PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 1

DIGITAL COMMUNICATION

1.1. Pendahuluan
Pada rancangan yang besar dan system digital yang kompleks, diperlukan satu alat yang mengkomunikasikan informasi-informasi digital dari dan ke perlengkapan lainnya. Salah satu keunggulan informasi digital adalah kecendrungannya menjadi jauh lebih tahan akan salah transmisi dan interpretasi dari pada informasi yang disimbolkan alam suatu media analog. Andai kita diberi tugas untuk memantau level tangki air utama dari jarak jauh. Pertama merancang system untuk mengukur level air dalam tangki dan mengirim informasi ini agar dapat dimonitor dari jarak jauh. Mengukur level tangki tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, misalnya dengan float switches, pressure transmitters, ultrasonic level detectors, capacitance probes, strain gauges, atau radar level detectors. Untk memudahkan ilustrasi ini, digunakan alat pengukur level analog dengan sinyal output 4-20 mA. 4 mA menyatakan level tangki 0%, 20 mA menyatakan level tangki 100%, dan setiap harga antara 4 and 20 mA menyatakan level tangki yang sebanding antara 0% and 100%. Jika diinginkan, sinyal arus analog 4-20 milliamp ini dapat dengan mudah ke lokasi pemantauan jarak jauh dengan menggunakan sepasang kabel tembaga untuk menggerakkan sejenis meteran panel yang skalanya menyatakan tinggi air pada tangki sesuai satuan yang diinginkan.

K&I

DOC.05/2010

PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 2

Sistem komunikasi analog ini sederhana dan mudah, mencukupi dan sempurna. Tetapi bukanlah satu-satunya cara. Untuk penerapan teknilogi digital, ada metoda lain untuk memonitor tangki hypothetical ini, meskipun metoda analog diatas merupakan yang paling praktis. Sistem analog yang sederhana ini memiliki keterbatasan. Salah satunya adalah masalah interferensi sinyal analog. Karena level air pada tangki dinyatakan dalam besaran arus listrik DC pada rangkaian, maka setiap perubahan/gangguan arus (noise) akan diterjemahkan sebagai perubahan level air. Tanpa noise, grafik arus terhadap waktu pada level air yang tetap 50% akan menjadi seperti gambar berikut ini.

Jika wayar rangkaian ini terlalu dekat dengan kabel bertegangan listrik AC 60 Hz, misalnya kopling kapasitif dan induktif, bias menyebabkan sinyal palsu "noise" pada rangkaian dengan cukup berarti.

Contoh diatas menegaskan bahwa setiap electrical noise pada sistem pengukuran analog akan diinterpretasikan sebagai perubahan besaran yang diukur. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengkodekan level tangki air dengan menggunakan sinyal digital sebagai ganti sinyal analog. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti peralatan ukur analog dengan serangkaian level switch yang dipasang pada ketinggian yang berbeda pada tangki.

K&I

DOC.05/2010

PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 3

Setiap level switch disambungkan ke rangkaian tertutup, mengirimkan arus ke lampunya masingmasing yang terpasang pada panel dilokasi pemantauan. Setiap switch yang menutup, lampunya akan menyala, dan setiap yang memperhatikan panel akan melihat lima lampu yang merepresentasikan level tangki. Sesungguhnya setiap rangkaian lampu adalah digital yang alami, tak masalah apakah 100% on atau 100% off. Interferensi elektrikal dari kabel lain sepanjang jalur menyebabkan pengaruh yang sangat rendah terhadap keakuratan pengukuran pada pemantauan terjauh dibanding system sinyal analog. Diperlukan interferensi yang luar biasa untuk menyebabkan sinyal off terinterpretasikan sebagai sinyal on, demikian juga sebaliknya. Ketahanan relative terhadap interferensi elektrikal adalah keuntungan utama setiap bentuk komunikasi digital dibanding analog. Telah dipahami bahwa sinyal digital jauh lebih tahan terhadap gangguan noise, sehingga dapat meningkatkan sistem pengukuran level ini. Misalnya meningkatkan resolusi sistem skala pengukuran dengan menambah jumlah switch agar pengukuran level air menjadi lebih teliti. Andaikan dipasang 16 switch di sepanjang ketinggian tangki, bukan cuma 5. ini akan sangat meningkatkan resolusi engukuran ini, tetapi memerlukan sangat banyak wayar untuk dibentangkan antara tangki dengan lokasi pemantauan. Salah satu cara mengurangi penggunaan wayar dengan menggunakan pengkode prioritas (priority encoder) menggunakan ke 16 switch dan membangkitkan suatu bilangan bineri yang merepresentasikan informasi yang sama.

K&I

DOC.05/2010

data dari ADC dekat tangki diambil dengan parallel data dan diubah menjadi serial data. sehingga diperoleh sinyal yang merepresentasikan 4-20 mA yang bersih. Peralatan K&I DOC. Di lokasi pemantauan. Jumlah wayar kemudian dapat dikurangi menjadi satu channel (kabel sinyal dan ground). tidak lagi 16 wayar (ditambah kabel catu daya dan pentanahan). Ada banyak cara untuk mengubah sinyal analog ke digital. diperlukan sejenis alat penunjuk yang akan menerima data bineri 4-bit dan memunculkan tampilan yang mudah dibaca. digunakan suatu demultiplexer atau shift register jenis lain untuk mengubah serial data kembali ke parallel data yang digunakan rangkaian tampilan. diperlukan lebih banyak bit untuk output bineri dengan menambah lagi level switch. dimana setiap bit bineri dikirim melalui wayarnya masing-masing ( satu wayar per bit). memasang kembali transmitter analog ke tangki dan secara elektronik mengubah output 4-20 mA-nya menjadi suatu bilangan bineri (dengan pengubah analog ke bineri ADC) dengan bit lebih banyak. Untuk menghindari efek noise. Jenis informasi digital pada contoh ini adalah data digital parallel. dapat digunakan dalam hal ini. hal ini menjadi kurang praktis. Dengan suatu multiplexer atau shift register. Suatu pendekode (decoder) melalui wayar menerima data 4-bit ini sebagai masukan input dan menyalakan 1 dari 16 lampu keluaran. Namun penjelasan berikut akan membahas teknik komunikasi sinyal digital itu sendiri. atau dapat menggunakan pendekode 4-bit (rangkaian pengoperasi – driver circuit) untuk mengoperasikan sejenis tampilan digit numerical. setiap bit dikirim berurutan.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 4 Sekarang hanya 4 wayar (ditambah kabel catu daya dan pentanahan) yang diperlukan untuk mengkomunikasikan informasi.05/2010 . ADC ini dipasang dekat dengan tangki. jenis ini disebut data digital serial. agar resolusi lebih baik. sehingga akan sampai ditujuan secara bersamaan. Pada sisi pemantauan. Cara lebih baik. Resolusi 1/16 tinggi tangki masih belum cukup.

tata bahasa yang telah menjadi standard bahasa di negara tersebut. urutan waktunya (timing sequence – terutama untuk transmisi data serial). Jaringan dan Bus (Networks and busses) Sejumlah kumpulan wayar yang menghubungkan antara tangki air dan lokasi pemantauan disebut jaringan (network) atau bus (bus). Belakangan ini. juga merupakan penghubung antara dua atau lebih peralatan digital sehingga data dapat dikomunikasikan diantaranya. mari membuat rancangan standard bus kita sendiri. tetapi juga tingkat tegangan tertentu untuk komunikasi. Hanya memliki satu sistem pengiriman surat-menyurat yang bisa mengirim surat diantara mereka. dan istilah “network” untuk yang secara fisik lebih tersebar luas. Beda kedua istilah ini lebih bernuansa semantic daripada teknik. Sebutan seperti "Fieldbus" atau "Profibus" meliputi tidak hanya fisik wayar bus atau jaringannya saja. Demikian juga jika ingin menghubungkan dua peralatan Profibus. Jika ingin berkirim surat ke negara lain. kosa kata. Buat sistem pengukuran tangki air dengan 5 saklar (switches) untuk mengukur level yang K&I DOC. urutan waktu dll. istilah “bus” menjadi lebih popular sebagai jaringan (network) yang khusus untuk menghubungkan sensor-sensor instrumentasi diskrit yang jaraknya berjauhan. ketika bicara tentang bus atau jaringan jenis tertentu dengan menyebut nama. dan seluruh perbedaan ciri-ciri teknik jaringan lainnya. yaitu tentang aturan dan perbendaharaan kata bahasa tertulis. yang akan mampu saling berkomunikasi hanya jika standard Profibus telah diterapkan dengan sangat teliti seperti tingkat tegangan. dan keduanya bisa saling tkar dalm prakteknya. Dengan kata lain. mereka harus bias saling menulis dengan tulisan umum yang sama.2. Agar lebih jelas.05/2010 . ejaan. mereka harus setuju menggunakan kebiasaan huruf. sebelum dua orang atau lebih menjadi sahabat bersurat-suratan. Akan dipelajari bagaimana komunikasi informasi digital dari tangki ke lokasi pemantauan. misalnya "Fieldbus" and "Profibus". dengan hanya menghubung-bentangkan wayar-wayar antara beberapa peralatan tidaklah cukup untuk membangun suatu sistem jaringan (apalagi jika jika peralatan-peralatan tersebut dibuat oleh pabrikan yang berbeda). itu tidaklah cukup. spesifikasi sambungan (pin out). berarti bicara tentang suatu standar komunikasi. Istilah “bus” biasanya digunakan sebagai serangkaian wayar penghubung komponen-komponen digital pada perangkat computer. Misalnya. ada chip IC digital yang disebut UART (Universal Asynchronous Receiver-Transmitters). Untunglah. 1. Yang jelasnya.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 5 multiplexer & demultiplexer (mux/demux) dijaga tetap sinkron.

d. Bus wayar (bus wiring) terdiri dari ke tujuh wayar antara pasangan penyambung. Susunan pin tidak simetris untuk menghindari penyambungan terbalik. 5) membawa data. dan dengan menggunakan sedikitnya 5 wayar untuk menyambungkan sinyalnya ke tempat tujuan. K&I DOC. maka kita bias memulai dasar-dasar yang mungkin merupakan jaringan BogusBus: Secara fisik wayar untuk BogusBus terdiri dari 7 wayar antara peralatan transmitter (saklar – switches) dengan peralatan penerima (lampu sinyal). Setiap simbol penyambung legkap dengan elemen pasangan jantan-betina (male and female). Transmitter terdiri dari semua komponen-komponen dan sambungan wayarnya kearah kiri dari sambungan terkiri (bersimbol "-->>--").PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 6 berbeda. sedangkan dua wayar (berlabel +V dan -V) merupakan sambungan untuk catu daya arus searah DC. Lima wayar jaringan (bernomer 1 s. Ada satu standard steker penyambung 7-pin.05/2010 . Penerima (receiver) dan semua wayar peralatannya terletak di sebelah kanan dari sambungan terkanan.

maka lampu receiver akan menyala. kontak saklar pada transmitter harus sesuai kemampuannya. membutuhkan banyak pengawatan untuk menghubungkan peralatan. Banyak jenis-jenis bus dan jaringan. Misalnya. Karena kedua transmitter dan receiver memerlukan catu daya 24V DC. semua peralatan harus bisa menggunakan catu daya 24 Volt DC dari BogusBus. jika kedua ground tersebut adalah padu ("solid" – antara keduanya bertahanan rendah. 5 harus disambungkan dengan tepat. dan penyambung-penyambung harus mampu mengalirkan arusnya. lampu sinyal harus sesuai dengan tegangan. dan kelemahannya sendiri.d. lampu 1 s. seperti keduanya menggunakan kerangka baja bangunan yang sama). mereka harus tunduk dengan ketentuan yang dibuat oleh perancang BogusBus (seperti perusahaan lainnya yang merancang bus untuk tugas tertentu dan memasarkannya untuk keperluan yang luas). keunggulan. Bayangkan apa yang akan terjadi jika transmitter merek A menghubungkan sisi negative (-) catu daya 24V DCnya ke ground sedangkan transmitter merek B menghubungkan sisi positive (+) catu daya 24V DCnya yang ke ground. maka kedua catu daya akan menjadi terhubung singkat. beberapa contohnya aadalah sebagai berikut: K&I DOC.05/2010 .PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 7 Agar pembuat memperoleh sertifikat penghargaan "BogusBus-compliant" atas produknya. dan komunikasi hanya satu arah (dari transmitter ke receiver). yang masing-masing memiliki aplikasi. hanya cukup sebagai contoh mengetahui apakah jaringan itu dan beberapa pertimbangan dalam pemilihan dan pengoperasian jaringan (network). sangat kekurangan resolusi data. semua kombinasi transmitter/receiver (dari berbagai merek) harus memiliki catu daya yang dapat disambung parallel dengan aman. demikian selanjutnya. Wayar-wayar juga harus memenuhi standard yang sama. Tentu saja BogusBus adalah sebuah contoh jaringan digital yang cukup hipotetis dan tidak praktis. sehingga ketika transmitter LS4 menutup.

5 x 6. sebagai interface ke mikroprosesor Intel 8080. dimana memori ganda. MC6800 Bus Motorola yang ekuivalen dengan Intel-centric S-100. VXI S-100 Kadang disebut Altair bus. dimana card-card multi fungsi bisa colokkan (plug in) pada rak pasif passive rack) untuk memudahkan konstruksi sistem. sound card dan lainnya ke motherboard komputer. PCMCIA Bus yang digunakan menghubungkan peralatan sekeliling ke laptop dan notebook berukuran personal komputer PC. Filosofinya serupa dengan VME. memerlukan rangkaian card yang kecil (4. Pengembangan dari bus VME. Dirancang oleh Pro-Log dengan lebarmerlukan 8 bits wide (parallel). bus standard ini hasil dari konferensi 1976.5 inch). dan bahkan papan mikroprosessor dapat disumbatkan (plugged) di rak pasif untuk memfasilitasi rancangan sistemyang umum. PCI Bus yang digunakan pada komputer yang cocok tidak hanya dengan IBM. VME Bus yang potensial (dirancang ulang dari Motorola terdahulu dengan standard Versa-Bus untuk membangun industri serba guna and komputer militer. Kecepatan transfer datanya 100 Mbytes/second (32 bit) dan 200 Mbytes/second (64 bit). dirancang sebagai pengantara (interface) peralatan peripheral dengan chip Motorola 6800 microprocessor popular. STD Simple-To-Design. rak pasif yang serupa dengan bus PC/AT. VXI (ekstensi VME untuk Instrumentation) meliputi bus VME standard bersama penyambung untuk sinyal analog antara card didalam rak. Jauh lebih cepat dari pada PC/AT. untuk menghubungkan peralatan sekelilingnya seperti disk drive. DOC. peripheral. Kecepatan transfer datanya kira-50 Mbytes/second (64 bits wide).PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 8 Bus jarak pendek (Short-distance busses) PC/AT Bus yang digunakan pada komputer yang cocok dengan IBM terdahulu. ukuran fisik kaki-kakinya kecil dan sangat lambat dibanding bus PC lainnya. dan dapat disesuaikan rancangan perangkat keras berbasis IBM-compatible.05/2010 K&I .

mice. seperti external ZIP (100 Mbyte floppy) disk drives dan tape drives. USB Universal Serial Bus.) ke komputer pribadi. Centronics parallel Banyak digunakan pada komputer pribadi sebagai perantara peralatan printer dan plotter. Compact PCI Suatu penyesuaian industrial standard PCI komputer pribadi. scanners. etc. Suatu bus alternative (secara teknis lebih unggul dari IDE) yang digunakan untuk penggerak disk komputer pribadi.05/2010 K&I .5 Mbytes per detik for standard asli.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 9 Multibus I and II Suatu bus untuk desain fleksibel sistem komputer. juga dikenal senagai HPIB atau IEEE 488. Berkecapatan hingga 1. sebagai perantara PC motherboards ke peralatan peripheral. sebagai interkoneksi banyak peralatan peripheral eksternal (seperti keyboards. Dengan bus clock berkecepatan 66 MHz. Telah lama digunakan pada PC Macintosh. Digunakan sebagai perantara hard drives. juga peralatan peripheral lainnya. CD-ROM drives. modems. DOC. SCSI stands for Small Computer System Interface. Lebar lintasan alamat/data 8 bit dengan 8 saluran tambahan untuk kontrol komunikasi. IDE Suatu bus yang terutama digunakan untuk menghubungkan connecting penggerak (drives) hard disk komputer pribadi PC dengan card-card peripheral yang sesuai. dan banyak komputer bisnis mini dan mainframe. dirancang berkinerja lebih tinggi sebagai alternative dari bus VME yang lama. SCSI GPIB (IEEE 488) General Purpose Interface Bus. Banyak digunakan pada komputer pribadi PC untuk perantara penggerak hard disk dan CD-ROM. floppy disk drives. laju transfer data 200 Mbytes/detik (32 bit) atau 400 Mbytes/detik (64 bit). dirancang oleh Intel dengan lebar 16 bits (parallel). printers. Digunakan pada beberapa PC yang cocok (compatible) dengan IBM. dan tuan rumah (host) peralatan peripheral lainnya. juga Macintosh (Apple). yang dimaksudkan sebagai perantara peralatan uji elektronis seperti oscilloscopes dan multimeters ke komputer pribadi. ini digunakan sebagai pelengkapan baru pada mesin-mesin yang cocok dengan IBM. Microchannel Dirancang oleh IBM untuk komputer seri PS/2. modems.

biasanya digunakan untuk menghubungkan peralatan peripheral seperti printers dan mice ke komputer pribadi. diduga gangguan kabel (misalnya putus) yang akan menggagalkan keseluruhan jaringan. RS-232C sering disingkat menjadi RS-232 saja (tanpa C). K&I DOC. digunakan secara luas dalam perindustrian untuk menghubungkan bersama-sama peralatan serial dalam lingkungan pembangkit yang secara listrik"noisy". Jaringan jarak diperluas (Extended-distance networks) 20 mA current loop.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 10 FireWire (IEEE 1394) Suatu jatingan serial kecepatan tinggi yang mampu beroperasi pada 100. Perlengkapan untuk keamanan data dirancangkan dalam standard jaringan ini. 200. Kecepatan dan jaraknya terbatas 45 feet and 20 kbps. Bluetooth Jaringan komunikasi berbasisi radio (radio-based) yang dirancang untuk menghubungkan peralatan komputer perkantoran. ini adalah jaringan komunikasi digital berbasis pada gangguan rangkaian arus 20 mA (kadang 60 mA) untuk menggambarkan data bineri. Dirancang untuk pengantaraan (interfacing) komputer pribadi berkinerja tinggi. RS-232C Jaringan serial yang paling banyak digunakan dalam sistem komputer. Walaupun impedanasi rendah memberi kekebalan (immunity) noise yang baik. Batas jarak dan kecepatannya lebih tinggi dari pada RS-232C. RS-422A/RS-485 Dua jaringan serial yang dirancang untuk mengatasi beberapa keterbatasan jarak dan keserba-gunaan RS-232C.05/2010 . biasanya lebih dari setengah mil dan kecepatannya mencapai 10 Mbps. or 400 Mbps dengan ciri serba guna (versatile) seperti "hot swapping" (peralatan menambah atau melepas dengan power on) dan topologi fleksibel. Agar tidak bingung dengan standard analog instrumentasi umum 4-20 mA.

FDDI Suatu jaringan kecepatan sangat tinggi. dan pada fiber optik ("10BASE-F"). "Normal" Ethernet beroperasi dengan kecepatan 10 million bits/detik. Profibus Pada awalnya diterapkan oleh korporati Siemens.05/2010 . menerapkan filosofi komunikasi yang sangat berbeda dari Ethernet. untuk menghubungkan rak-rak I/O (Input/Output) yang berjauhan dengan satu prosesor PLC. thin coax = "10BASE2". 4 pair = 100BASE-T4. twisted-pair. Masih cukup populer. K&I DOC. suatu perusahaan besar yang membuat peralatan PLC.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 11 Ethernet (IEEE 802. "Fast" Ethernet juga implementasikan pada beberapa alat berbeda (twisted-pair.3) Suatu jaringan kecepatan tinggi yang menghubungkan bersama beberapa komputer dan beberapa jenis peralatan peripheral. twisted-pair = "10BASE-T"). valve positioners) untuk berkomunikasi dengan komputer induk dan node lainnya. Foundation Fieldbus suatu bus berkinerja tinggi yang sengaja direncang untuk memungkinkan instrument banyak proses (transmitter. optical fiber = 100BASEFX). dan kekebalan yang lebih besar terhadap kerusakan kabel jaringan. Token ring Suatu jaringan kecepatan tinggi yang menghubungkan bebarapa perlatan computer bersama-sama. dan "Fast" Ethernet beroperasi dengan kecepatan 100 million bits/second. yang secara eksklusif diterapkan pada kabel. suatu perusahaan besar yang membuat peralatan PLC. memungkinkan respon waktu yang presisi dari peralatan jaringan individu. controllers. "Normal" Ethernet implementasikan pada berbagai alat kabel tembaga (thick coax = "10BASE5". radio. Modbus/Modbus Plus Pada awalnya diterapkan oleh korporati Modicon. Bisa secara penuh menggantikan sinyal analog 4-20 mA sebagai sarana standard interkoneksi instrumentasi control proses dimasa datang. 2 pair = 100BASE-TX.

aliran informasi adalah dua arah untuk setiap peralatan. Aliran data (Data flow) Bus-bus dan jaringan dirancang untuk terjadi komunikasi antara peralatan individual yang interkoneksi.05/2010 .PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 12 1.3. Kebanyakan aplikasi memerlukan lebih. Aliran informasi atau data antara dapat terjadi dengan bentuk yang beragam: Dengan simplex communication. Selanjutnya Duplex dapat dibagi menjadi 2 kategori: K&I DOC. tetapi tidak ada informsai yang dapat dikirim kembali ke tangki air. semua aliran data searah. dimana transmitter mengirim siformasi ke lokasi pemantauan jarak jauh. dari transmitter yang ditentukan ke receiver yang ditentukan. yaitu: Dengan duplex communication. Jika diperlukan mengirim informasi kesatu arah. BogusBus adalah contoh simplex communication. maka simplex sudah cukup.

Jika ingin memperbaiki kinerja BogusBus dengan menambahkan pengkodean (encoding) disisi transmitter dan pendekodean (decoding) disisi receiver. Karena data serial memerlukan kita mengirim semua bit-bit data melalui saluran kabel yang sama dari transmitter ke receiver yang memerlukan sinyal berfrekuensi sangat tinggi pada kabel jaringan. dengan satu set wayar individu untuk setiap arah komunikasi. setiap wayar sinyal (1 sampai 5) membawa satu bit data digital. katakanlah transmitter sedang beralih antara satu output 10101010 dan 10101011 setiap pembaruan data (update) sekali dalam 1 detik. Bagaimanapun jika kita ingin menambahkan suatu pengubah parallel-to-serial pada sisi transmitter dan pengubah serial-to-parallel disisi receiver. dimana dua orang yang masing-masing dapat berbicara dan mendengar pada saat yang bersamaan. Suatu sistem BogusBus yang mengkomunikasikan data digital secara parallel dalam bentuk terkode binary (binary encoded).4. Kedua-dua kaleng bisa digunakan untuk mengirim dan menerima. 1. terutama pada hubungan radio. namun masih tetap sebagai jaringan parallel. Untuk memudahkan ilutrasi. Bukan mengirim 5 bit diskret seperti BogusBus yang asli. Full-duplex biasanya difasilitasi dengan dua saluran atau jaringan terpisah. 0 Vuntuk "off" dan 24V DC untuk "on. tetapi mengirim 8 bit dari transmitter ke receiver. Full-duplex communication sama seperti telefon. biasanya menggunakan gelombang pembawa multi-frekuensi. Jenis sinyal listrik (Electrical signal types) Dengan BogusBus. dimana satu frekuensi disediakan untuk setiap arah komunikasi. Hal ini terutama dengan penggunaan teknologi serial kita terpaksa membuat cara cerdik mengirim bit-bit data. tapi tidak pada saat yang bersamaan.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 13 Half-duplex communication bisa diibaratkan seperti dua kaleng tipis yang dihubungkan dengan seutas tali string. kita akan memiliki sesuatu yang cukup berbeda. maka BogusBus disebut teknologi jaringan parallel." Karena semua bit tiba ditujuannya bersamaan. sehingga lebih banyak langkah-lsngksh resolusi tersedia pengkabealan yang lebih sedikit. Perhatikan ilustrasi berikut. pensinyalan sangat sederhana dan langsung. Suatu pengubah analog ke digital (ADC) disisi transmitter membangkitkan keluaran output baru setiap detiknya yang membuat data 8 bit per menit sedang dikirim ke receiver. K&I DOC.05/2010 .

jika menggunakan jaringan serial 8-bit. karena itulah kecepatan pengubah ADC meng-update keluaran digitalnya. Sebaliknya. frekuensi pada kabel jaringan (terhadap ground) hanyalah 1/2 Hertz. perubahan output digital antara 10101010 dan 10101011(sekali dalam 1 detik) akan menjadi seperti berikut: K&I DOC. frekuensi di setiap wayar pada jaringan BogusBus yang dimodifikasi ini tidaklah dapat melebihi 1/2 Hz. tidak masalah bilangan apa yang sedang dibangkitkan oleh pengubah ADC antara peng-update-an. 1/2 Hz sangat lambat. Sebenarnya. sehingga tidak menimbulkan masalah pada kabel jaringan.05/2010 . seluruh bit-bit data harus muncul pada saluran tunggal secara berurutan. Bit-bit ini harus dikeluarkan oleh transmitter dalam rentang 1 detik antara peng-update-an ADC.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 14 Karena hanya bit terendah yang berubah. Oleh karena itu.

Banyak standard jaringan serial menggunakan beberapa perubahan level tegangan atau arus untuk menunjukkan satu bit tunggal. mereka mengacu pada batas frekuensi praktis dari suatu media jaringan. Rancangan umum BogusBus. rentang pita adalah suatu hasil volume data (bit-bit bineri per kata . Apa yang kita terima diujung jaringan 2 kabel yang panjang.05/2010 . Frekuensi jaringan data serial akan mulai memasuki rentang frekuensi radio. dan kabel itu akan menyerupai antena radio. yang merupakan informasi bit-bit bineri. naik 8 kali lipat. tetapi untuk jaringan yang panjang metoda ini akan sangat bermasalah K&I DOC. Pada komunikasi serial. Ketika para sarjana bicara tentang rentang pita (bandwidth) jaringan. bersama dengan bit lain yang diperlukan untuk parity check dan signal synchronization. Satuan yang tidak digunakan lagi adalah baud (perubahan level sinyal per detik) yang secara salah disamakan dengan bps. Semua bekerja dengan baik untuk jaringan jarak pendek. Gelombang segi empat adalah hal khusus. dengan kecepatan update ribuan kali per detik. Gelombang segi empat sederhana dengan frekuensi 10 kHz sebenarnya terlihat dengan kapasitansi dan induktansi jaringan sebagai serangkaian dari banyak frekuensi gelombang sinus yang meluas menjadi ratusan kHz pada amplitude berarti. adalah situasi hal terjelek untuk komunikasi data gelombang segi empat berfrekuensi tinggi. secara matematis serupa dengan sederet tak berhingga gelombang sinus yang berkurang amplitudonya dan bertambah frekuensinya. bayangkan bagaimana adanya jika kita ingin mengirim data 32-bit atau 64-bit per update. 4 Hz masih sangat rendah. dimana efek induktif dan kapasitif sangat rendah."word" – yang terkirim) dan kecepatan data ("word" per detik). Ukuran standard rentang pita jaringan adalah bit per detik (bps = bits per second). bukan persoalan dalam enjiniring. makanya dalam aplikasi ini bps dan baud adalah tidak sama. tidak lagi berupa gelombang segi empat yang sempurna. Apa yang jadi masalah? Sinyal yang akan dikomunikasikan dengan jaringan serial adalah gelombang segi empat (square-wave). walaupun dalam kondisi terbaik. pasangan kabel sebagai jaringan transmisi dengan semua perilaku yang berhubungan karena reaktansi induktif dan kapasitif. dimana semua bit adalah tegangan yang diacukan ke sambungan ground umum ("common ground").PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 15 Frekuensi sinyal BogusBus ini sekarang menjadi 4 Hertz tidak lagi 1/2 Hertz.

Ini cendrung membatasi efek induktif dan kapasitif yang terkena pada setiap sinyal dan kecendrungan sinyal terkorupsi karena interferensi listrik dari luar. Dengan tidak adanya hubungan antara tegangan sinyal dengan ground. hanya kapasitansi berarti yang terkenakan pada tegangan sinyal yang ada antara ke dua kabel sinyal. yang mengeluarkan suatu sinyal tegangan anatara 2 wayar. dan tidak satu pun terhubung ke ground.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 16 Pilihan kuat untuk metoda sinyal ground umum adalah metoda beda tegangan. Kapasitansi antara satu kabel sinyal dengan penghantar yang digroundkan berefek sangat sedikit. karena jalur kapasitif antara kedua kabel sinyal melalui sambungan ground adalah dua kapasitansi serie (dari kabel sinyal #1 ke ground. kemudian dari K&I DOC. dimana setiap bit digambarkan dengan beda tegangan antara sepasang kabel yang terisolasi dari ground bukan beda tegangan antara satu kabel dengan ground umum. dengan demikina meningkatkan jarak praktis suatu jaringan serial Symbol penguat segitiga merupakan penguat perbedaan.05/2010 .

sedangkan RS-422A adalah suatu contoh utama dari jaringan serial tegangan berbeda. bukan tegangan antara salah satu kabel sinyal dengan ground bumi. RS-232C menjadi aplikasi populer pada lingkungan kantor dimana interferensi listriknya kecil dan kabel jaringannya pendek. masalah besar dengan sinyal-sinyal jaringan digital adalah gelombang segi empat alami tegangan seperti penjelasan diatas. dan penguat penerima hanya menanggapi perbedaan tegangan antara kedua kabel sinyal. Teknik modulasi frekuensi (FM) dalam jaringan digital ternyata lebih bermanfaat dari pada modulasi amplitudo. Bagaimanapun. tegangan "noise" apapun yang terinduksi antara kedua kabel sinyal dengan ground bumi oleh suatu sumber dari luar akan tertiadakan. Hanya jika kita bisa menghidari gelombang segi empat sekaligus.05/2010 . kita bisa menghidari kesulitankesulitan disepanjang jaringan frekuensi tinggi. Suatu cara untuk melakukan ini adalah dengan memodulasi sinyal tegangan gelombang sinus dengan data digital. yaitu 1 dan 0: K&I DOC. menyediakan satu sinyal tegangan frekuensi radio untuk mengkontrol amplitudo (AM) atau frekuensi (FM) dari suatu tegangan pembawa ("carrier") berfrekuensi sangat tinggi.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 17 ground ke kabel sinyal #2). Dengan FSK gelombang sinus dari dua frekuensi berbeda digunakan untuk menggambarkan kedua keadaan bineri. Selanjutnya. Teknologi radio memiliki modulasi terpadu hingga kini. yang kemudian dikirim ke antena transmisi. karena tegangan "noise" terinduksikan ke kedua kabel dengan nilai yang sama. kecuali yang disebut Frequency Shift Keying (FSK). "Modulation" berarti besarnya satu sinyal memiliki kontrol pada beberapa aspek dari satu sinyal lainnya. RS-422A lebih banyak digunakan pada aplikasi industry dimana kabel jaringannya panjang dan potensi interferensi listriknya lebih besar karena adanya kabel daya listrik. dan nilai kapasitansi serie selalu lebih rendah dari kapasitansi individual yang manapun. RS-232C adalah suatu contoh utama dari jaringan serial beracuan ground.

Optical data communication Suatu pilihan terkini untuk mengirimkan informasi digital (binary) melalui sinyal tegangan listrik adalah dengan menggunakan sinyal-sinyal optikal (cahaya).PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 18 Karena problem praktis mendapatkan gelombang sinus frekuensi rendah/tinggi untuk memulai dan mengakhiri pada titik zero crossover setiap kombinasi 0's dan 1's.rendah menggambarkan keadaan bineri lainnya. mengambil dengan tepat panjang waktu yang sama untuk mengirimkan sepanjang jaringan. dengan mudah mengarahkan cahaya laser ke photodetector apda jarak terisah. K&I DOC. Juga. Dengan tegangan sinyal gelombang sinus. kadang digunakan satu variasi FSK yang disebut phase-continuous FSK. apakah 0 atau 1. Hal ini juga membuat situasi dimana setiap bit.5. Sinyalsinyal elektrikal dari rangkaian digital (tegangan tinggi/rendah) bisa dirobah menjadi sinyal-sinyal optic diskret (menyala atau tidak) dengan LED atau laser keadaan padat. dimana kombinasi berurut frekuensi rendah-tinggi menggambarkan satu keadaan bineri dan kombinasi frekuensi tinggi. Pengiriman informasi digital kedalam bentuk optikal bisa dilakukan di udara terbuka. 1. walaupun rangkaian yang diperlukan untuk memodulasi dan demodulasi sinyal-sinyal jaringan menjadi runit dan mahal.05/2010 . banyak masalah yang ditemukan pada sinyak digital gelombang segi empat menjadi terkurangi. sinyal cahaya dapat diterjemahkan kembali kedalam bentuk listrik melalui penggunaan photo-diode atau photo-transistor untuk dimasukkan ke rangkaian gerbang.

setiap dibuat dari glas dengan pantul yang sedikit berbeda. tetapi terkurung memancar di dalam inti fiber optik Lapisan glas ini sangat tipis. dan diberi sarung plastic seperti isolasi kabel listrik.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 19 tetapi interferensi dengan sinar dalam bentuk lapisan pembalikan suhu. kapasitansi dan sinyal-sinyal listrik interferensi eksternal yang mengganggu. kabut. Dengan satu jenis glas yang dilapiskan secara konsentris ke sekeliling inti glas tengah. atau kapasitas untuk membelokkan sinar. Untuk melindungi kerusakan fisik. diselubungi tabung plastic. tutup "cladding" terluar biasanya berdiameter 125 microns. Satu cara untuk menghindari masalah transmisi data optikal diudara terbuka adalah dengan mengirim pulsa cahaya ke fiber glass murni. Fiber optikal menjaga berkas cahaya tersimpan dalam inti fiber dengan fenomena yang dikenal sebagai pemantulan (reflectance) internal total. dan rintangan lainnya dapat menimbulkan masalah enjinering yang berarti. Suatu fiber optic terdiri dari dua lapisan glas sangat murni. K&I DOC. hujan. wayar-wayar fiber optik biasanya diikat bersama dalam sarung yang sama menjadi kabel tunggal.05/2010 . Fiber glass akan menerus berkas cahaya seperti tembaga mengalirkan electron. Seperti kabel listrik. dibungkus dengan fiber kevlar untuk kekuatan tarik. fiber diberi lapisan plastic. cahaya yang masuk ke tengah inti tidak bisa keluar dari fiber. Ukuran tipis ini membuat fiber cukup lentur. debu. dengan keuntungan yang sempurna menghindari masalah yang berhbungan dengan induktansi.

Salah satu kelemahan fiber optik adalah fenomena yang dikenal sebagai microbending. menyebabkan cahaya keluar dari dalam inti melalui cladding. tetapi juga menyebabkan kelemahan keamanan dimana sensor cahaya yang sengaja dipasang diluar bengkokan tajam dapat meyergap data digital yang dikirim melalui fiber. Jika diameter inti fiber optik cukup besar. masingmasing lintasan memiliki sedikit perbedaan panjang dari satu ujung fiber ke ujung lainnya. Micro-bending tidak hanya mengurangi kekuatan sinyal karena kehilangan cahaya. Satu lagi problem unik fiber optik adalah perubahan bentuk sinyal karena banyaknya lintasan cahaya.05/2010 . dimana fiber bengkok dengan radius sangat kecil.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 20 Fiber optic melebihi kinerja penanganan data kabel tembaga. walaupun dengan perlata sinar laser. namun ada juga kelemahan tertentu. K&I DOC. Hal ini pasti. cukup kebal terhadap interferensi elektro-magnetik dan memiliki rentang pita sangat tinggi. Fiber optik jenis ini disebut fiber multimode. setiap sumber cahaya tidak mengikuti garis lurus cahaya. Ketika cahaya dipancarkan satu sumber. yang memiliki jarak berbeda disepanjang fiber. akan mendukung beberapa lintasan untuk foton mengalir. atau mode. fotonnya (partikel cahaya) tidak semua melintas melalui lintasan yang tepat sama.

jika diameter inti fiber dibuat cukup kecil (kira-kira 5 microns). Sebenarnya. inilah pilihan kabel fiber untuk jaringan jarak jauh (bebrapa mile atau lebih). tentu saja. Hasilnya perubahan bentuk ujung turun dari gelombang segi empat. hanya dengan satu moda cahaya. lebih pendek cahaya yang naik ataupun pulsa (pulse fiber menjadi Bagaimanapun.6. fiber single-mode tidak mengalirkan sebanyak cahaya pada fiber multi-mode. Pada jarak yang panjang. Sebaliknya.05/2010 . menyebabkan perlunya unit pengulang "repeater" untuk menaikkan daya cahaya. Masalah ini menjadi buruk karena panjang keseluruhan bertambah. Karena fiber single-mode menghilangkan masalah pulse stretching yang dialamikabe fiber yang panjang.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 21 Pulsa cahaya yang dipancarkan oleh LED yang mengambil lintasan melalui fiber akan sampai di detector lebih cepat dari pada pulsa mengambil lintasan lebih panjang. 1. kabel jaringan disimbolkan dengan garis tunggal antara dua peralatan. mode cahaya terbatasi menjadi lintasan tunggal dengan satu panjang. Network topology Jika ingin menghubungkan dua peralatan digital dengan jaringan. bisa berupa pasangan wayar pilin (twisted pair). kabel K&I DOC. Fiber yang dirancang sedemikian untuk mengijinkan hanya satu mode tunggal cahaya dikenal sebagai fiber single-mode. kita akan memiliki satu jenis jaringan yang dikenal sebagai "point-to-point" Untuk memudahkan. yang disebut perentangan stretching).

kita hanya memfokuskan pada bentuk jaringan. Jaringan lainnya. ada beberapa pilihan konfigurasi jaringan untuk dipilih Banyak standard jaringan telah menentukan jenis topologi mana yang digunakan. dimana hanya satu orang yang dapat bicara K&I DOC. Sekarang. sedangkan lainnya lebih bebas (versatile). dan sama seperti sekelompok orang saling berbicara melalui satu saluran telefon tunggal. atau bahkan 7-kabel BogusBus. seperti RS-232C hanya untuk point-to-point. Node bisa dengan mudah ditambahkan atau dilepaskan dengan sedikit perubahan pengkabelan. jaringan satu bus harus menangani seluruh sinyal komunikasi dari semua node. dan token ring dilaksanakan hanya untuk topologi ring. Ethernet misalnya. Hal ini dikenal sebagai jaringan broadcast. secara teknik dikenal sebgagai topology.05/2010 . Jika ingin menghubungkan lebih banyak peralatan (kadang disebut nodes) pada jaringan tersebut.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 22 coaxial. fiber optik. Bus Sangat mudah dipasang dan dipelihara. Sebaliknya. umumnya dilaksanakan pada topologi "bus". namun dapat juga dilaksanakan pada topologi "star" atau "ring" dengan perlengkapan interkoneksi yang sesuai.

Cukup sering. dan setiap orang dapat mendengar yang sedang bicara. Hal ini mengalamati beberapa kecepatan dan dan memberikan keamanan topologi bus sederhana. memungkinkan komunikasi pribadi antara kelompok node tertentu. bisa tegangan DC tingkat tinggi atau rendah. Network protocols Disamping persoalan fisik jaringan (jenis sinyal dan tingkat tegangan. Jaringan bersaklar ini serupa dengan sistem telefon standard. Karena setiap node memiliki dua titik sambungan ke ring. Namun. jaringan ring terpancar secara alami. jaringan ini harus terganggu ketika melepas datau memasang node. Node yang mendengar hanya mengukur sinyal yang terpakai pada jaringan (dari node yang sedang mengirim) dan K&I DOC. Ring Topologi ini memberikan keandalan terbaik dengan kabel yang sedikit. Ketika node bicara pada jaringan. jaringan industrial memilih model ini.05/2010 . ada kebutuhan cara standard dimana komunikasi ditengahi (arbitrated) antara beberapa node pada suatu jaringan. Star Dengan peralatan yang dikenal sebagai "gateways" pada titik pencabangan jaringan. walaupun sistem sederhana point-to-point antara dua node. cabang-cabang tersebut dapat diputus dengan mudah dari rest jaringan "star" jika ada satu dari gerbanggerbang yang gagal.7. Bagaimana pun. 1. topologi dll). Seperti yang duharapkan. sejenis AC termodulasi membawa geglombang sinyal. atau pun pulsa cahaya dalam kabel fiber optik. peralatan harus dirancang dengan topologi ini dalam pikiran. pengkabelan. pemutusan tunggal pada bagian mana saja dari ring. pin outs konektor.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 23 pada satu saat (laju pertukaran data terbatas). Seperti dengan topologi bus. Juga. ia membangkitkan satu sinyal pada kabel jaringan. Juga bisa diterapkan dengan saklar ("switches") untuk menghubungkan suatu node ke jaringan lebih besar yang diinginkan. aliran data dapat dibatasi antara node. dua atau lebih topologi ring bisa digabung untuk memberi kedua dunia terbaik (best of both worlds) pada aplikasi tertentu. secara sederhana dari enjiner dan teknisi menggabungkan beberapa jaringan bersama untuk keuntungan akses informasi pembangkit yang lebih luas. tidak mempengaruhi keterpaduan jaringan.

• Level 1: Physical. garis besar ini berusaha mengkategorikan semua level gagasan yang perlu untuk mengkomunikasikan data digital. desain konektor. • Level 3: Network. membangun prosedur untuk membungkus (encapsulation) data kedalam paket untuk pengiriman dan penerimaan. akan mengkorupsi data terkirim. Terdapat 7 "layers". • Level 4: Transport. Bagaimanapun. • Level 2: Data link. mengorganisir pengiriman data dengan istilah memulai dan • Level 6: Presentation. bagaimanapun. jenis dan besaran sinyal. dan akan dibahas beberapa darinya. dan teknik mendeteksi/memperbaiki kesalahan. serupa dengan job control pada sistem operasi komputer multitasking. dan memahai kenapa beberapa bekerja lebih baik untuk beberapa tujuan disbanding lainnya. bagaimana data dialamati. mengakhiri suatu pengiriman tertentu. menentukan rincian elektrik dan mekanik komunikasi: jenis kabel.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 24 dengan pasif memantaunya. • Level 5: Session. suatu protocol tertentu sesuai dengan suatu jenis jaringan yang distandardkan. sinyal keluarannya bisa berbenturan (bayangkan dua gerbang lojik mencoba menerapkan tegangan sinyal yang berlawanan ke saluran tunggal pada bus). dan graphics commands sehingga data abstrak dan dengan mudah di-enkodekan dan di-dekodekan antara peralatan yang sedang berkomunikasi. International Standards Organization (ISO) telah menentukan arsitektur umum spesifikasi jaringan pada model DIS7498-nya (dapat diterapkan pada hampir setiap jaringan digital). diantara hal-hal lain. Ada banyak protocol untuk menengahi (arbitrating) penggunaan jaringan bersama antara beberapa node. Metoda yang distandardkan yang dengannya node-node diijinkan mengirim ke bus atau kabel jaringan disebut protocol. terminal control. perlu berhati-hati tentang beberapametoda ini. lapisn transport menetapkan bagaimana file data selengkapnya ditanani sepanjang jaringan. mencakup pendefinisian untuk character sets. Hal ini hanyalah suatu "layer" lainnya ke serangkaian standard yang ditentukan pada judul berbagai jaringan. Biasanya.05/2010 . • Level 7: Application. standard pengguna akhir untuk membangkitkan dan menginterpretasikan data yang dikomunikasikan dalam bentuk K&I DOC. menetapkan format pesan (messages). Jika dua atau lebih node berbicara pada saat yang bersamaan.

dan unit receiver lainnya (masing-masing dengan 5 lampu) menyala sesuai keluaran transmitter. Segera setelah orang terakhir selesai bicara. sedangkan RS485 mendukung topologi bus "multidrop" hingga 32 node yang dapat dialamati. tetapi merupakan suatu metoda yang diikuti protokol tertentu. setiap orang memiliki kemampuan untuk bicara. Protocol lainnya. harus diatur pengirimannya sedemikian agar tidak konflik satu sama lain. apa yang akan terjadi jika dua atau lebih orang mulai bicara pada saat yang bersamaan? Dalam suatu jaringan. hanya ada satu pembicara. Maka. RS-422A hanya point-to-point. program komputer sebenarnya yang sedang menggunakan data yang dikomunikasikan. Dengan kata lain. orang berikut yang sedang menunggu untuk bicara akan mulai bicara. Sebagai contoh adalah protokol RS-422A dan RS-485. dan node lainnya hanya receiver. sehingga setiap node mampu mendengar dan menahan diri untuk bicara sampai jaringan diam. sejauh itu mereka juga tidak menginterupsi orang lain. Node-node tidak tidak diijinkan bicara jika ada satu node sedang bicara. Hal ini mirip seperti sekelompok orang mengadakan rapat di satu meja bundar. Perhatikan. Bagaimanapun. Seperti pada BogusBus. biarkan satu node mana saja untuk berbicara segera setelah jaringannya diam. meliputi semua seven layers. kedua-duanya menggunakan rangkaian transmitter dan receiver tegangan berbeda yang sama.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 25 akhirnya. Pendekatan dasar ini disebut Carrier Sense Multiple Access (CSMA). Mungkin protokol paling sederhana adalah jenis dimana hanya ada satu transmitter saja. Pada level physical. Misalnya protokol komunikasi serial benar-benar hanya mengalamati layer pertama ("physical") dari model seven-layer ini. Beberapa protocol jaringan yang telah dibangun hanya meliputi satu atau bebrapa level DIS7498. pengiriman bersamaan dari beberapa node K&I DOC. dimana satu transmitter membangkitkan sinyal tegangan yang dikirimkam ke kabel jaringan. dan ada beberapa variasi pada tema ini. Satu variasi sederhana.05/2010 . bahwa CSMA bukan protokol standard padanya sendiri. pada level yang lebih teoritis kedua protokol ini berbeda. seperti sistem X-windows graphical client/server yang dibangun pada MIT untuk distributed graphic-user-interface computer systems. Beginilah biasanya terjadi pada jaringan sederhana. menggunakan level tegangan yang sama untuk menunjukkan bineri 1 dan 0. Protokol berbeda bisa menggunakan standard physical layer yang sama. dan detiap yang lainnya hanya mendengar. kedua protokol komunikasi ini adalah identik. Bila ada beberapa node pengirim.

Peralatan utama mengalamati setiap node dengan nama. Dengan kata lain. Suatu strategi yang sama sekali berbeda pada komunikasi node adalah protokol Master/Slave. membiarkan node tersebut berbicara untuk jangka waktu tertentu. dimana satu peralatan utama membagikan celah waktu untuk semua node lainnya pada jaringan untuk mengirim. Token sendiri bukanlah benda nyata. setiap node memiliki satu kedudukan yang menentukan setiap perselisihan kepada siapa yang bicara lebih dulu setelah suatu tabrakan terjadi. peralatan utama mengalamati node berikutnya. Jika tabrakan terjadi. Bila telah selesai.05/2010 . Dengan CSMA/CD (CSMA/Collision Detection). seperti sekelompok orang dimana penduduk elit dan penduduk biasa bercampur. Masih ada strategi lain. Izin untuk berbicara disampaikan kesekitarnya dari node ke node seperti setiap orang memberikan tanda (token) ke tetangganya secara berurutan. dan orang pertama yang menyelesaikan waktu tundanya akan mencoba untuk bicara lagi. dimana setiap node mendapat giliran untuk berbicara (sekali pada satu waktu). dan menjadwalkan celah-celah waktu ini sedemikian sehingga beberapa node tidak dapat bertabrakan. Hal ini disebut komunikasi model "unsolicited". Ada juga variasi untuk CSMA/CD atau CSMA/BA yang disebut model "solicited" dimana permulaan pengiriman hanya bisa terjadi bila suatu node utama yang ditunjuk meminta (solicits) suatu balasan. node-node yang yang bertabrakan segera meret dirinya sendiri dengan rangkaian penunda yang acak. membawa alamat tertentu dari node beikutnya yang diizinkan berbicara.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 26 disebut collision. demikian seterusnya. Deteksi tabrakan (CD Collision detection) atau (BA bitwise arbitration) berlaku hanya untuk menentukan tempat tabrakan (post-collision arbitration) selama beberapa node menanggapi permintaan peralatan utama (master). diasumsikan bahwa setiap node bisa memulai pembicaraan selama jaringannya sedang diam. penduduk utama biasanya diizinkan untuk mulai bicara lebih dulu dan penduduk biasa menunggu kemudian. tapi sederetan bineri 1’s dan 0's memancar pada jaringan. Pada kedua contoh diatas (CSMA/CD and CSMA/BA). sekali pada satu waktu. yaitu protokol Token-Passing. dan bila telah selesai kemudian memberi izin untuk node berikutnya untuk berbicara. Walaupun protokol token-passing sering K&I DOC. dimana node-node yang bertabrakan menunjuk nomer prioritas yang telah ditetapkan untuk menentukan node yang mana memiliki izinuntuk bicara lebih dulu. Inilah dasar protokol untuk jaringan Ethernet yang popular itu Contoh lain variasi CSMA adalah CSMA/BA (CSMA/Bitwise Arbitration).

agar lebih menguntungkan. Misalnya. LAS juga memeriksa peralatan baru pada Fieldbus dengan perintah "Probe Node" (PN). namun tidak dibatasi untuk topologi mana saja.05/2010 . Demikian halnya untuk Foundation Fieldbus yang mengkombinasikan Master/Slave dengan satu bentuk token-passing. beberapa protokol bisa digabung bersama terhadap segmen berbeda dari suatu jaringan heterogen. Mungkin juga memadukan strategi beberapa protokol kedalam hibrid baru pada satu jenis jaringan tunggal. Suatu peralatan LAS (Link Active Scheduler) mengirim perintah data memaksa ("Compel Data" CD) terjadwal ke peralatan query slave (lave yang masih meragukan) pada Fieldbus untuk informasi time-critical. Sama seperti topologi.. tetapi melaui peralatan gerbang gateway. multiple protocols bisa digabungkan bersama pada segmen berbeda dari suatu jaringan heterogen. Dalam hal ini. yang diharapkan menghasilkan satu "Probe Response" (PR) kembali ke LAS. mendiktekan kedudukannya pada database "Live List" yang dijaga oleh LAS. mereka mengembalikan tokennya ke LAS. topologi dan protokol melayani kebutuhan dan aplikasi berbeda dengan sangat baik. tanggapan peralatan kembali ke LAS. suatu jaringan resmi yang menghubungkan instrument-instrumen bersama-sama pada lantai pembangkit bisa dihubungkan melalui suatu peralatan gerbang (gateway) ke satu jaringan Ethernet yang mrnghubungkan beberapa komputer workstation bersama-sama. urutan token passing tidak harus mengikuti urutan fisik sambungan ring tersebut. K&I DOC. suatu jaringan Master/Slave terdedikasi sedang menghubungkan instrument bersama pada lantai pembangkit tenaga bisa dihubungkan melalui suatu peralatan gerbang ke suatu jaringan Ethernet yang menghubungkan bersama beberapa komputer workstations. sekali waktu. Setiap jenis jaringan. satu dari komputer tersebut berfungsi sebagai gerbang untuk menghubungkan data ke satu jaringan fiber FDDI kembali ke mainframe computer pembangkit. saslah satu dari beberapa komputer workstation tersebut berfungsi sebagai gerbang (gateway). Misalnya. Seperti pada topologi. sehungga dapat menggunakan bersama data yang sama. Fieldbusnya adalah suatu protokol Master/Slave. agar keuntungan maksimal. Bila telah selasai mengirimkan informasinya. apakah pesan PR atau token yang dikembalikan. LASnya akan mengirim keluar "tokens" ke masing-masing peralatan lainnya pada Fieldbus. dan bila protokol ini diterapkan pasa jaringan ring. Bagaimanapun. ketika ada waktu antara data memaksa yang meragukan. memberi kesempatan pada peralatan-peralatan tersebut untuk mengirimkan setiap data yang tak terjadwal.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 27 diikuti dengan jaringan topologi ring.

Jika sedang mengkontrol posisi katup air pendingin dengan suatu jaringandigital. tetapi cukup ke serangkaian kabel pilin (twisted-pair) individual yang menghubungkan HTD kesetiap peralatan slave (turunan). Suatu jaringan yang deterministic memiliki suatu tunda waktu yang sangat terjamin untuk transfer data dari node ke node. sehingga ada ketentuan operasi LAS redundant dengan menetapkan status "Link Master" ke beberapa node. Practical considerations Pertimbangan prinsipil untuk jaringan kontrol industrial.05/2010 . adalah waktu komunikasi yang sangat terjamin dari satu node ke node-node lainnya. Contoh jaringan non-deterministic yang agak tepat adalah Ethernet. 1. peralatan pada jaringan dibagi dalam dua kategori: o Node-node yang terhubung ke HTD yang diizinkan memulai pengiriman o Node-node yang tidak terhubung ke HTD hanya bisa mengirim untuk menanggapi suatu pertanyaan yang dikirim oleh salah satu node sebelumnya Primitive dan lamban adalah kata yang cocok untuk skema jaringan komunikasi ini. memberinya wewenang menjadi LAS pengganti jika LAS yang sedang beroperasi gagal. dimana peralatan utama (master)nya disebut Highway Traffic Director ( HTD). Kemampuan suatu jaringan untuk menjamin pengeluaran ("throughput") data disebut determinism. dimana node-node mengandalkan rangkaian waktu tunda yang K&I DOC. dimana pemantauan dan pengkontrolan proses-proses real-life yang harus berlangsung cepat dan sesuai. Jika tidak. mengarbitrasi (menengahi) semua jaringan komunikasi.8. tetapi berfungsi cukup memadai pada waktu itu. Selanjutnya. hal yang sangat buruk akan terjadi. sedangkan jaringan nondeterministic tidak memilikinya. Ada protokol komunikasi data lain yang paling popular pada sistem control industrial yang dibuat oleh Honeywell.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 28 Ketepatan operasi peralatan LAS adalah sangat kritikal terhadap berfungsinya Fieldbus. perlu untuk mampu menjamin bahwanode jaringan katup menerima sinyal posisi yang tepat dari komputer kontrol pada waktu yang tepat. Yang membuat jaringan ini menarik adalah bahwa sinyal yang dikirim dari HTD ke semua peralatan slave (turunan)nya untuk izin pengirimannya tidak dikomunikasikan pada kabel jaringan itu sendiri.

jaringan Master/Slave. Gangguan terjadi jika kabel yang lepas tersebut disambung kembali. pengiriman suatu data node dapat tertunda untuk jangka waktu tidak terbatas dari sederetan panjang set kembali dan coba kembali (re-sets and re-tries) setelah tabrakan berulang. tidak ada node lainnya yang bisa mengirim data apapun sama sekali. rintangannya sebegitu sangat besar bahwa hal itu akan terjadi yaitu adalah perhatian praktikal yang kecil pada suatu jaringan yang dibebani sedikit. Pertimbangan penting lainnya. karena tidak pernah menerima izin slot waktu yang dibagikan untuk mengirim. yang keseluruhannya tergantung pada node induk (master node) untuk menjaga segala sesuatunya berjalan (hal yang buruk untuk kontrol kritikal). tidak ada jaminan bahwa datanya akan tetap terkirim ke jaringan. Persoalan serupa melingkungi sistem token-passing: apa yang terjadi bila node yang sedang memegang token (tanda bukti) gagal sebelum menyampaikan token ke node berikutnya? Beberapa sistem penyampaian token mengalamati kemungkinan ini dengan memiliki beberapa node yang ditunjuk yang membangkitkan token baru jika jaringan diam (silent) terlalu lama. yang sangat menentukan (deterministic) – hal yang baik untuk kontrol kritikal. Hal ini akan bekerja baik jika satu node yang sedang memegang token menjadi mati. This works fine if a node holding the token dies. adalahtoleransi kesalahan jaringan: yaitu. dan kita pada dasarnya ditinggal dengan dua jaringan lebih kecil dengan satu token yang diteruskan ke sekitar masing-masingnya untuk mempertahankan komunikasi. dan keseluruhan sisten akan gagal. tetapi ketahanan pengaruh protokol secukupnya. seberapa rentan pensinyalan. and you essentially are left with two smaller networks with one token that's getting passed around each of them to sustain communication. Misalnya. but it causes problems if part of a network falls silent because a cable connection comes undone: the portion of the network that falls silent generates its own token after awhile. Jika karena suatu hal master node-nya gagal. tetapi menyebabkan persoalan jika bagian dari satu jaringan runtuh diam (falls silent) karena satu sambungan kabel terlepas: bagian jaringan yang runtuh diam akan membangkitkan tokennya sendiri sejenak kemudian. Dalam keadaan begitu. terutama untuk jaringan kontrol industrial. topologi. kedua jaringan yang terpotong tersebut akan tersatukan K&I DOC. Lebih dulu secara realistis.05/2010 . dan/atau protokol suatu jaringan tertentu terganggu? Telah dibicarakan secara ringkas beberapa persoalan sekitar topologi.PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 29 acak untuk mereset dan mencoba kembali pengiriman setelah suatu tabrakan (collision).

Tidak ada jaringan sempurna untuk seluruh aplikasi. Hanya dengan demikian rancangan dan pemeliharaan sistem yang efisien akan menjadi kenyataan. menyebabkan tabrakan transmisi node. dan sekarang ada dua token yang disampaikan ke sekeliling satu jaringan.05/2010 .PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT UDIKLAT SURALAYA DIGITAL COMUNICATION 30 kembali. K&I DOC. Tugas enjiner dan teknisi untuk mengetahui aplikasi dan operasi jaringan yang tersedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful