P. 1
Apakah Negara Kita Sudah Melaksanakan Pembangunan Ataukah Hanya Menjaga Tingkat Pertumbuhan

Apakah Negara Kita Sudah Melaksanakan Pembangunan Ataukah Hanya Menjaga Tingkat Pertumbuhan

|Views: 188|Likes:
Published by haerinajib

More info:

Published by: haerinajib on Sep 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

APAKAH NEGARA KITA SUDAH MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN ATAUKAH HANYA MENJAGA TINGKAT PERTUMBUHAN

Banyaknya orang yang selalu keliru dalam menggunakan istilah pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Sebenarnya kedua istilah itu mempunyai arti yang sedikit berbebeda dalam hal keluasan cakupan. Kedua-duanya memang menerangkan mengenai perkembangan ekonomi yang berlaku tetapi biasanya mereka digunakan dalam konteks yang berbeda. Pertumbuhan selalu digunakan sebagai suatu ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan sesuatu Negara yang diukur melalu persentasi pertambahan pendapatan nasional riil. Sedangkan istilah pembangunan ekonomi biasanya dikaitkan dengan perkembangan di Negara-negara berkembang. Lalu dimana sih letak perbedaan yang mendasar dari Pertumbuan Ekonomi (Economic Growth) dan Pembanganunan Ekonomi (Economic Development)……? Baiklah kita akan membahas satu persatu, kita mulai dari istilah pertumbuhan ekonomi lalu dilanjutkan dengan pembangunan ekonomi. Dalam kegiatan perekonomian yang sebenarnya pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan fiscal atau kuantitas atau jumlah produksi barang dan jasa yang berlaku di suatu Negara seperti pertambahan jumlah produksi barang industry, perkembangan infrastruktur, pertambahan jumlah sekolah, pertambahan produksi sektor jasa dan pertambahan produksi barang modal. Sedangkan istilah pembangunan ekonomi menurut sebagian para ahli menyatakan “Economic Development is Growth plus Change” , yaitu pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Dengan kata lain mengartikan istilah pembangunan ekonomi para ahli ekonomi bukan hanya saja menitik beratkan pada masalah perkembangan pendapatan nasional riil, tetapi juga kepada modernisasi kegiatan ekonomi, misalnya melakukan perombakan sektor pertanian yang tradisional, komposisi Produk Domestik Bruto bukan lagi didominasi oleh produk primer yang berupa pertanian dan pertambangan tetapi sudah sebagian besar dari produk industry modern, kemudian corak pengeluarkan masyarkat secara kuantitas pengeluarkan konsmusi meningkat tetapi kalau dilihat secara persentasi pengeluarkan untuk imvestasi lebih besar dari pengeluaran konsumsi, yang berarti pengeluaran masyarakat yang sifatnya imvestasi selalu lebih besar dari pengeluaran yang sifatnya konsumsi. Lalu bagaimana dengan Negara kita apakah melaksanakan pembangunan ataukah hanya memperhatikan aspek pertumbuan saja ?, Anda dapat menggunakan konsep di atas untuk menilai apakah Negara kita sudah melaksanakan pembangunan dengan melihat data-data perkembangan ekonomi nasional atau dengan menggunakan data yang saya lampiarkan dibawah ini :

DAFTAR PUSTAKA :

1. Sadono Sukirno (Makro Ekonomi) 2. Pratama Rahardja dan Mandala Manurung (Teori Ekonomi Makro) 3. Abdul Hakim (Ekonomi Pembangunan) 4. Nopirin (Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->