P. 1
teori pembangunan

teori pembangunan

|Views: 47|Likes:
Published by lomo92

More info:

Published by: lomo92 on Sep 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/09/2013

pdf

text

original

TEORI-TEORI PEMBANGUNAN

No 1

Teori Pembangunan Teori pembagian kerja

Para Ahli Adam Smith

Inti Teori Pembagian kerja adalah titik permulaan dari teori pertumbuhan ekonomi. Menurut Adam Smith, dengan adanya pembagian kerja, maka akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Namun demikian, pembagian kerja tergantung luas pasar.

Kebaikan dan Kelemahan Teori Kebaikannya :  Merupakan titik permulaan pertumbuhan ekonomi  Wewenang dan tanggung jawab dalam pekerjaan menjadi jelas Kelemahannya :  Adanya kekurangan yang berfokus pada teknis  Adanya ketidak seimbangan antar kapasitas Kebaikannya:  Adanya hubungan dagang antar negara yang saling menguntungkan  Perkembangan masyarakat dapat dilakukan dengan menciptakan proses diferensiasi struktural  Diciptakan lapangan kerja dan strukturstruktur baru dalam masyarakat Kelemahannya:  Perbedaan kemajuan masyarakat terjadi karena perbedaan kondisi internal  Kapasitas masyarakat lebih maju dari masyarakat lain karena semata-mata

2

Teori modernisasi

 Teori Harrod Domar Modal Investasi

Teori ekonomi – pembangunan yang menekankan pada penyediaan modal dan dan investasi. Mereka berkesimpulan bahwa pembangunan akan berhasil dan terlaksana dengan baik jika pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh tingginya modal dan investasi. Teori Max Weber menekankan tentang nilainilai budaya yang menjelaskan tentang peran agama dalam pembentukan kapitalisme. Peran agama yang dikemukakan disini mempunyai peran yang menentukan dalam mempengaruhi tingkah laku individu. Kalau nilainilai yang hidup dalam masyarakat dapat

 Teori Max Weber Etika Protestan

tetapi ada masalah lain yang juga sangat penting yakni adanya keterampilan kerja tertentu. Prakondisi untuk lepas landas c. Bergerak ke kedewasaan e.  Teori David McCleland Dorongan berprestasi atau nAch  Dengan mendorongnya proses pembangunan berarti membentuk manusia wiraswasta dengan n-Ach yang tinggi. Modernisasi diidentikan dengan westernisasi Rasional sekali dalam memandang perkembangan masyarakat karena bersifat linear adanya masyarakat maju dan tidak maju dari sisi kompleksitas struktur Berkembang menjadi ideology Masyarakat berkembang tidak linear dapat zig-zag: dari tradisional ke modern . yakni dari masyarakat yang terbelakang ke masyarakat yang maju. Pembangunan merupakan proses yang bergerak dalam sebuah garis lurus. yang termasuk faktor internal dan yang utama adalah “cultural deficiency” Adanya negaranegara yang tertinggal (miskin) karena Bagi teori modernisasi cukup jelas.W. Hoselitz Faktor-Faktor Non Ekonomi Masalah utama pembangunan bukan hanya sekedar masalah kekurangan modal. Untuk menuju ke proses ini maka rostow membaginya menjadi lima tahap. Rostow Lima Tahap Pembangunan    Teori Bert.Masyarakat tradisional b. yaitu : a. maka proses pembangunan dalam masyarakat tersebut dapat terlaksana dengan baik. F. bahwa negaranegara tersebut belum maju atau masih bersifat tradisional atau belum berhasil lepas landas karena baik orang-orangnya maupun nilai-nilai yang hidup di masyarakat tersebut belum modern sehingga tidak menopang pembangunan. maka proses pembangunan dalam masyarakat dapat terlaksana.diarahkan kepada sikap yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Kalau manusia wiraswasta ini dapat dibentuk dalam jumlah yang banyak. Jaman konsumsi masal yang tinggi    Teori W. Lepas landas d.

Kebaikannya:  Menyediakan dana proses sosial yang tambahan untuk pembangunan berakibat bahwa ekonomi pembatasan geografis pada  Meningkatkan kemakmuran keadaan sosial budaya masyarakat dalam menjadi kurang penting. dan karena itu tidak ada manusia yang tetap menjadi tradisional dalam pandangan dan kepribadiannya hanya karena dia dibesarkan dalam sebuah masyarakat yang tradisional. Artinya. dengan memberikan lingkungan yang tepat. H. setiap orang bisa diubah menjadi manusia modern setelah dia mencapai dewasa. Dibutuhkan perubahan kelembagaan pada masa sebelum lepas landas.Bagaimanapun juga manusia bisa diubah secara mendasar setelah dia menjadi dewasa.  Teori Alex Inkeles dan David. suatu negara  Meluaskan pasar yang terjelma didalam untuk produk dalam kesadaran orang. yang akan mempengaruhi pemasukan modal menjadi lebih produktif. Teori pada dasarnya berbicara tentang pentingnya faktor manusia sebagai komponen penting penopang pembangunan dalam hal ini manusia modern. negeri  Produksi global Globalisasi adalah sebuah 3 Teori globalisasi  Malcom Waters . Smith Manusia Modern Tentang lingkungan material dalam hal ini lingkungan pekerjaan.didalamnya tenaga wiraswata yang tangguh.

. Emanuel Ritcher Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencarpencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. Friedman Globlisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi. sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia. dapat ditingkatkan  Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik  Thomas L. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas. Lyman Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negaranegara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan. Kelemahannya:  Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang  Menghambat pertumbuhan sektor industri  Memperburuk neraca pembayaran  Sektor keuangan semakin tidak stabil  Princenton N.

 Leonor Briones Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis. Baginya perkembangan kapitalisme di negara-negara pinggiran beda dengan kapitalisme di negara-negara pusat. Teori Gold (Emas): motivasi demi keuntungan ekonomi b. Teori Gospel (Bible/Tuhan): adanya misi penyebaran agama Sentuhan yang mematikan dan kretinisme. Menurutnya negara-negara terbelakang harus melakukan industrialisasi yang dimulai dari industri substitusi impor. Hal ini muncul untuk menjawab pertanyaan tentang alasan mengapa bangsa-bangsa Eropa melakukan ekspansi dan menguasai negara-negara lain secara politisi dan ekonomis. Teori Glory (kejayaan): kehausan akan kekuasaan dan kebesaran. Di negara pinggiran.  Perdebatan tentang imperialis dan kolonialis Kebaikannya:  Adanya keuntungan komparatif yang dimiliki oleh masing-masing negara.  Dapat meningkatkan kerja sama antara Negara-negara yang memproduksi hasil pertanian dengan Negara-negara yang memproduksi barang industri  Meningkatkan hubungan dalam bidang perdagangan  Paul Baran Kelemahannya:  Terlalu menekankan faktor eksternal  Menjadi ideologis (utopis)  Menganjurkan pemutusan hubungan dgn kapitalisme dunia.  Kondisi struktur ekonomi global mempengaruhi pergeseran kemajuan masyarakat . Ada tiga teori: a. hak asasi manusia. c. pembangunan sosial. melalui perubahan politik yang revolusioner. sistem kapitalisme seperti terkena penyakit kretinisme yang membuat orang tetap kerdil. dan pergerakan wanita 4 Teori ketergantungan (dependensi) 4 4 4 4 4 4  Raul Prebisch industri substitusi import.

 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->