JAVA NETBEAN

Sejarah Netbean NetBeans mengacu pada dua hal, yakni platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut ‘modul’. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinetraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modulmodul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful. Pengembangan NetBeans diawali dari Xelfi, sebuah proyek mahasiswa tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles, Praha. Sebuah perusahaan kemudian dibentuk untuk proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystem pada tahun 1999. Sun kemudian menjadikan NetBeans open source pada bulan Juni tahun 2000. Sejak itu komunitas NetBeans terus berkembang.

Tutorial Membuat Form dalam Netbeans 1. Sebelumnya kita install dulu netbeans5.5 atau versi diatasnya dengan jdk 1.5.0_7 atau versi diatasnya. 2. lalu kalau sudah terinstall, pilih File->New Project. Disini kita akan bikin project dan otomatis akan terbentuk Main.java 3. klo sudah kita pilih File ->New File ada banyak tipe java disitu,kita pilih Java GUI Form -> sesuai anak panah.

Tutorial Membuat Tabel .4. 5. lalu isi nama Classnya dan pilih packagenya sesuai anak panah. kalau sudah pilih Finish.

Kalau sudah klik OK tinggal kita setting di source code nya.DefaultTableModel tblModel = getDefaultTabelModel().table. Kita beri nama dgn klik kanan pilih “change variable name”. kita buat kolom dengan klik Model lalu isi nama kolom-kolomnya seperti gambar dibawah ini 3. Pertama kita membuat Table dengan Mendrag JTable pada Palette.swing.kita beri nama misal : “table” 2. Pada baris paling akhir di sourcenya sebelum } paling akhir kita bikin objek untuk TableModel langsung ketik coding dibawah ini : private javax. .1.

Cara menginput data kedalam ke JTable : Pertama kali kita deklarasikan dulu variable array satu dimensi diluar fungsi supaya dikenal disemua fungsi yang lain. String data[] = new String [4].180.. Didalam fungsi private void cmdsimpanactionperformed.dan lebar tiap kolom2nya Tabel(tabel. Tambahin source code berikut : // kita modelkan tablenya sesuai dgn objek tblModel tabel. juga diketik secara manual: 5. // kita kirim data ke fungsi Tabel :nama tabelnya.new int[]{120.120. 6. dan Tabel untuk pengaturan tablenya seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu kita setting di konstruktornya.4.untuk pengaturan lebar kolomnya.setModel(tblModel). lalu kita buat fungsi getDefaultTabelModel().120}). Tambahkan coding seperti dibawah ini : .

caranya : Pilih Inspector kemudian ikuti petunjuk dibawah ini : Setelah itu akan muncul Fungsi : private void tabelMouseClicked(java.7. Cara Menampilkan Data dari Jtable kedalam Form di Netbeans: Nanti kita akan mengklik 2x baris dalam JTable yang berisi data yang akan ditampilkan kedalam Form di Netbeans.MouseEvent evt) { } Kita modifikasi Fungsi tersebut sehingga menjadi seperti dibawah ini : Dengan coding diatas maka secara otomatis jika kita klik 2x baris dalam JTable maka .awt.event.

Cara Menghapus Data Dalam JTable Ketikan Coding Dibawah Ini : private void cmdhapusActionPerformed(java. 8.awt.removeRow(row).event.. Cara Mengedit Data Dalam JTable Setelah data muncul dalam Form untuk mengeditnya ikuti coding dibawah ini : 9. } Selamat Mencoba. .data dalam baris terpilih akan muncul dalam Form kemudian bisa kita edit dan delete.ActionEvent evt) { tblModel..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful