P. 1
Surge Arrester

Surge Arrester

|Views: 368|Likes:
Published by Penceng Purwadi

More info:

Published by: Penceng Purwadi on Sep 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2014

pdf

text

original

Surge Arrester

Apa itu surge arrster?

Surge arrester adalah alat yang dapat digunakan untuk melindungi peralatan elektronik dari induksi terhadap petir. Induksi petir dapat menyebabkan rusaknya peralatan elektronik seperti komputer, pabx, telepon, cctv dan dvr, dll.

Induksi petir ini dapat terjadi pada komponen yang terhubung langsung dengan listrik dan melalui jalur data dan telekomunikasi ( seperti line telepon, internet, radio telekomunikasi, tv ). Untuk melindungi peralatan elektronik tersebut kita dapat menggunakan alat yang dikenal dengan nama surge arrester.

Surge arrester mempunyai fungsi untuk menggroundingkan arus petir yang masuk melalui jalur yang dilindunginya, apabila arus petir lebih dari kapasitas maximumnya maka arrester tersebut akan memblokir kemudian memutuskan dengan rangkaian elektronik didalamnya.

Untuk listrik terdapat beberapa tahapan

1. Proteksi panel induk

2. Proteksi panel pembagi

3. Proteksi pada alat

Line Surge Arrester – Line Surge Arrester dan Grounding Line surge arrester bisa juga disebut sebagai Lighting Arrester adalah suatu alat pelindung bagi peralatan system tenaga listrik terhadap surja petir (surge). Selain itu. arrester juga melindungi peralatan dari tegangan lebih yang diakibatkan oleh tegangan internal. Para pengguna peralatan elektronik tentu membutuhkan sistem . Line surge arrester bekerja pada tegangan tertentu di atas tegangan operasi untuk membuang muatan listrik dari surja petir dan berhenti beroperasi pada tegangan tertentu di atas tegangan operasi agar tidak terjadi arus pada tegangan operasional. Tingkat isolasi bahan arrester harus berada di bawah tingkat isolasi bahan transformator agar apabila sampai terjadi flash over. Sehingga tidak timbul tegangan lebih yang nilainya tinggi pada peralatan. Arrester membentuk jalan yang mudah untuk dilalui oleh arus kilat atau petir. Perbandingan dua tegangan ini disebut rasio proteksi arrester. Sesuai dengan fungsinya itu maka arrester harus dapat menahan tegangan system pada frekuensi 50 Hz untuk waktu yang terbatas dan harus dapat melewatkan surge arus ke tanah tanpa mengalami kerusakan pada arrester itu sendiri. maka flash over diharapkan terjadi pada arrester dan tidak pada transformator. Sedangkan grounding atau pembumian adalah salah satu metoda dalam listrik dan elektornika yang digunakan untuk meneruskan energi listrik yang berlebihan dengan aman ke bumi. Line surge arrester merupakan alat pelindung terhadap gangguan surge yang berfungsi melindungi peralatan system tenaga listrik dengan cara membatasi surja tegangan lebih yang datang dan mengalirkannya ke tanah. Selain melindungi peralatan Anda dari tegangan yang diakibatkan oleh tegangan lebih eksternal. arrester juga merupakan kunci dalam koordinasi suatu system tenaga listrik. Dipasang pada atau dekat peralatan yang dihubungkan dari fasa koduktor ke tanah. Bila surja hubung datang ke gardu induk maka arrester akan bekerja melepaskan muatan listrik serta mengurangi teganngan abnormal yang mengenai peralatan dalam gardu induk. Arrester berlaku sebagai jalan pintas di sekitar isolasi.

seperti batang pohon atau bangunan. Sama halnya dengan modem SDSL. Hanya saja sambaran petir ini tidak langsung melalui sebuah penangkal tetapi sambaran dari kabel yang dipergunakan untuk media transmisinya berupa kabel DW (Drop Wire) yang bisanya terjadi diantara perjalanan kabel. Penggunaan grounding disini yaitu meredam atau membuang dengan aman tegangan. Dengan adanya grounding. Dengan dipasang metoda seperti ini. Dengan otomatis transformator yang menempel pada chasing ini berpotensi untuk menimbulkan kebocoran tegangan yang berasal dari induksi transformator. Cara kerja alat ini yaitu mendeteksi tegangan yang masuk dan menyesuaikan tegangan keluaran dengan alat yang disebut dengan transformator atau biasa disebut dengan trafo. Oleh karena itu metoda pembumian atau grounding ini sangat diperlukan untuk kelangsungan kerja dan keamanan dalam banyak hal. sambaran petir akan diredam dan dinetralisir oleh grounding. Selain itu. Pada saat awan bertabrakan dengan awan lain yang berbeda potensial. Oleh karena itu setiap modem dilengkapi dengan alat berupa arrester pada saat instalasi. Fungsi pertama adalah untuk stabilizer. Alat ini banyak digunakan untuk menstabilkan tegangan yang bersumber dari listrik. Penggunaan grounding disini yaitu dengan menyambungkan titik-titik penangkal dengan kabel yang tebal kepada saluran grounding yang telah dibuat. Alat ini digunakan untuk meredam tegangan yang berasal dari petir yang terjadi karena adanya perbedaan potensial pada awan-awan yang mengandung air. Alat ini biasanya menempel di atas genting gedung-gedung tinggi atau bangunan atap rumah yang cukup tinggi. stabilizer menjadi aman dan tidak ada efek samping untuk digunakan.tegangan yang ditimbulkan oleh transformator. terjadilah kilatan cahaya disertai dengan suara yang lebih lambat. grounding dipergunakan untuk proteksi petir. Jadi fungsi arrester ini yaitu membuang . grounding juga memberikan manfaat bagi modem SDSL. Line surge arrester selalu berhubungan dengan grounding. Sambaran petir biasanya menyambar pada sesuatu yang paling tinggi. Biasanya stabilizer ini mempunyai bahan pembungkus atau chasing yang terbuat dari seng atau jenis tembaga lainya yang mengandung bahan yang dapat menghantarkan listrik.kelistrikan yang baik yang dapat menjamin kelangsungan operasional peralatan mereka. Cara penggunaan grounding pada alat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi induksi dari getaran elektromagnetik yang di hantarkan oleh element ditengahnya.

Proteksi radio dan satelit telekomunikas ( BNC. Untuk data lebih bervariasi: 1. semua mempunyai kualitas yang sama karena seperti yang telah diketahui bahwa pembuatan arrester menggunakan standard international.F connector ) 4. Proteksi PABX dan line telepon 3. Secara umum melalui survei berbagai macam arrester yang telah kami pasang dilapangan. Proteksi untuk CCTV dan DVR Untuk merk surge arrester sangat banyak. France ) dan China.tegangan yang masuk bila input tegangan berlebihan dari pemakaian biasa dan langsung melewatkan tegangan tinggi tersebut melalui saluran grounding. Router dan PC ( RJ45 interface ) 2. Proteksi mesin absensi ( RS232 interface ) 5. mulai dari merk Eropa ( German. .N. Proteksi Server.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->