linea alba bertambah pigmentasinya disebut linea nigra. Vagina dan vulva  Akibat hipervaskularisasi vagina dan vulva kelihatan lebih merah atau kebiru-biruan. . Warna livid pada vagina dan portio serviks disebut tanda Chadwick. maka timbulah striae gravidium. Dinding perut (abdominal wall)  Pembesaran rahim menimbulkan peregangan dan menyebabkan robeknya serabut elastik dibawah kulit.  4. 3.

Hormon yang berpengaruh pada proses laktasi : Estrogen Progesteron Somatomamotropin PIH . 5. Payudara  Payudara mengalami pertumbuhan dan      perkembangan sebagai persiapan pemberian ASI pada laktasi.

Perubahan Tulang dan Gigi  5. Berat badan ibu hamil  8. Sistem sirkulasi darah  2. Perubahan pada organ dan system lainnya  1.c. Sistem pernafasan  3. Perubahan Metabolisme . Sistem pencernaan  4. Traktus urinarius  6. Perubahan pada kulit  7.

kebanyakan wanita hamil mengalami penurunan pada periode ini . lelah dan pembesaran payudara  Mencari tanda-tanda untuk meyakinkan bahwa dirinya hamil  Hasrat untuk melakukan hubungan seks pada trimester pertama berbeda2. menyebabkan mual dan muntah pada pagi hari. lemah. PERUBAHAN PSIKOLOGIS  Pada trimester I atau bulan-bulan pertama ibu akan merasa tidak berdaya dan merasa minder karena ibu merasakan perubahan pada dirinya.  Segera setalah konsepsi kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat. B.

ukuran dan konsistensi uterus (william.3 TANDA KEHAMILAN  Tanda gejala tidak pasti / tanda perkiraan Ammenorrhea :  Emosional  Faktor endokrin : adrenal / ovarium  Faktor metabolik : malnutrisi  Gangguan system :  Nausea / Vomiting :  Ansietas  Anorexia  Pusing  Mual – muntah  Tanda Mungkin  Tanda mungkin  Pembesaran uterus / perut  Test laboratoris  Perubahan bentuk.2000)  .2.

Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Hormon tersebut adalah HCG (Human chorionic Gonadotrophin).FISIOLOGIS  Sekitar 50% perempuan yang mengalami kehamilan akan memiliki tandatanda ini. Pemicunya adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Dari rasa mual memicu ibu hamil untuk kurang nafsu makan (anoreksia) sehingga nurtrisi ibu hamil kurang terpenuhi. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->