BAB I PENDAHULUAN

1.

Latar Belakang Plankton adalah jasad atau organisme yang hidup melayang dalam air, tidak

bergerak atau bergerak sedikit dan selalu mengikuti pergerakan/ arus air. Plankton yang tergolong fitoplankton adalah jenis plankton yang umumnya beraktifitas pada pagi hingga siang hari. Hal ini dikarenakan fitoplankton merupakan jenis tumbuhan mikroskopis yang dapat berfotosintesis. Fitoplankton umumnya terdiri dari diatome dan dinoflagellata (Tahrin, 2009).

2.

Rumusan Masalah 1. Bagaimana Deskripsi, Klasifikasi, Perkembangbiakan, Daerah

Penyebaran serta Peranan Phaeophyta atau Alga Coklat ?

3.

Tujuan Tujuan dari Penulisan Makalah ini adalah untuk Mengetahui Deskripsi,

Klasifikasi, Perkembangbiakan, Daerah Penyebaran serta Peranan Phaeophyta atau Alga Coklat.

1

alga coklat ini mempunyai talus (tidak ada bagian akar. phaeophyta dibagi dalam 3 golongan. Cadangan makanan berupa laminarin dan manitol. Dinding sel mengandung selulose dan asam alginat. alga ini juga mempunyai jaringan transportasi air dan makanan yang anolog dengan transportasi pada tumbuhan darat. Sel vegetatif mengandung kloroplas berbentuk bulat panjang. Deskripsi Mengenai Phaeophyta Phaeophyta atau alga coklat adalah salah satu alga yang tersusun atas zat warna atau pigmentasinya. bulat panjang. kebanyakan bersifat autotrof. terutama jenis-jenis yang hidup didaerah beriklim dingin. Contoh: Ectocarpus. yaitu: 1. Klasifikasi Berdasarkan tipe pergantian keturunan. lembaran atau menyerupai semak/pohon yang dapat mencapai beberapa puluh meter. seperti pita. Dictyota dan Cutleria 2 . Bentuk tubuhnya seperti tumbuhan tinggi. Golongan Isogeneratae Yaitu golongan tumbuhan yang memiliki pergiliran keturunan isomorf. Sporofit dan gametofit mempunyai bentuk dan ukuran yang sama secara morfologi tetapi sitologinya berbeda. Tubuhnya selalu berupa talus yang multiseluler yang berbentuk filamen. mengandung klofil serta xantofil. mengandung khlorofil a dan khlorofil c serta beberapa santofil misalnya fukosantin. batang dan daun). B. terbesar diantara semua alga ukuran talusnya mulai dari mikroskopik sampai makroskopik. Phaeophyta (alga coklat) ini berwarna coklat karena mengandung pigmen xantofis.BAB II PEMBAHASAN A. Set vegetatif mengandung khloroplast berbentuk bulat. seperti pita. Klasifikasi Mengenai Phaeophyta.

Perkembangbiakan pada Phaeophyta dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu. spiralis. Laminarales. Ectocarpales Family : Fucaceae Genus : Fucus Species : distichus. vesiculosus C. Selain berkembang biak secara aseksual dengan fragmentasi. Perkembangbiakan Mengenai Phaeophyta. Dictyotales. Contoh : Fucus. Golongan Cyclosporae Yaitu golongan tumbuhan yang tidak memiliki pergiliran keturunan.2. Contoh: Laminaria. Contohnya adalah reproduksi pada Fucus vesiculosus. Reproduksi seksual alga cokelat hampir serupa dengan pembiakan generatif tumbuhan tingkat tinggi. Fucus vesiculosus juga berkembang biak dengan cara seksual dengan oogami. Nercosystis. Contoh Klasifikasi : Domain : Eukaryota Kingdom : Protista Phylum : Heterokontophyta Class : Phaeophyceae Order : Fucales. 3 . 3. Reproduksi pada alga cokelat terjadi secara aseksual dan seksual. serratus. Proses oogami adalah sebagai berikut. Sporotif dan gametofitnya berbeda secara morfologi maupun sitologisnya. Reproduksi aseksual dengan pembentukan zoospora berflagela dan fragmentasi. Golongan Heterogeneratae Yaitu golongan tumbuhan yang memiliki pergiliran keturunan yang heteromorf. sedangkan reproduksi seksual terjadi secara oogami atau isogami.

Turbin Conoides (J. berbunga dan berbuah. Ganggang coklat dapat dimanfaatkan dalam industri makanan 2. alginat digunakan sebagai bahan pembuat bahan biomaterial untuk teknik pengobatan. Macrocytis Pyrifers menghasilkan iodine (unsur yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit gondok). Peranan Mengenai Phaeophyta. E. Adapun peranan ganggang coklat dalam kehidupan yaitu: 1. Dapat digunakan sebagai pupuk organik karena mengandung bahan-bahan mineral seprti potasium dan hormon seperti auxin dan sylokinin yang dapat meningkatkan daya tumbuh tanaman untuk tumbuh. Bukan merupakan algae endemic perairan Indonesia tetapi banyak ditemukan di perairan nusantara terutama di Kalimatan. Tersebar luas di perairan Indonesia. Phaeophyta sebagai sumber alginat banyak dimanfaatkan dalam dunia industri tekstil untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas bahan industri. Dalam industri farmasi. D. 4 . menempel pada batu. kalsium alginat digunakan dalam pembuatan obat-obatan senyawa alginat juga banyak digunakan dalam produk susu dan makanan yang dibekukan untuk mencegah pembentukan kristal es. yaitu badan yang mengandung alat pembiak. 3. Agardh) Sebaran : Umumnya terdapat di daerah rataan terumbu. Sargassum Polycystum Sebaran : Algae yang kosmopolitan di daerah tropis hingga subtropis.Ujung lembaran talus yang fertil membentuk reseptakel. 4. Daerah Penyebaran Mengenai Phaeophyta Sargassum binderi Sebaran : Tubuh pada substrat batu umumnya di daerah rataan terumbu dekat bagian ujung luar yang terkena gerakan air relatif lebih kuat dan konstan. Di dalam reseptakel terdapat konseptakel yang mengandung anteridium yang menghasilkan sel kelamin jantan (spermatozoid) dan oogonium yang menghasilkan sel telur dan benang-benang mandul (parafisis).

P. keju. salad. N. pasta gigi) dan pengentalan produk kecantikan (lotion. Ascophylum dapat menghasilkan asam alginat. Macrocytis juga dibuat sebagai makanan suplemen untuk hewan ternak karena kaya komponen Na. kertas. 6. Laminaria. Ca. 5 . eskrim) serta pengentalan dalam industri (lem. krim wajah). tekstil.5. Fucus. Alginat biasanya digunakan sebagai pengental pada produk makanan (sirup. tablet antibiotik.

Beberapa diantaranya hidup sebagai epifit. Perkembang biakan pada bangsa gnggang coklat ini terjadi secara vegetatif. b. umumnya mikroskopis dan mempunyai bentuk tertentu. Semua jenis dari Phaeophyceae selalu bersel banyak (multiseluler). flavoxantin. fukan danfukoidin. 6 . ada jenis-jenis lainnya yang hidup didaerah tropic dan subtropik. yang tersusun dari tiga macam polimer. Klasifikasi. Kesimpulan Alga coklat atau Phaeophyceae adalah adalah salah satu kelas dari dari Alga berdasarkan zat warna atau pigmentasinya. Sebagian besar dari phaeophyceae hidup melekat pada subtract karang dan lainnya. Umumnya dapat ditemukan adanya dinding sel. karoten dan mengandung xantofil (Fukoxantin yang terdiri dari violaxantin. Walaupun demikian. Inti selnya berinti tunggal. Kita dapat Mengetahui Deskripsi. sporik dan gametik. Alga coklat ini memiliki pigmen klorofil a dan c. Alga ini banyak mendominasi bagian lateral daerah artik dan antartik. neofukoxantin a dan neofukoxantin b. yaitu : selulosa.BAB III PENUTUP a. Selain laminarin juga ditemukan manitol. asam aginat. bagian pangkal berinti banyak. Saran Dengan Adanya Makalah ini. Perkembangbiakan. ukuran dan jumlah. Daerah Penyebaran serta Peranan Phaeophyta atau Alga Coklat. minyak dan zat-zat yang lainnya. Kloroplas dengan berbagai macam bentuk. sejenis karbohidrat yang meyerupai dekstrin yang lebih dekat dengan selulosa daripada zat tepung. Alga coklat memiliki cadangan makanan berupa laminaria .

7 .com/2009 /01/30/phaeophyta-algae-coklat/#comment-2587. html.com/2011/05/phaeophyta. 2009. diakses pada tanggal 11 september 2012. diakses pada tanggal 11 september 2012. Phaeophyta. http ://ach-e11. Phaeophyta atau alga coklat.DAFTAR PUSTAKA Anonim.wordpress.blogspot. Anonim. 2011.http://zaifbio.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful