P. 1
Sastra Anak-Anak

Sastra Anak-Anak

|Views: 398|Likes:
Published by adhy_nc

More info:

Published by: adhy_nc on Sep 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2014

pdf

text

original

SASTRA ANAK-ANAK

SEMESTER 5 PROGRAM STUDI S-1 PGSD FKIP UKSW SALATIGA

Tujuan
1. Menjelaskan pengertian apresiasi sastra anakanak, 2. Menjelaskan tingkatan dan manfaat apresiasi sastra anak-anak 3. Mengemukakan jenis dan contoh sastra anakanak 4. Menjelaskan ciri-ciri sastra anak-anak.

Pengertian sastra anak
• Pertama sastra anak-anak adalah sastra yang ditulis oleh pengarang yang usianya remaja atau dewasa isi dan bahasanya mencerminkan corak kehidupan dan kepribadian anak. • Kedua, sastra anak-anak adalah sastra yang ditulis oleh pengarang yang usianya masih tergolong anak-anak yang isi dan bahasanya mencerminkan corak kehidupan dan kepribadian anak.

melainkan juga bentuk drama. baik ditulis oleh pengarang yang sudah dewasa. Karya sastra yang dimaksud bukan hanya yang berbentuk puisi dan prosa. . sastra anak-anak dapat dikatakan bahwa suatu karya sastra yang bahasa dan isinya sesuai perkembangan usia dan kehidupan anak. remaja atau oleh anak-anak itu sendiri.• Dengan demikian.

Apresiasi: Pengertian Menggauli Sastra Penghargaan Baik Cipta Kepekaan Pikiran Kepekaan Perasaan .

penghargaan. (c) aspek evaluatif .apresiasi sastra • “suatu kegiatan menggauli sastra dengan sungguh-sungguh hingga tumbuh pengertian.” • “apresiasi sastra mengandung tiga unsur inti: (a) aspek kognitif. dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra. (b) aspek emotif. kepekaan pikiran kritis.

dan kepekaan perasaan? . penghargaan. kepekaan pikiran kritis.• Aspek kognitif sejalan pengertian . aspek emotif sejalan dengan kepekaan perasaan. aspek evaluatif berkaitan dengan kepekaan pikiran perasaan dan penghargaan yang positif • Apa yang dimaksud dengan pengertian.

• Kedua.• Pertama. dan lain-lain. . unsur-unsur instrinsik prosa. penghargaan berkaitan dengan sikap pandang positif terhadap sastra bahwa sastra memiliki nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi penjernihan batin. kepekaan pikiran kritis berkaitan dengan kemampuan memahami dan mengungkapkan sinstesis tentang makna atau nilai-nilai yang dikandung suatu karya sastra setelah mengadakan analisis yang teliti. saksama dan menyeluruh. seperti pengertian puisi. pengertian berkaitan dengan pemahaman tentang teori-teori dasar sastra. peningkatan harkat kehidupan individual-sosial. • Ketiga.

seperti rasa senang tidak senang. dan kagum berkenaan dengan gambaran peristiwa dalam cerita yang tergambar pada ekspresi wajah.• Adapun kepekaan perasaan berkaitan dengan kemampuan menikmati dan menampilkan nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam karya sastra. persaan takut. kecewa. gestur tubuh dan atau intonasi pada saat pembacaan karya sastra tertentu . berkenaan dengan cerita dan tokoh. perasaan terharu dan gembira berkenaan dengan nasib tokoh.

• apresiasi sastra anak-anak merupakan serangkaian kegiatan bermain dengan sastra sehingga tumbuh pemahaman. . penghargaan. kepekaan perasaan yang baik bagi anak terhadap karya sastra anak-anak. kepekaan pikiran kritis.

yang ditandai oleh adanya rasa tertarik kepada buku-buku sastra serta keinginan membacanya dengan sungguhsungguh. (2) Tingkat menikmati. anak melakukan kegiatan kliping sastra secara rapi.Tingkatan Apresiasi Sastra (1) Tingkat menggemari. atau mendengarakan deklamasi puisi/prosa anak-anak. . yaitu mulai dapat menikmati cipta sastra karena mulai tumbuh pengertian. atau membuat koleksi pustaka mini tentang karya sastra dari berbagai bentuk. anak dapat merasakan nilai estetis saat membaca puisi anak-anak. atau menonton drama anak-anak.

prosa atau drama (Wardani 1981) . yaitu mulai ada keinginan utuk menyatakan pendapat tentang cipta sastra yang dinikmati misalnya menulis sebuah resensi. atau berdebat dalam suatu diskusi sastra secara sederhana. baik dalam bentuk puisi. majalah atau majalah dinding sekolah yang tersedia. yaitu mulai ikut menghasilkan ciptasastra di berbagai media masa seperti koran. Dalam tingkat ini juga termasuk keinginan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sastra. (4) Tingkat produktif.(3) Tingkat mereaksi.

mendengarkan cerita. meresapkan nilai-nilai humanistik dalam jiwa. misalnya mengemukakan berbagai pesan-pesan yang terkandung dalam karya sastra setelah menelaah atau menganalisis unsur instrinsik-ekstrinsiknya. mengagumi suatu karya sastra. menghayati amanat yang terkandung dalam puisi yang dibacanya atau yang dideklamasikan. misalnya menikmati pembacaan/deklamasi puisi. baik karya puisi.menonton drama.(1) Tingkat penikmatan. misalnya memetik pesan positif dalam cerita. prosa maupun drama anak-anak. (3) Tingkat pemahaman. (2) Tingkat penghargaan. .

mengubah prosa ke dalam bentuk drama. misalnya melakukan kegiatan mengubah bentuk karya sastra tertentu ke dalam bentuk karya lainnya (parafrase). (5) Tingkat implikasi.(4) Tingkat penghayatan. mendayagunakan hasil apresiasi sasatra untuk kepentingan peningkatan harkat kehidupan (Suparman dalam Tarigan 2000) . misalnya mengubah puisi ke dalam bentuk prosa. misalnya mengamalkan isi sastra. menafsirkan menemukan hakikat isi karya sastra dan argumentasinya secara tepat.

agama. (e) memberi kenyamanan. (d) membantu pembentukan watak. dsb. (f) meluaskan dimensi kehidupan dengan pengalaman baru (Wardani 1981) .Manfaat Apresiasi Sastra (a) melatih keempat keterampilan berbahasa. (c) membantu mengembangkan pribadi. kebudayaan. (b) menambah pengetahuan tentang pengalaman hidup manusia seperti adat istiadat.

meningkatkan kelancaran-kemahiran membaca. meningkatkan keterampilan menulis. (2) Nilai pendidikan: membantu perkembangan bahasa. memberi pengalaman yang dapat terhayati. mengembangkan pandangan ke arah persoalan kemanusiaan. mengembangkan imajinasi. mengembangkan kepekaan terhadap sastra (Huck 1987) . menyajikan pengalaman yang bersifat emosional.(1) nilai personal: memberi kesenangan.

(2) mengembangkan pandangan ke arah persoalan kemanusiaan. . hanya manfaat (1) mengembangkan imajinasi. (3) meningkatkan keterampilan membacamenulis yang akan diuraikan secara singkat.Manfaat apresiasi sastra yang dikemukakan tersebut.

Sedangkan manfaat apresiasi sastra yakni dapat meningkatkan imajinasi. pemahaman. dan implikasi. penghayatan. khususnya membaca dan menulis. kepekaan perasaan dan pengharhaan yang baik dalam diri anak terhadap sastra anak-anak. kemampuan pemahaman. penghargan. meluaskan wawasan tentang nilai kemausiaan. .Rangkuman • Pengertian apresiasi sastra anak-anak merupakan serangkaian kegiatan bermain dengan sastra anak-anak sehingga muncul pengertian. • Apresiasi sastra anak dapat dikelompokkan atas beberapa kata: penikmatan. dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak.

Drama . prosa fiksi imajinatif 3. puisi deskriptif) 2. Puisi (puisi naratif.Jenis Karya Sastra Anak 1. Prosa (prosa fiksi sains. puisi lirik. prosa fiksi realistik.

dan lainlain. (d) perbendaharaan kata yang sesuai dengan dunia anak. .Ciri-ciri Puisi Anak (a) isi sajak harus merupakan pengalaman dari dunia anak sesuai umur dan taraf perkembangan jiwa anak. misalnya irama yang hidup. (b) sajak itu memiliki daya tarik terhadap anak. (c) sajak itu harus memiliki keindahan lahiriah bahasa. tekanan kata yang nyata. permainan bunyi.

susunan kalimatnya sederhana sehingga dapat dipahami oleh anak. (b) Pesan yang dikandung puisi dapat dibaca dan dipahami anak karena tidak bersifat diapan (tersembunyi) melainkan bersifat transparan atau eksplisit. artinya kosa kata yang digunakan dikenal oleh anak. .Ciri pembelajaran apresiasi anak di sd Ciri keterbacaan (a) Bahasa yang digunakan dapat dipahami anak.

puisi yang diajadikan bahan ajar adalah puisi yang berbicara tentang kemarau . Atau pada musim kemarau. • Kesesuaian dengan lingkungan sekitar tempat anak berada. petualangan. pada usia anak sekolah dasar menyukai puisi yang membicarakan kehidupan sehari-hari .(2) Ciri kesesuaian • Kesesuaian dengan kelompok usia anak. kehidupan keluarga yang nyata. Artinya. anak yang berada di lingkungan sekitar pantai akan bersemangat jika puisi yang diberikan untuk dipelajari adalah puisi yang berbicara tentang pantai.

olahraga. dan teknik.Ciri-ciri Cerita Anak-anak (a) Bahasa yang digunakan haruslah sesuai dengan tingkat perkembangan bahasa anak. (b) Isi ceritanya haruslah sesuai dengan tingkat umur dan perhatian anak. . sedangkan anak wanita lebih menyenangi cerita yang bersifat kekeluargaan dan sosial (c) Hendaknya jangan diberikan cerita yang bersendikan politik tetapi mengutamakan pendidikan moral dan pembentukan watak. Untuk selanjutnya (kelas 4-6 SD) secara berangsurangsur akan kelihatan bahwa anak laki-laki lebih menyenangi cerita petualangan. Pada tahap pertama (kelas 1-3 SD) . bacaan untuk anak laki-laki dan wanita dapat disamakan.

Ciri Drama Anak-anak • Drama anak-anak tidak jauh beda dengan cerita anak-anak. baik dari segi bahasanya. Yang berbeda adalah dari segi dialog yang sederhana dan jumlah adegan yang tidak terlalu panjang dan berbelit. . tema. pesannya.

RANGKUMAN • Bentuk karya sastra yang dijadikan bahan ajar di SD hendaknya memenuhi ciri-ciri sastra anak-anak yang meliputi puisi. pesan yang dikandungnya dapat dimengerti. memiliki irama dan keindahan . isinya sesuai dengan tingkat perkembangan anak. dan drama. . • Puisi anak-anak memiliki ciri-ciri : bahasanya dapat dipahami anak. prosa.

dan keluarga. olahraga. temanya tentang kehidupan sehari-hari. alurnya berbentuk maju dan tunggal. Drama ana-anak memiliki ciri-ciri yang relatif sama dengan prosa yang berbeda dari segi dalog yang relatif sederhana dan adegan yang tidak panjang.• Cerita anak-anak memiliki ciri: latarnya dikenal anak. penokohannya dari kalangan anak dengan jumlah sekitar 3-4 orang. . petualangan.

. (3) drama merupakan pengemukaan gagasan dan perasan melalui bentuk dialog antara berbagai tokoh. (2) prosa merupakan pemaparan pemikiran dan perasaan melalui bentuk paragraf demi paragraf.• Sastra anak-anak terdiri atas: (1) puisi merupakan pengungkapan gagasan dan perasaan dalam bentuk rangkaian bait.

Khusus puisi dan prosa terbagi lagi atas beberapa ragam. apakah yang dimaksud dengan apresiasi sastra anak-anak? 2. Bentuk sastra anak yang menekankan penampakan karakter melalui dialog adalah sastra anak yang berbentuk prosa? Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut? Jika tidak bagaimana pendapat Anda? 3. Jelaskan perbedaan jenis sastra anak tersebut! .Tugas Kelompok 1. Menurut Anda. dan drama. Sastra anak terdiri atas puisi. prosa.

manakah menurut Anda yang memenuhi ciri-ciri sastra anak-anak atau cocok dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran puisi di SD? Tentukan dan Jelaskan ! .4. Kedua puisi berikut. Dapatkah Anda menjelaskan ciri-ciri drama yang dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran drama di SD? 6. cerita yang bagaimana ciri-cirinya yang Anda berikan kepada Anak untuk dipelajari atau diapresiasi? Jelaskan! 5. Kalau Anda mengajarkan cerita di Sekolah Dasar.

Sukirnanto Layang-layang milikku. negeri-negeri yang angkuh? Satu pesan yang kusampaikan dari bumi ini Janganlah meninggalkan daku.• LAYANG-LAYANG MILIKKU S. kumanjakan kau Membumbung di langit biru Sampaikan salam: hidup teguh di sini Nyanyian bumi dalam ujud puisi . kemudian kau pergi Sebab jarak antara kita akan semakin jauh Di kota ini aku sendiri dengan pijar nasib Layang-layang milikkku. kumanjakan kau Membumbung di langit biru Di alam raya bersama burung-burung yang bebas Lihatlah dari sana.

• LAYANG-LAYANG KESAYANGANKU Haksan Layang-layang kesayanganku Bagian atasnya hijau Bagian tengahnya kuning Bagian bawahnya putih Ekornya berwarna merah Angkah indah kupandang Pada hari Sabtu Sesudah salat ashar Saya dan kawan-kawanku Pergi bermain laying-layang Di tanah lapang .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->