Soal Ujian Amatir Radio Jakarta 19 Oktober 2003 Soal Latihan Tingkat : Pancasila : Siaga

Benar atau Salah Beri Tanda Silang Pada Huruf "B" Bila Pernyataan Benar dan Pada "S" Bila Pernyataan Salah 01. B-S Amandemen (Perubahan) Undang-Undang Dasar 45 telah dilakukan sebanyak 4 kali. 02. B-S Pasal 36 UUD 45 mengantur tentang Bendera Negara. 03. B-S Untuk mengubah UUD 45 sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat harus hadir. 04. B-S Presiden ialah Kekuasaan Tertinggi. 05. B-S Menteri Negara tidak bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat. 06. B-S Sumber hukum tertinggi untuk mengatur negara dan pemerintah adalah Ketetapan MPR. 07. B-S Pasal 27 ayat 1 UUD 45 ialah Hak wanita untuk mendapatkan kedudukan yang sama. 08. B-S Cita-cita luhur bangsa Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. 09. B-S Kekuasaan Negara yang tertinggi berada di tangan Presiden. 10. B-S Presiden ialah penyelenggara pemerintah negara tertinggi dibawah Majelis.

Keempat 05. Bebas agama dan kepercayaan kepada Tuhan YME. Kedua c.Pilihlah Jawaban Yang Dianggap Benar Dibawah Ini 01. TAP MPR d. manusia agar menjadi baik 06. UUD 1945 pasal 30 ayat 2 02. Bebas menjalankan ibadah b. Pengakuan terhadap rahmat Tuhan YME telah dinyatakan dalam Pembukaan UUD 45 aline a. c. Kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah yang maha kuasa. berdasarkan pasal 29 UUD 45 ayat 1 dapat dikatakan bahwa negara Indonesia menganut paham a. UUD 1945 pasal 29 ayat 1 b. UUD 45 pasal 29 b. Animisme 04. Wajib beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. 03. Dalam menjalankan peribadatan. membuat jera manusia d. Pertama b. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama. hal ini berarti bahwa warga negara Indonesia a. Ketiga d. d. Atheisme b. GBHN 07. UUD 1945 . Monotheisme c. hal ini tercantum dalam a. Perlunya peraturan dalam kehidupan masyarakat adalah untuk a. hal ini tercantum dalam a. Di negara Idnonesia sumber hukum tertinggi untuk mengatur negara dan pemerintah adalah a. pembukaan UUD 45 c. menakut-nakuti manusia b. UUD 1945 pasal 30 ayat 1 d. UUD 1945 pasal 29 ayat 2 c. Dalam UUD 45 dicantumkan bahwa negara berdasarkan atas ke-Tuhanan Yang Maha Esa. Politheisme d. Mengatur prilaku manusia c. negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk.

Norma yang dibuat oleh negara isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaannya dilakukan oleh . Kaidah atau ketentuan yang dijadikan peraturan hidup. 30 pasal 1 d. 27 ayat 2 c. Hukum d. Instruksi Presiden 08. Menjunjung tinggi yang berlaku merupakan a. d. 31 pasal 1 10. Kesamaan kedudukan di dalam hukum dan pemerintah bagi setiap warga negara di jamin dalam a. UUD 45 pasal 27 c. Wewenang setiap warga negara tanpa kecuali. UUD 45 pasal 29 14. 31 ayat 1 b. wajib membela negara d. Kewajiban setiap warga negara tanpa terkecuali. 31 ayat 5 11. Norma 13. Adat istiadat b. berhak untuk berpendapat b. peraturan c. UU c. 12. 27 ayat 1 b. UUD 45 pasal 28 d. Contoh sikap warga negara yang sesuai dengan pasal 27 ayat 2 UUD 1945 adalah a. sehingga mempengaruhi tingkah laku manusia dan masyarakat disebut a. wajib memajukan budaya negara 09. TAP MPR d. 31 ayat 3 d. c. Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan di atur dalam UUD 45 pasal a. 32 ayat 1 c. Hak WNI untuk mendapatkan kedudukan yang sama dalam Pemerintahan diatur dalam UUD 45 pasal a. Kewajiban setiap pengusaha negara tanpa terkecuali. b. UUD 45 pasal 26 b.b. Hak warga tanpa terkecuali. berhal memperoleh pekerjaan c.

Kewajiban membela negara bagi WNI berlandaskan pada UUD 45 a. pasal 31 d. keanggotaan MPR di negara kita terdiri dari para utusan daerah dan wakil golongan.alat negara disebut a. peraturan atas hukum yang berlaku dalam negeri kita adalah a. Menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan antar suku b. Hukum imperialisme dan hukum pidana b. Cinta tanag air diwujudkan dengan cara a. hal ini ditetapkan a. Pemerintah kita wajib membantu memelihara perdamaian dunia hal ini sesuai dengan a. Keempat d. hukum agama dan regulius 16. Mengirim misi kesenian ke lain daerah d. pasal 28 b. Norma kesusilaan c. Memelihara lingkungan dan mengelola kebudayaan alam 20. Ketiga c. Kerjasama bangsa Indonesia dengan bangsa lain di dunia adalah merupakan perwujudan dari pengamalan Pancasila terutama sila a. pasal 3 ayat 1 UUD 45 d. UUD 1945 b. Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 . Hukum tertulis dan tidak tertulis d. pasal 33 18. Norma hukum d. Menghormati tradisi daerah lain c. Kelima 19. Politik Luar Negeri c. pasal 1 ayat 1 UUD 45 b. Norma agama b. Hukum kolonial dan nasional c. pasal 30 c. pasal 3 ayat 2 UUD 45 17. Kedua b. Norma kesopanan 15. pasal 2 ayat 1 UUD 45 c.

d. Sistem keamanan nasional .

09. 10. B-S Amatir radio adalah sosial merupakan salah satu kode etik Amatir Radio. B-S Perangkat Amatir adalah sekelompok alat telekomunikasi yang memungkinkan penyelenggaraan kegiatan Amatir Radio.Soal Latihan Tingkat : Peraturan Radio : Siaga Benar atau Salah Berilah tanda silang pada huruf B bila pernyataan benar dan pada huruf S bila pernyataan salah. 07. 02. 08. 03. B-S Menyita perangkat radio adalah salah satu kewenangan anggota Amatir Radio dalam membantu pemerintah terhadap pengguna komunikasi radio yang melanggar. B-S Organisasi Amatir Radio didirikan pada tanggal 7 Juli 1967. 05. B-S Tidak menggunakan udara / frekuensi untuk kesenangan pribadi adalah Amatir Radio berjiwa perwira. 06. B-S Tanda panggilan (callsign) adalah ijin bagi Amatir Radio / Stasiun Amatir radio. . B-S IARU adalah Organisasi Amatir Radio Internasional yang menjadi wadah semua organisasi amatir radio di seluruh dunia. B-S IPPRA adalah Izin Pemilikan Perangkat Radio Amatir. B-S Stasiun radio adalah stasiun radio yang dibuat sendiri dengan cara menggabungkan atau merakit perangkat. 04. 01. B-S Yangke adalah huruf awal untuk menandai anggota Amatir Radio dari negara Indonesia.

SKKAR (Surat Keterangan Kecakapan Amatir Radio) yang dikeluarkan oleh Pemerintah terdiri dari a. SKKAR. IAR. d. Setiap orang yang diberi izin karena berminat dalam teknik radio dengan tujuan pribadi tanpa maksudd keuntungan keuangan. Ujian negara amatir radio. b. SKKAR b. Permulaan dan akhir hubungan radio d. Masa laku IAR untuk tingkat siaga berlaku a. Ujian negara amatir radio. Setiap orang yang diberi izin karena punya pengalaman khusus dibidang elektronika. permulaan hubungan radio c. Amatir radio adalah setia d. diantara percakapan berlangsung dan akhir hubungan 05. Setiap orang yang diberi izin karena berminat dalam teknik radio dengan tujuan pribadi dan dapat memperoleh keuntungan keuangan. Untuk dapat menyelenggarakan kegiatan Amatir radio seseorang harus memiliki izin amatir radio melalui urutan proses a. Amatir radio adalah ramah tamah 03. 5 (lima) tingkatan 06. SKKAR. 4 (empat) tingkatan c. IPPRA. Ujian negara amatir radio. permulaan. IPPRA 02. Setiap stasiun radio amatir harus dapat dikenali dari nama panggilan yang setiap kali harus dipancarkan a. 3 tahun . IAR. 04. Amatir radio adalah a. 3 (tiga) tingkatan d. IPPRA. Amatir radio adalah seorang satria c. c. Setiap orang yang diberi izin karena punya hobby berkomunikasi. IAR c.Pilihan: Berilah tanda silang (X) pada huruf jawaban yang benar 01. 2 tahun b. Permulaan dan diantara percakapan berlangsung b. IPPRA d. Anggota Amatir Radio selalu siap sedia dengan pengetahuan dan stasiun radionya untuk mengabdi kepada negara dan masyarakat termasuk kode etik a. 2 (dua) tingkatan b. Ujian negara amatir radio. Amatir radio adalah seorang patriot b. IAR. SKKAR.

80MHz b. Enam bulan b. satu bulan c. 144 . 5 tahun 07. Izin Pemilikan Perangkat Radio Amatir d. Kekuatan pemancar stasiun radio amatir untuk tingkat siaga a. Tiga bulan d. Izin Penguasaan Pemilikan Radio Amatir 12. "IPPRA" singkatan dari a. Empat bulan c.00MHz 08.c. Pemilik IAR yang sudah mempunyai perangkat radio harus disertai IPPRA. 146 .148.00MHz d. dua bulan b.00MHz c. Empat organisasi lokal c. satu minggu sebelum berakhirnya izin yang bersangkutan . 25watt frekuensi > 30MHz 09. 140 . 75Watt frekuensi > 30MHz c. 144 . 30Watt frekuensi > 30MHz d. Izin Pemilikan dan Penguasaan Radio Amatir c.150. Tiga organisasi lokal d. 11. Organisasi daerah dapat dibentuk bila terdiri sekurang-kurangnya a.148. Lima organisasi lokal. Permohonan pembaharuan IAR dan atau IPPRA yang masa berlakunya akan habis harus diajukan a. b. maka nama panggilannya gugur dan dapat diberikan kepada pemohon izin baru.145. dua minggu d. 4 tahun d. Dua bulan terhitung dari masa habis berlakunya. Band frekuensi yang diizinkan untuk tingkat pemula a. Dua organisasi lokal 10. Izin Penguasaan Perangkat Radio Amatir b. 10Watt frekuensi > 30MHz b. IAR yang sudah habis masa berlakunya dan tidak diperbaharui dalam jangka a.

Nama panggilan terdiri dari . Tiga buah c . Stasiun radio untuk radio siaran d. Nama panggilan dinyatakan gugur bila a. Delapan buah 15. Stasiun radio untuk kegiatan Jambore Pramuka b. Dua buah b. 19. 1 (satu) tahun setelah IAR yang bersangkutan telah habis berlakunya. b. warna dasar coklat tulisan putih d. Empat buah d. warna dasar putih tulisan coklat c. tiga tahun d.13. 2 (dua) tahun setelah IAR yang bersangkutan telah habis berlakunya. empat tahun habis masa IAR-nya dan masih ingin melanjutkan kegiatan amatir radio maka SKKAR tertinggi yang dimiliknya dinyatakan tidak berlaku dan harus mengikuti ujian kecakapan tingkat tertinggi yang pernah dimiliki tersebut. Lebih dari a. warna dasar coklat tulisan putih b. 17. 18. c. 50 x 50 cm. Papan nama untuk stasiun radio amatir tetap ditentukan sebagai berikut a. d. Jumlah perangkat Radio Amatir yang boleh dimiliki untuk tingkat Siaga adalah a. Warga negara asing bukan anggota Korps Diplomatik yang ingin mengajukan permohonan untk memperoleh IAR dan IPPRA harus melampirkan surat keterangan izin menetap di Indonesia a. dua tahun c. Untuk stasiun radio pantai c. tidak ada jawaban yang benar. 50 x 50 cm. satu tahun b. Izin khusus diberikan untuk mendirikan a. paling sedikit enam bulan c. 50 x 20 cm. warna dasar putih tulisan coklat 16. paling sedikit satu tahun d. Stasiun radio untuk kegiatan fox hunting. 6 (enam) bulan setelah IAR yang bersangkutan telah habis berlakunya. 50 x 20 cm. paling sedikit tiga bulan b. paling sedikit lima bulan 14.

prefix. Kelas Emisi c. Prefix menunjukan a. Kode Wilayah d. suffik dan kelas emisi. b. kode wilayah. d. 20. kode wilayah. sufik dan kode wilayah. tingkat kecakapan amatir radio . prefix. Pemilik IAR (Izin Amatir Radio) b. prefix dan suffik.a. c. Prefix. kode wilayah dan suffik.

06. 04. . B-S Jika dua tahanan bernilai 100 ohm dihubungkan paralel maka nilai pengganti (R total) adalah 50 ohm. B-S Nilai sebuah capasitor dihubungkan paralel (C1) = 100 Farad dan C2 = 100 Farad maka nilai capasitor (C) penggantinya adalah 200 Farad. 05. 02. B-S Dalam hukum ohm. 08. B-S Yang dimaksud dengan frekuensi adalah panjang gelombang (getaran) yang teejadi dalam satu detik dan dinyatakan dengan Hertz. B-S Jika arus bolak balik (AC) mengalir pada suatu kumparan. B-S SWR (Standing Wave Ratio) meter adalah suatu alat ukur untuk mengetahui keadaan match diantara saluran transmisi dengan antenna. merah dan oranye maka nilai dari tahanan tersebut adalah 22 Ohm. 07.Soal Latihan Tingkat : Teknik Radio : Siaga Petunjuk cara menjawab Jawablah dengan memberi tanda X untuk jawaban yang saudara anggap benar. B-S Hukum Kirchoff berbunyi: pada setiap titik pertemuan. arus yang masuk adalah sama besar dengan arus yang keluar. B-S Reaktansi kapasitor (Xc) ialah perlawanan terhadap aliran arus yang diberikan oleh kapasitansi sebuah sirkuit. Apabila jawaban saudara salah maka berilah tanda lingkaran pada jawaban tersebut dan berilah tanda X pada jawaban yang baru 01. 10. 09. B-S Transformator (Trafo) Step up berguna untuk menaikan tegangan AC. maka akan terjadi medan magnit yang berlawanan / searah (DC). besar arus I = 3 Ampere dan besar tahanan (R) = 5 ohm maka nilai tegangannya (E) adalah 15 Volt. 03. B-S Urutan warna dari sebuah tahanan adalah merah.

Gambar berikut menunjukan transistor tipe / jenis a. Dari gambar berapa besar arus yang mengalir melalui R2 a. PNP c. Rangkaian ini adalah transformator ideal. 4 Ampere c. 25 uF 02. 250 uF b. I1:I2 = N1:N2 d. 550 uF c. PPN b. 0. NNP 03. V1:V2 = N1:N2 c. 01.5 Ampere d. NPN d. Diketahui C1 = 1000 mikro Farad C2 = 1000 mikro Farad C3 = 50 mikro Farad Ditanya berapa total Ct a. 75 uF d. 1 Ampere 04.Berilah tanda silang X pada jawaban yang saudara anggap paling benar. V1:V2 = N1:N2 b. I1:I2 = V1:V2 . 2 Ampere b. Maka a.

Lihat gambar a. 6 uF b. besarnya kapasitas C3 adalah a. Muatan total kondensator 40uF. 7 uF d. 9 uF . 40 uF c. Polarisasi antenna Omni Directional c. 250 Ohm d. Pada gambar dibawah ini.05. Polarisasi antenna beam d. 350 Ohm b. berapa R Totalnya? a. sedangkan R4 = 150 Ohm. Hasil Modulasi penerima FM 07. 300 Ohm c. 150 Ohm 06. Polarisasi Antenna Directional b. jika R2 = R3 = 200 Ohm.

Perubahan gelombang elektromagnetik menjadi gelombang listrik disebut a. 25K Ohm 5% c.08. Microphone b. Antenna pemancar d.3Mhz merupakan band frekuensi a. 35K Ohm 10% 14. Low frekuensi (LF) 13. Arus d. Ultra High Frekuensi (UHF) d. Suatu amper meter 50mA pembagian skala terbesar 10 skala. 26K Ohm 5% b. Sebuah resistor dengan urutan warna Merah. 3 mA d. 25K Ohm 10% d. Hijau. 45 mA b. power meter c. Besarnya beda potensial antara dua buah titik pada muatan listrik disebut a. perubahan tegangan AC 110 Volt menjadi 220 adalah hasil kerja dari sebuah a. Very High Frekuensi (VHF) c. Medium frekuensi (MF) b. Diode b. Untuk mengetahui daya output dari sebuah pemancar digunakan alat ukur a. Semiconductor d. Tahanan b. Oranye dan Emas adalah a. SWR Meter b. Antenna penerima c. pada suatu pengukuran baru menunjukan 6 skala. ohm meter d. volt meter 09. Trafo c. 25 mA . Penyearah arus 11. Loudspeaker 12. 30 mA c. Band frekuensi antara 300KHz . Tegangan c. maka besar arus tersebut adalah a. Capasitor 10.

V dalam Volt. Dalam hukum Ohm kita mengenal tiga (3) besaran listrik.15. Menghilangkan noise pada saat tidak ada signal RF d. I dalam Watt dan R dalam Ohm b. satuan setiap besaran adalah a. berubahnya frekuensi yang digunakan 16. V dalam Volt. V dalam Volt. memperbaiki directifiti b. memberikan pengarahan yang lebih baik d. Memilih pemancar yang dikehendaki b. berubahnya output pemancar b. Mempersempit bandwidth (BW) . V dalam Volt. Terjadi fading dalam penggunaan radio komunikasi SSB disebabkan oleh a. Balun pada antenna berfungsi sebagai a. I dalam Ampere dan R dalam Ohm d. berubahnya lapisan ionosfir c. berubahnya arah antenna d. Squelch mempunyai fungsi a. I dalam Ampere dan R dalam Radian c. Memperkuat penerima c. I dalam Henry dan R dalam Farad 17. Menyesuaikan impedansi c. Menghilangkan Noise Audio 18.

Tembus pandang 20. Garis lurus (line of sight) c. balun d. Nama komponen yang berfungsi untuk menangkal gangguan petir a. SWR meter . Gelombang langit d. Frekuensi 475MHz cara perambatan gelombangnya adalah merupakan a.19. Fuse b. Tanah b. arrister c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.