PERSEKUTUAN KOMANDITER

(COMMANDITAIRE VENNOTSCHAP) Click to edit Master subtitle style

9/19/12

PENGERTIAN Ridwan Khairandy: CV adalah persekutuan firma yang mempunyai satu atau lebih sekutu komanditer. 16: CV adalah persekutuan dengan jalan meminjamkan uang (Geldscheiter) atau disebut juga persekutuan komanditer. diadakan antara seorang sekutu atau lelbih  9/19/12 .  Jamah Wiwoho: CV adalah suatu persekutuan dimana satu atau beberapa orang sekutu memercayakan uang atau barang kepada satu atau beberaapa orang yang menjalankan perusahaan yang bertindak sebagai pimpinan.  KUHD Ps.

Kepentingan bersama 2.UNSUR UNSUR CV CV SEBAGAI PERKUMPULAN: 1. Tujuan bersama 4. Kerja sama 9/19/12 . Kehendak bersama 3.

Pembagian keuntungan 9/19/12 . Inbreng 3.UNSUR –UNSUR CV Sebagai Persekutuan Perdata: 1. Perjanjian imbal balik 2.

UNSUR-UNSUR CV Sebagai firma: 1. Menjalankan perusahaan 2. Tanggungjawab sekutu (kerja) bersifat pribadi untuk keseluruhan. Dengan nama bersama atau firma 3. 9/19/12 .

Sekutu komanditer/ sekutu diam/ sekutu pasif/ sleeping partner. 9/19/12 . Sekutu biasa/ sekutu aktif/ sekutu kerja/sekutu komplementer/ sekutu pemelihara/pengurus. 2.MACAM SEKUTU CV 1.

3. 2.Macam-macam CV 1. Persekutuan Komanditer Diam-diam Persekutuan Komanditer terang-terangan Persekutuan Komanditer dengan saham 9/19/12 .

9/19/12 . AD (akta pendiriannya) tidak perlu mendapat pengesahan Meneri Hukum dan HAM RI. 4. Pendiriannya lebih mudah dan cepat. serta biayanya juga lebih murah daripada PT. 2.Alasan pemilihan CV 1. Tidak ada ketentuan mengenai modal dasar dan kepemilihan saham perseroan didalam AD. 3. Tidak ada ketentuan memakai nama CV seperti halnya dengan PT.

Kebutuhan modal mudah dipenuhi.Kebaikan CV 1. 3. Lebih mudah memperoleh kredit Kemampuan pimpinan persekutuan komanditer relatif lebih baik Mudah dalam menginventasikan modalnya dan mencairkannya kembali 9/19/12 . 2. 5. 4. Pendiriannya mudah dan cepat.

Kelangsungan hidupnya tidak menentu. 2. Tergantung sekutu komplementer yang bertindak sebagai pimpinan. Semangat sekutu komanditer dalam memajukan perusahaan relatif tidak penuh karena tanggungjawabnya terbatas dibandingkan dengan sekutu firma. 9/19/12 .Keburukan CV 1.