LAPORAN PELAKSANA KEGIATAN PELATIHAN DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN

1. Persiapan  Tujuan Kegiatan Tujuan kegiatan ini adalah Menyiapkan tenaga kerja yang trampil dan profesional, mandiri, dan mempunyai jiwa kewirausahaan yang tinggi sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri.

Target Kegiatan Manfaat bagi sekolah : 1. Menghasilkan tamatan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan 2. Menyiapkan tamatan SMK yang mapu bekerja mandiri 3. Mendukung kegiatan sekolah terkait mata pelajaran kewirausahaan Manfaat bagi siswa : 1. Menanamkan sikap disiplin dan etos kerja 2. Mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa 3. Meningkatkan keterampilan kewirausahaan yang dimiliki siswa.

Sasaran Kegiatan Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kelas II untuk masing-masing jurusan yaitu : Teknik Otomotif, Teknik Permesinan, Elektronika, Teknik Informatika

3. 7. 31 maret. 1. 1. 7. 3. 5. 2 juli. Pemaparan Hasil Kegiatan Pelatihan dan workshop kewirausahaan dihadiri oleh 16 siswa dari 42 siswa yang mendaftar dan didampingi 2 guru kewirausahaan. selain itu mereka juga dapat menghubungi tim KKN-PPL 2012 . 31 agustus. Persiapan Pelaksanaan 6 september 6. 28 maret. Siswa juga diberi kesempatan untuk bertanya seputar kewirausahaan. 4. Pelaksanaan Pelatihan dan workshop kewirausahaan dilaksanakan pada tanggal 6 September 2012 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Analisis Hasil Kegiatan a. Koordinasi Ke Sekolah 30 juni. 4. Pembuatan Proposal Fiksasi Pembuatan Proposal 14 april dan 15 mei 16 juli 17. 5 september 31 agustus – 5 september. Pelatihan dan workshop tersebut diisi dengan materi bagaimana setelah siswa lulus nantinya dengan memberikan gambaran seputar dunia kuliah dan mengenai bagaimana memulai berwirausaha sebagai wirausahawan. 3. 5 september 2. Dalam pelatihan tersebut dihadirkan 2 pembicara dari tim KKN-PPL 2012 yang sudah perprofesi sebagai wirausahawan untuk memberikan materi dan berbagi pengalaman dalam berwirausahaan. 28 april. Kegiatan Untuk Mempersiapkan Pelaksanaan Kegiatan No. Pertemuan Rapat mei. 25 april. 3. Waktu Pelaksanaan Evaluasi Pelaksanaan Total Jam Kegiatan 6 September 6 september 2 jam 3 jam 2 jam 91 jam 1 hari 3 jam 1 hari 3 jam 1 hari 3 jam 3 jam 1 hari 3 jam Lama Pelaksanaan 2. Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan 14.9 1.

Hal ini bertujuan agar siswa pada saat lulus sekolah nanti sudah mempunyai pandangan akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi sesuai bidang keahlian yang telah diambilnya di SMK atau memilih menjadi wirausahawan dengan bekal yang diperoleh di sekolah. Output Siswa memperoleh pengetahuan seputar dunia perkuliahan dan berwirausaha sebagai wirausahawan. Faktor Penghambat 1) Keterlambatan waktu saat memulai acara 2) Kehadiran siswa yang tidak sesuai dengan jumlah pendaftaran d. b. Berikut adalah uraiannya: Keunggulan : Dari program kewirausahaan yang telah terlaksanakan maka bagi peserta dapat mendapatkan ilmu yang lebih untuk berwirausaha. Kekurangan : Pelaksanaan dari program-program KKN dari segi waktu pelaksanaannya tidak sesuai dengan perencanaan hal ini dikarenakan menyesuaikan dengan jadwal yang sesuai dengan jadwal sekolah. Faktor Pendukung 1) Adanya dukungan dari guru kewirausahaan SMK Muhammadiyah 1 Bantul 2) Aula sebagai tempat pelaksanaan 3) Sumber Daya Manusia yang mencukupi 4) Proyektor dan LCD 5) Perlengkapan soundsistem c.apabila mereka berminat memulai berwirausaha dan membutuhkan pendampingan. Dari jumlah siswa yang menjadi peserta seharusnya 42 peserta akan tetapi karena banyak jadwal pelaksanaan yang bersamaan dengan jadwal kegiatan lainnya sehingga pesertanya menjadi 16 peserta. . Serta waktu yang digunakan untuk acara yang berlangsung kurang sehingga acara tidak sesuai dengan rencana awal. Refleksi Dengan terleksananya kegiatan KKN di atas maka mahasiswa KKN-PPL di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat melihat keunggulan dan kekurangan dalam pelaksanaan program KKN tersebut. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful