P. 1
Perkembangan Model Atom

Perkembangan Model Atom

|Views: 64|Likes:
Published by Junita Pristi

More info:

Published by: Junita Pristi on Sep 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/02/2013

pdf

text

original

Perkembangan Model Atom

Pendahuluan Adanya penemuan partikel dasar penyusun atom (elektron, proton, netron) terjadi pula perubahan mendasar mengenai teori atom. Semuanya itu, berdasarkan pada faktafakta yang ditemukan baik secara experimen maupun pengkajian teoritis.

Fakta Penemuan Dalton Teori atom pertama kali dikemukakan oleh John Dalton pada tahun 1803, yaitu atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.

Prinsip Teori 1. Setiap unsur tersusun atas partikel-partikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom. 2. Atom-atom dari unsur yang sama akan mempunyai sifat yang sama, tetapi atom-atom dari unsur berbeda mempunyai sifat yang berbeda pula. 3. Dalam reaksi kimia tidak ada atom yang hilang, tetapi hanya terjadi perubahan susunan atom-atom dalam unsur tersebut. 4. Bila atom membentuk molekul, atomatom tersebut bergabung dengan angka perbandingan yang bulat dan sederhana, seperti 1 : 1, 2 : 1 , 2 : 3.

Gambar / Sketsa

Kelemahan a. Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi b. Tidak dapat menjelaskan gaya gabung unsurunsur. Misalnya, mengapa dalam pembentukan air (H2O) satu atom oksigen mengikat dua atom hidrogen

sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. mereka melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa. maka Joseph John Rutherford Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode dan dapat dipastikan bahwa sinar katode merupakan partikel. Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron. Pada tahun 1910 Ernest Rutherford melakukan percobaan untuk mengungkapkan teori versi miliknya.Thomson Berdasarkan penemuan tabung katode yang lebih baik oleh William Crookers . 1. Atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif mengelilingi inti atom 2. Dengan dibantu oleh dua orang muridnya. yaitu partikel yang bermuatan positif. Jari-jari inti atom dan jari-jari atom sudah dapat ditentukan. Model atom Thomson tidak menjelaskan adanya inti atom. 1. Model atom Rutherford tidak dapat menjelaskan mengapa elektron yang beredar mengelilingi inti tidak jatuh ke inti karena ada gaya tarik menarik antara inti dan elektron. jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif. Atom merupakan suatu materi berbentuk bola pejal bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron-elektron (model roti kismis) 2. . dan bergerak lurus. Dari hasil percobaan ini. Atom bersifat netral. Atom bersifat netral 3.

Persamaan gelombang Schrodinger hanya dapat diterapkan secara eksak untuk partikel dalam kotak . pakar fisika Denmark bernama Neils Bohr memperbaiki kegagalan atom Rutherford melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen. Percobaannya ini berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah disekitar inti atom.Neils Bohr berdaya tembus besar sehingga dapat menembus lembaran tipis kertas. Elektronelektron yang mengelilingi inti atom berada pada tingkat energi tertentu yang bergerak secara stasioner 3. dan elektronelektron Model atom ini tidak bisa menjelaskan spektrum warna dari atom berelektron banyak. Modern Model atom mekanika kuantum didasarkan pada: 1. Pada tahun 1913. oleh Louis 1. Tingkat energi atau lintasan elektron yang paling dekat dengan inti atom mempunyai tingkat energi terendah. Elektron dapat berpindah dari lintasan yang satu ke lintasan yang lain dengan menyerap atau melepaskan energi 1. Elektron bersifat gelombang dan partikel. Atom terdiri atas inti atom yang mengandung proton bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom 2. lintasan elektron yang paling jauh dari inti atom memiliki tingkat energi tertinggi 4. Atom terdiri atas inti atom yang mengandung proton dan neutron.

Para ilmuwan akan terus melakukan inovasi untuk meneliti bagian dari atom. hal ini disebut dengan konsep orbital. Asas ketidakpastian. Kedudukan elektron pada orbital-orbitalnya dinyatakan dengan bilangan kuantum. 2. oleh Werner Heisenberg (1927). Dengan memadukan asas ketidakpastian dari Werner Heisenberg dan mekanika gelombang dari Louis de Broglie. begitu juga dengan teori atom. semakin berjalannya waktu . oleh Erwin Schrodinger (1926) 3. mengelilingi inti atom berada pada orbital-orbital tertentu yang membentuk kulit atom. Persamaan gelombang elektron dalam atom. 3. . dan atom dengan elektron tunggal Apakah teori atom akan terus berkembang terus atau teori atom modern ini sudah paling akhir ? Jelaskan alasanmu ! Menurut kami. Ilmu pengetahuan akan terus berkembang.de Broglie (1923) 2. Erwin Schrodinger merumuskan konsep orbital sebagai suatu ruang tempat peluang elektron dapat ditemukan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->