Untuk Kartini

Hani Yulindrasari ~ MIF. Baihaqi ~ Rahman Ginanjar ~ Raudika Lestari ~ Salsabila Althafunnisa ~ Toto Setiadi ~ dkk

Ririungan Penulis Psikologi UPI

1

Sebuah Catatan tentang Kartini

Untuk Kartini
Kartini kemarin, esok, dan seterusnya, tetaplah perempuan

Kontributor :
Adit Purana Defri L. Ichsan Hani Yulindrasari Intan R. Kuswoharti Mgs. Ahmad MIF. Baihaqi Nita Rahmat F. Rahman Ginanjar Raudika Lestari Resna Ria Asmara Risma Dwipangesty Salsabila Althafunnisa Toto Setiadi

Editor :
Salsabila Althafunnisa, Intan R. Kuswoharti

Design and Layout : Salsabila Althafunnisa

Copyright 2012 Ririungan Penulis Psikologi UPI Jurusan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung

2

Daftar Isi
Puisi Risau Kartini Mereka Sama, Perempuan Anak Kartini Dari Rumah Kayu Jati Apa Kabarmu Hari Ini, Kartini Kartini Tak Pernah Ajarkan Itu Perempuan yang Mencoret Kertas Perempuan yang Menulis Mereka yang Menatap Cermin Anggur Bunda Satu Masa Tentang Perempuan

Catatan Lepas Refleksi Seorang Perempuan Arti Seorang Wanita Dari Tulang Rusuk Hinggak Bertumbuh Lebat Wanita (Catatan Hati Seorang Lelaki) Keindahan dan Kebijaksanaan Islam dalam Keadilan dan Kesetaraan Gender Women, YOU So Strong?

3

Seutas Pengantar
Perempuan adalah permata dalam kehidupan. Pada setiap sudut dalam kehidupannya, perempuan dianugerahi begitu banyak keindahan. Perempuan adalah ibu kehidupan. Dari rahim perempuan, kehidupan dilahirkan, diperjuangkan, dan dipertahankan dengan penuh pengorbanan. Sebagai ibu kehidupan, tanggung jawab perempuan tak mudah. Perempuan harus bisa bertahan dan menempatkan diri dalam zaman yang terus bergejolak dengan segala tuntutan. Tak cukup hanya mempesona secara fisik, tetapi perempuan harus bisa memancarkan pesona itu dari kedalaman hatinya. Kartini adalah salah satu ibu kehidupan. Tak hanya sebagai perempuan untuk dirinya, ia menjadi perempuan untuk perempuan lain, memperjuangkan hak-hak perempuan, meski perjuangan itu hinggak kini masih menjadi estafet bagi perempuan. Dibalik keberaniannya, Kartini tetaplah perempuan, dan perempuan sekarang tetaplah Kartini. Antologi ini, adalah sebuah kumpulan catatan kami, tentang Kartini. Lukisan perasaan kami tentang Kaum Kartini, Kaum Perempuan. Ya, setelah beberapa saat seolah-olah vakum dari kepenulisan, kami rindu untuk kembali menyulam kata. Ide sederhana yang bertepatan dengan momen Kartini, menggugah kami untuk tak lantas diam memotret

4 kisahnya. Kami simpan setiap potret tentang Kartini lewat tinta-tinta yang terus mengering. Antologi ini, menjadi perekam jejak kami dalam melihat dan memahami perempuan. Melihat anak-anak kecil berlarian dengan kebayanya menuju sekolah, mengungkapkan bahwa Kartini, hinggak kini ternyata masih terus dikenang. Terima kasih kepada seluruh pembuat jejak dalam antologi ini ; Adit, Defri, Hani, Intan, Mgs. Ahmad, MIF. Baihaqi, Nita, Rahman, Raudika, Resna, Risma, Salsabila, dan Toto. Pun terima kasih, untuk sahabat-sahabat editor yang telah menata serpihan-serpihan tulisan ini menjadi kesatuan yang utuh, kepada penggakgas Ririungan Penulis Psikologi UPI yang tanpa henti merancang helai demi helai kesempatan bagi para penulis. Selamat menikmati karya kecil ini..! Antologi ini, dipersembahkan untuk seluruh Kartini, di manapun berada.

Bandung, April 2012 Tim Penata

Kartini) . tanpa berhenti menjadi perempuan sepenuhnya” (RA.5 Puisi “Perempuan dapat menjadi manusia sepenuhnya.

Baihaqi Sekian abad lampau Sudah kupesankan dalam surat-suratku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ Anggie… Anggie… Sayang buku itu kau robek Beberapa lembar.04. hinggak menjadi hambar ‘Bosan Terang Terseret Gelap’ [eMBe] 15.2012 .6 Risau Kartini MIF.

21 April 2012 .7 Mereka Sama. Perempuan Salsabila Althafunnisa Kartini kini tak lagi berkebaya tapi tetap sederhana terlihatnya Kartini kini tiada lagi disanggul tapi tetap anggun karena jiwanya Kartini kini tak terkungkung lagi tapi berkelana demi karya-karya luar biasa Kartini kini Kartini dulu Berbeda masanya Berbeda cita dan cintanya Berbeda perjuangannya Berbeda dalam banyak hal Tapi satu yang tak pernah berbeda Mereka tetaplah perempuan Seperti Kartini berkata : "Kita bisa menjadi manusia seutuhnya tanpa berhenti menjadi perempuan seutuhnya" Pondok Adzkia.

melebih-lebihkan di amplop Gayus Dan aku semakin malu. yang cantik itu menelikung tabungan anak-anakku di balik kursi manajer citibank Inong...04. inong kau cemari suratku dengan tinta bohong [eMBe] 21.2011 . ketika kaumku.8 Kartini Anak Kartini MIF Baihaqi Kartini tak pernah ingkar janji Ia datang berulang-ulang Di setiap sepertiga april Di manakah surat-suratku kau sembunyikan Masih banyak anak-anak yang belum membaca Tapi kau tega menilap di balik bangku suap Kau.

lalu membahanakan: menjadi pahlawan hanyalah baju yang bisa jadi kusam dan usang. atau dalam kurungkan atribut yang dipasangkan gejolak massa di sebuah peradaban! mereka tertawa..9 Dari Rumah Kayu Jati Resna Ria Asmara bermalam-malam bertemu dengan Inggit dari Ciateul. mendengar jeritan hening dari Tibet yang dihidupi perempuan Cina. Bandung. Shu Wen . tapi menjadi perempuan yang utuh adalah harga mutlak nilai jiwa kami! keempatnya kemudian berjabat tangan. berkisah dengan Daina dari Kotogadang. erat. 21 April 2012 .. semuanya berkumpul dalam rumah yang harum kayu jati Jepara milik Kartini mereka terkekeh. lalu menyeru: dalam kurungkan kepahlawanan kami.

aku tak tahu harus bagaimana pilihan seolah tak ada namun di sini. hatiku sudah lara dan aku tak lagi bisa merasa. aku tak ingin begini selalu namun aku terlanjur layu. kalau saja engkau tahu. mengapa ini semakin menjadi dan aku tak lagi punya diri! Duh. hanya saja.. Bagaimana kabar Ibu kini? Aku ingin sekali berada dalam lingkup sukmamu yang 'kan selalu wangi.10 Apa Kabarmu Hari Ini. Kuswoharti Kartini. Kartini? Intan R. Duhai. 21 April 2012 . Duh. sungguh aku tak bermaksud iri. Ibu..

kata sejarah Usai sudah malam panjang para perempuan negeri ini Mentari kini membagi sinarnya pada mereka. pecah dan berkeping Segala pesan Kartini. kata Kartini Perempuan harus maju harus bebas Harus sejajar dan bukan jadi budak lagi Dan pada masa itu. tak utuh lagi Tak ada lagi kain atau kebaya Tak ada kelembutan yang mesti dijaga Kemuliaan sebagai tempat para empu tak lagi jadi kehormatan . Perempuan! Itu dia pikir Kartini Tempat perempuan ialah kemuliaan Karena untuk itulah dia dicipta Maka. Per-empu-an. tempatnya para empu. kata Kartini Soal-soal perbudakan tiada lagi masuk akal Juga dibedakan soal kemerdekaan hanyalah cerita konyol Jadi. Habis gelap terbitlah terang! Tapi perempuan generasi abad ini Bukan lagi per-empu-an Tidak lagi para empu bernaung di sana Bergeser.11 Kartini Tak Pernah Ajarkan Itu Nita Rahmat F.

semua kembali gelap Bukan. tapi budak ambisi Budak segala budaya baru.12 Perempuan pergi sebelum matahari terang dan pulang setelah matahari pulang Tidak ada lagi cahaya yang naungi. 26 April 2011 . anak dia titip pada perempuan yang dia bayar Lupa dia istri. budaya lupa Lupa dia manusia. tak pernah ajarkan kita lupa kodrat Bandung. baju buka-buka bak binatang dia banggakkan Lupa dia ibu mulia. punya gaji sendiri tak perlu hormat pada suami Dan Kartini tak pernah ajarkan emansipasi salah kaprah macam itu Emansipasi. bukan budak lelaki lagi. bukan berarti meninggaklkan kain dan kebaya Kartini.

" "tidak. menambal putih dengan hitam. "tidak kenapa-kenapa. "karena kebutuhanku mendesak. seperti mencoreng seperti mencakar. perempuan telanjang duduk di meja belajar mencoret kertas. "kenapa telanjang?" aku bertanya lagi. aku memperhatikannya mencoret kertas." jawabnya." "kenapa terus melakukannya?" ." perempuan semakin cepat mencoret. "kenapa bosan?" "bosan saja." "kau tidak bahagia." jawabnya. "kenapa kau coret-coret begitu?" aku bertanya. rambutnya tergerai tubuhnya basah.13 Perempuan yang Mencoret Kertas Raudika Lestari perempuan telanjang turun dari ranjang. bosan saja. "kebutuhan apa?" "selangkangan.

." Bandung. cuma rongsokan jiwa yang kerontang. "kenapa tidak berhenti?" tangannya tidak lagi mencoret. sebulanan yang lalu R.14 ia diam. "karena aku palsu.L. wajahnya menghadapku.

terisak. masih telanjang. "katakan padaku. aku diam. berhenti memandangku. masih telanjang. lalu meringkuk. masih mencoret kertas. aku diam. aku diam. masih mencoret kertas. bolehkah aku marah padaNya?" perempuan itu. mulai tergugu. "katakan padaku.15 Perempuan yang Menulis Raudika Lestari "karena aku palsu. aku diam. masih telanjang. mulai menangis." perempuan itu. berjalan ke ranjang. menyelimuti tubuhnya yang telanjang. tubuhnya berguncang. masih mencoret kertas. "katakan padaku. "katakan padaku. bolehkah aku mengutukNya karena menyiksaku dengan penyesalan?" perempuan itu. "bolehkah aku bahkan menganggakpNya menyiksaku dengan penyesalan?" begitu: perempuan itu berhenti mencoret kertas. cuma rongsokan jiwa yang kerontang. masih telanjang. bolehkah?" . bolehkah aku membenciNya karena ini?" perempuan itu. kembali mencoret kertas. mulai tersedu.

26. aku tidak berkata apa-apa.16 dan sampai ia terlelap.11 . Senin. R.L pagi hari buta.12.

menari dalam isakku sendiri. seringkali begitu saja menghilang. /II/ Prang Seolah telah menjadi musik yang bisa membuatku menari dan bergoyang. dan kau. 21 April 2012 . 18-19. bergoyang dalam gundahku seorang aku menari. Meski aku hanya setitik debu. Kuswoharti /I/ Aku cantik mereka yang bilang begitu.17 Mereka yang Menatap Cermin Intan R.

Hargai aku yang telah membawanya dengan rasa takut dan rindu” . .18 Anggur Risma Dwipangesty Selir datang membawa cawan berisi anggur yang lebih manis dari rasa bibirnya Lalu menawarkannya pada Sultan “Wahai Sultan. Teguk anggurku.. berpalinglah dari kabut bisu.Desember 2010 - . walau sedikit.

. Dulu ketika ku tak menemukan pelangi usai hujan reda...19 Bunda Bunda Risma Dwipangesty Bunda . kutemukan pelangi yang lain di senyuman bunda . Kasihmu sangat mulia melebihi permata dan engkau begitu murah memberikannya cuma cuma Bunda . 2012_ ... Matahari pagi ini tak sehangat dekapan bunda . Bunda . Bintang-bintang malam ini tak seramai tawa bunda . Sungguh aku rindu bunda . Semoga kasihNya senantiasa memelukmu Seperti engkau yang setia memelukku di dunia dengan cinta _April.. Kuselimuti tubuhku sambil membayangkan dekapan bunda menyelimuti kegigilanku Dan ku lantunkan doa kepadaNya . Aku akan tidur malam ini di atas bantal yang kuanggakp sebagai tangan bunda ....

jika kau terkadang tak bisa mengerti apa yang kuinginkan karena aku merengek oleh hal sepele karena aku menangis oleh kata-kata yang biasa saja karena aku sedikit menggerutu oleh kejadian kecil saja Entah bagaimana aku menerangkannya padamu Aku seorang perempuan.. 19:17 pm .20 Satu Masa Tentang Perempuan Salsabila Althafunnisa Aku belajar menerima. yang memiliki siklus tertentu di mana emosiku terpacu lebih cepat hinggak mudah terbakar dan meletup-letup dan itu waktu yang amat sulit kulewati Kalau sulit bagimu memahaminya. Pondok Adzkia. setidaknya biarkan aku begitu untuk beberapa saat lalu redam aku dengan cinta yang kau punya. Kutulis saat bulan sepenggaklan naik.. 05 April 2012.

memegang Tasbih yakni iman yg kuat -Tangan KEDUA. memegang Keterampilan. IBARAT SOSOK BERTANGAN EMPAT -Tangan PERTAMA.21 Catatan Lepas “WANITA ITU HARUS KUAT. anggun dimanapun dia berdiri” (Dr. memegang sitar yang diibaratkan Komunikasi yang baik -Tangan KETIGA. Martha Tilaar) . dimana wanita harusnya bisa multitasking -Tangan KEEMPAT. memegang bunga teratai sebagai ungkapan seorang wanita harus tetap terlihat Cantik.

di tempat kerja saya seorang pegawai.. Kenapa saya bilang banyak? Sederhana saja. maka itu yang harus diutamakan.. saya yakin untuk yang belum pernah mengalami. Kenapa? Saya bertanya pada diri saya sendiri. Saya mungkin seorang perempuan dengan segudang ambisi. tapi saya juga seorang manusia yang punya mimpi dan cita-cita yang sudah saya miliki sejak saya hanya seorang perempuan belum menjadi seorang ibu.22 Refleksi Seorang Perempuan Hani Yulindrasari Saya mungkin cukup beruntung untuk bisa menjadi manusia yang memiliki banyak identitas.. Konflik-konflik tersebut. Saya mungkin seorang ibu dan seorang istri. yang bahagia menciumi anaknya . tentu saja banyak sekali konflik yang mau tidak mau harus saya hadapi.. Misalnya saja: antara menulis paper dengan mengantar tidur anak saya.. Tapi ternyata semua tidak semudah itu. selalu kepada ketiga identitas yang saya jalani. mudah saja menjawabnya: ya. prioritas perempuan kan keluarga. Antara tugas luar kota dan pengasuhan anak di rumah. tapi saya juga seorang ibu yang bahagia melihat senyum anak-anaknya.. di rumah saya seorang ibu dan seorang istri. antara meneruskan tidur setelah semalaman bergadang dengan memasak sarapan pagi untuk suami dan anak-anak. Dalam tiga identitas yang berbeda tersebut. sebenarnya apa sih yang membuat saya bahagia? Apa sih prioritas saya dalam hidup ini? Siapa saya sebenarnya di antara tiga identitas yang saya sedang saya jalani ini? Jawaban yang saya dapatkan selalu tidak mengarah pada satu identitas saja. jadi minimal saya punya tiga identitas.

Saya akan sangat merasa tidak berharga dan kehilangan tujuan jika harus melepaskan mimpi dan citacita saya. Perempuan tidak hanya bisa menjadi ibu dan istri. Salam Hari Kartini . dan ini membuat saya tidak bahagia. harapan. perempuan bisa memiliki sejuta identitas yang dia inginkan dan tetap merasa bahagia. ternyata saya adalah seorang ibu dan istri yang juga seorang individu.. Tapi saya juga akan sangat tidak bahagia jika harus meninggaklkan identitas saya sebagai ibu dan istri… Mungkin sebaiknya saya definisikan ulang apa itu perempuan…Perempuan bukan hanya istri dan ibu. dan cita-cita yang ingin dicapai sebagai pencapaian dirinya sebagai individu. Bagaimana dengan prioritas? Memilih mana yang terpenting? Jawabannya selalu sama... Perempuan yang bahagia akan menjadi ibu terbaik di dunia :). yang bahagia ketika dipanggil mama atau bunda oleh anak-anaknya..23 ketika tidur. Saya juga seorang istri yang bahagia ketika melihat suaminya tersenyum kepadanya. perempuan adalah juga perempuan yang punya keinginan.

"Gimana sekolah kamu nak. Ibuku sedang memasak di dapur. ga ada masalah. sop ayam sama tumis leunca. masak apa?" tanyaku kepada ibuku.24 Arti Seorang Wanita Rahman Ginanjar Saat aku berumur 16 tahun. "Baik-baik aja Mah." Ibuku menjawab." jawabku dengan santai. aku datang menghampirinya. waktu itu aku sekolah di Bogor. baik-baik saja?" tanya ibuku sembari membumbui masakannya. meski hanya sebatas memotong-memtong atau mengulek bumbu. tolong potongin bawang sama tomat ya!" ibuku meminta aku untuk memotong bumbu. . "Mah. boleh aku bantuin mah?" aku menawarkan bantuan kepada ibuku untuk memasak. Udah mulai terbiasa sama jadwal padat di sekolah. Sambil aku memotong bumbu dan ibuku mengolah masakan lain. "Masak kesukaan kamu nih. Aku memang suka membantu ibuku memasak. Saat itu aku sedang ada di rumah. "Boleh. Aku teringat akan sebuah pembicaraanku dengan ibuku. "Asyik. Ibuku menanykan kepadaku soal sekolahku dan kehidupanku di sana.

Aku kaget mendengar ibuku bertanya itu. belum ada yang spesial Mah... Kamu harus bisa melindungi wanita." Ibuku berkata dengan serius kepadaku. Tapi. Jangan menjadi lelaki kebanyakan. begitupula adikmu. mamah juga tahu pergaulan saat ini seperti apa. Sangat bebas. Mamah ingin kamu menjadi lelaki yang bertanggung jawab. Yang terdekat melindungi dia dari kamu. Jika kamu dekat dengan wanita. karena selama ini ibuku masih melarangku untuk memiliki teman dekat wanita. Apalagi saat aku SMP. Kamu boleh dekat dengan siapapun namun harus diingat bahwa tetap ada batasan antara lelaki dan perempuan. Aku termenung dengan perkataan ibuku. "Hm. Mamah tidak akan ngelarang kamu buat punya temen deket wanita. "Ibumu ini juga wanita. kamu sekarang udah mulai besar. lindungilah seperti kamu selalu membela ibu dan adikmu. Aku hanya bisa mengangguk dan mengiyakan. kalau yang deket doang sih ada.25 "Kamu udah punya teman dekat wanita belum di sana?" Ibuku bertanya kepadaku tentang hal yang belum pernah ditanyakan sebelumnya. "Iya anakku." aku menjawab pertanyaan ibuku dengan malu. Tapi. sayangilah dengan tulus seperti kamu selalu mendengarkan semua keluh kesah ibu ataupun . Mamah tidak ingin kamu seperti itu. Setelah beberapa saat ibuku berkata kembali dan menanyakan suatu hal kepadaku. karena sebelumnya tidak pernah ibuku membahas yang seperti ini.

Setelah selasai membantu ibuku. carilah arti seorang wanita untukmu. di saat usiaku 25 tahun. Aku harus mengubah cara pandangku kepada wanita. Karena ibuku memberikan sebuah pertanyaan yang entah kapan aku bisa menjawabnya. Wanita yang akan menemanimu selamanya." Ibuku berkata sambil mengusap kepalaku seperti aku masih kecil. karena banyak wanita yang datang dan pergi dalam kehidupanku. Namun. . Mungkin selama ini aku tidak pernah berpikir seperti yang dikatakan oleh ibuku. Anakku. aku belum sepenuhnya bisa menjawab pertanyaan dari ibuku dulu. Atau kadang hanya menjadi sebuah ajang persaingan menunjukkan siapa yang paling hebat di antara lelaki yang lain jika mendapatkan wanita yang populer. dan ayomilah seperti kamu dengan sabar mengajarkan sesuatu kepada adikmu atau saat ibu sedih kamu selalu menghibur agar ibu tersenyum. Begitu dangkal menurutku pemikiran kebanyakn lelaki termasuk aku saat itu. Apakah arti seorang wanita? ***** Sembilan tahun kemudian. hanya ingin mendapatkan perhatian dari pacarnya itu. Aku mulai memahami arti seorang ciptaan Tuhan yang bernama wanita. Ada juga beberapa teman yang memiliki pacar.26 celotehan adikmu yang tidak terlalu penting. aku pergi untuk naik ke genteng rumahku. melihat seorang wanita hanya dinilai dari cantiknya dan seberapa populernya dia di sekolah. Melihat langit yang begitu biru sambil merenungkan setiap perkataan ibuku tadi. aku yang sekarang jauh berbeda dengan aku yang dulu saat remaja.

Aku sendiri memilki istilah sendiri antara lelaki dan perempuan. Begitupun peranan wanita sangat penting untuk kemajuan suatu negara. Karena salah satu faktor yang mempengaruhi seorang pejabat untuk korupsi adalah istrinya begitu sekiranya menurut pendapat orang sana. Namun seorang wanita saat melahirkan yang dia pikirkan adalah keselamatan anaknya bukan dirinya. Nyawa dipertaruhkan saat akan melahirkan seorang anak. Begitupun seorang wanita akan menjadi pendamping seorang suami yang memimpin negara. Wanita bisa mengurus anak. Bukan lelaki. Wanita memiliki peranan penting dalam kehidupan. Sehinggak ada istilah.27 Sungguh tinggi aku melihatnya. mengatur tugas rumah tanggak. dan mengatur keuangan dalam satu waktu. Dengan sifat "rahim" seorang wanita akan membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang begitupun saat seorang wanita menjadi seorang istri dialah yang men-support suami dan memelihara rumah tanggaknya. memasak. Jika diibaratkan lelaki itu seorang nakhoda yang memegang kemudi suatu kapal. Kemuliaan lelaki pun diukur dari seberapa bisa lelaki itu memuliakan seorang wanita. menyiapkan kebutuhan suami. Luar biasa menurutku. "dibalik seorang lelaki yang hebat ada seorang perumpuan yang hebat". hanya wanitalah yang bisa mengandung dan melahirkan. Karena wanitalah yang akan melahirkan dan mendidik generasi penerus yang unggul. Di Cina. seorang pejabat yang korupsi akan dihukum mati bersama dengan istrinya. Bahkan dalam suatu hadis disebutkan jika "wanita merupakan tiang negara". untuk mencapai .

Wanita. Hinggak akhirnya semua terlewati dan sampailah ke tempat tujuan itu.28 kepada suatu tujuan dengan mengarungi lautan yang di sana akan ada badai. Seorang yang akan menemaniku dalam kehidupan ini. menyiapkan hal yang dibutuhkan selama nakhoda itu memegang kemudi. merupakan navigator yang selalu mengingatkan nakhoda akan arah yang benar. Kehidupan yang kekal abadi. Apakah arti seorang wanita? Aku bisa menjawabnya jika aku telah menemukannya. Karena aku ingin bersama selamanya di dunia dan akhirat. Hinggak akhirnya tujuan itu tercapai. atau gangguan hewanhewan laut. dan tetap ada disisinya meski ada badai dan ombak yang menghadang dia akan selalu setia menemani. ombak besar. namun sang nakhoda harus tegar mengahadapi semua itu dengan berani dan penuh keyakinan. Surga. ******* . menyemangatinya saat dia lemah.

Tetapi persamaan ini berbanding lurus pula. mungkin hanya beberapa orang saja yang mengenangnya. Bila belum waktunya untuk menunjukan kekuatan. tetapi perempuan yang menjadikan laki-laki hebat. menjadi menunjukan kehebatannya atau menjadikan seorang laki-laki yang hebat. sehinggak laki-laki akan menjadi sempurna bila bertemu dengan pelengkap tulang rusuknya tersebut. yang setia menemani dan mendorongnya untuk terus menghebat. perempuan yang hebat akan dikenang banyak orang. tunggulah seorang laki-laki yang siap menerima kekuatan tersebut. bahkan di balik kehebatan seorang laki-laki pasti ada sosok perempuan yang hebat pula. kadang kehancuran seorang lakilaki ada andil dari perempuan juga. Menunjukan kekuatan yang tersembunyi di dalam dirinya. tetapi tampaknya itu sudah cukup. Memang peranan perempuan itu begitu besar. Tak bisa dipungkiri lagi peranan perempuan yang hebat bisa di balik kehebatan seorang laki-laki. bahkan hanya satu orang saja. Tampaknya hanya ada dua pilihan bagi perempuan. cukuplah dua saja.29 Hinggak Dari Tulang Rusuk Hinggak Bertumbuh Hebat Toto Setiadi Konon katanya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. maka himpunlah terlebih dahulu kekuatan tersebut. Menjadi inspirasi bagi orang lain. sehinggak jangan sampai ada alasan kehancuran karenanya. bila waktu belum pula memberi kesempatan untuk beraksi. Bila kematian datang. tetapi perempuan itu pun bisa saja berdiri dengan kakinya sendiri untuk menunjukan kehebatannya. karena satu orang itu .

30 pun telah mengenangnya dengan penuh cinta dan teramat dalam terukir indah di dalam hidupnya. Pilih hebat atau menjadikan hebat? . Dia benar-benar hebat dan indah.

Pendek kalimat. juga tak tahu mesti bagaimana saat berhadapan dengannya. yang bagi saya lebih familiar disebut perempuan atau awewe. tak pernah ada ‘pacaran’ untuk bocah tengil dan bengal macam saya. Selebihnya. boleh lah.31 Seorang Wanita (Catatan Hati Seorang Lelaki) Adit Purana Sepertinya lebih pas dan terasa sense-nya apabila untuk menulis kata demi kata tentang wanita ini. Tapi itu dulu. saya mendompleng caranya Mbak Asma Nadia saat menulis sebuah naskah yang akhirnya 2006 silam telah saya beli bukunya saat masih cetakan pertama dan tentunya belum jadi best seller. kalau sekedar keceng-mengeceng. baiknya jangan . Mungkin salah satunya adalah karena didikan para orang tua di jaman dulu adalah awam dan tabu untuk bergaul dengan lawan jenis saat usia SD dan SMP. siapa yang tahu? Itu pula yang saya rasakan saat harus berhadapan dengan makhluk bernama wanita. Terasa lebih bernyawa saat akhirnya catatan ini saya beri nama: Catatan Hati Seorang Lelaki. saya adalah siswa yang suka bikin kegaduhan dan meloloskan diri dari absensi. Entah kenapa. saya orang yang awam tentang perempuan. Sejak kecil. Tak tahu asumsi mana yang benar tentang perempuan. saya seringkali kikuk saat berhadapan dengan kaum hawa. walaupun saya sudah jadi sarjana psikologi. Masalahnya. Yah. saya bukanlah seseorang yang biasa bergaul dengan lawan jenis. Semasa SD dan SMP. Walaupun saat itu sudah familiar dengan istilah ‘pacaran’. “Catatan Hati Seorang Istri”. Kedalaman hati seorang wanita.

lagi-lagi tak ada yang namanya ‘deket sama cewek’. Saya sih berpikir: daripada siang nggakk bisa main bola. Namun pada saat itu pula biasanya suka ada teman yang tak ikut main lantaran mengantar pacarnya pulang. Apalah yang diinginkan oleh anak bengal selain kebebasan? Itulah saya saat SMA. kenapa dia sampai sebegitunya? Entah karena dia yang memang sentimentil. terlebih lagi perasaannya. sampai menangis sesenggukan pula. bisa saja sih jadian dengan salah seorang siswi. terlebih lagi kalau dia sampai menggaknggu. Tak mau ada orang yang ikut campur urusan di luar kelas. dari kejadian itu saya nyadar bahwa saya bukanlah seseorang yang pandai untuk memahami perempuan. Yang jelas. Saya tidak rela kalau jadwal main bola dikorbankan demi pacaran. Ketidaktahuan saya tentang perempuan pernah sampai membuat saya berselisih dengan salah seorang teman di kelas gara-gara saya tak memberitahu dia tentang lampiran pada laporan tugas praktikum Biologi. Sepertinya itu adalah kelemahan saya dibanding kebanyakan lelaki lain di dunia ini. Tak banyak bergaul dengan perempuan. Begitulah jadinya. atau memang begitulah perempuan. saya suka main bola di lapangan sekolah. Alhasil. Tapi tidak. mendingan nggakk punya pacar lah! Sebenarnya. Saya tak mengira bahwa dia (namanya Kuntum Ekawati) akan sebegitu marah dan emosinya.32 ditiru! Saya memang anak yang terlampau bandel dan tengil untuk mau pacaran. . Tiap pulang sekolah. dan tak begitu tahu tentang perempuan. Entah.

Kesepian. sedih juga. ibu pun membutuhkan sesama wanita sebagai teman ngobrol. begitulah alasannya. Tak heran bila beberapa hari sekali ibu meminta bibi untuk main ke rumah. Saya bukanlah anak yang dekat dengan ibu.33 Buntut peristiwa itu. saya dan Kuntum berselisih sekian lamanya. begitu pula di rumah. kami seperti musuhan. Hanya gara-gara tentang laporan praktikum. Namun yang jelas. bagaimana caranya ya menorehkan senyum di wajah ibu? Lagi-lagi saya kikuk. Selama beberapa pekan kami tak pernah bertegur sapa. Saat 2007 silam bapak meninggakl. Yah. Begitulah wanita. Tak terbayang bagaimana perasaannya setelah kejadian itu. Saya hanya tahu bahwa sebagai seorang wanita. siapa yang tahu? Sampai-sampai isinya tak terlihat. padahal belajar di kelas yang sama. kecewa. Ingin sekali membahagiakannya. dan sebagai gantinya. Sekedar untuk menemani ibu ngobrol. begitu juga dengan ibu. saya jadi anak kepercayaan bapak. Tak tahu mesti bagaimana. apa sih yang ibu harapkan dari teman sesama . Membahagiakan almarhum bapak di alam sana. dan emosinya bisa meluap tak terduga. walau lama berselisih. Kedalaman hatinya. Entah. keadaan di keluarga berubah drastis. saya tak tahu mesti bagaimana menghadapi persoalan ini. akhirnya kami berdamai di penghujung tahun ajaran. masih ada keinginan untuk membahagiakan orang tua. sebagai seorang anak. Begitulah di sekolah. Memang. Tapi. Kikuk. atau bagaimana. Mungkin itulah yang dirasakan oleh ibu semenjak kepergian bapak. Selama berselisih itu. Alhamdulillah. Apakah dia masih marah.

Saya tak tahu kapan beliau bahagia atau sedih. apaan sih nanya gituan?!” Hehe. Begitu dalam ibu menyembunyikan kekesalannya hinggak tak terlihat oleh anak-anaknya. biasanya ngobrolin apa sih?” Hehe. Saya yakin. di depan anak-anaknya sama sekali tak tampak bahwa ibu lagi sedih. Kedalaman hati seorang wanita. sama sekali tak terlihat kekecewaan akibat luka di hatinya. teman saya itu malah protes walau akhirnya dia menceritakan biasa ngobrol apa saja dengan ibunya. Jarang sekali melihatnya berekspresi. siapa yang tahu? Memang hanya Allah yang mengetahui secara pasti. tiap orang di dunia ini bisa kesal akibat tingkah bandel anak laki-laki. Tentang apa yang biasa dia obrolkan dengan ibunya. “Iya nih.34 wanita? Tak adakah yang bisa saya lakukan demi melihatnya bahagia? Atas dasar itulah. lagi-lagi. . saya memberanikan diri untuk melontarkan sebuah pertanyaan yang konyol pada seorang teman perempuan. Begitu juga seorang ibu. *** Kedalaman hati seorang wanita. Namun begitulah ibu. Ah. Bahkan saat sewajarnya orang sedih.. “Hey.. siapa yang tahu? Banyak ibu yang pernah mengalami masa-masa sulit meladeni kebandelan anak laki-laki. Anak-anaknya hanya tahu bahwa ibu sayang pada mereka. biar lah. demi punya bahan obrolan untuk membahagiakan ibu. Pun saat anak-anaknya yang lelaki ini selalu bandel dan membuat onar. kalo ngobrol ama mamah.

35 Sedangkan saya? Perlu banyak berguru untuk memahami sedikit saja. sebenarnya cukup malu untuk menuliskan ini..tentang wanita. Satu hal lagi. Tapi tak apa-apa lah.he. saya dedikasikan tulisan ini untuk orang-orang yang menghargai kejujuran! Sepertiga akhir malam belum tidur Cijerah.. Karena melalui secarik catatan yang yang satu ini. orang bisa melihat betapa begonya saya.he. 19 April 2012 . setidaknya catatan ini bisa menjadi tempat latihan untuk jujur pada diri sendiri juga pada orang lain.. He.

hamil. Perempuan hanya menjadi the second sex.36 Keindahan dan Kebijaksanaan Islam dalam Keadilan dan Kesetaraan Gender Mgs. Ahmad Perempuan hanyalah manusia objek. pemerintah memaksa masyarakat untuk melakukan infanticide. anak perempuan dianggakp akan memberatkan keluarga karena sistem dowry. dan sumur. memiliki akses yang kurang terhadap layanan hukum. perempuan dianggakp pemangku tanggung jawab utama dalam rumah tanggak. objek ketubuhan. objek objek kebutuhan. kasur. sosial. yaitu objek reproduktif. Di negara-negara lain termasuk Indonesia. subordinasi dari laki-laki. mendapatkan diskriminasi dan eksploitasi dalam ekonomi. anak perempuan dianggakp tidak meneruskan keturunan. Begitulah pandangan dari masyarakat di sistem sosial budaya kita selama ini. Di India. manak (melahirkan anak) atau di sekitar dapur. sasaran marginalisasi sehinggak rentan terhadap diskriminasi dan eksploitasi. macak (berhias). seperti sakit. Di Cina. menjadi target sex tourism dan human trafficking. pasca melahirkan. . Anak yang menjadi korban adalah anak perempuan karena dianggakp tidak meneruskan trah keluarga sehinggak tidak menguntungkan keluarga. Isteri tidak boleh menolak permintaan suami untuk berhubungan badan meskipun sang isteri dalam keadaan yang tidak kondusif. kesehatan. menstruasi ataupun sedang kelelahan. objek kepuasan. politik. dan pendidikan. dengan one child policy. Seringkali kita dengar bahwa perempuan di Indonesia hanya berperan dalam masak (memasak).

Bagi masyarakat muslim – dapat pula menjadi rekomendasi bagi masyarakat umumcukup kembali pada tatanan sosial Islam yang dituangkan dalam al Qur’an dan al Hadist. Mengenai kesamaan perlakuan. Bertindak sebagai subjek. al Maidah 38. kehilangan simpati dan empati karena perasaan lebih berhak dan berdaya. Berhak dalam kesetaraan dan keadilan. Esensi perbedaannya hanya terletak pada bobot amal perbuatan yang dilakukan dalam keseharian selama hidupnya. tidak perlu menjadi seorang feminis ekstrimis. al Ahzab 35. merasa penguasa yang memiliki kendali atas segala. Bersama-sama berperan besar dalam peradaban. Berkewajiban seimbang dengan laki-laki. Mengatasi hal ini. Ia setara sebagai manusia dan hamba. Lakilaki tidak jarang menjadi pelaku tirani. Allah menjelaskan dengan banyak dan eksplisit mengenai kesetaraan dan keadilan gender di dalam al Qur’an. Allah menjelaskannya dalam al Baqarah 187 dan 228. Semuanya dilakukan dengan sadar atau tanpa sadar. Perempuan dalam pandangan Islam merupakan manusia yang memiliki peran penting. Perempuan memiliki kedudukan yang . Laki-laki dan perempuan tentu saja memang berbeda. Kesadaran masyarakat terhadap kepincangan tersebut memang telah tumbuh dan terus berkembang pesat hinggak saat ini meskipun praktek diskriminasi dan eksploitasi tetap saja eksis. tetapi perbedaan tersebut bukan dibedakan dalam dikotomi yang asimetris.37 Berabad-abad kondisi ini terkonstruksi dan dijaga dalam sistem agar tetap menguntungkan satu pihak.

Perempuan itu tiang negeri. dan theis. hak memerintah dan ditaati. Rasulullah pun begitu menjunjung tinggi status perempuan. Soekarno. Manakala rusak perempuan. Dengan adanya kelebihan tersebut. Adapun menurut Ibnu Abbas. memimpin bukan dengan otokrasi melainkan dengan musyawarah. bahwa soal masyarakat dan negara adalah soal laki-laki dan perempuan. laki-laki mesti menjadi pemimpin yang penuh kasih sayang. tidak menuntutnya. Ibu (perempuan) disebut tiga kali ketika sahabat menanyakan siapa yang berhak untuk dihormati dan dicintai. Allah memang melebihkan laki-laki atas perempuan (an Nisa 34). maka mencari-cari jalan untuk menyusahkannya merupakan suatu larangan bagi laki-laki (an Nisa 19 dan 34). bersikap lapang dalam hal harta dan anak. soal perempuan dan laki-laki. suami memiliki kewajiban untuk memaafkan. mengatakan sesungguhnya kita harus belajar insaf. sang nasionalis. sosialis. Manakala baik perempuan. adanya tugas memuliakan istri. baiklah negeri. menunaikan semua kewajiban kepada istrinya. rusaklah negeri. yang memikul tanggung jawab dengan kemuliaan. memimpin bukan dengan hubungan atasan-bawahan yang mempersulit dan menuntut. Seperti itulah Rasulullah mengatakannya kala itu. Hal ini dipelihara dan ditegakkan oleh perjanjian yang kuat: “wa akhodzna minkum mitsaqan ghalizho” (… dan mereka istri-istrimu telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat). memberikan haknya dengan adil dan memaafkannya. . bergaul dengan baik. Dan soal perempuan adalah suatu soal masyarakat dan negara. Kelebihan tersebut menurut Ath Thabari ialah kelebihan dalam hak waris dan jihad. Jika perempuan mentaati laki-laki.38 mulia dan tinggi dalam keluarga.

Perempuan memang makhluk yang luar biasa. dan melecehkan perempuan dalam bentuk perilaku . ingin menjadi manusia-istri. “dan kemanusiaan akan terus pincang. maka tidaklah pantas bagi laki-laki untuk mensubordinasikan. tetapi dua “saf” itu sama derajat. Beban di masyarakat. adalah ditetapkan oleh tinggi rendahnya tingkat kedudukan perempuan di dalam masyarakat itu. Tetapi masing-masing menurut kodratnya sendiri (hal 15). dan beban di rumah tanggak. Wanita pun ingin menjadi manusia rumah tanggak. Kedahsyatan perempuan dilantunkan dalam sebuah sastra inggris : Man works from rise to set of sun. bukan satu. selama saf yang satu menindas saf yang lain. Woman’s work is never done. kalau tidak ada saf satu di atas yang lain.39 Senada pula. mendiskriminasi. Soekarno menyatakan dalam Sarinah. yang satu memperkuat yang lain. ingin menjadi manusia ibu. Pemimpin wanita Henriete Roland Holst van der Schalk menyatakan bahwa wanita itu seperti “seekor keledai yang menarik dua kereta”. bahwa bisa ditanam suatu kultur yang sewajar-wajarnya kultur. Janganlah laki-laki mengira. Dengan potensi dan kompetensi yang dimiliki perempuan. kalau perempuan dihinakan di dalam kultur itu (hal 17). Wanita tidak bisa menjadi manusia masyarakat saja. Harmoni hanya dapat tercapai. berjajar yang satu dengan yang lain. Charles Fourier mengatakan bahwa tinggi rendahnya tingkat kemajuan suatu masyarakat. Bebannya dua. Pernyataanpernyataan tersebut mencerminkan peran dan kontribusi perempuan dalam peradaban manusia Lebih lanjut.

mengapa harus dibatasi peluang-peluang kontribusi dari mereka? Islam telah memberikan kebijaksanaan dalam sistem kemasyarakatan yang cocok dengan kodrat alam. dsb. seperti bidang dokter (ahli kandungan. Saya pecinta patriarchat. Perempuan pantas memiliki cita-cita. Kodrat menetapkan hukum keturunan lebih selamat dengan hukum perbapaan. pengajar untuk kaum perempuan. jika perempuan memiliki ilmu dan keterampilan. bekerja di sektor publik bukan hanya di sektor domestik. orang yang tidak mengerti berbuat zalim dan menindas dengan alasan agama. marilah kita sepakat pada apa yang dikatakan oleh Soekarno: Saya bukan pecinta matriachat. yang apabila direalisasikan dan diaplikasikan dapat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.). maka perlu dilaksanakan sama seperti apa yang telah dijelaskan dengan sebenar-benarnya. Pada akhirnya. potensi dan kompetensi. Sejatinya. dsb. keperawatan. orang yang picik. saya adalah pecinta patriarchat bukan karena saya seorang laki-laki. Banyak ulama yang sepakat dengan adanya bidangbidang tertentu yang wajib dikerjakan oleh perempuan. Tiadanya kaum perempuan yang menekuni bidang-bidang tersebut akan mengakibatkan kemudharatan yang lebih besar bagi umat manusia. tanpa pengurangan dan tanpa penambahan.40 apapun. akan tetapi ialah karena kodrat alam menetapkan patriarchat lebih utama dari matriarchat. apa yang telah digariskan dan ditebalkan oleh agama. kulit dan kelamin. Namun seringkali oknum ulama. tetapi . Selain itu. dan dapat berperan besar dan berkontribusi banyak di luar zona rumah.

Wallahu a’lam. . satu patriarchat yang tidak menindas kepada kaum perempuan.41 hendaklah patriarchat itu satu patriarchat yang adil. satu patriarchat yang tidak mengekses kepada kezaliman laki-laki di atas kaum perempuan. Satu patriarchat yang “parental” (Sarinah Hal 41).

did i just write. Ichsan Malam minggu alias saturday night atau satnite. dan saat mencari kesibukan buat mahasiswa forever alone macam gue (dalam kasus ini gue lebih memilih maen game). hari Kartini. YOU SO STRONG? Defri L. jangan diganggu). 20 hari setelah 1 april. yang menanti cinta dariku #dafuq. Mungkin ga semisterius wendigo atau nessie.. . Wanita.59 21 april 2012 itu hari sabtu. diriku ini mo merusuh dikit.. para pria selalu menganggakp mereka makhluk misterius. 4 bulan 10 hari sebelom ulang tahun gue.. 1 hari sebelom tanggakl 22 april. itu urusan dia.. dan juga mungkin nggakk semisterius nyokap gue yang entah dengan sihir apa bisa menemukan baju yg gue cari selama sejam lebih di lemari yang udah gue bongkar sebelomnya. mo bikin tulisan tentang para wanita yang ada diluar sana.42 YO Women. saat para pasangan kekasih berkencan. 9 hari sebelom 30 april. Jadi berhubung ini adalah hari kartini. Tapi tetep wanita itu misterius bagi gue. mungkin juga nggakk semisterius bagaimana cara pocong bisa ngelewatin portal atau gimana cara pocong ngulek sambel (yang gue nggakk ngerti apa urusan pocong ngulek sambel.. dan yang pasti bertepatan dengan. hari ini 21 april 2012 pukul 22. 22 hari sebelom ulang tahun nyokap gue. Semua dimulai ketika gue kelar maen game and nggakk sengaja liat tanggakl.

Entah apa pula yg mereka lakukan di kamar mandi sampai bisa segitu lama. bagi gue yang urusan pakaian simpel aja kaos kutang celana pendek sandal jepit cukup buat gue ke mall atau tempat maen laen. So? Gue cuma mau ngebahas salah satu kemisteriusan wanita aja. yang menurut logika gue kayaknya kebanyakan deh? Segitu misteriuslah wanita itu di otak gue. YOU SO STRONG? kenapa kalian begitu kuat? Dan hasil pencarian dari kegalauan kenapa perempuan itu kuat. karena kalau kita ngomongin itu. sampe lusa juga nggakk akan kelar kaya. sedangkan teman-temen cewek gue pada dandan segala rupa padahal cuma ke kafe depan kosan.43 Saking misteriusnya wanita gue nggakk ngerti jalan pikir mereka. yang cuma ngikutin stereotype orang kebanyakan. wanita itu lebih lemah dari pria tapi yang baru aja gue tau ketika gue kuliah ternyata wanita itu lebih kuat dari ras gue sendiri.. ternyata bukan . yaitu. para pria tadinya gue pikir para wanita itu kuat dalam hal tenaga.. Dan apa pula gunanya bertumpuk-tumpuk sepatu sampai 20 pasang. yang ternyata beda jauh dari apa yang gue tau selama ini. wahai para wanita yang ada di luar sana. yang menunggu cinta dariku. Gue nggakk akan membahas seluruh kemisteriusan wanita. yang mana gue cuma butuh kurang dari setengah jam buat mandi. Stereotype orang pada umumnya yang gue tau dari gue masih kecil adalah. sumpah..

. lewat selangkangan gitu. tapi tetep aja.. . gue sendiri). si wanita yang jadi ibu ini sabar ngeliatin si anak ga peduli si anak itu ngerepotin banget (contoh kasus. gue nggak mau blog gue jadi BB17++ gara-gara ngomongin beginian.44 dan itulah misteri tentang kuatnya kuatnya di mana? Sini abang jelaskan. damn. super sabar. wanita Kekuatan para wanita terlihat ketika mereka hamil dan melahirkan. nggak kebayang lah. Pokoknya saat paling terlihat kalau wanita itu kuat adalah ketika mereka hamil dan melahirkan. mereka tahan banting tahan perasaan.. damn.. dan ini katanya harus nunggu bukaan bukaan dulu entah berapa jam dan. Terbukti kan kalo wanita itu lebih kuat. habis melahirkan pun mereka nggak kalah kuat... belom lagi pas melahirkan kan lewat bawah yang kayanya sakitnya itu gimanaaa gitu. berapa itu berat bayi dibawa-bawa terusterusan di perut selama 9 bulan kemana-mana. Gue aja pas sunat ngerinya minta ampun padahal dah dibius dan prosesnya nggak lebih dari setengah jam. cukup. pas anaknya udah agak gede dan makin rewel yang saking rewelnya kadang malah mirip baboon baru lepas dari kandang. atau malah ada juga nggak mau bantuin ngurus si anak si wanita tetep tahan terus. keliatan para pria lebih sering menyerah pas lagi diminta ngurus anaknya.. walaupun anaknya super rewel dan si suami entah apa urusannya ikutan rewel juga biasanya..

untung mereka bukan harimau dan kita para pria juga bukan rusa.. bahaya sekali kalau jumlah harimao di hutan lebih banyak dari jumlah rusa dan harimaonya kuat-kuat. Terus . 5 atau 6 kali lipat ya? atau 7? Males googling. Dan gue baru sadar kalo gue baru aja ngelantur. sial! Dua bukti di atas cukup untuk memberi tahu kalo para wanita yang berkeliaran di luar sana adalah makhluk kuat. kemungkinan bayi lahir tetap 50:50 kok ternyata ya. jadi hidupnya lebih lama. Tapi kenyataannya. karena ternyata jumlah wanita itu lebih banyak bukan karena wanita lahir lebih sering daripada pria. lalu. jadi cowo lebih sering sakit terus mati daripada cewek belum lagi kelakuan para pria yang rata-rata nekat juga ikut memberi dampak lebih sedikitnya jumlah pria di dunia ini. pokoknya banyaklah Lha? Apa hubungannya sama wanita itu kuat? Berhubungan banget bro dan sista semua. wajar lah lo kuat". karena para pria kebanyakan mati muda gara-gara aksi nekatnya. jumlah lahirnya sih masih sama aja. yang cowok siap-siap aja mati muda ya. sedang para pria. dan kita semua g hidup di hutan. jumlah wanita di dunia ini jauh lebih banyak dari jumlah pria..45 Terus ya.. tapi gue kan juga cowo. banyak temen cewe gue yang masih ngikutin stereotype yang umum yang menganggakp wanita itu makhluk lemah.. "lo kan cowo. Kesimpulannya. wanita itu lebih banyak dari pria karena para wanita memiliki tubuh yang lebih kuat dan tahan dari penyakit. temen-temen cewe gue masi banyak yang bilang. tubuhnya lebih lemah dari serangan penyakit.semua berubah ketika negara api menyerang.

46 masih banyak yang nangis-nangis minta balikan sama mantannya yang udah mutusin dia secara sadis karena dia ngerasa nggak mampu buat dapet cowok laen yang sama atau lebih bagus dari si mantan. stop nangis-nangis minta balikan sama mantan kalian. kenapa kalian merendahkan diri kalian di hadapan kami para pria? Tapi maksud gue juga jangan rendahkan kami sih. stop nganggap diri kalian lemah. anggap saja kita setara. gue jomblo di sini siap menerima kalian apa adanya #plak #ngarep #nyekill #pengen. So? Any problem? Jadi para wanita. beli donk. Satu lagi bukti kalo wanita itu lebih kuat dari pria kami para cowok selalu takjub sama kemampuan kalian untuk shoping selama berjam-jam. Kalian itu kuat sista. dan masih banyak temen cewek gue yang nurut aja apa kata cowoknya padahal apa yang dibilang cowoknya salah.. sejam aja udah cape banget gila. kalian mampu melakukan apapun dengan kekuatan yang kalian punya. ini ada temen gue yang bisa shoping dari jam 10 pagi dan baru balik jam 9 malam. jangan ngacakngacak doank (sumpah. dan semoga wanita yang baca tulisan ini bersedia jadi pacar saya #jomblodepresi. kita sama-sama manusia.. dan berhentilah mengacak-acak baju diskonan. dan gue sebagai seorang pria menganggap kalian makhluk kuat. stop buat cengeng. what kind of sorcery is that? . gue juga nggak tau hubungannya apa). Please ya para wanita.

buletin Kronika (Salman). Penulis mulai serius menulis semenjak SMA kelas 1. Ichsan Masih aktif kuliah sembari meenjalani aktivitas menulis dan membuat komik.com Hani Yulindrasari Hani Yulindrasari lahir di Bandung. Beberapa karya tulisnya telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah.com. Kegemarannya menulis bisa ditengok di blog pribadinya di sapigenik. Defri L.com. . dan buku hariannya. “manusia biasa” yang satu ini menjalani hidup di kota kelahirannya.com. Penulis lahir di Bandung tahun 1986.blogspot. Kini beberapa tulisannya sedang dikumpulkan untuk dijadikan naskah buku. penulis mengajar di Prodi Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak dan Jurusan Psikologi UPI. tugas-tugas kuliah. Doakan saja semoga ada penerbit yang mau menerima naskahnya! Beberapa karya penulis yang satu ini dapat juga dibaca pada blog-nya di aditsnote. Ia menuntaskan pendidikan di The University of Melbourne Australia dengan meraih gelar MGendSt. 14 Juli 1979.47 Sekilas Penulis Adit Purana Teman-teman kuliah mengenalnya sebagai “Tukang Roti”. Interaksi lain bisa melalui twitter @dededefri atau email sapigenik@gmail. Penulis yang tinggal di Komplek Pasir Kemiri Bandung ini dapat dihubungi melalui email hani.yulindra@gmail. Kini. Hinggak saat ini. karya-karyanya sudah pernah ‘mangkir’ di mading Jurusan.blogspot. Semenjak SD. buletin Insan.

lahir di Palembang 12 April 1989. dan Pikiran Rakyat.nulisbuku. Minat menulis bertumbuh setelah menonton Ada Apa dengan Cinta (AADC). Ia pernah menjadi juara 1 dalam lomba tulis artikel se-Bandung raya yang diadakan oleh LDK UKDM UPI tahun 2009. Beberapa karyanya tercecer di beberapa blog (yang ia sendiri lupa alamatnya). Buku yang pernah diterbitkan yaitu Kumpulan Cerpen FLP Bandung ’Angin dan Bunga Rumput’ (http://www. Ahmad Mgs. Takdir Allah mempertemukan ia dengan FLP Bandung ketika masih SMA. Ahmad Ramadhani. Mgs.com/books/view/angin- . dan sempat menempelkan karya di Mulih Harja dan majalah dinding Gasasi saat kelas dua sekolah menengah pertama. Radar Bandung. Sejak kecil ia sudah tertarik membaca. lalu mencoba mencicipi Bandung sebagai tempat melanjutkan studi.48 Intan R. Setelah menonton film tersebut. Kuswoharti Lahir sebagai putri keempat dari lima bersaudari. facebook. puisi. Ia pernah menjadi pemimpin redaksi BLOEMLEZING (Jurnal Lomba FLP Bandung) selama 2007-2009. kertas-kertas. ia mencari komunitas kepenulisan. folder pribadi. Menempuh pendidikan di kota tersebut hinggak SMA. Ia anggota termuda ketika itu. dan pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMPI Nurul Fikri Boarding School Anyer tahun 2011. Tulisannya baik cerpen. draft messages ponsel. bahkan membaca koran Sriwijaya Post. buku catatan (yang ia sendiri lupa di mana menyimpannya). pada hari Minggu dua puluh tiga tahun silam di kota kecil di Utara Jawa Barat. Penulis yang menyukai isu-isu sosial ini dapat di-‘tengok’ melalui facebook. groups. Indramayu. esai pernah dimuat di Buletin Jumat BINTALIS (SMA BPI Bandung).

angkatan 2009. penulis tinggakl di Jalan Pesantren No. Blognya yaitu mgsahmadramadhani@wordpress. dan mendengarkan musik tidak menghambat berbagai organisasi yang diikutinya. Saat ini penulis tengah menempuh pendidikan di Jurusan Psikologi UPI. Baihaqi Mif Baihaqi (eMBe) merupakan salah satu staf pengajar di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia. Antologi Tulisan Mahasiswa dan Alumni Psikologi UPI ’Kita Pernah Melukis Pelangi’ (2011). MIF. begitulah penulis yang satu ini memiliki nama lengkap. dan 33 Kisah Masa Kecil Sahabat Rasul (2011. dan emailnya purnamaperak@gmail. Penulis kelahiran Lamongan. Kini. menulis puisi maupun artikel.49 dan-bunga-rumput#). Korespondensi dengan penulis dapat diakses melalui nomor 0852 2003 5242 atau email mif_ba@yahoo. tak ada yang secara sah kuperbolehkan menggerus semangatku. Kegemarannya membaca buku. di samping aktif pula sebagai salah satu pengurus di Lembaga Perlindungan Anak (LPA). Nita Rahmat Fitriani. dia harus kokoh dan tak tergantikan! . tercermin dari motto yang penulis miliki : Apapun itu. Nita Rahmat F.com. Kecintaannya terhadap seni tampak pada aktivitasnya sebagai pemerhati teater dan tari. Lahir di Garut pada 29 April 1991 silam. Mizan).03 RW.com. 8 Desember 1962 ini telah menelurkan 6 album puisi.com.154 RT.16 Cibabat Cimahi.

juga di Bandung Disaster Study Group (penanganan bencana alam). Lahir di Sukabumi pada 1 Juni tahun 1986. Selain itu saat ini masih menjabat sebagai ketua umum Keluarga Mahasiswa psikologi se-Bandung Raya. Seperti Komunitas Sahaja dan Komunitas Gerbang (anak jalanan). Menempuh pendidikan di Jurusan Psikologi UPI angkatan 2006. dan gaya yang menawan seperti Sutardji Calzoum Bachri.50 Rahman Ginanjar Rahman Ginanjar. . penulis juga memiliki hobi hiking. wisata kuliner. travelling. Salah satu caranya dengan mengikuti antalogi buku bertema ‘Ayah’ ini.wordpress. Raudika Lestari Penulis yang bernama lengkap Raudika Lestari ini telah lama malang melintang di dunia kepenulisan. Penggemar berat Manchester United ini. Tentu dengan warnanya sendiri. dan Jazz. Berasal dari Cianjur namun sekarang tinggal di Tamansari Kota Bandung. kopiholic. Sekarang lebih banyak beraktivitas bisnis dengan mempunyai perusahaan sendiri yang bernama Agrotek Indonesia dan aktif di beberapa komunitas yang bergerak di bidang sosial. penulis yang biasa disapa Dika ini hanya hidup di dunia pribadinya dan di dunia maya lewat blognya (tulisandika.com) atau notes di facebook-nya. Harapan terbesarnya dalam dunia kepenulisan khususnya sastra adalah: memiliki karya dengan diksi seindah Amir Hamzah. sepak bola. isi selugas SGA. Selain menulis dan membaca. Seribu for Indonesia (Fundraising). Berbeda dengan Andrea Hirata yang malang melintang di dunia sastra nasional. kini sedang mencoba keluar dari dunia pribadinya dan merambah dunia nyata.

merupakan naskah film pendek pertama yang ditulisnya. Kesukaannya menulis.majalahrebel. Motto hidupnya adalah everything happens for a reason. Ia juga berperan sebagai music director dan pemeran utama dalam film tersebut. dituangkannya secara pribadi pada blog frekuensilepaslandas. . Senja (2010).51 Resna Ria Asmara Penulis memiliki nama lengkap Resna Ria Asmara. Ia juga menjadi salah satu reporter di majalah online RebelZine (www. Menjabat sebagai anggota divisi produksi membuat dirinya mengenal berbagai peran di depan maupun di balik layar. Film keduanya yaitu Penantian Tri (2011) mengantarkan dirinya sebagai salah satu sutradara perempuan yang lolos official selection di Festival Film Padjajaran di tahun yang sama. Penulis kini masih duduk di bangku kuliah jurusan Psikologi. 13 Maret 1991.com.tk) dan salah satu artikelnya yang berjudul “Sesosok Wayang Purwa yang Mengatasnamakan Perempuan” menjadi pemenang ketiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Yayasan Edukasia. Kelahiran Bandung. yang membuat dirinya menikmati hidup dan mengambil hikmah dari setiap perjalanan hidupnya. Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung) dan aktif dalam komunitas film di jurusannya.blogspot. yaitu Sublimotion.

Minat penulis terhadap karya sastra.52 Risma Dwipangesty Penulis dari angkatan 2007 ini lahir pada tanggakl 6 Maret 1989 di Sukabumi. Korespondensi dengan penulis dapat melalui email rismadwifa@gmail. diturunkan dari kedua orangtuanya yang menyukai puisi dan roman. Surabaya. Medan.79. penulis yang memiliki motto khairunnas anfa’uhum linnas ini tinggakl di Geger Arum I No.com. Puisi pertama ditulis pada saat penulis menginjak usia 13 tahun. Sewaktu kecil hinggak beranjak remaja. Aktivitas penulis saat ini adalah menyusun skripsi dan mengikuti kegiatan kerelawanan. Saat ini. penulis. penulis sering berpindah-pindah tempat tinggakl karena mengikuti jejak pekerjaan orangtuanya mulai dari Sukabumi. Beberapa karyanya dapat ditengok di blog hertikaeka. Korespondensi dapat melalui 085722741985 atau ekahertikarizky@ymail. dan aktivis. dan menulis merupakan kegemaran dari mahasiswa psikologi angkatan 2009 ini yang kelak akan mengantarnya menjadi seorang psikolog klinis. terutama puisi.blogspot. Tasikmalaya. membaca.com atau di facebook pribadi penulis. travelling. penulis aktif menulis puisi sebagai bentuk ekspresi perasaan dan pengalaman dalam kehidupan.com. namun puisi-puisi tersebut tidak pernah dipublikasikan kecuali di mading-mading sekolah. Salsabila Althafunnisa Lahir di Jakarta pada 29 Agustus 1991 sebagai putri pertama dari tiga bersaudara. . Semenjak itu. sampai akhirnya kini menetap di Bandung. Penulis juga pernah mendapatkan apresiasi sebagai juara I menulis puisi tingkat SMA di kota Sukabumi. Berorganisasi.

53 Toto Setiadi Toto Setiadi. Mulai masuk di Psikologi UPI pada bulan Agustus 2006 dan berakhir ketika Desember 2010. tahun 1987 bulan April tanggakl sembilan belas. . Mencicipi pendidikan di Kota Bandung dari mulai SD hinggak perguruan tinggi. Saat ini penulis masih tinggakl di Bandung (April 2012). kadang bermekaran dan menunggu kupu-kupu yang untuk memperindahnya. dalam ruang yang tak hilang tapi enggakn disentuh. lahir pada hari minggu di Kota Kembang Bandung. Beberapa tulisannya hadir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful