Pengertian  Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian secara runtut sesuai urutan waktu .

ciri Menonjolkan unsur perbuatan / tindakan  Dirangkai dalam urutan waktu  Adanya konflik  .Ciri .

Tujuan Memberikan informasi  Memberikan pengalaman estetis  .

adalah narasi yang menceritakan suatu peristiwa berdasarkan kenyataan. bersifat obyektif dan tidak mengandung unsur sugesis  . adalah narasi yang memberikan informasi tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang  Narasi Ekspositorik.Jenis .jenis Narasi Informatif.

Narasi ini menggunakan bahasa yang logis dan berdasarkan fakta Narasi Sugesif. adalah narasi yang berusaha memberikan makna pada peristiwa/kejadian untuk dijadikan pengalaman dan menggunakan bahasa konotatif untuk memberikan kesan imajinasi .  Narasi Artistik. adalah narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu.

Langkah – langkah menulis paragraf narasi Tentukan tema dan amanat  Susun alurnya sehingga peristiwa-peristiwa dapat terjalin dengan baik  Tentukan tokoh dan watak/karakternya  Suasana harus berhubungan dengan kesan yang ditimbulkan sehingga pembaca dapat ikut membayangkan  .

Di Pontianak. bahkan jutaaan Rupiah. Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Sintawang. Waktu tempuh menuju Sintawang kurang lebih 9 jam dengan mobil. Harganya bisa mencapai ratusan ribu. . tergantung motif dan bahannya.Contoh Liburan sekolah beberapa tahun yang lalu . banyak sekali keunikan dan tempat menarik yang merupakan ciri khas Kota Pontianak. Perjalanan kurang lebih 2 jam menggunakan pesawat terbang. Harga tenun ikat ini tergolong mahal. Daerah ini terkenal sebagai penghasil tenun ikat. saya dan ibu saya pergi ke Pontianak. Pontianak merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Motif tenunnya sangat unik dan coraknya sangat khas Kalimantan Barat.