KEGIATAN EKONOMI

KONSUMEN DAN PRODUSEN

CIRI BARANG KONSUMSI
Dihasilkan oleh manusia

Akan habis/mengalami penyusutan

Ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup

Barang konsumsi dibedakan atas: 1. Barang sekali pakai (once used goods)
2. Barang dapat dipakai beberapa kali (reused goods)

RUMAH TINGGAL BARANG KONSUMSI RUMAH DISEWAKAN BUKAN BARANG KONSUMSI .TUJUAN KEGIATAN KONSUMSI Tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung.

PERILAKU KONSUMEN Pengertian konsumen dan konsumsio Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen Macam-macam perilaku konsumeno Teori perilaku komsumeno o .

PERILAKU PRODUSEN Faktor-faktor produksi o Pola perilaku produseno .

atau mengatur barang dan jasa . pendapatan.Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan aktivitas masingmasing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi. penggunaan.

Konsumen adalah orang yang menggunakan barang-barang hasil produksi. Konsumsi adalah setiap kegiatan yang mengurangi atau menghabiskan utilitas suatu barang atau jasa. Contoh : Makan dan Minum .

baik ditukar dengan uang atau pun dengan benda lainnya. . Nilai pakai kemampuan suatu barang untuk dapat dipakai dalam memenuhi kebutuhan. Misalnya. Buku pelajaran Ekonomi  Nilai tukar kemampuan suatu barang untuk dapat ditukar dengan barang lain.

Perilaku konsumen dipengaruhi oleh dua faktor Faktor internal  Faktor eksternal  .

sebaliknya orang boros. c) Sikap Orang yang hemat hanya akan membeli barangbarang yang telah direncanakan. Begitu sebaliknya. maka konsumsi cenderung makin besar.a) Pendapatan berpengaruh pada besarnya konsumsi yang dilakukan. makin tinggi pendapatan kosumen. d) Selera Masing-masing individu mempunyai selera yang berbeda-beda dalam memilih berbagai jenis barang dan jasa. b) Motivasi Setiap orang mempunyai motivasi sendiri-sendiri dalam melakukan kegiatan konsumsi. .

Perilaku konsumen dibedakan menjadi dua yaitu : 1) Perilaku rasional Perilaku konsumsi yang dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan akal sehat yang menjadi dasar pada saat melakukan konsumsi. . 2) Perilaku irasional Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seorang konsumen berperilaku irasional.

Konsep dasar perilaku konsumen menyatakan bahwa pada umumnya konsumen selalu berusaha untuk mencapai utilitas yang maksimal dari pemakaian benda. Teori nilai guna dibagi menjadi 4 macam .

Mari kita lihat apa yang terjadi dengan nilai guna barang apabila konsumen berusaha memenuhi kebutuhan dengan mengonsumsi lebih dari satu benda. . Nilai Guna total (total utility) Merupakan nilai kepuasan secara keseluruhan yang didapat konsumen dalam mengkonsumsi barang atau jasa. Contoh: 2. Nilai Guna yang makin menurun (diminishing utility) Nilai guna yang didapat konsumen yang dilakukan mulanya meningkat. namun setelah beberapa kali atau sampai pada titik tertentu akan makin menurun.1. Contoh: 3. Nilai Guna marginal (marginal utility) Merupakan pertambahan nilai kepuasan yang di dapat konsumen sebagai akibat dari pertambahan jumlah barang yang dikonsumsi. Nilai Guna yang sama Kita mengetahui bahwa kebutuhan manusia itu banyak dan beraneka ragam. Contoh: 4.

Bulan berikutnya permintaan gula 30 ton. maka nilai guna totalnya dapat dikatakan 10 ton. maka nilai guna total konsumsi juga 30.Permintaan gula di suatu daerah dalam satu bulan adalah 10 ton. .

maka nilai guna marginal antara mangga yang pertama dengan yang kedua adalah 90-50 = 40 . sedangkan nilai guna total dari konsumsi buah mangga berikutnya (yang kedua) adalah 90.Nilai guna total dari konsumen buah mangga yang pertama adalah 50.

2 1 : 6 = 0.Kuantitas Kombinasi kebutuhan Roti Nilai Guna Total Marginal 6 5 3 2 1 1 2 3 4 6 9 Tingkat Substitusi Jeruk Marginal Nilai Guna Kebutuha n Total Marginal 1 1 2 3 5 6 6:1=6 5:1=5 3 : 2 = 1.67 1 : 5 = 0.5 2 : 3 = 0.17 A B C D E F G 20 14 9 6 4 3 2 14 20 GRAFIK .

20 18 16 14 12 10 8 6 4 2 0 2 4 6 8 10 12 14 16 18 2 4 6 8 10 12 20 14 8 14 16 18 20 2 20 .

 Kebudayaan Kebudayaan yang terdapat di suatu daerah berpengaruh pada pola konsumsi masyarakat di daerah tersebut. . maka konsumsi akan turun dan sebaliknya.  Harga Barang Sudah menjadi hukum ekonomi bahwa bila harga barang naik.  Status Sosial Status sosial atau posisi seseorang di dalam masyarakat dengan sendirinya akan membentuk pola konsumsi orang tersebut.

dan ketiga akan dapat menyenangkan dan memuaskan. Katakanlah sepotong roti yang pertama.Pada saat kita lapar yang kita butuhkan adalah makanan. Konsumsi roti yang kelima akan membuat mual dan begitu seterusnya. Namun apabila kita mengonsumsi roti yang keempat. Untuk memuaskan kebutuhan tersebut kita akan mengkonsumsi makanan. kedua. maka tingkat kepuasan yang kita rasakan mulai menurun karena sudah kenyang. .

Utilitas sering disebut dengan Nilai Guna .Adalah derajat seberapa atau ukuran kepuasan yang diterima dari penggunaan barang atau jasa.

PELAKU-PELAKU EKONOMI RTN RTP RTK MLN .

Peran rumah tangga:  a. Sebagai konsumen barang dan jasa. . Sebagai pemasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan.Rumah tangga Konsumsi (Konsumen) Rumah tangga merupakan kelompok masyarakat  yang melakukan kegiatan konsumsi atas barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. b.

.Rumah Tangga Perusahaan ( Produsen ) Perusahaan adalah usaha kegiatan  produksi yan teratur untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan hidup orang banyak.

Untuk mewujudkan  kesejahteraan masyarakat. pemerintah membutuhkan berbagai macam sarana publik.Peran Rumah Tangga Negara (Pemerintah) Sebagai produsen. . pemerintah berwenang  mengelola berbagai sumber daya ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak. kebijakan fiskal maupun kebijakan riil/non moneter. Sebagai pengatur. Pemerintah membuat berbagai  kebijakan untuk mewujudkan stabilitas ekonomi melalui peraturan dan perundang-undangan dengan disertai tindakan nyata. Sebagai konsumen. Kebijakan tersebut dapat berupa kebijakan moneter.

Sebagai distributor: sebagai mata rantai  penyalur barang ke konsumen.Peran Rumah Tangga Perusahaan (Produsen) Sebagai produsen:  1.Memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat 3.Memberikan kesempatan untuk berinvestasi.Menyediakan barang dan atau jasa untuk konsumen 2. Sebagai agen pembangunan: menjadi sumber  pemasukan uang bagi negara (berupa pajak dan retribusi) .

Sebagai investor. Sebagai produsen dari produk yang dihasilkan melalui impor. Sebagai sumber tenaga ahli.     .Peran Masyarakat Luar Negeri Sebagai konsumen dari produk barang atau jasa yang dihasilkan melalui ekspor barang atau jasa.

land. and capital MARKETS FOR FACTORS OF PRODUCTION •Households sell •Firms buy Income = Flow of inputs and outputs = Flow of rupiah’s Copyright © 2004 South-Western . and profit Labor. rent.CIRCULAIR FLOW DIAGRAM Revenue Goods and services sold MARKETS FOR GOODS AND SERVICES •Firms sell •Households buy Spending Goods and services bought FIRMS •Produce and sell goods and services •Hire and use factors of production HOUSEHOLDS •Buy and consume goods and services •Own and sell factors of production Factors of production Wages.