RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO: 1 Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : XII/1 Materi Pokok : Hitung Integral Pertemuan Ke- : 1 s.d. 10 Alokasi Waktu : 10 x pertemuan (20 x 45 menit)

Standar Kompetensi : - Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana Kompetensi Dasar : - Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu - Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana - Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva Indikator : - Memahami pengertian integral - Memahami konsep integral tak tentu - Memahami konsep integral tertentu - Menghitung integral tak tentu - Menghitung integral tertentu - Menghitung luas sebagai limit suatu jumlah - Memahami penggunaan integral Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran (10 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran - Siswa dapat memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu - Siswa dapat menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana - Siswa dapat menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva B. Materi Pembelajaran Hitung integral Pertemuan ke-1 s.d 3 1. Integral disebut juga antiturunan 2. Integral tak tentu: +c Pertemuan ke-4 s.d 6 1. Integral tertentu: bf(x)dx= F(x) b a a 2. Untuk memperoleh pendekatan luas daerah: luas = b ydx a Pertemuan ke-7 s.d 10 1. Luas daerah antara kurva dan sumbu x adalah : L = b ( ) dx a fx 2. Luas antara dua kurva: L = b ( ) dx a fxb ( ) dx a gx C. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Alat : pengaris.d 6 Pendahuluan Apersepsi: 1. siswa diajak memahami pengertian integral tertentu 2. Guru memberikan tugas rumah (PR) Pertemuan ke. Guru memberikan tugas rumah (PR) Pertemuan ke.Pertemuan Ke-1 s. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang integral tertentu pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1. siswa diajak memahami integral tertentu 2. Dengan berdialog dan berdiskusi. untuk membantu siswa dalam memahami penggunaan integral Kegiatan Inti 1. melalui contoh mengetahui integral tak tentu 3. Alat dan Bahan 1. Dengan berdiskusi . Teknik/jenis : kuis dan tugas individu . siswa diajak memahami pengertian integral 2. Dengan metode inkuiri. melalui contoh mengetahui konsep integral tertentu 3. untuk membantu siswa dalam memahami integral tertentu Kegiatan Inti 1. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami penyelesaian permasalahan integral 4. Siswa diajak memahami tentang menghitung luas daerah Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik.7 s. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami penyelesaian integral tertentu 4. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Dengan metode inkuiri.d 3 Pendahuluan Apersepsi: 1. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pengertian integral pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1. Dengan metode inkuiri. siswa diajak memahami penyelesaian integral tak tentu 4. untuk membantu siswa dalam memahami pengertian integral Kegiatan Inti 1. Siswa diajak mengingat pemahaman tentang turunan Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik. Sumber belajar : .LKS Tuntas F. Dengan berdialog dan berdiskusi. Dengan berdialog dan berdiskusi.Buku lain yang relevan .Buku paket .d 10 Pendahuluan Apersepsi: 1. Penilaian 1. mengetahui penyelesaian integral untuk menghitung luas daerah 3.4 s. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. kertas grafik 2. Siswa diajak mengingat pemahaman menghitung luas suatu daerah Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang penggunaan integral pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1.

Membuat model matematika dari masalah program linear .Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel .Merancang model matematika dari masalah program linear . 16 d. Luas daerah arsiran kurva y = 6x – 12 berada di . 0 3.: 11 s.Menentukan nilai optimum suatu bentuk objek .Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear . Materi Pembelajaran Program linear Pertemuan ke-11 s.d. -8 b. Penyelesaian optimum biasanya didapat pada titik-titik sudutnya 3.Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya Indikator : .Memahami pengertian program linear . Model matematika suatu program linear terdiri atas fungsi objektif yang berbentuk ax + by dan fungsi kendala 2. 8 e. inkuiri. NIP.Menyelesaikan masalah program linear Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran (10 x pertemuan) A... dan penugasan D.d 20 1.. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 2 Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : XII/1 Materi Pokok : Program linear Pertemuan Ke. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-11 s.Siswa dapat menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel . 4. Nilai dari bentuk pengintegralan (3x2 -4) dx 0 -2 adalah .Menyelesaikan masalah program linear Kompetensi Dasar : . Model matematika adalah suatu penulisan masalah sehari-hari dalam bentuk matematika yaitu dengan menggunakan variabel-variabel dalam persamaan dan pertidaksamaan Pertemuan ke-16 s. Tujuan Pembelajaran .d.Siswa dapat merancang model matematika dari masalah program linear .. Instrumen/soal: 1. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok. Hitunglah luas daerah antara kurva y = x 2 – 4 dan sumbu x! Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) ………………………….Merumuskan model matematika pertidaksamaan linear . Program linear adalah salah satu bagian dari matematika terapan yang berisikan tentang pembuatan program untuk memecahakan persoalan-persoalan tertentu dalam kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam model matematika yang berupa sistem persamaan atau pertidaksamaan linear 2. sumbu x. 2009 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. a.d 15 1.2. Cara lain untuk menentukan nilai maksimum atau minimum dari fungsi objektif ax + by adalah dengan menggunakan garis selidik ax + by = k C. 20 Alokasi Waktu : 10 x pertemuan (20 x 45 menit) Standar Kompetensi : . -16 c. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis 3.. tanya jawab..Siswa dapat menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya B. Tentukan hasil dari pengintegralan ! 2. 15 .

2009 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajara NIP. Penilaian 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 3.00 dan jenis II dijual Rp30. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak menentukan nilai maksimum dan minimum program linear 4. 20 Pendahuluan Apersepsi: 1. Tunjukkan pada diagram cartesius himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan x + y ≤ 4 dan x + 2y ≤ 6 . Instrumen/soal: 1. 180 b.Pendahuluan Apersepsi: 1. Alat : penggaris. untuk membantu siswa dalam memahami sistem pertidaksamaan linear Kegiatan Inti 1. 1.d. seorang penjahit pakaian jadi model I memerlukan 1 meter kain merah dan 1.000. Dengan berdialog dan berdiskusi. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Sumber belajar : . sedangkan hasil kalinya ialah h. Dengan metode inkuiri.00! Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) …………………………. maka hasil kali h yang paling besar adalah . x. 3.800 d. Alat dan Bahan 1. Tentukan jumlah masing-masing model I dan model II agar mencapai nilai maksimum jika harga pakaian I dijual Rp40.5 meter kain hijau. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. model II memerlukan 2 meter kain merah dan 0. y ≥ 0! 2. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Dengan berdialog dan berdiskusi.600 c. melalui contoh soal memahami penggunaan garis selidik 3. Dengan metode inkuiri.. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sistem pertidaksamaan linear pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1. siswa diajak memahami nilai optimum bentuk objek 2.Buku lain yang relevan . NIP. . siswa diajak memahami pengertian program linear 2.. Siswa diberi pemahaman tentang pengertian program linear Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik. 600 3. Dengan persediaan kain merah 20 meter. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak membuat model matematika 4. Siswa diberi pemahaman tentang perhitungan matematika dalam perekonomian Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik..000. Guru memberikan tugas rumah (PR) Pertemuan Ke-16 s. a. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. kertas grafik 2.5 meter kain hijau.LKS Tuntas F. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang nilai optimum suatu bentuk objek pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1. untuk membantu siswa dalam memahami nilai optimum suatu bentuk objek Kegiatan Inti 1. Jika jumlah dua bilangan x dan y ialah 60. 900 e.Buku paket . melalui contoh soal memahami model matematika 3.

matriks baris. 36 Alokasi Waktu : 16 x pertemuan (32 x 45 menit) Standar Kompetensi : . Jika A adalah matriks berordo 2 x 2 yang komponennya a b cd maka determinan matriks A adalah ditulis: det A = a b cd = ad – bc 2. 23 1.Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain . transpose suatu matriks.Menentukan invers suatu matriks . Materi Pembelajaran Matriks Pertemuan ke-21 s. Dua buah matriks dapat dikalikan jika banyaknya kolom matriks kiri sama dengan banyaknya baris matriks kanan Pertemuan ke-29 s. matriks kolom.d. 28 1.: 21 s. Matriks adalah susunan unsur-unsur yang berbentuk persegi panjang dalam aturan baris dan kolom serta ditempatkan di dalam kurung 2.Memahami kesamaan matriks .Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : . 36 1. matriks bujur sangkar.Siswa dapat menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel B.Memahami matriks singular dan nonsingular . Dua matriks dapat dijumlahkan atau dikurangkan apabila ordo kedua matriks tersebut sama 2. Jenis matriks: matriks nol. matriks segitiga 4.Menyelesaikan sistem persamaan linear dengan determinan matriks .Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 .Memahami jenis matriks .Menentukan determinan matriks berordo 2 x 2 .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 3 Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : XII/1 Materi Pokok : Matriks Pertemuan Ke. Jika A adalah matriks a b cd . Ordo matroks adalah ukuran matriks yang dinyatakan dengan banyaknya baris (m) dan banyaknya kolom (n) 3. matriks diagonal.Memahami ordo matriks .d.d.Menyelesaikan sistem persamaan linear dengan invers matriks Alokasi Waktu : 32 jam pelajaran (18 x pertemuan) A. Dua buah matriks dikatakan sama apabila ordonya sama dan elemen-elemen yang seletak juga sama Pertemuan ke-24 s.d.Siswa dapat menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain .Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel Indikator : .Menjelaskan pengertian matriks .Siswa dapat menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 .Menyelesaikan operasi matriks . Tujuan Pembelajaran . Jika k adalah bilangan real maka perkalian matriks A dengan k dituliskan kA atau Ak adalah matriks yang setiap elemennya diperoleh dengan mengalikannya setiap elemen matriks A dengan k 3. matriks satuan.

Dengan berdiskusi . matriks singular dan nonsingular. melalui contoh soal memahami matriks singular dan nonsingular . untuk membantu siswa dalam memahami determinan dan invers matriks. Dengan berdialog dan berdiskusi. inkuiri. melalui contoh soal memahami jenis-jenis matriks 3. jenis matriks. Siswa diberi pemahaman tentang bentuk umum matriks Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik. Suatu matriks A dikatakan matriks singular apabila det A = 0 dan matriks A tidak mempunyai invers. Siswa diberi pemahaman tentang matriks Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok. untuk membantu siswa dalam memahami operasi matriks Kegiatan Inti 1. siswa diajak memahami penjumlahan dan pengurangan matriks 2. dan kesamaan matriks pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-21 s. Guru memberikan tugas rumah (PR) Pertemuan Ke-29 s. Dengan metode inkuiri. Siswa diberi pemahaman tentang operasi bilangan Motivasi: Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik. tanya jawab. dan penugasan D. Jika matriks A ≠ 0 maka matriks tersebut disebut matriks nonsingular dan mempunyai invers 4. dan penggunaan matriks Kegiatan Inti 1.d. Dengan berdialog dan berdiskusi. dan kesamaan matriks Kegiatan Inti 1.maka invers A ditulis A-1 dan dinyatakan sebagai A -1 = 1 ad . Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pengertian notasi dan ordo matriks. Dengan berdialog dan berdiskusi. 28 Apersepsi: 1. 36 Apersepsi: 1. untuk membantu siswa dalam memahami pengertian notasi dan ordo matriks. Dengan metode inkuiri. 23 Pendahuluan Apersepsi: 1. Penggunaan matriks dalam kenyataannya bisa digunakan untuk menyelesaikan sistem persamaan linear C.d. siswa diajak memahami pengertian matriks dan ordo matriks 2. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang operasi matriks pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1.bc dengan ad – bc ≠ 0 3. melalui contoh soal memahami perkalian matriks dengan skalar dan perkalian matriks dengan matriks 3. Dengan metode inkuiri. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami kesamaan matriks 4. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2.d. siswa diajak memahami penyelesaian operasi matriks 4. siswa diajak memahami pengertian determinan dan invers matriks 2. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. jenis matriks. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Guru memberikan tugas rumah (PR) Pertemuan Ke-24 s.

Matriks transpose dari bentuk matriks A = 2 1 33 adalah . Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Alat dan Bahan 1. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami penggunaan matriks 4. Sumber belajar : . Instrumen/soal: 1. matriks singular dan nonsingular. a.3.Buku lain yang relevan . Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2..LKS Tuntas F. 2 1 33 .. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Penilaian 1. dan penggunaan matriks pada buku lks dan buku penunjang lainnya Penutup 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Guru memberikan tugas rumah (PR) E.Buku paket . Alat : 2.. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang determinan dan invers matriks.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful