BAB 2 ISI 2.1.

Pengertian Boiler Secara umum boiler adalah bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atausteam. Air panas atau steam pada tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke Suatu proses. Air adalah media yang berguna dan murah untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Jika air dididihkan sampai menjadisteam, volumnya akan meningkat sekitar 1.600 kali, menghasilkan tenaga yang menyerupai bubuk mesiu yang mudah meledak, sehingga boiler merupakan peralatan yang harus dikelola dan dijaga dengan sangat baik. Sistem boiler terdiri dari: sistem air umpan, sistemsteam dan sistem bahan bakar. Sistem air umpan menyediakan air untuk boiler secara otomatis sesuai dengan kebutuhansteam. Berbagai kran disediakan untuk keperluan perawatan dan perbaikan. Sistemsteam mengumpulkan dan mengontrol produksisteam dalam boiler.Steam dialirkan melalui sistem pemipaan ke titik pengguna (http://asmteknik.com/index.php?option=com_content&view=article&id=64&Itemid=62). Dalam sumber lain, id.wikipedia.org/wiki/Boiler, boiler (ketel uap) adalah alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. Bahan bakar pendidih bermacam-macam dari yang populer batubara dan minyak bakar, sampai listrik, gas, biomasa, nuklir dan lain-lain. Pendidih merupakan bagian terpenting dari penemuan mesin uap yang merupakan pemicu lahirnya revolusi industri. 2.2. Prinsip Kerja Boiler Prinsip kerja boiler secara umum adalah pengubahan dan pemindahan energi yang dikandung bahan bakar menjadi energi yang dikandung uap air. Proses pelepasan energi bahan bakar dilakukan dengan cara mereaksikan bahan bakar dengan oksigen yang diambil dari udara.Pencampuran antara unsur-unsur yang dapat terbakar pada bahan bakar dengan oksigenakan menyebabkan terlepasnya energi yang dikandung bahan bakar. Energi tersebut akanmenaikkan tingkat energi gas asap sehingga temperatur gas tersebut naik. Kenaikantemperatur gas yang tinggi menyebabkan terjadinya perpindahan energi panas, baik radiasimaupun konveksi dari gas asap ke dinding air. Energi tersebut diperlukan untuk menaikkantemperatur air menjadi uap (http://www.scribd.com/doc/35222816/17/PrinsipKerja-Boiler). 2.3. Bagian-Bagian Boiler Sistem boiler terdiri dari: sistem air umpan, sistem steam dan sistem bahan bakar. Sistem air umpan menyediakan air untuk boiler secara otomatis sesuai dengan kebutuhan steam (http://www.scribd.com/doc/28323850/Pengetahuan-Umum-Boiler). Boiler terdiri dari komponen utama dan komponen tambahan yang membentuk satu kesatuan sehingga boiler dapat menjalankan operasinya: 2.31. Komponen Utama 1 . F u r n a c e Komponen ini merupakan tempat pembakaran bahan bakar. Beberapa bagiandari furnace diantaranya: refractory, ruang perapian,

exhaust for flue gas. 4 . A i r H e a t e r Komponen ini merupakan ruangan pemana s y a n g d i g u n a k a n u n t u k memanaskan udara luar yang diserap untuk meminimalisasi udara yang lembabyang akan masuk ke dalam tungku pembakaran 5 .charge and discharge door. P i p a A p i Adalah pipa-pipa dengan diameter 55 mm yang jumlahnya mencapai 1062 buah yang fungsinya untuk menguapkan air. S u p e r h e a t e r Komponen ini merupakan tempat pengeringan steam dan siap dikirim melaluimain steam pipe dan siap untuk menggerakkan turbin uap atau menjalankan prosesindustri. C e r o b o n g A s a p Yaitu perangkat dari ketel uap yang berfungsi meneruskan atau membuanga s a p s i s a r e a k s i p e m b a k a r a n y a n g t e r j a d i d i d a l a m b o i l e r d e n g a n t u j u a n menyalurkan gas asap bekas supaya tidak mengotori atau mengganggu lingkungans e k i t a r .i n s t r u m e n y a n g menjalankan proses pemindah panas seperti lorong api dan pipa api. Gas . Biasanya lorong pipa api di dalam boiler dibuat bergelembung memanjangdengan tujuan:. Economizer terdiri dari pipa-pipa air yang ditempatkan pada lintasan gas asap sebelum meninggalkan ketel. D i d a l a m c e r o b o n g a s a p i n i t e r d a p a t w a t e r s p r a y y a n g f u n g s i n y a u n t u k menyemprotkan air di dalam cerobong supaya abu dari sisa pembakaran jatuh ke bawah dan mengalir ke bak sedimen.R u a n g b a k a r a t a u l o r o n g a p i i n i d i g u n a k a n u n t u k m e m a n a s k a n a i r . Steam DrumKomponen ini merupakan tempat penampungan air panas dan pembangkitansteam. E co no m i z e r Komponen ini merupakan ruangan pemanas yang digunaka n u n t u k memanaskan air dari air yang terkondensasi dari sistem sebelumnya maupun air umpan baru sebelum masuk ke dalam ketel. Api yang dihasilkan tersebut dihembuskan ke seluruh lorong apioleh motor blower dan melewati pipa-pipa api sampai terjadi proses penguapan. B u r n e r Yaitu perangkat dari ketel uap yang berfungsi menyemprot bahan bakar kedalam ruang pembakaran sehingga pembakaran mudah terjadi. Steam masih bersifat jenuh (saturated steam). dalam badanketel inilah sejumlah air ditampung untuk dipanaskan. 7 .M e n g h a m b a t j a l a n n y a p a n a s a t a u g a s d a r i h a s i l reaksi pembakaran. 6 . Api yang dihasilkan adalah hasil pengabutan dari bahan bakar. lorong api dapat fleksibel. Diameternya kurang dari 1 meter. udara dan bahan lain yaitu LPG serta dengan bantuan elektroda untuk penyalaan awal. 2.T a n g k i a t a u d r u m s e r i n g d i s e b u t j u g a b a d a n k e t e l u a p y a i t u t e m p a t beroperasinya ketel uap di dalamnya terdapat i n s t r u m e n t .burner. 8 . 3 .M e m p e r l u a s b i d a n g y a n g d i p a n a s k a n -Pada saat pemuaian akibat pembakaran.

k a r e n a a i r isian masuk ke dalam ketel sudah dalam keadaan panas. G a s a s a p y a n g m a s i h p a n a s i n i y a n g a k a n d i m a n f a a t k a n u n t u k memanaskan air isian ketel.3. Ekonomiser merupakan jenis dari pemanas air.Memperbesar efisiensi ketel karena memperkecil kerugian p a n a s y a n g dialami ketel uap. Alat ini berada di depan boiler. Keuntungan dari ekonomiser yaitu: Mengefisiensikan bahan bakar antara 15-20% . Terdapat empat macam jenis katup pengaman. dan jika level air dalam boiler terlalu rendah. Pada tekanan normal pemberat akanmenyebabkan katup terletak pada kedudukannya. berfungsi sebagai pengisi air pada boiler. misalnya pada kereta api.4. katupakan terangkat dari kedudukannya dan uap akan keluar sehingga tekanan normallagi. maka katup akan terangkat dari kedudukannya dan uap akan keluar secaraotomatis. Jika tekanan melebihi seting. Katup inidigunakan jika tekanan kerja uap lebih besar daripada seting. Jumlah pemberat disesuaikan dengan tekanan perencanaan. Pompa pengisi air. Akan tetapi. 2. Dead weight safety valveUmumnya dipakai pada boiler yang diam. Indikator tinggi air merupakan alat untuk menunjukan tinggi permukaan air yang ada pada boiler.Adapun keuntungan menggunakan economizer antara lain:.M e n g h e m a t b a h a n b a k a r s e h i n g g a b i a y a o p e r a s i o n a l l e b i h m u r a h .asapy a n g a k a n m e l e w a t i c e r o b o n g t e m p e r a t u r n y a m a s i h c u k u p t i n g g i s e h i n g g a merupakan kerugian panas yang besar bila gas asap tersebut langsung dibuang lewatc e r o b o n g . Dengan pemanas ini. 2.2.   High steam and lower safety valveKatup ini terletak di puncak pada ketel uap Cornish dan Lancashire.3. Katup pengaman berfungsi untuk menjaga dari terjadinya peledakan boiler karenatekanan yang melebihi batas. makauap mendesak katup. maka beban termis boiler akan lebih ringan. Jika ada tekanan yang melebihiseting. dan mengurangikerak-kerak pada boiler .  3.2. 5.sehngga tekanan dalam air akan turun. Spring loaded safety valveBiasanya dipakai pada boiler yang bergerak. Komponen Tambahan pada Boiler 1. Pemanas air. Pengatur air merupakan alat kontrol otomatis untuk mengatur pemasukan air agar tingginya tetap di dalam boiler. Terdapat duakatup yang di tempatkan pada dudukan katup. Jika tekanan melebihi seting. 6. yaitu:  Lever safety valveBerfungsi untuk menjaga tekanan boiler tetap aman. ekonomiser menerima panas dari gas-gas sisa pembakaran yang menuju st ack . befungsi untuk menaikkan temperatur air yang masuk ke boiler.

Dapat mencegah timbulnya kerak dalam pipa air. k e m u d i a n p a n a s y a n g d i h a s i l k a n dihantarkan langsung kedalam boiler yang berisi air. Besar dan konstruksi boiler mempengaruhi kapasitas dan tekanan yang dihasilkan boiler tersebut. sebagian besar fire tube boiler dikonstruksi sebagai paket boiler (dirakit oleh pabrik) untuk semua bahan bakar.4. berfungsi untuk memasukkan udara ke dalam ruang bakar boiler (http://www. Separator. Fire Tube Boiler Cara kerja:P r o s e s p e n g a p i a n t e r j a d i d i d a l a m p i p a .000 kg/jam)dengan tekanan rendah sampai sedang (18 kg/cm2). 2. Water Tube Boiler . Water treatment plant. berguna untuk menghilangkan moist ure-moist uap setelah dari boiler untuk didistribusikan. berfungsi untuk mengolah air agar air tersebut baik untuk boiler.1.8. gas atau b a h a n bakar padat. -Dalam operasinya dapat menggunakan bahan bakar minyak.4.7. 2. -Untuk alasan ekonomis. Uap dari boiler dibawa ke dalam chamber yang jauh lebih besar dari pipanya sendiri. karena boiler sudah dipanaskan dankerak terbentuk dalam pipa-pipa ekonomiser. Kipas udara atau blower. Klasifikasi Boiler 2.com/doc/35222816/17/Prinsip-Kerja-Boiler). sehingga terjadi ekspansi volume. 9.Karakteristik: -Biasanya digunakan untuk kapasitas steam yang relatif kecil (12. Berdasarkan Tipe Pipa 1.scribd.

Ciri-ciri package boiler : Kecilnya ruang pembakaran dan tingginya panas yang dilepas m e n g h a s i l k a n penguapan yang lebih cepat.2.4. A i r u m p a n i t u s e b e l u m n y a d i k ondisikant e r l e b i h d a h u l u m e l a l u i economizer. P a k e t b o i l e r biasanya merupakan tipe fire tube boiler dengan transfer panas yang tinggi baik radiasi maupun konveksi. Steamy a n g d i h a s i l k a n k e m u d i a n d i k u m p u l k a n t e r l e b i h d a h u l u d i d a l a m seb u a h Steam drum sampai sesuai.Karakteristik :. suplai b a h a n b a k a r d a n s a m b u n g a n l i s t r i k u n t u k d a p a t b e r o p e r a s i . -Kurang toleran terhadap kualitas air yang dihasilkan dari plant pengolahana i r .Cara kerja:Proses pengapian terjadi di luar pipa. Menggunakan bahan bakar minyak dan gas untuk water tube boiler yangdirakit dari pabrik Menggunakan bahan bakar padat untuk water tube boiler yang tidak dirakitdi pabrik 2.kandungan lain yang larut dalam air. Kapasitas steam antara 4. Panas yang dihasilkan digunakan untuk m e m a n a s k a n p i p a y a n g b e r i s i a i r .T i n g k a t e f i s i e n s i p a n a s y a n g d i h a s i l k a n c u k u p t i n g g i . Hanya memerlukan pipa steam . Berdasarkan Konstruksi Boiler 1.Package Boiler Disebut package boiler karena sudah tersedia sebagai paket yang lengkap pada saat dikirim ke pabrik. Boiler ini digunakan untuk kebutuhan tekanan steam yang sangat tinggiseperti pada pembangkit tenaga.Setelah melalui tahap secondary superheater dan primary superheater . S e h i n g g a a i r h a r u s d i k o n d i s i k a n t e r h a d a p m i n e r a l d a n k a n d u n g a n .500-12. pipa air.- . b a r u steam dilepaskan ke pipa utama distribusi.000 kg/jam dengan tekanan sangat tinggi.

ditempat akan berdirinya boiler tersebut. Boiler yang paling umum dalam kelas ini adalah unit tiga pass dengan dua set fire tube dan gas buangnya keluar dari belakang boiler. kenaikan suhu dan tekanan menyebabkan komponen air m e m i l i k i s i f a t y a n g b e r b e d a . 2.T i n g k a t efisiensi thermisnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan b o i l e r lainnya. H a m p i r s e m u a k o m p o n e n d a l a m a i r u m p a n d a l a m keadaan terlarut. Ruang pembakaran ditempatkan sebagailintasan pertama setelah itu kemudian satu. Perhitungan Effisiensi Boiler . yang menerima semua bahan pencemar darisistem di depannya. Kinerja boiler.Banyaknya jumlah pipa yang berdiameter kecil membuatn y a m e m i l i k i perpindahan panas konvektif yang baik. kadang-kadang dalam b e n t u k K r i s t a l d a n p a d a w a k t u y a n g l a i n d a l a m b e n t u k a m o r p h .Site Erected Boiler Tipe site erected boiler perakitannya biasanya dilakukan Pengiriman dilakukan per komponen.. Walau demikian dibawah kondisi panas dan tekanan hampir seluruhkomponen terlarut keluar dari larutan sebagai padatan partikuat. maka akan terjadi pembentukan kerak danendapan.com/doc/28323850/Pengetahuan-Umum-Boiler) 2. dua.5.S e j u m l a h lintasan/pass menghasilkan perpindahan panas keseluruhan y a n g baik. efisiensi dan umur layanan me r u p a k a n h a s i l langsung dari pemilihan dan pengendalian air umpan yang digunakan dalam boiler. Air boiler harus cukup bebas dari pembentukan endapan padat supaya terjadi p e r p i n d a h a n p a n a s y a n g c e p a t d a n efisien dan harus tidak korosif terhadap l o g a m boiler (http://www. e n d a p a n d a n k o r o s i .Jika air umpan masuk boiler. S e b u a h b o i l e r merupakan bagian dari sistem boiler..scribd.6. J i k a k e l a r u t a n komponen spesifik dalam air terlewati. atau tiga set pipa api. Pengolahan Air Umpan Boiler Memproduksi steam yang berkualitas tergantung pada pengolahan air yang benar untuk mengendalikan kemurnian steam. Sistem forced atau induced draft menghasilkan efisiensi pembakaran yang baik.Boiler tersebut dikelompokkan berdasarkan jumlah pass nya yaitu berapakali gas pembakaran melintasi boiler. 2.

4. Jika panas tersebut terbawa keluar cerobong oleh flue gas.2. pemakaian bahan bakar menjadi berkurang. besarnya excess air dapat diatur. Dengan demikian. Burner yang baik akan membentuk campuran bahan bakar dan udara pembakaran dengan excess air yang minimum. Excess air yang rendah menyebabkan pembakarankurang sempurna sehingga terbentuk gas CO. Excess air Pembakaran di dalam sistem boiler selalu membutuhkan udara lebih dengan maksuduntuk mencapai pembakaran sempurna. menurunkan konsumsi energi dari pompa feedwater boiler dan memperkecil kehilangan energi pada terminal penurunan . Untuk meningkatkan efisiensi boiler. Denganmenaikkan temperatur feedwater. Alat pembakar/burner Burner berfungsi untuk mencampur udara pembakaran dengan bahan bakar. Effisiensi: Effisiensi: 100% Di mana: Ma = laju alir air umpan (kg/jam) Ha = entalpi air pengisi boiler (kJ/kg) Mb = laju alir bahan bakar (kg/jam) NHF = nilai kalor bahan bakar (kJ/kg) Mu = laju alir udara (kg/jam) Hu = entalpi udara (kJ/kg) Hua = entalpi uap (kJ/kg) Faktor-faktor yang mempengaruhi effisiensi boiler: 1. Perhitungan yang akan dilakukan merupakan efisiensi termal denganmenggunakan metode langsung. Cara untuk menaikkan temperatur feedwater yaitudengan menggunakan ekonomiser Tekanan uap/ steam pressureKeuntungan penurunan tekanan kerja operasi boiler akan menurunkan kerugian panas akibat radiasi pada boiler.3. Sedangkan excess air yang terlalutinggi dapat meningkatkan kerugian panas yang terbawa oleh gas buang yang keluar melalui cerobong. berarti jumlah panas yang diserap oleh feedwater dari flue gas untuk membentuk uap jadi berkurang. Temperatur feedwater boiler Efisiensi boiler dapat dinaikkan dengan menaikkan temperatur feedwater. maka hal inimerupakan suatu kerugian.Performansi burner mempunyai pengaruh yang penting terhadap efisiensi boiler karena mempengaruhi kebutuhan excess air.Untuk menghitung efisiensi boiler diperlukan data hasil perhitungan keseimbanganmassa dan energi. Terdapat perbandingan tertentu antara udara pembakaran dengan bahan bakar sehingga boiler akan bekerja dengan efisiensi terbaiknya. Temperatur gas buang/flue gasTingginya temperatur gas buang berarti bahwa tingginya panas yang dibawa gas buang. Efisiensi dihitung menggunakan parameterparameter energi masuk dan energi keluar sistem boiler yang yang berguna.

Penurunan tekananhingga 5 bar dapat menaikkan efisiensi. Sifat merugikan garam-garam pembentuk kerak timbul karenagaram-garam tersebut larut pada temperatur rendah tetapi tidak larut pada temperatur tinggi. tetapi dengan tekanan sekecil itu tentu sajatidak akan mencapai kebutuhan uap yang diperlukan.tekanan. Jika permukaan air terlalu bawah.Pembilasan selalu dilakukan pada saat air hampir maksimum.Perawatan-perawatan yang dilakukan sendiri oleh unit boiler CRM biasanya hanya bersifat pencegahan atau prevent ive maint enance. besarnya penurunan uap tekanan kerja operasi dibatasi oleh kebutuhan uapdan pipa distribusi uap pada boiler. Akantetapi. pembersihan perlu dilakukan karena kotoran-kotoran yang mungkin terjebak. katup-katup dan pipa-pipa pengisian hrus diperiksa karena kemungkinan terjadi penyumbatan.Kadang-kadang diperlukan tekanan air pengisian dengan tekanan yanglebih dari biasanya untuk mempertahankan produksi uap. baik perawatan rutin maupun perawatan total. Pengaruh bahan bakar Komposisi yang berbeda dari bahan bakar mempunyai pengaruh terhadap efisiensi boiler. Jika hal tersebut terjadi. Operasi dan Perawatan Boiler Perawatan pada boiler sudah dijadwalkan dengan ketat. tutup katup uap dan air pengisian.Pada pembersihan boiler digunakan udara bertekanan untuk mengusir larutan pembersih. biasanya pada sisi air terjadi kerak ( sca l ing ). Adanya kerak dapat menimbulkan pemanasan yang berlebih. Jika permukaan air pada kaca penduga tidak tampak. Untuk menjamin keamanan inspeksi boiler diperlukan pengesahan darilembaga yang ditunjuk oleh pemerintah yang melakukan sertifikasi operasi boiler di CRMsetiap 4000jam. Tekanan kerja boiler rata-rata di dinas utility CRM adalah 8 bar. laju pemanasan dan pendinginan tidak boleh melebihi harga tertentu.6. Untuk mencegah adanya tegangan-tegangan termal yang dapat menimbulkankeretakan. Untuk boiler yang telah beroperasi. Walaupun boiler masih baru. .7. harus dilakukan langkah-langkah berikut: Hentikan aliran bahan bakar Teliti permukaan air dengan t ry cock dan katup pembuangan wa t er co l umn. Pengaruh tersebut ditentukan oleh kandungan hidrogen dalam bahan bakar yang akan menyebabkan perbedaan moisture content dalam flue gasdan perbedaan jumlah panas yang dilepas pada pembakaran bahan bakar 2. Kerak terjadi karena pengolahan air dari WTP yang tidak sempurna.

Untuk menghindari hal tersebut. jangan hentikan aliran udara y Tutup non re t urn va l ve.  24Jika pada waktu operasi diketahui dilakukan langkah-langkah berikut: y Matikan aliran bahan bakar.5 kali tekanan operasi yang diijinkan. y Untuk mempercepat pendinginan. Kemudian teliti adanyakebocoran.scribd.y Jangan matikan b l ower sehingga terjadi pendinginan yang terkontrol. y Jika temperatur terlalu dingin. y Jika kebocoran tidak tampak. Jika hal tersebut terjadi. y adanya pipa yang bocor. Boiler diisi dengan air sampaitekanannya 1. lakukan uji statik. Hal tersebut dapat menyebabkan boiler yang lain kekurangan air. pompa pengisi air cadangan perlu dijalankan (http://www. maka perlu Ambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya kebakaran. harus diperhatikan bahwa ada kemungkinan air yang masuk ke boiler akan menjadi lebih besar karena kebocoran.com/doc/35222816/17/Prinsip-Kerja-Boiler) . periksa adanya kebocoran pada pipa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful