P. 1
Proposal Skripsi Wuri

Proposal Skripsi Wuri

|Views: 1,622|Likes:
saa
saa

More info:

Published by: Erul Fai Elsatya Kemunk on Sep 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

PROPOSAL SKRIPSI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN ONLINE PADA TOKO WURI SHOP

Oleh : DENI WURI HANDAYANI 2008140546

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAMULANG PAMULANG 2012

ABSTRAK Toko Wuri Shop merupakan salah satu dari sekian banyak toko yang mengkhususkan bidangnya dalam penjualan pakaian. Dalam perkembangannya toko ini sudah memiliki banyak pelanggan terutama kaum remaja. Namun, toko ini belum bisa menjangkau pelanggan-pelanggannya sampai ke luar Jakarta, sehingga pelanggan datang langsung untuk membeli barang yang diinginkannya. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dibuat suatu sistem penjualan berbasis web yang dapat memudahkan transaksi penjualan antar kota.

Kata Kunci: Toko Wuri Shop, sistem penjualan berbasis web, transaksi penjualan

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Teknologi internet mempunyai efek yang sangat besar pada perdagangan atau bisnis. Hanya dari rumah atau ruang kantor, calon pembeli dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasi, memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu datang ke toko atau tempat transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat mengambil keputusan dengan cepat. Transaksi secara online dapat

menghubungkan antara penjual dan calon pembeli secara langsung tanpa di batasi oleh suatu ruang dan waktu. Itu berarti transaksi penjualan secara online mempunyai calon pembeli yang potensial dari seluruh provinsi di Indonesia atau bahkan dunia. Oleh karena itu dengan pemanfaatan teknologi internet khususnya dalam informasi penjualan online dengan menggunakan media web atau internet dengan tujuan untuk meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan dapat meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan dapat meningkat. Dari latar belakang yang telah diuraikan di atas penulis mengangkat judul :
“PERANCANGAN

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN

ONLINE PADA TOKO WURI SHOP”.

1.2 Perumusan Masalah Dari latar belakang di atas, permasalahan yang menjadi dasar pembuatan tugas akhir ini adalah bagaimana merancang sebuah sistem penjualan online agar dapat meminimalkan waktu proses penjualan dan dapat dipergunakan oleh masyarakat luas? 1.3 Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan skripsi ini antara lain :
1.

Sistem informasi penjualan online diharapkan dapat membantu pemasaran dalam memasarkan produk pakaian sehingga transaksi penjualan dapat dilakukan dengan cepat dimana saja dan kapan saja oleh semua kalangan masyarakat.

2.

Untuk menghasilkan suatu sistem yang memberikan informasi tentang pakaian tren model terkini yang di pasarkan kepada calon pembeli sehingga mempermudah calon pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

1.4 Batasan Masalah Sistem informasi penjualan online ini dibatasi pada ruang lingkup seperti : 1. Data yang diolahnya data barang dan data pengguna sistem penjualan pakaian online. 2. Sistem hanya memberikan informasi barang yang tersedia dan proses pembelian barang tersebut. 3. 4. Sistem ini tidak membahas mengenai masalah persediaan barang. Pembayaran transaksi dilakukan secara offline, dimana pembelian melakukan transfer uang secara manual pada rekening yang ditetapkan.

1.5 Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini diantaranya: 1. Memberikan kemudahan bagi customer dalam mendapatkan informasi barang tanpa harus mendatangi langsung Toko Wuri Shop. 2. Meningkatkan dan memperluas pemasaran produk Toko Wuri Shop.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Sistem Informasi Penjualan Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.(Wikipedia Indonesia)
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan atau pemrosesan data.(Adi Nugroho, 2011)

Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. (Wikipedia Indonesia) Penjualan merupakan faktor penting dalam kemajuan dan perkembangan perusahaan, karena pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan digunakan untuk membiayai kelangsungan perusahaan, terlebih dalam menghasilkan keuntungan. (Library Binus)

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan sistem informasi penjualan adalah sistem yang mengalirkan barang atau jasa ke konsumen dengan interaksi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan kegiatan penjualan. (Library Binus)

2.2 Konsep Dasar Pembuatan Sistem Informasi Penjualan online 2.2.1 Browser 2.2.2 PHP 2.2.3 MySql 2.3 Pemodelan Basis Data Sistem Informasi Penjualan Online 2.3.1 Model Basis Data Entitas Relational Model ER adalah sebuah model konseptual dari data yang

menggambarkan keadaan sebenarnya dari entitas dan relasi. Model data membutuhkan notasi grafis untuk merepresentasikannya. ERD adalah tipe dari model data konseptual atau semantic data model. (Bambang Wahyudi, 2008) Entitas adalah objek yang harus ada di suatu unit usaha yang akan dibuat komputerisasinya,atau entitas adalah sebuah objek yang unik yang membedakan antara suatu objek dengan objek lainnya. (Bambang Wahyudi, 2008) Atribut atau field adalah suatu karakteristik yang biasa untuk menggambarkan seluruh atau sebagian dari record. (Bambang Wahyudi, 2008) Relasi adalah keterhubungan atau keterkaitan antara satu entitas dengan satu atau lebih entitas lain.(Bambang Wahyudi, 2008) 2.3.2 Pemodelan Basis Data Berorientasi Objek Dalam perancangan Sistem informasi penjualan online toko Wuri Shop, Penulis menggunakan bagian – bagian UML seperti:

1. Usecase Use case diagram digunakan untuk mengidentifikasi elemen utama dan proses yang membentuk sistem. Unsur-unsur utama yang disebut sebagai "aktor" dan proses yang disebut "menggunakan kasus." Menunjukkan use case diagram bahwa aktor berinteraksi dengan kasus.(Saptono) 2. Class Diagram Kelas Diagram digunakan untuk menyempurnakan use case dan menentukan desain rinci dari sistem. Kelas diagram mengklasifikasikan aktor yang didefinisikan dalam use case diagram menjadi satu set kelas saling terkait. Hubungan atau asosiasi antara kelas dapat berupa "sebuah" atau "memiliki-sebuah" hubungan. Setiap kelas dalam kelas diagram mampu memberikan fungsi tertentu. Fungsi ini disediakan oleh kelas yang disebut "metode" dari kelas. Terlepas dari hal ini, masing-masing kelas dapat memiliki "atribut" yang secara unik mengidentifikasi kelas.(Saptono) 3. Activity Diagram Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya seperti use case atau interaksi.(Arif Ikhwan, 2010) 4. Sequence Diagram Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku pada sebuah skenario. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara objek juga interaksi antara objek, sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem. (Arif Ikhwan, 2010)

BAB III METODELOGI PENELITIAN

3.1 Metodelogi Pengumpulan Data Metode pengumpulan data dalam skripsi ini antara lain: 3.1.1 Studi Kepustakaan Mempelajari disiplin ilmu yang berkaitan dengan penyusunan skripsi ini, yaitu tutorial pemrograman PHP dan MYSQL, dan perancangan sistem informasi penjualan, baik dari buku – buku referensi, contoh – contoh skripsi sebelumnya maupun dari artikel di internet. 3.1.2 Metode Observasi Metode ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke Toko Wuri Shop untuk memperoleh keakuratan data yang dibutuhkan. 3.1.3 Metode Wawancara Melakukan wawancara langsung dengan pengelola Toko Wuri Shop untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini.

3.2 Metodelogi Perancangan Sistem Perancangan sistem dalam penyusunan skripsi ini menggunakan model UML(Unified Modelling Language). Menganalis dari data yang didapatkan dari Toko Wuri Shop kemudian menginterpretasikannya ke dalam bentuk rancangan diagram UML.

3.3 Metodelogi Pembuatan Laporan Hasil Penelitian Tahapan ini merupakan akhir dari penelitian, berupa pemaparan hasil penelitian dari sistem baru yang dirancang.

JADWAL PENYUSUNAN SKRIPSI

No 1.

Tanggal Kegiatan 17-22 September 2012

Rencana Kegiatan Pengumpulan proposal skripsi Presentasi Proposal skripsi

Opsi Penggantian judul skripsi oleh pembimbing

2.

1 Oktober 2012

3.

15 Oktober 2012 November – Februari 2012

Tahapan pengumpulan data

Penyusunan melebihi batas waktu yang ditetapkan

4.

Penyusunan Skripsi dan pelaksanaan bimbingan

DAFTAR PUSTAKA Arief Ikhwan.(2010).Pengenalan UML. Retrieved Juni 11, 2012, from ariefikhwan.web.ugm.ac.id/?tag=pengertian-uml Library Binus. Pengertian Sistem Informasi Penjualan. Retrieved September 19, 2012, from http://library.binus.ac.id/ eColls/eThesis/Bab2/2007-2-00300-KA-Bab%202.pdf Nugroho,Adi. Perancangan dan Data.Yogyakarta : Andi Offset,2011. Saptono.UML Implementasi Sistem
20, 2012,

Basis
from

Diagram. Retrieved September http://pasca.uns.ac.id/~saptono/project/SWP4.pdf

Wahyudi, Bambang,S.Kom. Konsep Sistem Informasi dari BIT sampai ke Database.Yogyakarta : Andi Offset, 2008. Wikipedia Indonesia. Sistem . Retrieved September 19, 2012, from http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem Wikipedia Indonesia. Sistem Informasi . Retrieved September 19, 2012, from http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->