P. 1
citra diri

citra diri

|Views: 24|Likes:
Published by Joni Rasmanto

More info:

Published by: Joni Rasmanto on Sep 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2012

pdf

text

original

Lab.

Leadership & Komunikasi

1

Model Komunikasi
Komunikator
Pengkodean

Pesan dan media

Penerimaan kode

Umpan balik

Penerima

 Model Kontemporer Shannon, Weaver, & Schramm

6/30/2011

Hambatan Komunikasi
          
6/30/2011

Kerangka referensi Mendengarkan selektif Pertimbangan nilai Sumber kredibilitas Masalah semantik Penyaringan informasi Bahasa dalam kelompok Perbedaan status Perilaku Proxemics Tekanan waktu Beban berlebih pada informasi

dengan bahasa verbal dan non verbal Menyampaikan pesan/mengungkapkan perasaan secara verbal dan non verbal Mendengarkan sambil memahami Memahami sudut pandang orang lain Menanggapi respons atau masalah orang lain dengan tepat Memberikan dukungan dan motivasi Menerima orang lain 6/30/2011 .Ketrampilan mikro komunikasi interpersonal        Memulai pembukaan diri kepada orang lain.

KOMUNIKATOR VS KOMUNIKAN KOMUNIKATOR YANG BAIK. mempunyai :      Kesiapan  Kesungguhan  Ketulusan  Kepercayaan diri  Ketenangan  Keramahan  KOMUNIKAN YANG BAIK Dapat menerima pendapat dan kritik Memahami dengan baik pesan Mampu menyeleksi informasi yang memberi manfaat Mampu mengintegrasikan dengan pengetahuan dan pengalaman Mampu menyampaikan kembali pesan-pesan yang diolah  Kesederhanaan 6/30/2011 .

Citra diri  Bagaimana kita memandang diri kita sendiri  Akan menentukan bagaimana orang lain memandang diri kita 6 .

kemampuan.Aspek pribadi  citra diri  Penampilan fisik  Bentuk tubuh  Pencapaian akademis  Prestasi olahraga  Keterampilan sosial  Sistem nilai  Keterampilan. kompetensi 7 .

rumah. dll  Perilaku dalam situasi sosial & profesional  Latar belakang & lingkungan asal  Peran dalam kehidupan di sekolah. ambisi di masa datang 8 . pekerjaan. dan masyarakat  Pekerjaan dan pangkat yang disandang  Cita-cita. saudara.Aspek-aspek Pribadi  Hubungan dengan keluarga.

Bagaimana citra diri Anda mempengaruhi Anda Timbulnya label diri Anda Citra Diri Anda Timbulnya keyakinan tentang sikap & perilaku yang sesuai dengan citra Anda 9 .

maka Anda akan mengembangkan konsep diri yang kuat  Kalau beraksi & bereaksi berbeda dengan harapan. maka Anda akan mengembangkan konsep diri yang lemah 10 .Bagaimana citra diri Anda mempengaruhi Anda  Timbulnya harapan tentang bagaimana Anda akan beraksi atau bereaksi  Kalau beraksi & bereaksi sesuai harapan.

Bagaimana citra diri Anda mempengaruhi Anda  Timbulnya dialog dengan diri sendiri yang secara terus menerus mempengaruhi citra diri  Dialog yang positif akan memperkuat perilaku yang sudah dimiliki  Dialog yang negatif akan melemahkan perilaku yang sudah dimiliki 11 .

Bagaimana citra diri Anda mempengaruhi Anda  Penetapan tujuan untuk diri Anda sendiri  Citra diri yang terlalu tinggi atau tidak masuk akal membuat sulit dicapai & sering timbul kekecewaan  Citra diri yang terlalu rendah atau tidak masuk akal membuat terlalu mudah dicapai & tidak pernah membuahkan kepuasan  Citra diri yang realistik akan membuat kita mencapai kepuasan secara keseluruhan 12 .

maka Anda akan berperilaku menarik pula. karena:  Penampakan fisik adalah apa yang ditunjukkan ke orang lain  Penampakan fisik adalah kualitas yang pertama-tama dilihat oleh orang lain  Masyarakat kita sangat berorientasi pada penampilan fisik  Bila Anda merasa tampil menarik. demikian sebaliknya  Citra diri Anda dipengaruhi oleh reaksi orang lain terhadap penampilan fisik Anda 13 .Apa pengaruh citra tubuh terhadap citra diri  Citra tubuh akan mempengaruhi cara orang melihat dirinya sendiri.

Jika melihat masalah. (1980: David Cooperrider & Suresh Srivastva) 14 . Jika memiliki keyakinan dalam impian.Konsep berpikir : Appreciative Inquiry (AI)  2 hukum: 1. Apa yang dicari. Jika melihat kesuksesan. ke sanalah Anda akan sampai  3 prinsip: 1. ditemukan kesuksesan. Kemana Anda pergi. ditemukanlah masalah 2. maka akan ditemukan keajaiban. 3. itulah yang ditemukan 2.

15 .Ketangguhan dan prestasi manusia sesungguhnya belum berkembang penuh: Mengapa?  Manusia baru mengembangkan tidak lebih dari 20 % kapasitas diri yang sesungguhnya dimilikinya.  Manusia masih mudah untuk merasa menderita.  Sumbernya: manusia belum menemukan dan menghayati diri esensialnya-makna luhur dari tujuan hidupnya.

sehingga dengan demikian saya baru pantas menjadi seseorang yang berharga dan bahagia (to be).Jalan Berpikir Mundur (HAVING MODE)  TO DO--------TO HAVE----------TO BE  Saya harus melakukan sesuatu (to do) agar saya memiliki sesuatu (to have). 16 .

karenanya saya bekerja dengan baik sebagai ungkapan syukurku. 17 . Hasil apapun yang ada tidak mempengaruhi saya. Saya penuh dengan rahmat melimpah.Jalan Berpikir Maju (BEING MODE)  TO BE--------TO DO----------TO HAVE  Saya adalah seseorang yang unik dan berguna.

Berpikir Mundur •Mencintai diri dengan syarat •Lebih diinspirasi oleh ketakutan daripada oleh cinta •Rentan terhadap ketidakbahagiaan •Cenderung membatasi perwujudan potensi kemanusiaan kita. 18 .

Berpikir Maju •Mencintai diri tidak dengan syarat. terbuka terhadap rahmat. •Apa yang dilakukan bukan untuk sebuah pembuktian diri. 19 . •Diinspirasi oleh cinta •Didasari atas sikap syukur atas hidup yang diterima. •Hidup dalam masa kini. •Mendorong potensi manusia berkembang berlipat ganda.

Buah-buah berpikir Mundur • Iri hati • Sulit untuk merasa puas • Menyimpan marah dan dendam • Mengasihani diri sendiri • Membandingkan kesuksesan diri dg orang lain • Fokus hanya pada kesejahteraan diri sendiri • Tidak tulus dan tidak spontan 20 .

dan menangis pada saat orang lain bersedih. spontan. Tidak menyimpan marah & dendam.  Tidak mudah stress. dan otentik. Memiliki mental keberlimpahan. 21 .  Kreatif.Buah-buah Berpikir Maju     Mudah untuk merasa bahagia. Ikut berbahagia pada saat orang lain berbahagia.

Bagaimana Citra tubuh Anda terbentuk 22 .

Memperbaiki Citra Diri  Perbaiki citra tubuh  Kembangkan sikap pribadi yang positif  Bersikap yang baik dalam pergaulan  Belajarlah tersenyum 23 .

 Lihatlah diri Anda di cermin lebih sering  Pasanglah foto lama & baru Anda berdekatan di tempat yang      Anda sering lihat Terima & percayalah pada pujian tentang tubuh Anda Cobalah baju-baju yang akan membuat penampilan lebih baik Model rambut yang lebih sesuai.Memperbaiki citra tubuh  Mulailah menjaga diri dengan baik (makan secukupnya. dsb) untuk membantu Anda dapat melihat diri Anda apa adanya. berolahraga. coba make up baru Mulailah aktifitas yang tadinya kurang Anda sukai karena merasa penampilan Anda tak sesuai Banyaklah bergaul dengan orang-orang 24 .

Bagaimana sikap pribadi yang positif  Memberi senyum  Menyapa dan memberi salam  Mendekati dan tawarkan bantuan  Memandang langsung ke wajah lawan bicara  Memperhatikan sepenuh hati lawan bicara  Menyebut nama lawan bicara 25 .

Bagaimana sikap pribadi yang positif  Melayani lebih dari yang diharapkan pada semua pelanggan  Memberikan informasi yang benar  Memberikan bantuan sesuai kemampuan. dan merujuk/membantu merujuk kepada yang lebih mampu  Menerima kritik dan saran dengan senang hati  Menghindari debat. dan minta maaf bila mengecewakan 26 .

tetapi jangan kehilangan jati diri  Menghormati dan menyenangkan orang lain  Berkata terus terang dan sopan  Tidak mudah tersinggung  Berani dan penuh perhitungan  Tidak menonjolkan diri 27 .12 Petunjuk sikap dalam pergaulan  Menyesuaikan diri.

12 Petunjuk sikap dalam mengembangkan diri  Tidak emosional  Belajar bicara lancar. agresif. jangan menjadi sumber kekesalan  Biasakan mengucapkan terimakasih  Tumbuhkan rasa percaya diri 28 . tetapi tidak terlalu banyak cakap  Banyak senyum  Hindarkan dari orang orang suka gosip.

Patch Adam : the power of laughter membantu penyembuhan pasien dengan membuatnya gembira 29 .Inner happines Dr.

tahan sebentar  Tenangkan perasaan  Tariklah sudut mulut kanan kiri ke arah luar atas sampai cukup lebar. sehingga tampak sebagian gigi atas atau batas gigi atas dan bawah  Tariklah cukup lebar.Tehnik senyum  Menghadap di depan cermin (untuk latihan)  Tariklah diafragma dengan lembut. sehingga tampak sepasang lipatan kulit yang berjalan dari luar sudut bibir ke arah hidung 30 .

sehingga otot pipi tampak agak menggembung  Tariklah kelopak mata bawah ke atas sampai muncul lipatan dibawahnya dan kulit di sudut luar mata anda sedikit keriput  Lakukan berulang. mendekat kelopak mata bersamaan dengan tarikan sudut bibir.Tehnik senyum  Tariklah otot daerah pipi ke atas. sambil rasakan gerakan otot wajah dan bibir sampai anda terbiasa 31 .

Makna senyum bagi orang lain A smile is the light in your window that tells others that there is a caring sharing person inside (Denis Waitley) 32 .

. penuh minat dan suka membantu  Orang sukses slalu menjual dirinya setiap menit dalam setiap hari  Kuncinya tulus hati dan memesona  33 .Tips. tersenyum. bergembira . Mulai sejak pagi hari hidupkan pesona Anda  Jadilah bersemangat . Jadilah memesona .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->