KONDISI SOSIAL INDONESIA

1.

SUKU BANGSA
Penduduk Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dan keturunan. Secara etimologis, sebagian besar suku bangsa di Indonesia berasal dari keturunan rumpun bangsa Mongoloid. Mereka pada umumnya tersebar di wilayah Indonesia bagian Barat. Sebagian lagi, terutama yang tinggal di wilayah Indonesia bagian Timur, merupakan keturunan Melanesia dan Negroid

2. PENDUDUDUK

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Jumlah penduduk Indonesia adalah 205,8 juta jiwa (BPS, 2005).

dan Indonesia . BAHASA Bahasa resmi yang digunakan di Indonesia adalah bahasa Indonesia. Brunei Darussalam.3. Singapura. Bahasa Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa Melayu yang berkembang di beberapa negara di wilayah Asia Tenggara. seperti Malaysia.

4. AGAMA Kepercayaan asli nenek moyang Indonesia adalah animisme dan dinamisme. .

Pemerintah mengadakan program wajib belajar 6 tahun bagi warga negaranya. PENDIDIKAN Pendidikan merupakan salah satu indikator penunjang naiknya tingkat kualitas penduduk. . tidak kurang dari 28.7 juta anak Indonesia terdaftar sebagai siswa sekolah dasar.5. Pada tahun ajaran 2000.

.

yaitu kegiatan ekonomi agraris dan kegiatan ekonomi nonagraris. . Secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua.KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK INDONESIA Kegiatan ekonomi meliputi semua bentuk kegiatan penduduk dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi manusia bermacammacam.

perikanan. . kegiatan ekonomi agraris berpusat di daerah-daerah pedesaan yang masih menyediakan lahan yang cukup luas. Pada umumnya. khususnya dalam bidang pertanian.1. dan kehutanan. KEGIATAN EKONOMI AGRARIS Kegiatan ekonomi agraris adalah kegiatan ekonomi penduduk dalam memanfaatkan faktor-faktor alam. perkebunan. termasuk di dalamnya adalah peternakan.

.

.

.

dan jasa .2. Kegiatan ekonomi nonagraris meliputi usaha pertambangan. industri. KEGIATAN NON AGRARIS Kegiatan ekonomi nonagraris umumnya lebih berkembang di kawasan perkotaan. perdagangan. khususnya di kota-kota besar.

a. Balikpapan. Lirik. Babo. dan Kutai (Kalimantan Timur). Duri. Dumai. Minas. dan Rumbai (Riau dan Kepulauan Riau). Pulau Seram (Maluku). Langkat dan Pangkalanbrandan (Sumatra Utara). dan lepas pantai Rembang (Jawa Tengah). Cirebon. dan Jatibarang (Banten dan Jawa Barat). dan Klamono (Papua) . Jambi. Wonokromo dan Bojonegoro (Jawa Timur). Grobogan. Pertambangan              Minyak Perlak dan Lhokseumawe (NAD). Natuna. Muaraenim dan Prabumulih (Bengkulu). Cepu. Selat Sunda. serta Sorong. Pulau Bunyu. Tarakan.

negara pengimpor LNG Indonesia terbesar adalah Jepang. Secara berturut-turut.GAS Negara kita merupakan penghasil gas alam terbesar di dunia. Daerah penghasil gas alam utama adalah Plaju dan Sungai Gerong (Sumatra Selatan) serta di Arun dan Bontang. Korea Selatan. dan Amerika Serikat . Gas alam yang telah diolah menjadi Liquid Natural Gas (LNG) atau gas alam cair merupakan komoditas ekspor.

pemerintah sudah mulai menyosialisasikan penggunaan briket batubara untuk kebutuhan rumah tangga. padahal sejak awal tahun 1990-an. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi minyak sebagai bahan bakar utama rumah tangga .Batubara Penggunaan batubara dalam negeri saat ini masih terbatas untuk keperluan industri.

dan Jawa Barat . dan lembah Sungai Kapuas (Kalimantan). muara Sungai Mahakam.Sulawesi Selatan. Banten. lembah Sungai Berau. Pulau Laut.Pusat-pusat penambangan batubara di Indonesia terdapat di Bukitasam dan Sawahlunto (Sumatra).

.

Perindustrian Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan setengah jadi menjadi barang konsumsi dengan menggunakan sarana dan peralatan. sedangkan perindustrian adalah segala sesuatu yang bertalian dengan proses-proses industri. .b .

Perdagangan 1) Perdagangan lokal 2) Perdagangan regional 3) Perdagangan nasional 4) Perdagangan internasional .c .

atau manfaat yang dapat dijual ke orang lain (konsumen) yang membutuhkannya. Dalam perkembangannya.d . Jasa Jasa merupakan aktivitas. kemudahan. jasa memegang peranan penting karena dapat mendukung kegiatan perekonomian dan kegiatan manusia pada umumnya. .