P. 1
penjasorkes

penjasorkes

|Views: 231|Likes:
Published by Nienies Nurika

More info:

Published by: Nienies Nurika on Sep 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2015

pdf

text

original

penjasorkes

bab 1 , bola besar …….. bola voli .
permainan bola voli diciptakan oleh Wiliam G .Morgan pada tahun 1895 ,di kota Holyoke messachuset , amerika serikat .pada tahun 1948 ,berdiri IVBF (international volley ball federation) dengan anggota 15 orang . di Indonesia mengenal permainan bola voli sejak zaman belanda ,sekitar tahun 1928 . lapangan bola voli berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 18 m , lebar 9 m , dan garis serang 3m dari garis tenggah lapangan . dalam permainan voli digunakan jarring atau net . panjang net 9,5m ,lebar 1m ,tinggi jarring putri 2,24m dan untuk jarring putra 2, 43 m .

sepak bola
sepak bola ialah suatu permainan yg digunakan dengan jalan menyepak bola kian kemari untuk di perebutkan untuk pemain pemain .di dalam permainan sepak bola , setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan , kecuali tangan , dan lengan . hanya penjaga gawang yg diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan . teknik sepak bola dangan bola antara lain : teknik menendang bola teknik menahan bola (trapping)

teknik menggiring bola (dribble) teknik garak tipu teknik menyundul bola (heading) teknik merebut bola (tacling) teknik lemparan ke dalam (throw in) dan teknik penjaga gawang .

Bola basket
Bola basket adalah permainan yg dimainkan oleh dua regu yg saling memasukkan bola ke ranjang bola lawan dengan tangan .permainan bola basket tidak di perkenanka menggunakan kaki untuk menendang bola dan menggiring bola . regu Yg memperoleh angka terbanyak dinyatakan sebagai pemenang . Teknik dasar permainan bola basket antara lain : Teknik melempar dan menangkap bola Teknik menggiring bola Teknik menembak Teknik gerakan berporos Teknik lay up shoot Dan teknik merayah atau rebound .

BAB 2 .permainan bola kecil ……..
Bulu tangkis

bulu tangkis adalah sebuah cabang olah raga yg memukul dan menangkis bola yg terbuat dari bulu . inti permainan bulu tangkis adalah memasukan bola (shuttlecock) ke lapangan lawan melalui net setinggi 1,55 m darilantai . jarring ini membatasi dua bagian lapangan permainan ,tempat para pemain berdiri dan gerakan gerakan tipuan . permainan dimulai dangan cara menyajikan bola , yg memukul bola dari petak ,kanan ke petak kanan lawan sehingga jalan bola menyilang . permainan bulu tangkis ini biasa dimainkan pria tunggal , seorang wanita melawan seorang wanita , sepasang pria melawan sepasang pria , sepasang wanita melawan sepasang wanita , dan sepasang pria / wanita melawan sepasang pria / wanita .

tenis meja
permainan tenis meja adalah suatu jenis mainan yg menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola . bola yg di pukul tersebut harus melewati netyg dipasang pada bagian tengah lapangan . permainan ini dapat dilakukan baik pria atau pun wanita , tunggal ,ganda ,dan ganda campuran . permainan tenis meja , yg lebih dikenal dengan istilahlain pingpong ,merupakan cabang olah raga unik dan bersifat kreatif . mengigat keunikan permainan tersebut maka untuk penguasa nya memerlukan pengamat , kelincahan dan reflex yg baik pula dari setiap pemain . hal ini mutlak diperlukan apabila seorang ingin berperestasi dalam cabang olahraga tenis meja . pada dasarnya teknik permainan tenis meja dapat di bagi menjadi empat ,yaitu : teknik memegang bet , teknik siap sedia , teknik gerakan kaki ,dan teknik pukulan .

bab 3. Atletik
atletik berasal dari bahasa yunani “athlon atau athlum”, artinya pertandingan ,perlombaan ,pergulatan ,atau perjuangan . orang yg melakukan dinamakan “athlete” (atlet) .kita dapat menjumpai pada kata “pentathlon yg terdiri dari kata “pena” berarti lima atau panca , athlon berarti lomba .arti selengkapnya adalah “panca lomba” atau perlombaan yg terdiri dari lima nomor . dari pengertian tersebut dapat di simpulkan , atletik adalah satu cabang olahraga yg dipertandingkan atau diperlombakan ,meliputi nomor jalan ,lari,lompat,loncat,dan lempar .

lari jarak pendek
kunci pertama yg harus di kuasai oleh pelari jarak pendek atau sprint adalah start atau pertolakan ,karena keterlambatan atau ketidak telitian pada waktu melakukan start sangat merugikan pelari jala pendak (sprinter).oleh sebab itu,cara melakukan start yg baik harus benar benar diperhatikan dan dipelajri serta dilatuh secepat mungkin .

lompat jauh
lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki ke atas depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yg dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh jauh nya . tahapan tahapan dalam melakukan lompat jauh ada empat yaitu: awalan atau ancang ancang ,tolakan atau tumpuan ,sikap badan diudara ,dan sikap mendarat .

bab 4 . pencak silat …….
Pencak silat merupakan salah satu jenis bela diri yg terdapat di Indonesia. olahraga bela diri pencak silat adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia .

Karena pencak silat lahir dari kebdayaan Indonesia ,maka perkembangannya dipengaruhi oleh watak ,selera,dan bakat masyarakat yg ada didaerah nya masing – masing . selain keadaan masyarakat dan wataknya ,factor alam juga dapat mempengaruhi perkembangan pencak silat itu sendiri , misalnya keadaan tempat ,iklim ,dan keadaan sosial .di Indonesia istilah pencak silat baru mulai di gunakan setelah berdirinya organisasi pencak silat (IPSI) . sebelumnya di daerah Sumatra lebih dikenal dengan istilah silat ,sedangkan di tanah jawa kebanyakan di kenal dengan istilah pencak silat . Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana , terarah , terkoordinasi dan terkendali , yg mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan yaitu : aspek mental spiritual ,aspek bela diri , aspek olahraga , dan aspek seni budaya .

Bab 5. Kebugaran jasmani …….
Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyusuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yg diberi kepadanya (dari kerja sehari hari ) tanpa menimbulkan kelelahan yg berlebihan yg berarti . setiap orang memerlukan kesegaran jasmani yg baik ,agar dia dapat melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan yg berarti .

Senam …….
Manfaat melakukan senam secara teratur dan benar dalam jangka waktu yg cukup ,antara lain memungkinkan untuk : mempertahankan atau meningkatkan taraf kesegaran jasmani yg baik , mengadakan koksi terhadap yg kurang benar sikap dan gerak ,membentuk siksp dan gerak , membentuk kondisi fisik,kelincahan , ketahanan,kelesuan,dan kecepatan,membentuk berbagai sikap kerja sama,memberikan rangsangan bagi pertumbuhan tubuh , khususnya bagi anak anak , dan memupuk rasa pertanggung jawab terhadap kesehatan diri sendii dan masyarakat .

Bab 6. Senam ketangkasan
Senam adalah salah satu cabang olahraga yg mengandalkan aktivitas ,baik sebagai olagraga sendiri maupun cabang olahraga lain . itulah sebabnya , senam di sebut juga olahraga dasar .senam , mengacu pada gerak yg dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap anggota tubuh dari kemampuan komponen moterik ,seperti : kekuatan , kecepatan , keseimbangan ,kelenturan , kelincahan , dan ketepatan . Senam dalam bahasa inggris disebut juga gymnastics atau dalam bahasa belanda gymnastiek. Gymnastics sendiri dalam bahasa aslinya merupakan serapan dari bahasa yunani gymnos , berarti telanjang . dalam bahasa yunani , gymnastics diturunkan dari kata kerja gymnazein yg artinya berlatih atau melatih diri .

Senam lantai
Senam lantai adalah satu dari rumpunan senam . sesuai dengan istilah lantai , maka gerakan gerakan atau beentuk latihan nya dilakukan di lantai . jadi , lantai atau matrasnya yg merupakan alat yg diperlukan . senam lantai di sebut juga dengan istilah latihan bebas karena tidak mempergunakan benda benda atau perkakas lain pada saat menjalankannya . Tujuan melakukan senam lantai ialah untuk meningkatkan bentuk bentuk latihan senam lantai . selain itu , berfungsi pula untuk mempermudah bentuk bentuk latihan atau gerakan dengan alat . salah satu unsur dalam senam lantai adalah keseimbangan . keseimbangan adalah kemampuan seseorang dalam memelihara posisi tubuh yg statis (tidak bergerak ) atau dalam posisi badan yg dinamis (bergerak). Latihan keseimbangan ini dapat dilakukan dengan jalan mengurangi atau memperkecil bidang tumpuan . latihan keseimbangan adalah bentuk / sikap badan dalam keadaan seimbang baik dalam sikap berdiri , duduk , maupun jongkok .

Bab 7. RITMIK

Senam ritmik
Senam ritmik adalah gerakan senam yg dilakukan seiring irama musik , atau latihan bebas tg dilakukan secara berirama .senam ritmik menggunakan alat alat yg di pegang ( hand apparatus ) , seperti bola , tali , tongkat , simpai dan gada . Senam ritmik merupakan senam yg dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak . secara perinsip antara senam biasa dan senam ritmik tidak ada perbedaan , hanya saja pada senam irama ditambah irama ( ritme ) . tekanan yg harus diberikan pada senam ritmik ialah irama , kelenturan tubuh , dan kontinuitas gerakan . Gerakan tari dalam senam ritmik merupakan bagian penting dalam senam baik pada latihan bebas balok titian , maupun tumbling . kebebasan gerak tubuh yg diperoleh melalui tarian melalui keseimbangan , timing , balance , kekuatan dan keoordinasi . Langkah langkah tari dapat dilakukan ke sebelah kiri atau kanan dan pada posisi terbuka atau silang , juga kedepan dan belakang dan pada setengah ujung kaki . dalam mempelajari langkah langkah pesenam sebaiknya sambil memegang palang atau dinding untuk keseimbangan , baru pada lantai tanpa bantian .

Bab 8 . RENANG ……
Pada tahun 1875 renang gaya dada di populerkan perenang dari inggris , matthew webb . metthew adalah orang pertama yg merenangi teluk channel dengan menggunakan gaya dada . gerakan renang gaya menyerupai katak yg sedang berenang sehingga gaya ini sering disebut gaya katak . Perbedaan nya , pada manusia sikap meluncurnya dengan kedua kaki dan tangan lurus , sedangkan pada katak hal ini tidak ditemukan . gaya dada pada abad ka -19 sudah diajarkan dan di perlombaka di sekolah sekolah , termasuk sekolah MILITER , sehingga dikenal gaya sekolah “schoolislag” .

Pada tahun 1966 perenang rusia , nikolai pankain , mulai mengembangkan gaya gaya dada yg dapat menanbah kecepatan gerak tangan melakukan fase istirahat menghilangkan sikap dimana tangan akan kembali bersama sama di bawah dada . hal ini merupakan pembaharuan dalam irama dari gayanya agar kemungkinan sedikit gaya nya posisi pengambilan napas . pengembangan ini berperan penting dan kini di sebut gaya dada EROPA . gaya ini berbeda dengan gaya dada America . Juara dunia dari inggris , david wilkie , yg menjuarai 200m gaya dada pada olimpiada pada tahun 1976 menggunakan cara membiarkan gerakan tubuh banyak ke atas , dengan demikian akn membawa bahu dan puggung atas keluar dari permukaan air . cara yg dilakukan david wilkie dapat mengundang para ahli rusia untuk melakukan penelitian setelah olimpiade montreal . pendekatan ilmiah dan keuntungan dari gerakan ini dimanfaatkan rusia sehingga pada dekade 1970an para perenang mendominasi juara gaya dada . Renang gaya dada terdiri dari : posisi tubuh , gerak kaki , gerakan pernafasan , koordinasi geraka dan rotasi tangan .

Bab 9 . pendidikan luar kelas ….. Berkemah
Berkemah adalah kegiatan di alam terbuka yg mengasyikan . pelengkapan nya sederhana dan suatu cara yg murah untuk melihat ke indahal alam di seluruh tanah air bahkan dinia . di alam terbuka cakrawala generasi muda turbuka untuk memperoleh berbagai jenis pengalaman mempertebal rasa percaya diri , tapi berkemah juga member pelajaran bagaimana juga seseorang belajar hidup bersama orang lain di bawah tenda . Berkemah bukan cara yg sebenarnya , itu hanya alat dan tempat berlatih di alam terbuka yg merupakan suatu usaha untuk mendapatkan manfaat dan pelajaran dari alam ciptaan tuhan yg harus diteladani oleh manusia sebagai makhluk ciptaan nya .

Berkemah di Indonesia dapat dilakukan sepanjang tahun , kecuali bila tidak menyenangi musim hujan , tetapi di Negara Negara bermusim empat dianjurkan melakukan pada musim semi , musim panas , dan permulaan musim gugur . berkemah di musim salju hanya untuk para ahli , karena memerlukan pengetahuan teknis , keterampilan khusus , peralatan yg mahal , dan hanya sesuai untuk orang dewasa . Tipe atau peralatankemah perlu di ketahui pekemah dan calon penyelenggara . hal ini dilakukan agar perkemahan menjadi menyenangkan . berbagai peraturan atau tata tertib perlu disertakan pula agar semua yg mengikuti perkemahan menjadi manusia yg disiplin .

Bab 10 . pendidikan kesehatan …….
Makanan yg kita makan hendaknya memenuhi fungsi fungsi yg penting di dalam tubuh . baik hewan maupun manusia mendapatkan zat zat gizi dalam bentuk makanan yg berasal dr tubuh tumbuhan dan hewan . tiap makanan mengandung jenis dan jumlah zat zat gizi yg berbeda beda . Bahan makanan mengandung zat zar gizi seperti karbohidrat , protein , lemak , mineral , vitamin dan air .semua dilakukan oleh manusia untuk mempertahankan kehidupannya . selain zat zat gizi tersebut , di perlukan juga oksigen yg diperoleh dari udara sewaktu kita bernapas . Berdasarkan fungsinya di dalam tubuh , zat zat gizi dapat dibagi atas 3 golongan : zat gizi sumber tenega , yaitu karboidrat , lemak , protein , zat pembangun , yaitu protein , mineral , dan air , zat pengatur yaitu mineral , vitamin , dan protein .

Semester 2
Permainan bola besar …… Sepak bola
Tujuan permainan sepak bola adalah memasukan bola sebanyak banyaknya ke dalam gawang lawan . oleh karena itu , regu yg paling banyak memasukan bola ialah regu pemenangnya . menendang adalah paktor terpenting dan utama dalam permainan sepak bola . untuk menjadi seorang pemain sepak bola yg sempurna , perlulah pemain itu mengembangkan kemahirannya menendang menggunakan kedua belah kaki nya .

Bola voli dan bola basket ….
Variasi latihan dilakukan terutama untuk mempelajari teknik pemainan bola voli , dan bola basket agar siswa menguasai unsur unsur dasar permainan . disini perhatian siswa di arah kan pada perincian teknik bola voli dan bola basket dilakukan dengan lebih intensif . keterampilan mengendalian bola sangat ditonjolka , walaupun mungkin itu dirasakan sebagai penghambat kelancaran permainan .

Bab 12. Permainan SOFTBALL …..
Permainan softball disebut juga indoor – baseball, termasuk permainan yg dapat di kelompokan ke dalam permainan bola pukul . permainan softball mirip dengan permainan baseball . di Indonesia , permainan softball hamper mirip dengan permainan bola kasti . permainan ini merupakan olahraga yg paling banyak digemari anak anak sekolah , terutama para pelajar dan mahasiswa . permainan softball dimainkan secara beregu , baik pria dan wanita . Cara memainkannya adalah dengan cara memukul bola dengan alat pemukul (stick) yg dilemparkan oleh pitcher . cara pitcher melempar bola dengan menggunakan lemparandari bawah dengan peraturan yg berlaku .

Bab 13 . tolak peloru
Tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga atlentik . permainan tolak peluru dimainkan dengan cara ditolak atau dilempar . Untuk mencapai tolakan yg jauh , seorang atlit harus memahami dan menguasai teknik tolak peluru . teknik tolak peluru ada 4 yaitu : Cara memegang peluru . Sikap badan pada saat akan menolak peluru . Cara menolak peluru . Dan sikap badan setelah menolak peluru .

Bab 14 . bela diri pencak silat …..
Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia , yg telah berumur berabad abad .pencak silat diturunkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya . pada zaman dahulu ketika manusia masih berburu , mereka hidup secara berkelompok dan saling bermusuhan . untuk mempertahankan hidupnya , mereka belajar membela diri dengan menirukan gerakan gerakan binatang buruan mereka dalam membela diri .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->