A.

a.

QS YUNUS AYAT 40-41
Membaca

َّ َ ْ َ ْ َ ْ ِْ َ ِ ُ ِ ْ ْ َ ْ ِْ َ ِْ ِ ُْْ ُ ْ َ َ َ ِ ُ ِ ْ ‫ٌٍُْٖٗ ٍِ يُؤٍِ بِٔ ٌٍُْٖٗ ٍِ الَ يُؤٍِ بِٔ ٗزبُّل أَعيٌَ بِبىَفسديَِ (٤٠) ٗإُِ مربُْ٘ كَ فَقُوْ ىِي عَيِي‬ ْ ََ ْ ِْ ْ ْ ُْ َ َ ُْ َ )٠٤( َُ ُْ٘‫ٗىَنٌ عَيُنٌ أَّتٌُ بَسيئَُُ٘ ٍَب أَعَو ٗأََّب بَسيْ ء ٍَب تَعَي‬ َ ُ َ ْ َّ ِ َ ْ َّ ِ ٌ ِ

b.

Terjemah
Terjemah lafdiyah

dengannya

Mereka berima

Orang

Dan dari mereka

Mereka beriman

Tidak

orang

Dan dari mereka

Dengan pembuat kerusakan

Lebih mengetahui

Dan Tuhanmu

Dengannya

Bagiku

Maka katakanlah

Mereka mendustakanmu

Dan jika

Kamu

Amal kalian

Dan bagikalian

Amalku

Dan aku

Aku kerjakan

Dari apa-apa yang

Kamu berlepas diri

Kalian kejaka

Dari apa yang

Berlepas diri

Tapi ada juga yang tidak beriman kepada Nabi Muhammad. Ayat 41. 94. 95. dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Dia Maha adil dan tidak pernah Dzolim.Terjemah ayat Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Qur’an. mereka belum mengetahui dengan sempurna. dan Dia Mengetahui juga siapa yang berhak sesat. serta belum datang kepada mereka penjelasan. lalu diberi-Nya hidayah. tapi mereka terlanjur mendustakannya. Ayat 39 Allah SWT menjelaskan bahwa mereka mendustakan Al-Qur’an. juz ke 11. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan. karena kebodohannya. Allah memberikan penegasan kepada Rasulnya. bangsa manusia atau bangsa jin. Kalian berlepas diri dari apa yang aku kerjakan dan aku berlepas diri terhadap apa yang kalian kerjakan. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan”. Ayat 40 ini merupakan lanjutan ayat sebelumnya. Allah Maha mengetahui siapa yang berhak mendapat Hidayah. oleh karena itu Allah menantang mereka agar mereka membuat yang serupa dengan Al-Qur’an. Nabi Muhammadpun juga tidak mungkin membuatnya. dan 96 diturunkan di Madinah. Ayat 40 ini. Turun di makkah kecuali ayat 40. maka katakanlah bagiku pekerjaanku. bahkan Dia memberi kepada masing-masingnya sesuai dengan apa yang berhak ia terima [4] Ummat Nabi Muhammad pun demikian juga terbagi menjadi dua golongan. Jika mereka mendustakan kamu. sepuluh surat. Turun sesudah surat Al-Isra’. [5] . satu surat atau satu ayat saja. Allah SWT menjelaskan bahwa orang yang pernah menerima seruan dakwah Nabi Muhammad. ( QS Yunus 40-41 ) Kandungan ayat ( sikap orang islam yang terkandung dalam QS yunus 40-41 ) QS Yunus merupakan surat yang ke 10. Dan ada pula golongan yang mendustakan Kerosulannya dan dan mendustakan Al-Qur’an. jumlah ayatnya 109 ayat. maka katakanlah: “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. dimana ayat sebelumnya Allah SWT menjelaskan bahwa Al-Qur’an itu tidaklah mungkin di buat oleh selain Allah. mereka mati dalam kekafiran. dan bagi kalian pekerjaan kalian. ada orang-orang yang beriman kepada Al-Qur’an dan mengikutinya serta memperoleh manfaat dari risalah yang di sampaiakannya. bahkan Allah mengejek mereka dengan disuruhnya memanggil siapa saja yang bisa membantunya. yaitu ada yang beriman kepada keRosulanya dan beriman pula kepada kitab suci Al-Qu’ran yang di sampaikannya. lalu Dia menyesatkannya. bahwa jika mereka mendustakanmu.

Diriwayatkan dari imam Ahmad. maka hewan kendaraan itu larat. maka surat al-Kahfi menjadi cahaya baginya dari telapak kaki hingga kepalanya. sesungguhnya awan itu adalah sakinah (ketenangan ) yang turun saat kamu membaca Al-Qur’an atau turun kepada Al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda. terpelihara dari fitnah Dajjal Hadits yang lain dari Imam Ahmadjuga Barang siapa yang membaca perlulaan surat Kahfi dan akhirnya. . dipelihara dari fitnah Dajjal Hadits dari jalur lain menjelaskan Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir dari surat AlKahfi. Al-Barra’ pernah mengatkan bahwa pernah ada seorang laki-laki bernama Usaid Ibnu hudair membaca surat Al-Kahfi di dalam rumahnya. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad. hai fulan. sedangkan di halaman rumahnya terdapat hewan kendaraanya. lalu ia melihat-lihat dan ternyata ada kabut atau awan yang menutupi dirinya. ْ َ َِ ‫ٍِ حفِظَ عَثسض آيَبت ٍِء اََّٗه سُْ٘ زة ْاىنْٖفش عصٌ ٍَِ اىدجَّبه‬ َ ْ َ ِ َِ ُ ِ ٍ ِ َّ ِ Barang siapa yang hafal sepuluh ayat dari permulaan surat alKahfi.QS AL. maka surat Al-Kahfi menjadi cahaya baginya antara langit dan bumi.KAHFI AYAT 29 Keutamaan QS Al-Kahfi Keutamaan surat Al-Kahfi dan sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terahir menjadi tameng yang melindungi pembacanya dari Fitnah Dajjal. Maka Nabi SAW bersabda Bacalah terus. Dan barang siapa yang membacanya secara keseluruhan. Kemudian ia menceritakan pengalamannya itu kepada Nabi.

Hadits dari Imam Hakim Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari jum’at. Membaca ْ َ َ ْ َ َّ ْ ِ ْ َ َ ْ َ ْ ُ َ ْ ِ ُّ َ ْ ِ َ ْ ْ ِْ ‫ٗقُو اىحق ٍِ زبِّنٌ فََِ شبء فَ ْييُؤٍِ ٍِٗ شبء فَ ْييَنفُسْ إَِّّب أَعتَدَّب ىِيظَّبىَِيَِ َّبزًا أَحبطَ بٌٖ سسادقَُٖب‬ ِ َ ُ ِْ ِ َ َ ِْ ْ ْ َ )٩٩( ‫ٗإُِ يَستَغيثُْ٘ ا يُغبثُْ٘ ا بَبء مبىَٖو يَش٘ي اى٘جُْ٘ َٓ بئس اىشساةُ ٗسبءت ٍسْ تَفَقًب‬ ُْ ِ ْ ِ ْ ُْ َ ٍ َِ َ َّ َ ْ ِ ُ ْ َ َ َ 2. Terjemah Terjemah lafdhiyah Terjemah ayat . maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jum’at berikutnya Di sari dari Kitab Tafsir Ibnu Katsir 1.

Rasulullah SAW di perintah oleh Allah SWT untuk mengatakan kepada manusia. mengandung ancaman dan peringatan yang keras kepada mereka yang tidak mau beriman. dan Barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir”. tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah). Maka Barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman. ( QS Al-Kahfi ayat 29 ) Kandungan Ayat ( sikap orang islam dalam QS Al –kahfi ) Surat Al-Kahfi merupakan surat yang ke 18. Ayat ini sesungguhnya bukanlah ayat tentang toleransi. Karena kalimat selanjutnya “sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang yang dholim itu neraka yang gejolaknya mengepung mereka”[6] Yang di maksud dengan orang-orang yang dholim itu adalah orang-orang yang ingkar kepada Allah. bahwa apa yang di sampaikan kepada mereka dari Tuhan mereka adalah perkara yang hak yang tiada kebimbangan dan tiada keraguan. kecuali ayat 28. atau justifikasi kebebasan beragama. mereka itu sebagai binatang ternak. dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayatayat Allah). ْ َ ْ ْ )٠( ٌ‫ىَقَد خيَقَْب اإلّسَبَُ فِي أَحْ سِ تَق٘ي‬ ٍ ِ ْ ِ َ Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya . terdiri dari 110 ayat. dengan potensi yang paling sempurna. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka. mereka mempunyai hati. dan jika mereka meminta minum. mereka Itulah orang-orang yang lalai. merupakan ayat Makkiyah. bahkan mereka lebih sesat lagi. 82 sampai dengan ayat 101 surat Madaniyah. Allah SWT telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. dan Barang siapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir”.dan Katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu. ( QS Al-A’raf ayat 179 ) . yang gejolaknya mengepung mereka. di turunkan sesudah surat Al-Ghasiyah Ayat ini menjelaskan bahwa. Kalimat “Maka Barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman. (QS At-tiin ayat 4 ) ْ ٌ َ ْ َ ٌ ْ ْ َ ‫ٗىَقَد ذز ْأَّب ىِجٌََّْٖ مثِيسا ٍَِ اىجِِّ ٗاإلّس ىٌَُٖ قُيُ٘ةٌ ال يَفقََُُٖ٘ بَِٖب ٗىٌَُٖ أَعيُِ ال يُبصسَُُٗ بَِٖب ٗىٌَُٖ آذاُ ال يَسَعَُُ٘ بَِٖب أُٗىَئِل‬ َ ْ ِ ْ َ ِ ْ ِ ً َ َ َ َ َ ْ َ ِ ْ َْ )٤٧٩( َُُ٘‫مبألّعبً بَوْ ٌُٕ أَضوُّ أُٗىَئِلَ ٌُٕ اىْغَبفِي‬ َ ْ ُ ِ َْ َ dan Sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia. 15 dan 16. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. Rasul-Nya dan Kitab-Nya.

. ( QS Asy-Syams ayat 8 ) َْ َ )٤٤( ِْ‫َٕٗديَْبُٓ اىَّْجْ دي‬ ِ َ dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan ( QS Al-Balad [90]. Gambaran Adzab Neraka akan saya jelaskan pada bab Iman kepada hari akhir.Allah telah memberi akal kepada manusia yang yang dengan akalnya itu manusia di perintah untuk berfikir dan memahami perintah Allah. siapa yang memilih jalan fujur konsekwensinya di sediakan adzab yang pedih. Rasul-Nya dan Kitab-Nya adalah jalan yang akan mengantarkan kepada keselamatan. sedangkan memilih kekafiran akan mengantarkan kepada kesesatan dan adzab neraka yang pedih. )٨( ‫فَأ َ ْىَََٖٖب فُجُْ٘ زَٕب ٗتَق٘إَب‬ َْ َ َ َ Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Jelaslah bagi kita bahwa memilih beriman kepada Allah. Allah memberikan pilihan dua jalan yaitu jalan jalan fujur dan jalan taqwa. InsyaAllah.10 ) Yang dimaksud dengan dua jalan ialah jalan kebajikan dan jalan kejahatan. Allah telah memberikan pilihan-pilihan tapi dengan konsekwensi. bagi yang memilih jalan taqwa di sediakan kenikmatan ang besar.