P. 1
Presentasi Gambar Teknik - Materi Proyeksi Orthogonal

Presentasi Gambar Teknik - Materi Proyeksi Orthogonal

|Views: 1,593|Likes:
Published by Jeihan J. Putri
Presentasi Gambar Teknik (Gamtek) materi Proyeksi Orthogonal.
Presentasi Gambar Teknik (Gamtek) materi Proyeksi Orthogonal.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Jeihan J. Putri on Sep 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

APAKAH PROYEKSI ORTHOGONAL ITU?

Proyeksi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menggambarkan penglihatan mata kita dari suatu benda tiga dimensi kedalam kertas gambar secara dua dimensi sehingga apa yang dilihat atau dipandang sesuai dengan penglihatan mata kita. Proyeksi Orthogonal adalah proyeksi suatu titik, garis, bidang, dan benda terhadap suatu bidang proyektor yang tegak lurus terhadap bidang proyektornya. Gambar proyeksi orthogonal yang lazim digunakan ada dua cara yaitu cara Eropa dan cara Amerika. Yang dibahas di presentasi ini hanyalah cara Eropa, karena cara Amerika hanya kebalikan dari cara Eropa—cara Eropa menampakkan bidang sebelah kiri, dan cara Amerika menampakkan bidang sebelah kanan.

PROYEKSI ORTHOGONAL
CARA EROPA DAN AMERIKA

Pada cara Eropa mempergunakan tiga bidang proyeksi saling berpotongan tegak lurus satu sama yang lain, di mana benda yang diproyeksikan berada di antara ketiga bidang tersebut.

Sedangkan cara Amerika mempergunakan enam bidang proyeksi yaitu benda dipandang dari enam sisi, tetapi penerapan gambarnya hanya kebalikan dari cara Eropa.

CATATAN!!
Kalau bidang proyeksi III terletak disebelah kanan, maka menerima pandangan dari samping kiri. Dan bilamana terletak disebelah kiri, maka menerima pandangan dari samping kanan.

PROYEKSI ORTHOGONAL
Proyeksi Titik
Untuk memudahkan latihan pemahaman proyeksi siku, maka dibuat suatu kesepakatan awal, yaitu bila ada suatu titik A = 2, 3, 4 maka mempunyai pengertian bahwa: • Angka 2 merupakan jarak ke arah sumbu X atau jarak dari titik A ke bidang III • Angka 3 merupakan jarak ke arah sumbu Y atau jarak dari titik A ke bidang I • Angka 4 merupakan jarak ke arah sumbu Z atau jarak dari titik A ke bidang II Hasil gambar dari proyeksi titik A = 2, 3, 4 adalah sebagai berikut.

PROYEKSI ORTHOGONAL
Proyeksi dengan cara Eropa… Mempunyai ciri-ciri: • Gambar yang diperlukan hanya 3 macam pandangan. • Asal mula mendapatkan gambarnya dengan menarik garis dari setiap titik benda jatuh kebelakang benda tadi secara tegak lurus,sehingga merupakan bayangannya. • Bila dibuatkan alat peraga, bidang proyeksinya terbuat dari tiga buah papan yang saling tegak lurus.

Tiga buah bidang tersebut kita namakan : • Bidang proyeksi I yaitu yang mendatar (horisontal) dan menerima pandangan dari atas. • Bidang proyeksi II adalah yang tegak lurus (vertikal) dan menerima pandangan dari muka. • Bidang proyeksi III yang tegak lurus pula, menerima pandangan dari samping.

PROYEKSI ORTHOGONAL
Untuk lebih jelasnya proses penggambaran proyeksi siku cara Eropa menggunakan proyeksi titik dari sebuah titik A, dapat dilihat pada serangkaian gambar di samping: Kemudian kalau dilihat dari hasil gambar, ternyata: • Jarak dari titik A ke Bidang I sama dengan jarak O-R • Jarak dari titik A ke Bidang II sama dengan jarak O-S • Jarak dari titik A ke Bidang III sama dengan jarak O-P

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->