P. 1
Skripsi Revisi (Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Sumatra Utara)

Skripsi Revisi (Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Sumatra Utara)

|Views: 640|Likes:
Published by Nanda Siti
Tugas Sekolah, Bahasa Indonesia, Slide Skripsi, Contoh Pembahasan Skripsi, Skripsi, Perpustakaan, Sumatera Utara
Tugas Sekolah, Bahasa Indonesia, Slide Skripsi, Contoh Pembahasan Skripsi, Skripsi, Perpustakaan, Sumatera Utara

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nanda Siti on Sep 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2015

pdf

text

original

DAMPAK PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS SASTRA SUMATRA

UTARA

Diunduh Oleh : Eljihan Dimita A (11) Nanda Siti A di U (26) SMA NEGERI 1 Depok TAHUN AJARAN 2012

DAMPAK PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS SASTRA SUMATRA UTARA

Oleh : Andi Saputra Tambunan NIM: 010709008

UNIVERSITAS SUMATRA UTARA FAKULTAS SATRA DEPARTEMEN STUDI PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI MEDAN 2005

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Tritunggal : Bapa Yang Maha Kudus, Tuhan Yesus dan Roh Kudus atas berkat dan kasih karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Penelitian ini berjudul “Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU”. Penulis menyadari bahwa penelitian yang telah berbentuk tulisan skripsi ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif dari semua pihak demi kemajuan Ilmu Perpustakaan Indonesia maupun penulis sendiri. Penulisan skripsi ini dilakukan dalam rangka penyelesaian tugas akhir yang penulis lakukan pada pertengahan Juni 2005. Penulis tidak semata-mata melakukan penulisan skripsi ini hanya untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Sosial Program Studi Ilmu Perpustakaan S1 pada Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara, tetapi yang terpenting bagi penulis adalah proses pembelajaran mengaplikasi ilmu yang selama ini telah di dapat di bangku kuliah sehingga menghasilkan sesuatu yang positif dan memang benar-benar sesuai dengan kemampuan penulis.

Penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada : 1. Bapak Drs. Jonner Hasugian, M.Si selaku pembimbing I dalam penelitian ini, yang mana dalam penelitian ini telah begitu banayak meluangkan waktu untuk memberi saran, motovasi, dan koreksi. 2. Ibu Dra. Zaslina selaku pembimbing II dalam penelitian ini, yang mana telah memberikan banyak masukan berupa saran dan koreksi serta bantuan yang dapat memperlancar proses penyelesaian skripsi ini. 3. Bapak Drs. A. Riswan Siregar, SH, M.Lib selaku ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Satra Universitas Sumatera Utara. 4. Bapak. Prof. H. Bahren Umar Siregar, Ph.D selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara.

5. 6.

7.

8.

9.

Seluruh Staf Pengajar Program Studi Ilmu Perpustakaan yang telah memberikan ilmu yang sangat berharga kepada penulis. Kepada Ayahanda R. Tambunan yang paling sering memotivasi serta Ibunda Ani Kusmawaty yang selalu mendukung untuk berhasil dalam kuliah. Kapada Kakanda Bang Ari Tambunan, yang telah menjadi teladan, serta Adinda Amri dan Anita Tambunan yang telah banyak mendukung selama kuliah. Kepada sahabat-sahabat seperjuangan dan sepermainan (Irfan, Muntashir, Zinnu, Wisnu, Herberth, Hayani, Rikardo, Siti, Leny), kepada sahabat yang selalu memberikan saran yang positif (Hrvano), kapada sahabat-sahabat lama (Dian Taufik, Nurul Huda, dan Yazid), dan secara khusus kepada Suci (Thanx atas setiap detik yang pernah dilewati bersama, terasa sangat berarti). Seluruh teman mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan khususnya angkatan 2001 yang telah berbagi suka dan duka selama perkuliahan.

Penulis juga mendoakan agar semua pihak yang telah disebutkan tadi berhasil dan dapat menjalani kehidupan dengan baik tidak kurang suatu apapun. Mengenai skripsi ini, penulis mengaharkan akan dapat bermanfaat dan dapat menjadi rujukan bagi semua pihak khususnya adik-adik junior HMJ IMPUS.

Medan, 28 September 2005 Penulis

Andi Syahputra Tambunan NIM: 010709008

(Revisi) KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang atas berkat, rahmat, dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian ini. Penelitian ini berjudul “Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU”. Penulis menyadari bahwa penelitian yang telah berbentuk tulisan skripsi ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif dari semua pihak demi kemajuan Ilmu Perpustakaan Indonesia maupun penulis sendiri. Penulisan skripsi ini dilakukan dalam rangka penyelesaian tugas akhir yang penulis lakukan pada pertengahan Juni 2005. Penulis tidak semata-mata melakukan penulisan skripsi ini hanya untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Sosial Program Studi Ilmu Perpustakaan S1 pada Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara, tetapi yang terpenting bagi penulis adalah proses pembelajaran mengaplikasi ilmu yang selama ini telah di dapat di bangku kuliah sehingga menghasilkan sesuatu yang positif dan memang benar-benar sesuai dengan kemampuan penulis.

Penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepadaYth. 1. Drs. Jonner Hasugian, M.Si selaku pembimbing I dalam penelitian ini, yang mana dalam penelitian ini telah begitu banyak meluangkan waktu untuk memberi saran, motovasi, dan koreksi. 2. Dra. Zaslina selaku pembimbing II dalam penelitian ini, yang mana telah memberikan banyak masukan berupa saran dan koreksi serta bantuan yang dapat memperlancar proses penyelesaian skripsi ini. 3. Drs. A. Riswan Siregar, SH, M.Lib selaku ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Satra Universitas Sumatera Utara. 4. Prof. H. Bahren Umar Siregar, Ph.D selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara. 5. Seluruh Staf Pengajar Program Studi Ilmu Perpustakaan yang telah memberikan ilmu yang sangat berharga kepada penulis.

6.

7.

8.

9.

Ayahanda R. Tambunan yang paling sering memotivasi serta Ibunda Ani Kusmawaty yang selalu mendukung untuk berhasil dalam kuliah. Kakanda Bang Ari Tambunan, yang telah menjadi teladan, serta Adinda Amri dan Anita Tambunan yang telah banyak mendukung selama kuliah. Sahabat-sahabat seperjuangan dan sepermainan (Irfan, Muntashir, Zinnu, Wisnu, Herberth, Hayani, Rikardo, Siti, Leny), serta sahabat yang selalu memberikan saran yang positif (Harvano), kapada sahabat-sahabat lama (Dian Taufik, Nurul Huda, dan Yazid), dan secara khusus kepada Suci (Terima kasih atas setiap detik yang pernah dilewati bersama, terasa sangat berarti). Seluruh teman mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan khususnya angkatan 2001 yang telah berbagi suka dan duka selama perkuliahan.

Penulis juga mendoakan agar semua pihak yang telah disebutkan tadi berhasil dan dapat menjalani kehidupan dengan baik tidak kurang suatu apapun. Mengenai skripsi ini, penulis mengaharapkan akan dapat bermanfaat dan dapat menjadi rujukan bagi semua pihak khususnya adik-adik junior HMJ IMPUS.

Medan, 28 September 2005 Penulis

Andi Syahputra Tambunan NIM: 010709008

DAFTAR ISI
Abstrak ………………………………………………………………………… Kata Pengantar ………………………………………………………………… Daftar Isi ……………………………………………………………………….. Daftar Tabel ……………………………………………………………………. BAB I. PENDAHULUAN …………………………………………………….. 1.1. Latar Belakang ……………………………………………………………. 1.2. Rumusan Masalah ………………………………………………………… 1.3. Tujuan Penelitian …………………………………………………………. 1.4. Manfaat Penelitian ……………………………………………………… 1.5. Ruang Lingkup Penelitian ………………………………………………... BAB II. KAJIAN TEORITIS …………………………………………………. 2.1. Pengetian Internet ……….……………………………………………….. 2.2. Sejarah Perkambangan Internet ...………………………………………….. 2.3. Fungsi Internet ……………………………………………………………. 2.4. Fasilitas Inernet ............................………………………………………….. i ii iv vi 1 1 3 3 4 4 5 5 6 8 10

2.5. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Informasi ……………………….…… 2.6. Indeks Prestasi ………………………………………….……………………….. 2.7. Kurikulaum Perguruan Tinggi ………………………..………………………. 2.8. Konsep Teoritis ……………………………………….…………………………. BAB III. METODE PENELITIAN …………………………………………………. 3.1. Lokasi Penelitian ………………………………….………………………........... 3.2. Populasi dan Sampel …………………………….………………………………. 3.2.1. Populasi 3.2.2. Sampel …………………………………………..……………………………... ……………………………………………..…………………………….

15 17 20 22 23 23 23 23 23

3.3. Instrumen Penelitian

………………………………………………………............ 24

3.3.1. Angket ……………………………………….…………………………………… 24 3.3.2. Kisi-kisi Angket 25 3.4. Penyebaran dan Pengumpulan Angket ...……………………………………….. 25 3.5. Analisis Data ………………………………..……………………………………… 25

BAB IV. Hasil dan Pembahasan ……………………………………………………... 4.1. Pemanfaatan Internet ……………………………………………………………...
4.1.1. Pengetahuan Mengenai Internet …………………………………..…………… 4.1.2. Tujuan Pemanfaatan ……………………………………………………………. 4.1.3. Fungsi Internet …………………………………………………………………. 4.1.4. Fasilitas Internet ……………………………………………………………….... 4.1.5. Penggunaan Internet ……………………………………………………………. 4.1.5.1. Frekuensi Pemanfaatan Internet …………………………………………….. 4.1.5.2. Jenis Informasi ………………………………………………………………… 4.1.6. Metode Temu Balik ……………………………………………………………... 4.2. Prestasi Belajar

27 27
27 28 29 30 31 31 32 33

……………………………………………………………............. 35 35 35 35 36 37

4.2.1. Kurikulum ……………………………………………………………………… 4.2.1.1. Pemanfaatan Internet Membantu Memahami Materi Perkuliahan ………………………………………………………………….. 4.2.1.2. Pemanfaatan Internet Menolong Menyelesaikan TugasPerkuliahan ………………………………………………………........ 4.2.1.3. Pemanfaatan Internet Memberikan Tambahan Pengetahuan ……………. 4.2.1.4. Kurikulum ang Berlaku Menuntut Mahasiswa untuk lebih Memanfaatkan Internet ………………………………………………………

4.2.2. Indeks Prestasi

………………………………………………………………...

38
40 40 42 43 46

BAB V. KESIMPULAN dan SARAN ……………………………………………….. 5.1. Kesimpulan ……………………………………………………………………… 5.2. Saran ……………………………………………………………………………… Daftar Pustaka …………………………………………………………………….. Lampiran Kuisioner ………………………………………………………………...

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
• Ilmu pengetahuan akan semakin terus berkembang dengan adanya kemajuan teknologi dalam bidang informasi. Perkembangan ilmu pengetahuan ini menuntut cara baru dalam hal memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan itu sendiri.
Internet merupakan salah satu sumber informasi yang dewasa ini dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa, dosen maupun peneliti untuk membantu pekerjaanpekerjaan ilmiah mereka.

Beragam informasi tersedia di internet antara lain informasi bisnis, ilmiah/riset, pendidikan, hiburan dan lain sebagainya. Dalam hal ini penulis menekankan pelayanan pada internet yang lebih bersifat informasi ilmiah, yang mampu memberikan kontribusi yang signifikan kepada para pengguna dalam hal membantu studi mereka.

• Pendidikan tinggi sekarang ini juga sudah harus terjun dalam menerapkan teknologi informasi melalui internet sebagai suatu sumber daya informasi.
• Sejalan dengan perkembangan teknologi jaringan khususnya internet, dan pemerataan pemakaian fasilitas internet di Indonesia, maka sudah selayaknya untuk memulai penerapan teknologi ini di bidang pendidikan, yang di harapkan dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan khususnya pendidikan tinggi dan institusi yang relatif telah memiliki fasilitas jaringan komputer. • Internet menyediakan berbagai informasi yang mampu mendukung mahasiswa dalam meningkatkan presentasi kuliah mereka. Oleh sebab itu, maka penulis ingin melihat lebih jauh lagi tentang bagaimana peran internet tersebut dalam mendukung proses belajar mahasiswa di perguruan tinggi, sehingga penulis ingin mengungkapkan bagaimana dampak pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa, khususnya pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU.

1.2.Rumusan Masalah “Bagaimana dampak permanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa pada Program Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU?”
1.3.Tujuan Penelitian (Revisi) untuk mengetahui dampak pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa pada Program Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU.

1.4.Manfaat Penelitian Penulis mengharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi : • Dari segi teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan tinggi dan memperkaya hasil penelitian yang telah ada dan dapat memberi gambaran mengenai dampak pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa
• Dari segi praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memberikan informasi khususnya kepada pelajar, mahasiswa, dosen agar dapat mengetahui pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar.

BAB II KAJIAN TEORITIS
2.1. Pengertian internet • Teknologi informasi menurut Zorkocky : usaha pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penyebaran dan pemanfaatan informasi. • Teknologi informasi menurut Sulistyo Basuki : teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolahnya serta menyebarkan informasi yang mencakup data numerik, audio, teks, dan citra. Dari pendapat-pendapat tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa internet merupakan bagian dari teknologi informasi yang dioperasikan dengan menggunakan sistem komputer yang terkoneksi ke dalam jaringan komputer internasioal, dimana dapat berisi berbagai macam informasi yang dapat diakses oleh pengguna intuk kepentingannya masing-masing.

2.2. Sejarah Perkembangan Internet Internet muncul saat terjadi kesenjangan antara dua negara adidaya, yaitu Amerika Serikat dan Uni Sovyet. Hal ini dipicu Uni Sovyet dalam mengoperasikan satelit Sputnik yang mampu melancarkan rudal balistik antarbenua, yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan terjadinya perang terbuka. Awalnya internet hanyalah suatu misi proyek dari Departemen Pertahanan Amerika pada saat era perang dingin terjadi. Namun semakin berkembang zaman , internetpun semakin berkembang. Dan perkembangan penting yang dapat dicatat pada tahun 1991 yaitu diciptakannya World Wide Web (WWW) ini host internet dapat dikunjungi dan menyajikan informasi dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, bunyi, musik, animasi dan video.

2.3. Fungsi Internet
Menurut Quarteman Mitchell menyebutkan kegunaan internet dalam empat fungsi yaitu: Fungsi Komunikasi Internet adalah alat komunikasi, kegunaannya sangat penting dari internet adalah pertukaran pesan antar manusia dengan electronic mail. Fungsi Resource Sharing Dengan internet, kita dapat mencari software, essay, data program dari ribuan titik distribusi di seluruh dunia. Fungsi Resource Discovery Navigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host atau orang diantara jutaan host. Fungsi Komunitas Masyarakat pengguna memakai internet untuk mendapatkan software gratis, untuk berkomunikasi dengan yang lain, menggunakan superkomputer dan basis data atau berbagai kebutuhan.

a)

b)

c)

d)

2.4. Fasilitas Internet
1. Terdapat berbagai macam fasilitas pada internet, yaitu sebgai berikut : E-mail Fasilitas e-mail adalah fasilitas penerimaan surat elektronik yang dapat dilakukan oleh semua pengguna satu dengan pengguna lain yang mempunyai akses ke internet. File Transfer Protocol (FTP) FTP adalah protokol yang digunakan untuk transfer file antara komputer host dan komputer lain. Tele Networking(TelNet) Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan IP(Internet Protocol) yang digunakan untuk emulsi terminal ke terminal server. Usenet Newgroups (Forum) Usenet Newgroups adalah grup diskusi dunia dimana masyarakat dapat saling berbagi informasi dan ide dalam berbagai topik. World wide Web (WWW) WWW menyediakan berbagai informasi dalam bentuk dokumen yang saling terkait.

2.

3.

4.

5.

2.6. Indeks Prestasi
Nilai hasil evaluasi belajar mahasiswa setiap semester disebut dengan Indeks Prestasi (IP). IP menunjukkan tingkat kemampuan dan penguasaan mahasiswa dalam menyerap bahan pelajaran kuliah. Setiap mahasiswa yang ingin mendapat nili IP yang baik harus memiliki karakteristik motivasi pembelajaran yang efektif, antara lain sebagai berikut : 1. Perorganisasian kuliah yang baik 2. Tingkat pemanfaatan perputakaaan sebagai wadah peningkatan keberhasilan pembelajaran. 3. Adanya komunikasi yang efektif 4. Penguassan dan antusiasme terhadap mata kuliah 5. Sikap positif mahasiswa 6. Pemberian ujian dan nilai yang adil Dari proses tersebut dapat disimpulkan adanya suatu proses yang saling berkaitan sebagai suatu sistem untuk mencapai IP yang baik.

Bab III METODE PENELITIAN
3.1. Lokasi Penelitian Penelitian ini dilakasanakan pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Sumatera Utara, yang beralamat di jalan Perpustakaan No. 9 Kampus USU Padang Bulan Medan.

3.2. Populasi dan Sampel 3.2.1. Populasi
Populasi didefinisikan sebagai kelompok subyek yang hendak di kenai generalisasi hasil penelitian. Dan menurut data terakhir yang penulis dapatkan dari staff di Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU, jumlah mahasiswa adalah sebagai berikut :
Semester III V VII Total Total 40 38 32 110

3.2.2. Sampel Sampel yaitu sebagian anggota populasi yang diambil dengan teknik tertentu. Besarnya sampel dapat dilihat sebgai berikut :
Semester III V VII Total Jumlah 40 38 32 110 15%(n) 6 6 5 17 orang

Mengingat karena pengambilan sampel secara total sampling membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang relatif banya. Penulis mengacu pada pendapat Nasution yang menurutnya besarnya sampel yang ditetapkan adalah 15% (Nasution 1996 : 86). Oleh sebab itu, penulis menganbil prensentase 15% dari masing-masing stratum. Setelah ditetapkan 17 orang yang menjadi sampel, kemudian penulis menggunakan teknik random untuk mendapatkan 17 orang yang akan menjadi responden.

3.3. Intrumen Penelitian
3.3.1. Angket 3.3.2. Kisi-Kisi Angket 3.3.3. Penyebaran dan Pengumpulan Angket 3.3.4. Analisis Data

3.3.1. Angket Daftar pernyataan atau pertanyaan yang dikirimkan kepada responden baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui pos atau perantara)(Husaini dan Purnomo, 1996 : 60)

3.3.2. Kisi – Kisi Angket
Kisi-kisi angket pada penelitian ini adalah seperti pada tabel berikut :
No. Variabel Indikator Item Jumlah

I.

Pemanfaatan internet

• Pengetahuan mengenai

1 1 1 1 2 1 4 1

12

internet • Tujuan pemanfaatan •Fungsi internet •Fasilitas internet •Penggunaan internet •Metode •Kurikulum •Indeks Perestasi

II.

Prestasi Belajar

3.3. Penyebaran dan Pengumpulan Angket
Penyebaran angket dilakukan dengan bekerjasama dengan Staf Tata Usaha Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU dalam waktu 1 minggu. Sedangkan pengumpulan angket di lakukan 1 minggu setelah terakhir angket disebarkan ke responden.

3.4. Analisis Data
Data yang terkumpul melalui penyebaran angket dianalisis menggunakan metode deskriptif juga, dengan data tersebut ditempatkan pada tabel sesuai dengan item pertanyaan angket, lalu kemudian data dihitung prensentasenya untuk kemudian diinterpretasikan.

Perhitungan presentase jawaban yang diberikan responden dengan menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Hadi (1981 :421) sebagai berikut P = F/n x 100% Keterangan : P : Prensetase F : Jumlah jawaban yang diperoleh n : Jumlah responden Kemudian setelah data tersebut diperoleh, maka data tersebut diinterpretasikan oleh penulis dengan mengacu pada besaran prensentase semata, hal ini di karenakan oleh sifat penelitian yang deskriptif. Adapun proses interpretasi data terhadap hasil yang berupa presentase, maka penulis penggunakan pendapat yang dikemukakan Supriadi, yaitu sebagai berikut : 1-25% : Sebagian Kecil 26-49% : Hampir setengah 50% : Setengah 51-75% : Sebagian Besar 76-99% : Pada umumnya 100% : Seluruhnya

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1. Pemanfaatan Internet
Tabel-7 : Pengetahuan Responden Tentang Internet

No

Pertanyaan a. b. c. d.

Pilihan Jawaban Sarana penyedia informasi Sarana berkomunikasi Sarana berinteraksi Sarana bermain

1 Menurut anda apakah internet itu?

Jawaban Responden R % 17 100 -

Total N 17 % 100

Kondisi dari data tabel-7 tersebut mengindikasikan bahwa mayoritas mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan sudah memahami arti pentingnya internet sebagai alat yang menyediakan begitu banyak informasi yang dapat membantu perkuliahan.

4.1.2 Tujuan Pemanfaatan
Tabel-8 : Tujuan Memanfaatkan Internet
Jawaban No 2 Pertanyaan Sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU, apa tujuan utama anda menggunakan internet? Pilihan Jawaban Mencari informasi dan artikel ilmiah Membaca berita Berkomunikasi lewat e-mail Responden R % 12 5 70,58 29,41 0 0 N

Total
%

a. b. c.

17

100

d. Chatting

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa sabagian besar mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan menggunakan dan memanfaatkan internet dengan tujuan untuk mencari informasi dan artikel ilmiah.

4.1.3. Fungsi Internet
Tabel-9 Fungi Internet bagi Responden
Jawaban Responden R % 9 52,94 7 1 41,17 0 5,88 Total N %

No

Pertanyaan

Pilihan Jawaban a. Sebagai sarana komunikasi dan mencari informasi b. Sebagai sarana komunikasi c. sebagai sarana berbelanja d. sebagai sarana hiburan

3 Menurut anda apakah fungsi utama memanfaatkan internet?

17

100

Dari Tabel-9 dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan memanfaatkan internet dan memfungsikannya sebagai sarana komunikasi dan mencari informasi

4.1.4. Fasilitas Internet Tabel-10 Fasilitas Internet yang paling sering Digunakan
No 4 Pertanyaan Fasilitas internet yang mana saja yang paling sering anda gunakan? a. Pilihan Jawaban www, e-mail, file transfer protocol (FTP), telnet, usenet, newsgroup, IRC, WAIS server, ghoper, archie, finger service, remote logon, Anonymous , Talk Facility, Vcronica dan Jughead, White pages, Directory, Elektronic Magazine, mailling list, bulletin board system, Game, Multiple User Dimension www, e-mail, file transfer protocol (FTP), telnet, IRC, Elektronic Magazine, mailling list, game www, e-mail, IRC www dan e-mail Jawaban Responden R % 2 11,76 Total N %

17

100

b.

5

29,41

c. d.

10 -

58,82 0

Berdasarkan jawaban yang diberikan, fasilitas yang paling sering digunakan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan adalah www, e-mail, dan IRC.

4.1.5. Penggunaan Internet 4.1.5.1. Frekuensi Pemanfatan Internet Tabel-11 : Frekuensi Pemanfatan Internet
No 5 Pertanyaan Dalam satu bulan biasanya berapa kali anda menggunakan internet? Pilihan Jawaban a. Sehari sekali dalam >21 hari b. Sehari sekali dalam 15 s/d 21 hari c. Sehari sekali dalam 8 s/d 14 hari d. Sehari sekali dalam 1 s/d 7 hari Jawaban Responden R % 6 35,29 4 2 5 23,52 11,76 29,41 17 100 Total N %

Dari tabel diatas dapat dikatakan bahwa hampir setengah mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan memanfaatkan internet dengan frekuensi sehari sekali dalam lebih dari 21 hari pada setiap bulannya.

4.1.5.2. Jenis Informasi
Tabel-12 : Jenis Informasi yang Dibutuhkan Responden
Jawaban Responden R % 11 64,70 Total N %

No

Pertanyaan

Pilihan Jawaban a. artikal lepas, artikel dari ejournal, berita dan hasil penelitian b. artikel lepas dan berita c. artikel lepas dan berita d. informasi produk

6 Jenis informasi apa saja yang biasanya anda cari?

4 2 1

23,52 11,76 5,88

17

100

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan sangat membutuhkan beragam jenis informasi ilmiah seperti artikel lepas, artikel e-journal, berita dan penelitian.

4.1.6. Metode Temu Balik
Tabel-13 : Metode Temu Balik
No Pertanyaan Pilihan Jawaban a. Menggunakan fasilitas search engine b. mencari tahu alamat website yang menyediakan informasi melalui buku c. mencari tahu alamat website yang menyediakan informasi melalui teman d. Melalui daftar history yang telah tercantum dalam aplikasi www Jawaban Responden R % 7 41,17 4 23,52 Total N %

7 Bagaimana metode anda menemubalik sumber daya informasi yang tersedia di internet?

3

17,64

17

100

3

17,64

Dapat dilihat bahwa search engine merupakan pilihah jawaban dari mayoritas responden.

4.2. Prestasi Belajar 4.2.1. Kurikulum 4.2.1.1. Pemanfaatan Internet Membantu Memahami Materi Perkuliahan Tabel-14 : Pemanfaatan Inetrnet Membantu Memahami Materi Perkuliahan Jawaban Total No Pertanyaan Pilihan Jawaban Responden R % N % 8 Pemanfaatan a. Sangat setuju 14 82,35 internet berguna untuk membantu b. Kurang setuju 17,64 3 saya memahami 17 100 materi c. Tidak setuju 0 perkuliahan yang saya ikuti! d. Tidak tahu 0 Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui pada umumnya mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan menyatakan sangat setuju bahwa pemanfaatan internet berguna untuk membantu mereka dalam memahami materi perkuliahan yang mereka ikuti.

4.2.1.2. Pemanfaatan Internet Menolong Menyelesaikan Tugas Perkuliahan
Tabel-15 : Pemanfaatan Internet untuk Menyelesaikan Tugas Kuliah
No
9

Pertanyaan
Pemanfaatan internet pada semester lalu sangat menolong saya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen pengasuh mata kuliah

Pilihan Jawaban
a. Sangat setuju b. Kurang setuju c. Tidak setuju

Jawaban Responden R % 9 52,94 7 1 41,17 0 5,88

Total

N

%

17

100

d. Tidak tahu

Berdasarkan tabel diatas, dapat diketahui sebagian besar mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan menyatakan sangat setuju bahwa pemanfaatan internet dapat menoling mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen pengasuh mata kuliah

4.2.1.3. Pemanfaatan Internet Memberikan Tambahan Pengetahuan Tabel-16 Pemanfaatan Ineternet Memberikan Tambahan Pengetahuan
No Pertanyaan Pilihan Jawaban a. Sangat setuju b. kurang setuju c. ragu-ragu d. tidak setuju Jawaban Responden R % 14 82,35 3 17,64 0 0 17 100 Total N %

10 Pemanfaatan fasilitas yang tersedia di internet telah memberi tambahan pengetahuan bagi saya!

Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada umumnya mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan merasakan dampak pemanfaatan fasilitas internet tersebut yaitu pengetahuan mereka bertambah di luar pengetahuan yang diberikan oleh dosen pengasuh pada perkuliahan.

4.2.1.4. Kurikulum yang Berlaku Menuntut Mahasiswa untuk lebih Memanfaatkan Internet Tabel- 17 : Kurikulum yang Menuntut Responden Memanfaatkan Internet
No Pertanyaan Pilihan Jawaban a. Sangat setuju b. kurang setuju c. ragu-ragu Jawaban Responden % R 13 76,47 3 1 17,64 5,88 17 d. tidak setuju 0 100 Total N %

11 Kurikulum yang berlaku pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU menuntut saya untuk lebih banyak mencari informasi ilmiah di internet!

Berdasar tabel diatas dapat diketahui bahwa 76,47 mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan menyatakan sangat setuju bahwa kurikilum yang berlaku pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra – USU menuntut mereka untuk lebih banyak mencari informasi ilmiah di internet.

4.2.2. Indeks Prestasi
Tabel-18 : Indeks Prestasi Responden
No Pertanyaan Pilihan Jawaban a. 3.66 - 4.00 b. 2.44 - 3.65 c. 1.22 - 2.43 d. 0.00 - 1.21 Jawaban Responden % R 4 23,52 13 76,47 0 0 17 100 Total N %

12 Nilai Indeks Prestasi (IP) balajar saya pada semester yang lalu adalah?

Berdasar tabel tersebut dapat diketahui bahwa pada umumnya mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan memiliki Indeks Prestasi yang relatif sudah cukup baik yaitu di antara 2.44 sampai 3.65, karena angka ini adalah normal.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1. Dengan internet Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU lebih mudah untuk memahami materi perkuliahan. 2. Pemanfaatan internet menolong Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen pengasuh 3. Internet menambah pengetahuan bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan 4. Mahasiswa Program Studi Ilmu Pengetahuan tidak ada yang memiliki IP dibawah 2.44

5.2. Saran Saran penulis pada penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Mahasiswa pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra USU harus lebih berusaha untuk memperoleh informasi yang relevan dengan memaksimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada di internet. 2. Mahasiswa pada Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra USU hendaknya belajar bagaimana cara memanfaatkan fasilitas internet yang lain. Tidah hanya cenderung memanfaatkan www, e-mail dan IRC. 3. Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan harus lebih memanfaatkan Search Engine dalam melakukan pencarian informasi yang dapat mambantu tugas-tugas perkuliahan.

DAFTAR PUSTAKA
Ali, Faried. 1997. Metodologi penelitian sosial dalam bidang ilmu Administrasi dan Pemerintahan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Blotzer, Michael J. 1995. Internet user’s guide : for safety and health professionals. New York : genium Publishing Corporation.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi penekitian sosial : format-format kuantitatif dan kualitatif. Surabaya : Airlangga Univercity Press. Candra, Gregorius. 2003. Daftar situs jurnal ilmiah : dilengkapi dengan situs beasiswa, perpustakaan online, dan asosiasi/institusi profesional. Yogyakarata : Andi Departeman Pendidikan Nasional. 2004. Peraturan akademik program sarjana (S1) dan ahli madya (D3) Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara. Medan : USU. Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Universitas Negeri Medan tahun akademik 2004/2005. Medan : UNIMED

Diao, Ai Lien. 1996. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian tentang kebutuhan dan perilaku pemakai informasi (dalam prosiding seminar sehari layanan pusdokinfo berorientasi pemakai di ers informasi : pandangan dan praktisi). Depok : Jurusan Ilmu Perpustakaan FS-UI.

Faisal, Sanapiah. 1995. Format-format penelitian sosial : dasar-dasar dan aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hadi, Sutrisno. 1981. Methodology research. Yogyakarta : Gjah Mada University Press. Hadiana, Ana & Djaelani, Elan. Sistem pendukung e-learning di web.<http://www.informatika.lipi.go.id/sistem-pendukung-e-learning-di-web>. (12 April 2005). Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar. 1996. Metodologi penelitian sosial. Jakarta : Bumi Aksara. Jurnal Pendidikan Tinggi. 2003. Dampak penerapan kondisi pembalajaran efektif terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar mahasiswa. No.2. Vol.5. Jakarta : Universitas Tarumanegara. Khoe Yao Tung & Limas, Markus T, 1995. Cara menjadi kaya dan pintar melalui internet. Jakarta: Dinastindo.

LaQuey, Tracy. 1994. Sahabat internet : pedoman bagi pemula untuk memasuki jaringan global. Bandung : Penerbit ITB. Nasution, S. 1996. Metodologi research : penelitian ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara. Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. E-education : konsep, teknologi dan aplikasi internet pendidikan. Yogyakarta : Andi. Poerwadarmita, I.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarat : Balai Pustaka. Prabawa. 2002. Paradigma pengenbangan kurikulum pendidikan tinggi tahun 2002. Surakarta : Universitas Muhammadiah Surakarta. Purwadi, Daniel. 1996. Belajar sendiri mengenal internet jaringan informasi dunia. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Razaq, Abdul & Ruly, Bachrul Ulum. 2003. Belajar singkat cepat mahir menggunakan internet. Surabaya : Indah.
Rencker, Maxine H. 1993. A qualitative study of information seeking among members of anacademic community : methodological issues and problems. Library Quarterly.

Shidarta, Lani. 1996. Internet : informasi bebas hambatan. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Siregar, A. Ridwan. !996. Internet dan aplikasinya. Medan : Fakultas Sastra USU. ______. 1997. Akses informasi elektronik : suatu paradigma baru pelayanan perpustakaan. Medan: Fakultas Sastra USU. Sitompul, Darwin. 6 Januari 1997. Perkembangan internet dan kaitannya dengan perpustakaan. Medan, Semkinar Ilmiah Pemanfaatan Teknologi Untuk Pemasaran Perpustakaan. Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Supriadi, A. 1979. Statistik. Bandung : Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Jati. Universitas Usakti. Peraturan akademik. <http://www.usakti.edu/fsrd/infomhs/akademik/indeks.html>. (27 Februari 2005) Wihardit, Kuswaya dkk. 1997. Metode penelitian : buku 3 modul 6 -7. Jakarta : Universitas Terbuka. Zorkoczy, Peter. 1998. Teknologi informasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.

TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->