P. 1
D. Hubungan Antara Modem Dan Router

D. Hubungan Antara Modem Dan Router

|Views: 359|Likes:
Published by Abu Dhiva

More info:

Published by: Abu Dhiva on Sep 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2015

pdf

text

original

Peta Konsep

Sebelum mempelajari materi dalam bab ini, coba bacalah peta konsep di bawah ini agar kamu mudah memahami alur pembelajarannya.

Sejarah Internet

Internet

1

Am AN
Fasilitas Internet 

Perangkat Akses Internet

bo

TI

Kata Kunci
• Backbone • Ethernet • ISP • Modem • Web • Cyberspace • Hardware • Line telephone • Router • Domain • Internet • localhost • Software Teknologi Informasi dan Komunikasi XI

K

M

n
1. 2. 3. 4. 1. 2. 3. 4. 5. 6.

20

1. Awal Mula 2. Perkembangan Internet 3. Internet Modern

Hardware Software Line telepon ISP (Internet Service Provider)

WWW (World Wide Web) E-Mail HTTP Mailing List Ghoper Chatting

12

D.

Hubungan antara Modem dan Router

Beberapa peranti yang digunakan dalam internet maupun jaringannya adalah modem dan router. Kedua peranti ini amat diperlukan karena tanpa modem, proses pengubahan isyarat tidak akan terjadi. Demikian pula jika tidak ada router, isyarat tidak akan dapat ditransfer ke jaringan yang lain. Dasar sistem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dapat berbentuk analog maupun digital. Isyarat analog atau disebut juga dengan isyarat kontinu karena bentuknya berupa gelombang kontinu yang membawa infomasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Isyarat analog mempunyai ciri, yaitu memiliki amplitudo dan frekuensi. Dengan adanya perangkat keras ini maka sinyal digital dapat diubah menjadi sinyal analog, sehingga data dari komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau saluran lainnya. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. 

TI

Teknologi Informasi dan Komunikasi XI

K

M

AN

1

Am

bo

n

20

12

Router akan memungkinkan Anda untuk menjalankan fungsi sebagai berikut. 1. Menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda. 2. Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi lain. 3. Membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil dan mudah dikelola. 4. Memungkinkan jaringan perusahaan dihubungkan ke internet dan informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapa saja di luar perusahaan. 5. Mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ke tujuan. 6. Melindungi jaringan dari pemakai-pemakai yang tak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data Anda.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat! 1. Sebutkanlah lapisan yang dipakai dalam aplikasi data dalam internet menurut OSI! 2. Apa yang dimaksud dengan ethernet? 3. Sebutkan tugas utama router untuk koneksi dengan internet! 4. Jelaskan fungsi dari repeater! 5. Jelaskan perbedaan fungsi antara modem dan router!

TI

K

M

Mari Berlatih .

AN

1

Am

bo

n

20

Dalam praktiknya, komunikasi antarkomputer kadang mengalami perubahan dari isyarat analog ke digital dan sebaliknya. Sebagai contoh komunikasi dua buah komputer yang melibatkan jaringan telepon, melakukan perubahan isyarat seperti berikut, komputer pertama mengirimkan isyarat digital dan kemudian oleh peranti modem akan diubah menjadi isyarat analog. Isyarat analog inilah yang mengalir pada jaringan telepon. Selanjutnya, isyarat analog diubah oleh modem menjadi isyarat digital pada bagian penerima. Kegunaan modem adalah mengubah isyarat digital menjadi isyarat analog pada sisi pengirim dan mengubah isyarat analog menjadi isyarat digital pada sisi penerima. Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Pada sisi penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut.

12

Bab 1: Mengenal Internet 

Diskusi .
Buatlah kelompok belajar dengan anggota maksimal 5 orang, kemudian kerjakan tugas di bawah ini! 1. Diskusikan tentang spesifikasi PC multimedia standar yang dapat digunakan untuk mengakses internet! 2. Cobalah manfaatkan HP Anda sebagai Modem. Diskusikan tata cara mengaktifkan internet pada PC Anda melalui HP sebagai modemnya! 3. Perlengkapan apa saja yang harus ada pada saat koneksi internet melalui modem HP? 4. Diskusikan pula perbedaan antara modem dengan router! Presentasikan hasil diskusi kelompok Anda di depan kelas.

Rangkuman
1.

3.

4. 

TI

5.

Teknologi Informasi dan Komunikasi XI

K

M

AN

1

Am

2.

Fasilitas internet banyak digunakan oleh pengguna untuk memenuhi kepentingannya, misalnya World Wide Web (WWW) sebagai pusat database, e-mail sebagai sarana surat menyurat, mailing list untuk berdiskusi secara elektronik, newsgroup diskusi, chatting digunakan untuk komunikasi langsung dalam internet, FTP (File Transfer Protocol) sebagai pengambilan arsip secara elektronik, Telnet digunakan untuk melakukan login atau masuk ke dalam sistem secara jarak jauh, dan ghoper yang menyediakan banyak menu. Untuk dapat memasang internet diperlukan hardware atau perangkat keras seperti modem sebagai penerjemah sinyal dari sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya, telepon sebagai penerus sinyal dari modem, dan Network Interface Card (NIC) digunakan untuk penghubung antarkomputer Internet Service Provider (ISP) yaitu media penyambung atau penghubung sambungan internet. Dalam sebuah jaringan diperlukan pula ethernet (protokol) atau kartu jaringan yang berguna untuk menghubungkan antarjaringan, repeater yang digunakan untuk memperkuat sinyal, Bridge digunakan untuk membagi jaringan, router digunakan untuk melewatkan antarsegmen yang memiliki alamat network yang berbeda, HUB digunakan untuk menghubungkan beberapa node dalam suatu jaringan, dan gateway digunakan untuk menghubungkan jaringan yang memiliki arsitektur dan lingkungan yang berbeda. Personal komputer yang dapat digunakan untuk akses internet adalah komputer dengan spesifikasi minimum, yaitu PC minimal 386 (486 DX-4 recomended), monitor super VGA, RAM 4 MB (8 MB recomended, tergantung program aplikasi), memiliki communication port (RS-232), modem dengan kecepatan 14.400 BPS atau lebih, mouse, multimedia (tergantung aplikasi pelayanan internet), mampu menjalankan sistem Windows, berlangganan dengan ISP (Internet Service Provider) atau online service, software/ program aplikasi (tergantung fasilitas internet yang akan digunakan), misalnya Eudora Light, Netscape, Internet Explorer, Internet Phone, Net 2 Phone, Net Meeting.

bo

Internet (Interconnected Network) yang popular disebut cyberspace merupakan rangkaian komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

n

20

12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->