P. 1
Kamus_istilah_fisika

Kamus_istilah_fisika

|Views: 59|Likes:
Published by Muhammad Saleh

More info:

Published by: Muhammad Saleh on Sep 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

pdf

text

original

1 2 3

Adhesion Amplitude Angle

4 5 6 7 8 9 10

Area Attract Axis Backward Balance Bar Base

Adhesi, berarti gaya tarik menarik atau daya mengumpul antara molekulmolekul dari zat-zat yang tidak sejenis. Amplitudo, berarti simpangan terbesar dari suatu getaran Sudut. Ks yang bersamgkutan : angular , misalnya : anguler velocity kata padanannya adalah kecepatan sudut yang berarti Sudut yang ditempuh pada tiap satu satuan waktu. Daerah, bagian dari suatu tempat. berarti menarit, tarik menarik atau saling tarik. Sumbu, bentuk jamaknya adalah Axes . ke arah belakang Sebagai kb berarti neraca, keseimbangan, dan sebagai kk berarti seimbang, membuat seimbang. 1. Batang, 2. Bar, satuan tekanan yang besarnya sama dengan 105 N/m2. 1. Sebagai kb arti umumnya : dasar, alas. Sebagai kk berarti berdasarkan atau mendasarkan. 2. Dalam elektronika berarti bagian dari transistor yang menghubungkan collector dan emitor , dan biasanya terletak di antara keduanya. 1. Batang. 2. Berkas sinar, berkas radiasi, atau sekelompok partikel yang bergerak dalam arah tertentu. Daya (kemampuan) untuk mengapung. Ks yang bersangkutan : buoyant yang berarti : bersangkutan dengan keadaan terapung. Contohnya : buoyant force yang istilah padanannya gaya apung, berarti gaya ke atas yang disebabkan oleh fluida dan dialami oleh benda yang berada di dalam fluida tersebut. Menera. Kb yang bersangkutan adalah calibration yang istilah padanannya adalah kalibrasi dan berarti peneraan. Kapilaritas, berarti naiuk atau turunnya permukaan zat cair di dalam pipa kaplier, jika pipa kapiler itu dicelupkan tegak lurus ke dalam permukaan zat cair itu. Capilary tube kata padanannya adalah pipa kapiler . Pusat Center of mass : pusat massa Center of gravity : titik berat . Sentrifugal, berarti berarah radial menjauhi pusat lingkaran. Centrifugal force : gaya sentrifugal, berarti suatu gaya yang dianggap (seolah-olah) ada, bekerja pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya menjauhi pusat lingkaran Sentripetal, berari berarah radial menuju ke pusat lingkaran. Centripetal force : gaya sentripetal, berarti gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya menuju ke pusat lingkaran. Berhubungan dengan atau bersifat pusat, misalnya pusat massa, pusat volume/ruang, pusat luasan/bidang, atau pusat garis. Lingkaran. Ks yang bersangkutan adalah circular yang berarti berbentuk lingkaran, menurut arah melingkar, atau berkaitan dengan lingkaran. Awalan yang menyertai suatu kata dan berarti sama, bersama atau bersekutu, berserikat, berimpit. Coaxial kata padanannya adalah koaksial , berarti memiliki sumbu yang sama/berimpit. Concentric kata padanannya adalah konsentrik, berarti (dua atau lebih benda misalnya lingkaran, bola) memiliki pusat yang sama atau berimpit.

11

Beam

12

Buoyancy

13 14

Calibrate Capillarity

15

Center

16

Centrifugal

17

Centripetal

18 19

Centroid Circle

20

Co -

Kohesi. keadaan. atau gaya yang jika bekerja pada suatu benda usahanya sama dengan nol jika benda itu bergerak pada sebuah lintasan tertutup. Besaran yang nilainya menunjukkan kekakuan suatu pegas. berarti gaya yang jika bekerja pada suatu benda usahanya tidak bergantung pada bentuk lintasan benda itu. Cosinus. mengendalikan. dan sebagai kb berarti tetapan. Kk yang bersangkutan adalah compression yang berarti penekanan. Ks yang bersangkutan adalah compressive yang berarti bersangkutan dengan penekanan. Syarat. kontinyu. maka compliance pegas itu adalah 1/k Komponen. berarti gaya tarik menarik atau daya mengumpul antara molekulmolekul dari zat-zat yang sejenis. butiran-butiran zat padat. hasil uraian dari sebuah vektor. Converter berarti alat untuk mengubah. Kekekalan Bersangkutan dengan sifat kekekalan. berarti bilangan yang menyatakan perubahan nilai suatu besaran yang diubah dari suatu sistem satuan ke sistem satuan yang lain. Berisi Wadah. Gaya konservatif. kandungan. bola0 yang sama atau berimpit. pengendalian. berarti ciri-ciri atau sifat-sifat khusus. kesepakatan. 48 Cross section . Conversion factor padanan katanya adalah faktor konversi. pengaturan. mengatur. Dalam fisika atom berarti besaran yang nilainya menyatakan kebolehjadian/peluang terjadinya tumbukan antara partikel-partikel. perpaduan (vektor) Menekan. Dalam mekanika adalah koppel . Konsentrik. akibat. Jika konstanta pega k. Sebagai kk berarti mengawasi. Kk yang berarti perjanjian. Berlanjut atau terus menerus. berarti melanjutkan. Sebagai kb berarti pengawasam. penyusunan. Membatasi. Istilah yang berhubungan misalnya adalah compressibility yang berarti ketertekanan.21 22 23 24 25 26 Characteristic Cohesion Copliance Component Composition Compress 27 28 29 30 31 32 33 Concentric Condition Cone Consequence Conservation Conservative Conservative force 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Constant Constrain Contain Container Content Continue Continuous Control Convention 43 44 Convert Conversion 45 46 47 Corpuscle Cosine Couple Karakteristik. Sebagai ks berarti tetap. Komposisi. Ks yang bersangkutan : conventional yang padanan katanya adalah perjanjian/kesepakatan . Perubahan. dalam mekanika berarti membatasi gerak suatu benda pada lintasan tertentu. berarti mempunyai pusat (lingkaran. Mengubah (dari suatu bentuk ke bentuk yang lain). Secara umum berarti sepasang atau pasangan. Secara umum berarti penampang. yang berarti dua buah gaya sejajar (berarti garis kerjanya tidak berimpit) yang besarnya sama dan arahnya berlawanan. tempat menyimpan Isi. yaitu besaran yang (dalam termodinamika) merupakan kebalikan dari "bulk modulus". berarti perbandingan geometris dari suatu sudut. Kerucut konsekuensi.

Awalan untuk menyatakan kebalikan dari kata yang mengikutinya. Kata yang berhubungan : damped padanan katanya teredam . 2. Penyebut dari suatu bilangan pecahan. Ks yang bersangkutan adalah destructive yang padanan katanya adalah destruktif dan berarti saling menghancurkan atau saling melemahkan. Kehancuran. artinya adalah massa pada tiap satu satuan volume. Berubah dari bentuk semula Derajat. Bentuk jamak dari datum. Sebagai ks garis (grafik dalam suatu sistem koordinat) yang menyatakan hubungan antara nilai suatu besaran dengan nilai besaran yang lain. Sebagai kk berarti meredam. gambar bidang (lingkaran. Kk yang bersangkutan adalah derive (from) yang berarti berasal dari atau diturunkan dari. Penurunan. Putaran atau perputaran. Awalan (satuan) yang nilai konversinya sepersepuluh. Kb yang bersangkutan adalah dilatation yang padanan katanya adalah dilatasi dan berarti pemuluran atau keadaan bertambah panjang dari yang seharusnya. Ks yang bersangkutan definits padanan katanya pasti. Siklus. untuk menyatakan hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. yang dapat dipandang sebagai satuan. Contohnya mass density padanan katanya adalah rapat massa yang juga disebut massa jenis. Kb yang bersangkutan adalah density yang secara umum berarti kerapatan . Bagan dalam bentuk gambar garis. Berkurang Mendefinisikan. empat persegi panjang dan sebaginya) atau ruang (bola. yang artinya adalah berbagai keterangan tentang sesuatu objek. perihal menurunkan sesuatu. Diagram. Decompose kebalikan dari compose padanan katanya adalah terurai atau terbagi yang berarti terurai atau terbagi menjadi bagian-bagian. yang berarti proses yang berulang dengan aturan tertentu. Bertambah panjang. seperti pada kata destructive interference yang padanan katanya adalah interferensi destruktif dan berarti interferensi (getaran atau gelombang) yang saling melemahkan. kebinasaan. 51 Cycle 52 Damp 53 54 Data De - 55 56 57 Deci Decrease Define 58 59 60 61 62 63 Deflect Deform Degree Delay Denominator Dense 64 Derivation 65 Destruction 66 Diagram 67 Dilate . dapat berarti 1.50 Curve Sebagai kk berarti melengkung. Sebagai kk berarti menunda dan sebagai kb berarti penundaan. mulur. tingkat. Sebagai ks berarti lembab. Lingkaran yang berarti salah satu bentuk geometris. berarti berubah arah dengan sudut tertentu dari arah semula. dan damping padanan katanya peredaman . tertentu Menyimpang. Contoh : satu decimeter = sepersepuluh meter. misalnmya 1 cycle berarti 1 putaran atau 1 getaran. Grafik yang menyatakan hubungan antara dua besaran. berarti menetapkan atau memberikan makna dari suatu kata. dan secara khusus density berarti massa atau besaran lainnya pada tiap satu satuan volume. balok dan sebaginya). Rapat. silinder. Kb yang bersangkutan definition padanan katanya definisi .

68 Dimension Dimensi. piringan. dinamis. yang berarti bahwa kecepatan merupakan besaran panjang di bagi besaran waktu sesuai dengan pengertian kecepatan adalah perubahan posisi pada tiap satu satuan waktu. ujung. 2. Dinamik. artinya adalah selang panjang antara dua buah objek. Kecepatan gerak elektron-elektron tersebut dinyatakan dengan drift velocity yang padanan katanya adalah kecepatan hanyut . berarti bagian dari mekanika yang mempelajari gerak benda dengan meninjau penyebabnya. Ukuran besar suatu benda. misalnya sebuah balok dengan panjang 1 meter. Tahan lama. yang berarti : 1. akibat. sebaran. Eddy current kata padanannya adalah arus pusar atau arus eddy . Istilah ini biasa sigunakan untuk menyatakan gerak partikel-partikel di dalam suatu medium. Ks effective padanan katanya efektif berarti memberikan pengaruh atau hasil. Dalam penghertian ini misalnya direct current yang padanan katanya adalah arus searah . lama berlangsungnya suatu peristiwa. menganggu. berarti arus listrik yang terjadi dalam suatu penghantar yang dipengaruhi oleh medan magnet yang berubah terhadap waktu. jarak. biasanya istilah ini digunakan untuk menyatakan nilai dari suatu besaran yang tidak tetap atau berubah terhadsap waktu. Kb yang bersangkutan adalah duration yang istilah padanan nya adalah lamanya bertahan. Misalnya dimensi kecepatan adalah LT-1. misalnya gerak elektron-elektyron di dalam penghantar listrik. Mengusik. Arus pusaran. 69 Direct 70 71 72 Disk Distance Distribute 73 Disturb 74 Drift 75 Durable 76 77 78 Dynamic Dynamics Eddy Current 79 80 Edge Effect .2) meter. Cakram. Menyebar. penyebaran. Dalam mekanika jarak termasuk ke dalam besaran skalar. berarti berhubungan dengan gerak atau penyebab gerak Dinamika. Efek. Sebagai kk berarti berarah. Kb yang bersangkutan adalah direction yang padanan katanya adalah arah . gangguan . membagi-bagikan. Tepi. mengarah atau mengarahkan. Kb yang bersangkutan adalah disturbance yang padanan katanya adalah usikan. lebar 0. Hanyut.2 meter dapat dikatakan dimensi balok itu adalah (1 x 0. Cara menyatakan besaran fisika dengan besaran-besaran pokok. pengaruh.5 x 0. yang berarti arus listrik yang memiliki arah tetap di dalam suatu rangkaian.5 meter dan tinggi 0. Istilah yang bewrhubungan misalnya adalah effective value istilah padanannya adalah harga efektif . Kb yang bekaitan adalah distribution yangt padanan katanya adalah distribusi. Sebagai ks berarti langsung.

Ledakan. penting. Kk yang berhubungan adalah equate yang padanan katanya adalah menyamakan . energi kinetik atau tenaga gerak. artinya adalah batas atau nilai terrbesar dari "stress" yang dapat diberikan pada benda yang jika batas atau nilai terbesar itu dilampaui benda akan kehilangan sifat elastiknya. Energi. Mengangkat. Ada. menaksir. 82 Elevate 83 84 Empirical Energy 85 Kinetic energy 86 Potential energy 87 Equal 88 Error 89 90 91 92 93 Essential Estimate Exact Exert Exist 94 95 Experiment Explode . kenyal. perlu. merupakan ukuran kemampuan suatu benda atau sistem melakukan usaha atau kerja. secara khusus berarti kesalahan. Istilah yang berhubungan misalnya adalah equation of state padanan katanya adalah persamaan keadaan. batas kekenyalan. Padanan kata yang biasa digunakan dalam pengertian khusus itu adalah sesatan. Elastic modulus atau modulus of elasticity adalah perbandingan antara "stress" yang bekerja pada suatu bahan dengan "strain" yang timbul pada bahan itu. batas kelentingan. sesungguhnya. artinya berdasarkan hasil percobaan. Translational kinetic energy padanan katanya adalah energi kinetik translasi. kelentingan. Benda atau sistem yang melakukan usaha atau kerja akan kehilangan energi atau tenaga sebesar usaha atau kerja yang dilakukannya. percobaan. Kb yang berhubungan adalah explosion yang padanan katanya adalah ledakan. Empiris. Energi potensial. meninggikan. Essence berarti inti sari atau sesungguhnya. Kb yang berhubungan adalah equation yang padanan katanya adalah persamaan . Mengerjakan. Kb yang berhubungan adalah estimation yang berarti taksiran. kekeliruan. Ks yang berhubungan adalah explosive yang berarti mudah meledak. Kb yang berhubungan adalah elasticity yang padanan katanya adalah keelastikan. peledakan.81 Elastic Elastik. Istilah yang berhubungan misalnya adalah theory of error padanan katanya adalah teori sesatan. persis. kekenyalan. kekeliruan atau penyimpangan dari harga yang sesungguhnya. Kesalahan. artinya bentuk kalimat matemnatika seperti misalnya y= 2x + 3. Elastic limit padeanan katanya adalah batas keelastikan. berarti energi yang dimiliki oleh suatu benda atau sistem yang dipengaruhi oleh suatu gaya yang besarnya bergantung kepada kedudukan benda atau sistem itu. berarti sifat benda yang berubah bentuk bila mendapat pengaruh (gaya) dari luar dan kembali ke bentuk semula segera setalah pengaruh luar (gaya) itu dihilangkan. Sama. tenaga potensial. Eksperimen. lenting. Rotational kinetic energy padanan katanya adalah energi kinetik rotasi . Kb yang bersangkutan adalah elevation yang padanan katanya adalah elevasi . tepat. energi yang dimiliki oleh suatu benda atau sistem yang digunakannya untuk bergerak. Kb yang berhubungan adalah existance yang padanan katanya adalah adanya atau keberadaan . tenaga.

berarti lentur. artinya adalah getaran yang berlangsung dibawah pengaruh suatu gaya luar. yang berarti kumpulan dari beberapa tingkat energi yang kosong atau tidak terisi oleh elektron atau atom. Istilah yang berhubungan adalah harmonic motion yang istilah padanannya adalah gerak selaras yang berarti gerak sutu benda yang memiliki grafik simpangan terhadap waktu berbentuk grafik sinusoida. Forced oscillation padanan katanya adalah osilasi paksa . Getaran bebas. yaitu sebuah benda atau alat berbentuk simetris yang berputar terhadap sumbu simetriknya. berarti yang paling mencolok. Ekstrim. termasuk di dalmnya adalah zat cair dan gas juga uap. 106 Free Vibration 107 Friction 108 Gallon 109 Gap 110 Giga 111 Graph 112 Gravitation 113 Gyration 114 Gyroscope 115 Harmonic 116 Horse power . ruang kosong. berkaitan dengan prinsip kerja giroskop. Grafik.96 97 98 99 100 101 Exponent External Extreme Flexible Flow Fluid 102 Force 103 Form 104 Formula 105 Free space Eksponen. Secara umum (harfiah) berarti ruang bebas. zat alir berarti zat yang dapat bahkan mudah mengalir.7 watt.dan sebagai kk berarti memaksa. Istilah yang berhubungan adalah : Gravitational force yang kata padanannya adalah gaya gravitasi yang berarti gaya tarik menarik antara dua benda yang bermassa karena massamassanya. 1 gallon (Inggris) = 4. yang berarti massa benda yang diperoleh (diukur) dengan cara mengukur beratnya di dalam medan gravitasi. mudah dibengkokkan. secara khusus dalam fisika berarti satuan daya yang disingkat dengan hp dan niloainya 1 hp = 745. Celah. berarti sebuah gambar yang menunjukkan hubungan antara dua buah besaran. Kk yang berhubungan adalah formulate yang berarti merumuskan. Gravitational mass kata padanannya adalah massa gravitasi. Daya kuda. Gravitasi. Fleksibel. Fluida. Awalan satuan yang memiliki nilai konversi 109. misalnya hambatan listrik 1 9 gigaohm = 10 ohm. Giroskop. Simple harmonic motion istilah padanannya adalah gerak selaras sederhana . Sebagai kb berarti aliran dan sebagai kk berarti mengalir. Istilah yang berhubungan misalnya adalah energy gap yang padanan katyanya adalah celah energi. Sebagai kb berarti bentuk. Rumus. Gesekan Galon. Selaras. berarti sebuah benda yang berputar terhadap sebuah titik atau sumbu yang terletak pada benda itu. Sebagai kb benda berarti gaya konservatif . dalam fisika biasanya diartikan sebagai bagian dari ruang angkasa yang bebas dari pengaruh medan gravitasi dan medan elektromagnet. Bagian luar atau yang berasal dari luar. Istilah yang berhubungan misalnya adalah Forced system yang berarti sebuah sistem (khususnya memkanik) yang selama bekerjanya dipengaruhi oleh pengaruh/gaya luar. adalah satuan volume zat cair. yaitu getaran suatu benda atau sistem yang selama berlangsungnya bebas dari pengaruh (gaya/getaran) luar. Letak sumbu simetrrik itu akan tetap vertikal jika tidak digannggu dan akan menjadi berputar terhadap letak sumbu semula jika diberi gangguan atau usikan. terbesar atau terkecil. yaitu ruang kosong di antara dua buah benda. pangkat. Girasi. rupa dan sebagai kk berarti membentuk.546 liter 1 gallon (Amerika) = 5/6 x 1 Gallon (Inggris).

berarti satuan energi dalam sistem satuan internasional. Istilah yang berhubungan adalah initial yang kata padanannya awal. peristiwa tumbukan antara dua atau lebih benda padat. initial velocity kata padanannya adalah kecepatan awal. Kinetic Theory padanan katanya teori kinetik berarti teori yang didasarkan pada anggapan bahwa energi dalam yang dimiliki oleh suatu benda atau sistem disebabkan oleg gerakan partikelpartikel di dalam benda atau sistem tersebut. berarti energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. digunakan untuk menyatakan nilai konversi 1000. inertia berarti kelembaman. tak berhingga kecilnya. berarti gaya yang bekerja pada sevbuah benda selama sebuah selang waktu yang singkat. Impul. Internal energi kata padanannya adalah energi dalam yang berarti energi yang dimiliki atau tersimpan di dalam sebuah benda atau sistem. Istilah yang berkaitan antara lain adalah : Joule calorimeter padanannya adalah kalorimeter joule. Tak berhingga Sangat kecil. Awalan untuk satuan. Kinetik. Inertial system. kata yang digunakan untuk menyatakan berkaitan atau berhubungan dengan gerak atau kecepatan yang dimiliki suatu benda atau sistem. bagian dari mekanika yang mempelajari gerak benda tanpa meninjau massa benda dan penyebab gerak itu. berarti suatu sistem yang di dalmnya benda-benda tidak mengalami percepatan. joule. awalan yang digunakan untuk menyatakan berhubungan dengan kelembaban udara. Memulai. Joule's equivalent adalah kesetaraan antara kalor dan energi. Istilah yang berkaitan misalnya adalah hydrostatic yang padanan katanya hidrostatik dan berarti bagian dari fisika yang mempelajari zat cair yang berada dalam keadaan seimbang/diam. Nama satuan ini diambil dari nama salah seorang ahli fisika yaitu Joule yang berdasarkan hasil percobaannya ia menyatakan bahwa panas merupakan salah satu bentuk energi. misalnya hygrometer yang padanan katanya higrometer adalah alat untuk mengukur mengukur kelembaban udara. ayaitu kalorimeter yang pemanasan cairan di dalamnya menggunakan arus listrik. Kinetika. inert gas kata padanannya adalah gas mulia . Kinetic Energy padanan katanya energi kinetik. Kinematika.117 Hydro - 118 Hygro- Awalan untuk menyatakan keterkaitan atau bersangkutan dengan air atau zat cair.3. Berhubungan atau berkaitan dengan keadaan di dalan atau bagian dalam. yaitu 1 kalori = 4. Impuls yang bekerja pada sebuah benda besarnya sama dengan perumbahan momentum yang dialami benda itu.. 119 Impact 120 Impuls 121 Inert 122 Infinite 123 Infinitesimal 124 Initiate 125 Interact 126 Internal 127 joule 128 Kilo 129 Kinematics 130 Kinetic 131 Kinetics . Interaction kata padanannya adalah interaksi. Menimbulkan pengaruh timbal balik antara dua benda. Higro . Joule effect padanannya adalah efek Joule yaitu timbulnya pada pada suatu penghantar yang dialiri arus listrik. berarti bagian dari fisika yang mempelajari halk yang berkaitan dengan gerak benda. Pada benda padat dan cair berarti lembam. Pada gas berarti sukar bereaksi dengan unsur lain. 2.2 joule. misalnya 1 kilogram = 1000 gram. 1. kecuali jika padanya bekerja gaya luar.

berarti energi yang dimiliki oleh benda bermassa yang bergerak. perbandingan antara laju sebuah benda (khususnya pesawat udara) dengan laju (besar kecepatan) bunyi di udara. Sebagai kk berarti mengukur . Garis. artinya berkaitan dengan gerak benda massa (kelembaman) benda dan gaya yang bekerja pada benda. Contohnya. berarti alat yang menggunakan suatu bentu energi tertentu untuk melakukan suatu usaha. akhiran yang memiliki arti berhubungan dengan cara pengukuran sesuatu besaran. mechanical energi padanannya energi mekanik. Hubungan antara dua buah besaran disebut sebagai fungsi linier. Sebuah sistem keseimbangan disebut labil atau keseimbangan labil. misalnya : Linear expansion padanan katanya muai linier atau muai panjang . misalnya 1 Megaherzt = 106 herzt atau biasa ditulis 1 MHz = 106 Hz. Linear function padanan katanya fungsi linier . Menentukan tempat Mesin. Lapisan. besarnya. . Medium. Zat cair. dan sebagai kb (menyangkut nilai) berarti rata-rata . Hukum. metoda Mater. Sebagai kb berarti beban dan sebagai kk berarti membebani. Logam Cara. Manometer. Miniskus. dalam arah melintang/melebar. berarti kecepatan yang didasarkan kepada lintasan (panjang) yang ditembuh benda. jika grafik fungsi kedua besaran tersebut berbentuk garis lurus. berarti bentuk melengkung (cekung atau cembung) permukaan zat cair di dalam pipa kapiler. artinya bila kjekesimbangan itu diganggu akan segera berubash dan tidak mungkin kembali ke kesimbangan semula. calorimetry padanan katanya kalorimetri berarti pengukuran kalor atau suhu dengan menggunakan kalorimeter. goyah berarti cenderung untuk berubah dari keadaan semula.Labil juga berarti anti atau kebalikan dari stabil. sebagai kb berarti zat antara. bersifat mekanika.awalan untuk menyatakan dalam ukuran besar atau terukur. Mekanika. Istilah yang berhubungan adalah linear yang berarti berkaitan dengan pengertian garis atau garis lurus. Membran. berarti selaput tipis. satuan besaran panjang dalam sistem satuan international. dan sebagai ks berarti sedang atau menengah )tidak terlalu besar/tinggi dan tidak terlalu kecil/rendah) Mega. Massa Materi. Setempat. berarti pemuaian benda pada arah panjang benda atau memanjang. makna . awalan untuk satuan yang nilai konversinya 106. _ Metri. ukuran panjang. alat berbentuk pipa U yang digunakan untuk mengukur tekanan gas (dalam ruang tertutup) dan zat cair. Measurement berarti pengukura. sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Makro . atau disekitar suatu tempat.132 Labile 133 134 135 136 Lateral Law Layer Line 137 138 139 140 141 Liquids Load Local Locate Machine 142 Magnitude 143 Manometer 144 Mach Number 145 146 147 148 Makro Mass Matter Mean 149 Measure 150 Mechanical 151 Medium 152 Mega 153 Membrane 154 Meniskus 155 Metal 156 Method 157 Metre 158 _ Metry Labil. Sebagai kk berarti arti . zat. Bilangan mach. sebagai kb berarti ukuran . Linear velocity padanan katanya kecepatan linier .

asli. titik asal. pembilang dari suatu pecahan. dan sekon untuk waktu. Momen dari suatu besaran adalah ukuran pengaruh besaran tersebut pada perputaran suatu benda terhadap suatu tititik atau sumbu. Nomor. berarti berubah posisi. misalnya microscopic padanan katanya mikroskoik berarti meninjau atau mengamati suatu benda atau sistem berdasarkan pada bagian-bagian kecil dari benda atau sistem tersebut. Bergerak. Menurut jumlahnya. pembauran atau penyatuan suatu gelombang dengan gelombang lain yang berbeda frekuensinya. Dapat juga berarti sebagai awalan untuk satuan yang mempunyai nilai konversi 10-6 misalnya 1 mikrofarad = 10-6 farad (satuan kapasitansi). misalnya monochromatic padanannya monokromatik terdiri dari satu macam warna. jumlah. Orbital berarti berkaitan dengan orbitnya. Motor. berarti lintasan tertutup (biasanya berbentuk elips atau lingkaran) dari sebuah benda yang bergerak mengelilingi atau mengadari benda lain. Orbit. Modulasi. cara untuk atau alat untuk mengubah energi dari suatu bentuk energi menjadi energi gerak. 162 Modulation 163 Modulus 164 Moment 165 Mono - 166 Move 167 Motor 168 Node 169 Normal 170 171 172 173 174 Null Number Numerator Numerical Observe 175 Orbit 176 Orientation 177 Origin . berarti arah yang dituju atau kedudukan relatif suatu benda terhadap benda lain. titik dengan simpangan noil sebagai hasil interferensi atau superposisi dari dua atau lebih gelombang. berkaitan dengan arah tegak suatu garis lurus atau lurus permukaan bidang datar. sistem satuan yang berdasarkan kepada satuan-satuan dasar meter untuk panjang. kilogram untuk massa. Nol. awalan untuk satuan yang mempunyai nilai konversi 10 . satu macam frekuensi atau satu macam panjang gelombang. awalan yang digunakan untuk menyatakan satu atau tunggal. Orientasi. Kb yang berkaitan adalah observation padannya observasi yang berarti pengamatan. Momen. berati tetapan yang menunjukkan perilaku atau reaksi dari suatu bahan jika dikenai suatu pengaruh dari luar. Modulus. misalnya 1 miliamper = 10-3 amper atau biasa ditulis 1 mA = 10-3 A.159 Micro 160 Milli 161 MKS System Mikro Dapat berarti dalam ukuran kecil. Asal. berarti pertistiwa atau proses penggabungan. Normal. Sistem MKS. Simpul. asal mula. Mono. tidak ada (nilainya) Angka. atau berkaitan dengan benda-benda kecil. dapat berarti keadan yang biasa. berkaitan dengan arah tegak lurus garis singgung dari suatu garis lengkung atau permukaan bidang lengkung. -3 Mili. dan observer yang padanannya pengamat yang berartti orang yang malkukan atau pelaku pengamatan. Mengamati. Motion berarti gerakan.

berayun. lintasan. awalan yang digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak. lempeng. kedudukan. Istilah yang berkaitan adalah periodic padanan katanya adalah periodik atau berkala. Bandul. Oscilation padanan katanya adalah osilasi atau getaran .178 Oscilate Bergetar. dianggap sebagai benda titik yang berimpit dengan pusat massa benda tersebut sedangkan massanya tidak diabaikan. sejajar. berarti penampakan atau penampilan yang nampak (seolah-olah padahal sebenarnya tidak) bertentangan dengan aturan atau hukum yang biasa berlaku. adalah pengisap yang dapat bergerak bebas (namun tidak menyebabkan kebocoran) dalam sebuah silinder atau tabung. sedangkan dalam mekanika dapat berarti sebuah benda yang ukuran (geometrik) nya diabaikan. dapat diartikan posisi yang berjajar. berarti bergerak bolak balik di sekitar sebuah titik tetap atau titik seimbang tertentu. molekul dan sebagainya. berarti secara fisika atau berkaitan dengan fisika. berarti alat yang (layarnya) dapat menampilkan osilasi dari suatu sistem osilasi (mekanik atau listrikmaknit) dengan terlebih dahulu mengubahnya ke dalkam bentuk osilasi (tegangan atau arus) listrik. secara umum berarti benda yang ukurannya (bagi mata telanjang) sangat kecil seperti misalnya elektron.4535 kg. atau pada ranmgkaian listrik berarti rangkaian pembagi kuat arus. Paradok. dapat juga berarti berubah harga atau nilai suatu besaran antara sebuah harga atau nilai p[ositif dan harga atau nilai yang negatif. Satuan untuk besaran massa. Paralaks. berarti benda beripa bidang atau benda dua dimensi. atom. berjajar. Fisik. Biasanya dinyatakan dengan sebuah vektor yang disebut vektor posisi yaitu sebuah vektor yang digambar dari titik acun ke benda atau titik tersebut. berarti selang waktu yang tetap. Fenomena. pergeseran letak sebuah benda (biasanya adalah skala pada alat ukur) karena perubahan posisi memandang benda (skala) tersebut. 179 Paradok 180 Parallax 181 Parallel 183 Particle 184 Pascal 185 Path 186 Pendulum 187 Period 188 Phenomena 189 Physical 190 Piston 191 192 193 194 Plane Plate Point Poly - 195 Position 196 Pound 197 Power . Torak. misalnya polychromatic padanan katanya adalah polikromatik yang artinya adalah terdiri dari banyak warna (banyak frekuensi atau banyak panjang gelombang). biasanya digunakan untuk menyatakan selang waktu yang dibutuhkan oleh satu kali dari sekian kali peristiwa yang berulang beraturan (misalnya getaran). Partikel. Dalam mekanika posisi berarti letak atau kedudukan suatu benda atau titik dalam sebuah kerangka acuan tertentu. Posisi. gejala. berarti jalan yang dilalui atau ditempuh. Pascal. Paralel. Dalam fisika padanan katanya adalah daya yang berarti usagha atau energi pada tiap satu satuan waktu. berarti satuan besaran tekanan yang nilainya sama dengan newton/m2. Osciloscope padanan katanya adalah osiloskop. magnetik ataupun mekanik). Perioda. Jejak. Titik Poli -. biasa disingkat dengan lb dan nilainya 1 lb = 0. Bidang datar (tidak melengkung) p-apan. Dalam matematika berarti pangkat dari suatu bilangan. atau peristiwa yang bewrlangsung bersamaan waktunya. diambil dari nama seorang ahjli fisika Blasé Pascal. oscilator padanannya adalah osilator berarti alat yang dapat menghasilkan atau menimbulkan getaran (baik listrik. misalnya x to the power of 2 adalah x2.

Reaksi. namun memiliki sifat-sifat yang sama dengan kata/istilah tersebut. Laju. Rentang. berarti perubahan nilai suatru besaran pada tiap satu satuan waktu.198 Precession 199 Predict 200 Press Presisi. Menekan. Dalam mekanika gerak presisi berarti gerak rotasi terhadap sebuah sumbu yang juga berotasi terhadap sumbu tetap tertentu. Mengurangi. berarti menurut garis-garis lurus atau terdiri dari sejumlah garis lurus. Peluru atau benda yang ditembakkan atau dilemparkan. Menarik. memproyeksikan. Kb yang berhubungan adalah pressure yang padanan katanya adalah tekanan dan dalam fisika didefinisikan sebagai gaya pada tiap satu satuan permukaan yang tegak lurus terhadap gaya tersebut. kualitas. jari-jari kelengkungan. melemparkan/menembakkan. Asas. artinya memberikan gaya arah ke belakang / mundur (bagi si penarik). Pseudo .. memperkecil. Jari-jari lingkaran. prinsip. perbandingan/perimbangan. Teratur. Mendorong. Sejumlah garis lurus. Ks yang bersangkutan adalah qualitative yang padanan katanya adalah kualitatif dan berarti menyatakan sesuatu atau hubungan antara dua buah besaran secara verbal tanpa menyebutkan nilai atau besarnya. Kb yang berkaitan adalah prediction yang berarti ramalan . Jumlah. Empat persegi panjang. berarti aksi balik. Kb yang bersangkutan adalah propagation yang berarti rambatan. Ks yang bersangkutan adalah quantitative yang padanan katanya adalah kuantitatif yang berarti menyatakan sesuatu atau hubungan antara berbagai besaran dengan menyebutkan besar atau nilainya. awalan yang digunakan untuk menyatakan atau memberi arti semu (bukan sebenarnya) pada kata/istilah yang mengikutinya. Sebagai contoh ada istilah uncertainty principle yang kata padanannya adalah prisnsip ketidakpastian atau asas ketidakpastian. Perbandingan. Hubungan 201 Principle 202 Projectile 203 Project 204 Propagate 205 Proportion 206 Pseudo - 207 Pull 208 Push 209 Quality 210 Quantity 211 Radius 212 Range 213 Rate 214 Ratio 215 Reaction 216 Rectangle 217 Rectilinear 218 Reduce 219 Regular 220 Relation . yaitu gaya atau gerak dengan arah yang berlawanan dengan arah gaya atau gerak yang menyebabkannya. Meramalkan. Mutu. banyaknya sesuatu. Ks yang bersangkutan adalah radial yang padanan katanya adalah radial dan berarti menurut arah yang berimpit dengan jari-jari lingkaran/kelengkungan baik menuju ataupun menjauhi pusat kelengkungan. Prinsip ini dikemukakan oleh Haisenberg yang menyatakan bahwa : hasil perkalian antara ketidakpastian (kesalahan pengukuran) momentum suatu partikel (DP) dan ketidakpastian (kesalahan pengukuran) posisi partikel itu nilainya mendekati tetapan Planck (h). berarti memenuhi atau menurut aturan tertentu. yang dalam fisika digunakan untuk menyatakan gerak maju gelombang. daerah jangkauan. perimbangan. Kb yang berhubungan adalah projection yang berarti memproyeksikan. artinya memberikan gaya areah ke depan / mjaju (bagi si penarik). Merambat. Pikiran. kuantitas.

Istilahistila yang berkaitan misalnya adalah Root square yang padanan katanya akar pangkat dua. Skala. detik. yang kedua. jawaban. Rotasi. root cube yang padanan katanya akar pangkat tiga. Selip. laju. berarti keadaan pada saat suatu benda atau sistem bergetar atau berosilasi dengan simpangan maksimum karena menerima pengaruh /gaya dari luar yang bekerja dengan frekuensi sama dengan frekuensi alamiah benda atau sistem tersebut. sonik. kemiringan. sesuatu besaran atau kejadian yang dianggap tetap dan digunakan sebagai patokan untuk menetapkan besar atau nilai besaran atau kejadian lain yang sejenis. Resonansi. berarti kecepatan suatu benda atau sistem terhadap benda atau sistem lain. sekunder. Roket. Speed termasuk ke dalam besaran skalar. atau bersifat sepertiu bentuk bola. kata ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan bunyi. penyelesaian. adalah stres pada sebuah benda yang disebabkan oleh gaya yang sejajar dengan permukaan benda tersebut. misalnya supersonic yang padanan katanya supersonik adalah pesawat udara/angkasa yang bergerak dengan laju lebih besar dari laju bunyi di udara. Sebagai contoh. Zat padat. pesawat udara atau pesawat ruang angkasa yang bergerak dengan memanfaatkan tenaga dorong yang dihasilkan dari semprotan gas dari pembakaran bahan bakar di dalam tubuh roket. 222 Relativitic 223 Resonance 224 Rocket 225 Rool 226 Root 227 Rotation 228 Scalar 229 Scale 230 Second 231 Secondary 232 Shear stress 233 Slip 234 Slope 235 Solid 236 Solution 237 Sonic 238 Speed 239 Sphere 240 Square 241 Standard 242 Strain . kata ini digunakan sebagai kata depan dari sebuah besaran untuk menyatakan bahwa besaran tersebut diberi nilai dengan memperhitungkan kecepatan gerak benda terhadap si pemberi nilai y6ang bersangkutan. kelajuan berarti jarak atau panjang lintasan yang ditempuh oleh sebuah benda pada tiap satu satuan waktu. Kedua. Relativistik. pangkat dua. Strain. Shear stres atau stres geser. kedua.221 Relative Relatif. relative velocity padanan katanya adalah kecepatan relatif . tidak berongga. Semprotan gas tersebut disemburkan ke arah belakang sehingga roket memperoleh tenaga dorong ke depan. kuadrat. berarti pangkat setengah dari suatu bilangan atau persamaan. Bola. atau volume suatu benda dengan stress yang menyebabkannya. berarti perbandingan antara perubahan panjang. Pemecahan. Skalar. besaran fisika yang memiliki besar dan tidak memiliki arah. Luas. Menggelinding Akar. Ks yang bersangkutan adalah spherical yang padanan katanya adalah sferik atau sferis berarti mengandung atau memiliki sebagaian dari bentuk bola. standar. Dalan padanan kata yang kedua yaitu kemiringan yang dimaksud adalah kemiring dari sebuah grafik. dan root mean square yang padanan katanya adalah akiar rata-rata pangkat dua. berarti ditinjau atau diukur terhadap besaran/sistem/acuan lain. Sound kata padanannya adalah bunyi . Baku. batas awal dan akhir daerah atau rentang nilai suatu besaran pada alat ukur. tergelincir Lereng. empat persegi panjang. gerak berputarnya sebuah benda terhadap sebuah sumbu putar tetap yang melalui dirinya sendiri.

Awalan yang digunakan untuk menyatakan mengandung arti satu atau tunggal. Nilai. contohnya antara lain. Pipa. berlaku umum. Vektor. besaran (fisika) yang memiliki besar dan memiliki arah. Torsi. misalnya unify berarti menyatukan. Stres. dan sebagai kb berarti besaran atau kuantitas. tabung. uncertain padanan katanya adalah tidak pasti. gaya. Pengertian yang berhubungan atau berkaitan dengan alam semesta. gerak atau perubahan posisi sebuah benda atau sistem dengan setiap titik pada benda atau sistem tersebut memiliki besar dan arah kecepatan yang sama. 255 Uni- 256 Unit 257 Universal 258 Vacuum 259 Value 260 Variable 261 Vector 262 Velocity 263 Vibration . Satuan. uniform berarti mengandung satu macam bahan atau seragam. Kk yang berhubungan adalah vibrate yang berarti bergetar. berarti gaya yang dialami oleh sebuah benda pada tiap satu satuan luas penampang benda itu. Translasi. Superposisi. sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan bungi dengan satu macam frekuensi tertentu. Berubah bentuk. Permukaan. uniaxial crystal adalah kristal yang memiliki satu macam sumbu optik. impuls. Transformation padanan katanya transformasi artinya perubahan bentuk. momentum. berarti gerak bolak balik di sekitar sebuah titik keseimbangan tertentu. evacuate berarti menghampakan atau mengosongkan. dan kb yang bersangkutan adalah evaluation yang berarti penilaian. percepatan. yaitu perubahan posisi pada tiap satu satuan waktu. berarti goyah atau tidak mantap. kecepatan. atau energi pada tiap satu satuan luas permukaan zat cair. Gelombang merambat.243 Strean line 244 Stress 245 Superposition 246 Surface 247 Torque 248 Transfer 249 Transform 250 Translation 251 Travelling wave 252 Tube 253 Tuning fork 254 Un- Garis khayal yang dibuat sedemikian rupa pada aliran fluida sehingga setiap garis singgung pada setiap titik dalam garis khayal tersebut sama dengan arah kecepatan aliran fluida di titik itu. Sebagai kb berarti perpindahan dan sebagai kk berarti memindahkan. vibrasi. Awalan yang digunakan untuk menyatakan mengandung arti tidak atau anti. atau mengubah bentuk. ruang hampa udara. transformer padanan katanya transformator atau sering disebut trafo adalah alat untuk mengubah tegangan atau kuat arus listrik. momen gaya. garpu tala. Ks yang bersangkutan adalah valuable yang berarti bernilai (maksudnya bermutu tinggi). misalnya unstable padanan katana anti stabil atau tidak stabil . vacuous berarti hampa udara.Momen gaya didefinisikan sebagai hasil perkalian silang (cross produce) antara vektor posisi dengan vektor gaya. berarti keadaan dimana dua atau lebih pengaruh sejenis bekerja pada sebuah benda atau sistem sehingga benda atau sistem tersebut menerima sebuah pengaruh baru sebagai gabungan (tumpangtindih) dari dua atau lebih pengaruh sejenis tersebut. yaitu sistem gaya yang memiliki kecendeerungan untuk menyebabkan rotasi pada benda atau sistem yang dikenainya. Surface tension padanan katanya adalah tegangan permukaan berarti gaya pada tiap satu satuan panjang permukaan. Tegangan permukaan ini yang menyebabkan suatu zat cair seolah-olah memiliki kulit yang menutupi seluruh permukannya. Kecepatan. Kk yang bersangkutan adalah evaluate yang berarti menilai. Sebagai kk berarti dapat berubah-ubah nilainya. Unity berarti kesatuan atau berharga satu. Getaran .

. Isi. volume. besar berarti besar ruang yang ditempat oleh suatu benda atau sistem.264 Viscousity 265 Volume Viskositas. berarti kekentalan zat cair.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->