Nama Kelas No Absen

: Rafi`il Hani Izam : X KI 2 : 17

Jangka Sorong
Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0.01 untuk yang di atas 30cm.

Kegunaan
Kegunaan jangka sorong adalah:
 

untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit; untuk mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa, maupun lainnya) dengan cara diulur; untuk mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara "menancapkan/menusukkan" bagian pengukur. Bagian pengukur tidak terlihat pada gambar karena berada di sisi pemegang.

Bagian-bagian Jangka Sorong

001cm Cara penggunaan mikrometer sekrup 1. mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter benda kecil.01 mm atau 0. sedangkan sedangkan skala noniusnya berimpit pada angka 30.  Mikrometer dalam.01 mm atau 0. Mikrometer sekrup umumnya digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda.5 mm. angka pada skala utama menunjukkan 4 mm. blok-blok dan batang-batang.01) mm) = 4. maka hasil pengukuranya adalah: 4 mm +( 30 x nst (0.Mikrometer Sekrup Mikrometer memiliki 3 jenis umum pengelompokan yang didasarkan pada aplikasi berikut :  Mikrometer Luar. Buka rahang dengan cara memutar ke kiri pada skala putar hingga benda dapat masuk ke rahang.30 mm . 4. Mikrometer sekrup punya 2 yaitu skala utama dan skala nonius. Skala Nonius ditunjukkan oleh selubung luarnya. digunakan untuk ukuran memasang kawat. digunakan untuk mengukur kerendahan dari langkah-langkah dan slot-slot. Skala pada selubung dibagi menjadi 50 bagian yang sama besar.0001 cm. Letakkan benda yang diukur pada rahang.001 cm. dan putar kembali sampai tepat. 3. sehingga tiap bagian skala pada selubung yang tergeser sama dengan : 1/50 x 0. Misalnya tebal kertas. Misalkan terdapat sebuah objek yang diukur. dengan ketelitian sampai 0. digunakan untuk menguukur garis tengah dari lubang suatu benda  Mikrometer kedalaman . maju atau mundur akan memiliki nilai 0. Pastikan pengunci dalam keadaan terbuka 2. Bila selubung berputar satu kali.50 mm = 0. Putarlah pengunci sampai skala putar tidak dapat digerakkan dan terdengar bunyi ‘klik’. oleh karena itu batas ketelitian mikrosekrup adalah 0. lapisan-lapisan. Selain mengukur ketebalan kertas.

yaitu xrata-rata= x1+x2+….005 X = 4. Pengukuran ganda/berulang Kumpulkan sejumlah hasil pengukuran.01 = 0. x2.30.305 dan 4. kita menggunakan rumus:  Pengukuran tunggal. panjang suatu benda dapat berkisar antara 4. dX = (1/2) x nst = (1/2) x 0.30±0.xn Cari nilai rata.295  1.005 arti fisis dari hasil pengukuran tersebut adalah.….. 4. hasil = X±dX = 4. 3. 2. misal x1..xn/n Tentukan xmax dan xmin dari kumpulan data.sedangkan untuk menentukan ketidakpastian/ketelitianya. dan ketidak pastian dapat ditulis dx=(xmaxxmin)/2 Tuliskan hasilnya sebagai: x=xrata-rata±dx Bagian-Bagian Mikrometer .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful