P. 1
Pengertian geologi

Pengertian geologi

|Views: 204|Likes:
Published by Syifa Nurmala Dewi

More info:

Published by: Syifa Nurmala Dewi on Sep 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2015

pdf

text

original

Pengertian geologi - definisi umum ilmu geologi Pengertian geologi - Geologi secara etimologis berasal dari padanan dua

kata bahasa yunani yaitu geo yang berarti bumi dan logos yang berarti ilmu. Dari kedua kata diatas maka dapat disimpulkan bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara fisik, termasuk komposisi dan bentuk bumi. Oleh sebab itu, tanah dan batuan merupakan objek utama yan dipelajari dalam ilmu geologi. Geologi (berasal dari Yunani γη- (ge-, "bumi") dan λογος (logos, "kata", "alasan")) adalah Ilmu (sains yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dah proses yang membentuknya. Hidrologi (berasal dari Bahasa Yunani: Yδρoλoγια, Yδωρ+Λoγos, Hydrologia, "ilmu air") adalah cabang ilmu Geografi yang mempelajari pergerakan, distribusi, dan kualitas air di seluruh Bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog, bekerja dalam bidang ilmu bumi dan ilmu lingkungan, serta teknik sipil dan teknik lingkungan. Kajian ilmu hidrologi meliputi hidrometeorologi(air yang berada di udara dan berwujud gas), potamologi(aliran permukaan), limnologi (air permukaan yang relatif tenang seperti danau; waduk) geohidrologi(air tanah), dan kriologi(air yang berwujud padat seperti es dan salju) dan kualitas air. Penelitian Hidrologi juga memiliki kegunaan lebih lanjut bagi teknik lingkungan, kebijakan lingkungan, serta perencanaan. Hidrologi juga mempelajari perilaku hujan terutama meliputi periode ulang curah hujan karena berkaitan dengan perhitungan banjir serta rencana \untuk setiap bangunan teknik sipil antara lain bendung, bendungan dan jembatan.

Pengertian Kartografi Secara umum kartografi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yamgmempelajari tentang pemetaan.

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata. Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari permukaan bumi yang terjadi karena kekutankekuatan yang bekerja di atas dan di dalam bumi (Katili John, 1959) lmu pengetahuan tentang Bentuklahan sebagai pembentuk permukaan bumi, baik diatas maupun dibawah permukaan laut, dengan menekankan pada asal mula (genesis) dan perkembangannya dimasa datang serta konteksnya dengan lingkungan (Vestappen, 1983)

pemerintah atau otoritas melalui lembaga atau institusi hukum.F. kepemimpinan.dan pengendalian. kebebasan dan keputusan daya rohani. manajemen adalah suatu proses perencanaan. pengorganisasian. Definisi Ilmu Administrasi Pengertian ilmu administrasi terbagi dua. dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Sejarah kita adalah cerita hidup kita. studi tentang sebab dan akibat. Sejarah secara sempit adalah sebuah peristiwa manusia yang bersumber dari realisasi diri. pengorganisasian. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat. Sedangkan secara luas. kepemimpinan. Hukum atau ilmu hukum adalah suatu sistem aturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat dan dikukuhkan oleh penguasa. Sejarah adalah catatan peristiwa masa lampau. Menurut James A. yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi A. yaitu:1) Dalam arti sempit Administrasi berasal dari bahasa Belanda “Administratier” yang meliputi penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun ekstenal denganmaksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperolehnya kembali baik sebagian maupun menyeluruh yang bersifat teknis ketatausahaan ( clerical work ).2) Dalam arti luas .Stoner. sejarah adalah setiap peristiwa (kejadian).Geomorfologi adalah sebuah studi ilmiah terhadap permukaan Bumi dan proses yang terjadi terhadapnya Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumbersumber yang terbatas. dan pengendalian upaya anggota organisasi danmenggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Suatu keadaan terdiri dari proses yangditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan.

tidak termasuk hubungan untuk mata pelajaran lainnya kata benda disiplin berurusan dengan seni atau ilmu menerapkan pengetahuan ilmiah untuk masalah praktis. dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita menjadi karya jurnalistik. mengumpulkan. yang berarti suatu kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang dan/atau organisasi berdasarkan pembagian kerjasebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumberdaya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien Ilmu jurnalistik adalah salah satu ilmu terapan (applied science) dari ilmu komunikasi. menyeleksi.Administrasi berasal dari bahasa Inggris “Administration”. baik cetak maupun elektronik. studi ilmu pengetahuan saja. serta menyajikan kepada khalayak melalui media massa periodik. Ilmu jurnalistik adalah bagian dari ilmu publisistik (to publish = publikasi). "ia kesulitan memutuskan mana cabang teknik untuk mempelajari" [syn: engineering] . Publisistik sendiri merupakan bagian dari ilmu komunikasi sistematis pengamatan fenomena alam semata-mata untuk penemuan hukum yang tidak diketahui berkaitan dengan fakta-fakta. yang mempelajari keterampilan seseorang dalam mencari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->