LAPORAN KEGIATAN LOMBA

I. Pendahuluan Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi (Pasal 1 Ayat (2) PP RI No 19 Tahun 2005). Madrasah Tsanawiyah Negeri Karang Anyar sebagai salah satu satuan pendidikan yang termasuk dalam tingkatan wajib belajar sembilan tahun, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengenyam pendidikan pada tingkat menengah pertama. Madrasah sebagai wiyatamandala adalah suatu lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat masyarakat belajar dan mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan, yang terdiri dari perangkat pengelola pendidikan dan peserta didik. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu (Pasal 1 Ayat (16) PP RI No 19 Tahun 2005). Madrasah Tsanawiyah Negeri Karang Anyar menyelenggarakan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Pada kegiatan intrakurikuler, salah satu mata pelajaran yang diselenggarakan adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Menurut Permendiknas No 22 Tahun 2006, mata pelajaran IPA mencakup materi sebagai berikut : 1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan (Biologi) 2. Materi dan Sifatnya (Kimia) 3. Energi dan Perubahannya (Fisika) 4. Bumi dan Alam Semesta (Bumi dan Antariksa) Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di MTsN Karang Anyar diantaranya Sains Olympiad Club (SOC). Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang sains. Adapun substansi kegiatan SOC meliputi pendalaman materi sains, pembahasan soal-soal olimpiade sains, praktikum, kerja lapangan dan mengikuti lomba-lomba bidang sains yang bersifat insidental. Lomba Bintang Fisika Raflesia (BFR), Lomba Cepat Tepat Fisika (LCTF) dan Majalah Dinding (Mading) se-provinsi Bengkulu pada Pekan Orientasi Fisika (POIF) XIII Plus yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Universitas

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dan bakatnya dalam bidang fisika III. LCTF dan Mading yang telah lulus seleksi IV. Lomba Majalah Dinding (Mading) Lomba bersifat beregu Satu regu terdiri dari tiga orang Setiap sekolah mengirimkan maksimal dua regu yang tidak homogen Majalah dinding yang akan dilombakan adalah majalah dinding yang dibuat 50% dari madrasah dan 50% diselesaikan di lokasi lomba dalam waktu dua jam . Lomba Bintang Fisika Raflesia (BFR) Lomba bersifat individu Lomba terdiri dari dua tahap Satu sekolah mengirimkan maksimal dua orang peserta b. Sasaran Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa-siswi yang berminat mengikuti lomba BFR. Lomba Cepat Tepat Fisika (LCTF) Lomba bersifat beregu Satu regu terdiri dari tiga orang Setiap sekolah mengirimkan maksimal dua regu yang tidak homogen c. Melatih rasa percaya diri peserta didik untuk mengikuti lomba-lomba sejenis c. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkompetisi dengan peserta didik dari madrasah/sekolah lain melalui lomba-lomba dalam bidang fisika b. Lomba Majalah Dinding (Mading) tingkat SMP se-provinsi Bengkulu V. Tujuan Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut : a. Cabang Lomba yang Diikuti Cabang lomba yang diikuti pada Pekan Orientasi Fisika (POIF) XIII Plus di Universitas Bengkulu adalah sebagai berikut : 1. Lomba Cepat Tepat Fisika (LCTF) tingkat SMP se-provinsi Bengkulu 3. Tata Tertib Lomba a. Lomba Bintang Fisika Raflesia (BFR) tingkat SMP se-provinsi Bengkulu 2. II.Bengkulu merupakan salah satu ajang yang dirasa penting diikuti oleh peserta didik untuk berkompetisi dalam bidang sains khususnya fisika.

ternyata regu dari MTsN Karang Anyar mendapat juara dua lomba Mading tingkat SMP se-provinsi Bengkulu. Hari kedua tanggal 24 November 2010 lomba yang diikuti adalah lomba BFR dan LCTF. uang dan piagam penghargaan. mulai dari tahap seleksi peserta didik yang menjadi delegasi. Hasil Kegiatan Kegiatan membimbing peserta didik yang berminat mengikuti tiga cabang lomba berjalan dengan baik.Majalah dinding yang 50% belum selesai diserahkan paling lambat tanggal 20 November 2010 VI. Hadiah yang diperoleh regu MTsN Karang Anyar berupa piala. Jumlah peserta didik yang mengikuti kegiatan bimbinganpun cukup banyak. Cabang lomba Majalah Dinding (Mading) hanya diikuti oleh satu regu Pada tahap mengikuti lomba di Universitas Bengkulu. sehingga harus diseleksi untuk menentukan siapa yang terbaik untuk mewakili madrasah pada ajang lomba tersebut. Pengumuman pemenang lomba mading akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2010. Cabang lomba Bintang Fisika Raflesia (BFR) diikuti oleh dua orang peserta didik 2. Cabang lomba Cepat Tepat Fisika (LCTF) hanya diikuti oleh satu regu 3. Lomba BFR berlangsung dalam dua tahap. Setelah mengikuti tahap bimbingan dan tahap seleksi akhirnya diputuskan. No 1 2 3 4 5 6 Kegiatan Bimbingan dan Seleksi Pendaftaran Technical Meeting Lomba Mading Lomba BFR dan LCTF Pengambilan hadiah Tanggal 8 /d 22 November 2010 15 November 2010 20 November 2010 23 November 2010 24 November 2010 27 November 2010 s VII. Pada hari pengumuman hasil lomba. madrasah mengirimkan peserta sebagai berikut : 1. pada tahap pertama peserta didik yang . peserta didik sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti lomba. Hari pertama tanggal 23 November 2010 lomba yang diikuti adalah lomba Mading. hal ini dikarenakan lomba mading hanya satu tahap. Sedangkan kegiatan lomba BFR. kegiatan ini bertempat di MTsN Karang Anyar Arga Makmur. LCTF dan Mading bertempat di Universitas Bengkulu. Waktu Pelaksanaan Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga minggu.

Regu MTsN Karang Anyar hanya mendapat urutan ke-empat. regu MTsN Karang Anyar mengikuti tahap penyisihan pertama yang diikuti oleh empat regu. sehingga tidak dapat masuk tahap kedua. . Pada tahap penyisihan LCTF. Walaupun tidak masuk ke babak selanjutnya. selain itu perlu diasah lebih tajam lagi tingkat kepercayaan diri peserta didik. Pada penyisihan tahap pertama dipilih dua regu dengan skor tertinggi. Saran Peserta didik yang akan mengikuti lomba-lomba yang sejenis hendaknya dipersiapkan lebih matang lagi. VIII. sehingga tidak masuk babak semi final. Penutup Demikianlah laporan kegiatan lomba Bintang Fisika Raflesia (BFR). IX.mengikuti lomba hanya menempati urutan ke-12 dan ke-13. tidak masuk urutan enam besar. semua peserta lomba BFR dan LCTF mendapatkan piagam penghargaan sebagai peserta. Lomba Cepat Tepat Fisika (LCTF) dan Majalah Dinding (Mading) se-provinsi Bengkulu pada Pekan Orientasi Fisika (POIF) XIII Plus di Universitas Bengkulu ini dibuat untuk menjadi pedoman maupun referensi dalam melaksanakan kegiatan serupa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful