CAHAYA

1.

KARAKTERISTIK CAHAYA

. PENGERTIAN CAHAYA
Menurut : 1. Isaac Newton menyatakan bahwa cahaya adalah partikel-partikel kecil yang disebut korpuskel. Bila suatu sumber cahaya memancarkan cahaya maka partikel-partikel tersebut akan mengenai mata dan menimbulkan kesan akan benda tersebut. 2. Huygens, menyatakan bahwa cahaya merupakan gelombang, karena sifat-sifat cahaya mirip dengan sifat-sifat gelombang bunyi. Perbedaan antara gelombang cahaya dan gelombang bunyi terletak pada panjang gelombang dan frekuensinya 3. Maxwell menyatakan bahwa sesungguhnya cahaya merupakan gelombang elektromagnetik karena kecepatan gelombang elektromagnetik sama dengan kecepatan cahaya, yaitu sebesar 3 × 10 m/s. Gelombang elektromagnetik tercipta dari perpaduan antara kuat medan listrik dan kuat medan magnet yang saling tegak lurus. Gelombang elektromagnetik juga termasuk gelombang transversal, yang ditunjukkan dengan peristiwa polarisasi. 4. Berdasarkan penelitian-penelitian lebih lanjut, cahaya merupakan suatu gelombang elektromagnetik yang dalam kondisi tertentu dapat berkelakuan seperti suatu partikel. Sebagai sebuah gelombang, cahaya dapat dipantulkan dan dibiaskan, serta mengalami polarisasi dan interferensi.

- Cahaya merupakan gelombang transversal karena gelombangnya berupa bukit dan lembah (arah getarannya tegak lurus terhadap arah rambatan) - Gelombang merupakan gelombang elektromag-netik karena berupa gelombang medan listrik dan gelombang medan magnet. - Cahaya dapat merambat di ruang hampa. 1. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik
Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat. Sehingga cahaya dapat merambat tanpa memerlukan medium. Oleh karena itu, cahaya matahari dapat sampai ke bumi dan memberi kehidupan di dalamnya. Cahaya merambat dengan sangat cepat, yaitu dengan kecepatan 3 × 10^8 m/s, artinya dalam waktu satu sekon cahaya dapat menempuh jarak 300.000.000 m atau 300.000 km.

Suatu penghalang. tiba-tiba ada sekumpulan awan yang menghalangi cahayanya.(image from: shariqa. apa yang terjadi? Misalnya ketika Matahari bersinar cerah. yaitu bayangan yang tidak terlalu gelap dengan kata lain bayangan yang masih mendapatkan cahaya. Meskipun terjadi bayangan. Suasana teduh ini disebabkan adanya bayangan dari awan. bayangan dapat dibedakan menjadi dua jenis. Kamu dapat melihat bahwa daerah di bawah awan tersebut menjadi teduh. yaitu benda yang dapat meneruskan cahaya yang diterimanya. semakin sukar ditembus cahaya semakin gelap bayangan yang terbentuk. Mengapa . Kamu dapat melihat bayangan badanmu ketika badanmu terkena sinar. Benda-benda yang termasuk benda gelap dapat digolongkan sebagai berikut. 2. Bayangan badan kita akan tampak hitam karena badanmu sama sekali tidak dapat ditembus cahaya.com) Setiap benda yang memancarkan cahaya disebut sumber cahaya dan setiap benda yang tidak dapat memancarkan cahaya disebut benda gelap. Benda tembus cahaya dapat dikelompokkan lagi menjadi benda bening dan benda baur. Lain halnya jika segumpal awan tipis menghalangi sinar Matahari. 1. Contohnya adalah batu. Jika seberkas cahaya datang menemui sebuah rintangan. Sedangkan jarak benda semakin jauh dari dinding bayangan yang terbentuk semakin kabur. sedangkan contoh benda baur adalah es dan air keruh. kayu. bayangan ini tidak terlalu pekat. Apakah bayangannya jelas? Jarak benda dekat dengan dinding bayangan yang terbentuk jelas. Bayangan penumbra.   Bayangan umbra. dan besi. yaitu benda yang tidak dapat meneruskan cahaya yang diterimanya. Berdasarkan pekat tidaknya suatu bayangan.cahaya merambat lurus Coba kalian perhatikan gambar a. Contoh benda bening adalah kaca dan air jernih. 2. Benda tak tembus cahaya. yaitu bayangan yang benar-benar gelap dengan kata lain bayangan yang tidak mendapat cahaya sama sekali. tanah. Gambar apakah itu? Apakah bayangannya jelas? Sekarang perhatikan gambar b. Benda tembus cahaya.

Cahaya lilin hanya akan terlihat apabila nyala lilin. Getaran ini tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya. Kelajuan gelombang ini adalah 300 juta m/s. yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnetic. Ketika kamu menyorotkan senter di tempat yang gelap tampak olehmu cahaya senter memancar lurus (tidak berbelok). . dan mata berada pada satu garis lurus. ayo kita pelajari Materi cahaya. Cahaya dapat dilihat mata manusia. gambar a gambar b Cahaya digolongkan sebagai suatu bentuk radiasi. Radiasi adalah sesuatu yang memancar keluar dari suatu sumber tetapi bukan merupakan zat. sehingga cahaya termasuk gelombang transversal. kedua lubang pada kertas.terjadi demikian? Untuk lebih memahami lagi. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik. Cahaya matahari dapat merambat melalui ruang hampa.

2. Bayang-bayang terjadi sebagai akibat cahaya merambat pada garis lurus. Jika kamu menyalakan lampu senter dalam ruangan yang gelap. . Jika sebuah benda memasuki berkas tersebut. Tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung masih terlihat terang. Pemantulan baur terjadi pada permukaan pantul yang tidak rata. Hal ini tidak sulit untuk dipahami. keuntungan bagi kita : 1. Bayangan Umbra dan Penumbra Bayang-bayang merupakan suatu daerah gelap yang terbentuk pada saat sebuah benda menghalangi cahaya yang mengenai suatu permukaan. terbentuklah penumbra.kamu melihat suatu berkas cahaya lurus. Apabila cahaya tersebut terhalang seluruhnya. Berkas cahaya pantulnya tidak menyilaukan. Ketika cahaya mengenai permukaan pantul yang tidak rata maka cahaya tersebut dipantulkan dengan arah yang tidak beraturan. misalnya dinding dan kayu.Keberadaan bayang-bayang merupakan bukti bahwa cahaya merambat lurus. yaitu bagian pertama bayangbayang yang sangat gelap.Bayangbayang sering terdiri dari dua bagian: 1. 2. Daerah di luar umbra menerima sebagian cahaya. yaitu bagian kedua bayang-bayang yang terletak di luar umbra dan tampak berwarna abu-abu kabur Bayang-bayang gelap (umbra) dan bayang-bayang tambahan (penumbra) terbentuk oleh sumber cahaya yang lebih besar dari titik D. terbentuklah umbra. Pemantulan Cahaya Jenis Pemantulan cahaya : a. Cahaya tidak membelok di sekitar benda tersebut C. maka benda tersebut menghalangi sebagian cahaya tersebut dan dihasilkan sebuah bayang-bayang.

namun ukuran bayangan yang terbentuk sesuai dengan ukuran benda. sekarang akan saya buktikan dengan sebuah sendok. Cermin datar adalah cermin yang permukaannya datar. cermin cekung. yaitu cermin datar. . cermin datar Hukum pemantulan pada cermin datar: “sinar datang.b. dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar” . dan cermin cembung. seluruh cahaya yang datang akan dipantulkan dengan arah yang teratur. pemantulan teratur. Nah.Pemantulan teratur bersifat menyilaukan. ” sudut datang selalu sama dengan pantul”. garis normal. Cermin ada tiga macam. Pemantulan teratur terjadi pada permukaan pantul yang mendatar atau rata. Ketika seberkas cahaya mengenai permukaan pantul yang rata. Pemantulan baur Pada waktu SMP kita pernah diajarkan pemantulan cahaya pada cermin cekung dan cembung. Pemantulan teratur biasa terjadi pada cermin. Cermin merupakan alat yang dapat memantulkan hampir seluruh cahaya yang mengenainya.

Semua sinar yang datang sejajar sumbu utama (O) akan dipantulkan kembali melalui titik fokus. Jadi. Dari gambar diatas sobat bisa melaihat sinar pantul berpotongan pada satu titik (fokus) . sinar pantul akan berkumpul/berpotongan di satu titik yaitu titik fokus.

Lukis sinar pertama yang datang dari benda bagian atas menuju ke cermin dan lukis sinar pantulnya sesuai hukum pemantulan. 1. 4. . Untuk dapat melukis bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung. 2. 3. Sinar yang melalui pusat kelengkungan cermin akan dipantulkan melalui pusat kelengkungan itu lagi. Tiga sinar istimewa itu adalah: 7. besar bayangan sama dengan besar benda jarak bayangan sama dengan jarak benda benda dan bayangan simetrik terhadap bidang cermin semu atau maya karena tidak dapat ditangkap dengan layar.Langkah-langkah untuk melukis pembentukan bayangan pada cermin datar adalah sebagai berikut : 1. b. Sinar istimewa sinar datang yang lintasannya mudah diramalkan tanpa harus mengukur sudut datang dan sudut pantulnya. 5. 9. 10. artinya bagian kanan benda menjadi bagian kirinya. Perpanjang sinar pantul dari langkah 1 dan 2 sehingga berpotongan di belakang cermin Ulangi langkah 1-3 untuk sinar yang datang dari benda bagian bawah menuju cermin Hubungkan perpotongan sinar pantul dari langkah 3 dan 4 sehingga terbentuk bayangan di belakang cermin Sifat bayangan dari cermin datar: 1. 2. yaitu sudut datang = sudut pantul 2. Sinar yang datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan melalui fokus utama. cermin cekung 6. 8. Lukis sinar kedua yang datang dari benda bagian atas menuju cermin dengan arah lurus (sudutnya = 0) dan lukis sinar pantulnya 3. 5. Bayangan cermin tertukar sisinya. biasanya digunakan tiga sinar istimewa. 4.

Benda tepat di pusat kelengkungan : nyata. . 3. . tegak. . Sifat Bayangan pada Cermin Cekung 15. 12. 18.Benda di ruang II : nyata. 13.Benda di ruang I : maya. Kalau sinarnya datang sejajar sumbu utama. . 16.11. Sinar yang datang melalui fokus utama akan dipantulkan sejajar sumbu utama. diperkecil. maka senar pantulnya akan berpencar (melebar) . 17. terbalik. Bisa dilihat pada gambar. Cermin Cembung Semua sinar yang datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan seolah olah melalui titik fokus. terbalik. terbalik. 14. diperbesar. sama besar.Benda di ruang III : nyata. diperbesar.

Tambahan Perbesaran linear para CERMIN LENGKUNG M = Perbesaran h' = Tinggi bayangan h = Tinggi benda s' = Jarak bayangan s = Jarak benda Rumus umum CERMIN LENGKUNG f s = Titik api/fokus cermin = Jarak benda s' = Jarak bayangan .Dari gambar diatas kita dapat melihat bahwa Sinar pantul melebar/memencar. Kalau sobat masih penasaran silahkan sobat praktekan sendiri. Hanya dengan bermodalkan sinar dan sebuah sendok.

Sekian dulu percobaan pembuktian pemantulan sinar pada cermin cekung dan cermin cembung. Daftar pustaka : Buku Catatan Sekolah . Semoga bermanfaat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful